Web AR: Augmented Reality Berbasis Online

Web AR: Augmented Reality Berbasis Online

Teknologi AR dalam kehidupan sehari-hari
Web AR untuk arsitektur (Companyx / Companyx)

Web-based augmented reality (AR Web) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis augmented reality yang tidak memerlukan perangkat lunak atau aplikasi yang diunduh. Sebaliknya, web AR hanya menggunakan browser web untuk menampilkan konten digital ke dunia nyata.

Teknologi AR memiliki potensi yang semakin jelas di era metaverse, di mana dunia maya akan secara langsung dapat diproyeksikan ke dunia nyata. Tapi apa sebenarnya AR?

Apa yg dimaksud dengan AR?

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memadukan elemen buatan dengan dunia nyata. Teknologi AR mampu menciptakan pengalaman interaktif, di mana objek tambahan atau informasi digital ditampilkan di atas pandangan nyata pengguna.

Teknologi AR yang sering kita rasakan sangat populer di gunakan dalam perangkat mobile, seperti misalnya perangkat seluler. Dari situ, kemudian munculah istilah mobile AR. Seperti namanya, mobile AR dapat diartikan sebagai pengalaman AR yang dijalankan dan diakses melalui perangkat seluler, seperti smartphone atau tablet.

Apa itu web augmented reality?

Web AR adalah singkatan dari web-based augmented reality atau lebih sederhananya adalah AR berbasis online. Web augmented dapat di definisikan sebagai teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses pengalaman AR langsung dari smartphone mereka.

Teknologi AR ini tidak hanya menyenangkan bagi audiens, tetapi juga dapat menyampaikan pesan pemasaran secara efektif. Studi menunjukkan bahwa dengan menambahkan elemen interaktif ke konten, ingatan audiens terhadap brand meningkat hingga 80%.

Keunggulan web berbasis AR

Salah satu keunggulan web berbasis AR adalah dapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk ponsel, tablet, dan laptop. Ini karena sebagian besar web browser tersedia di semua perangkat ini. 

Selain itu, karena tidak diperlukan perangkat lunak tambahan, pengguna tidak perlu melalui proses penginstalan dan pengaturan aplikasi. Juga, tidak mengharuskan pengguna untuk mengunduh apa pun ke ponsel mereka seperti yang mereka lakukan dengan aplikasi pada umumnya.

Karena tidak perlu mengunduh apa pun, siapapun dapat menikmati pengalaman AR yang imersif dan unik. Saat ini, web berbasis AR menjadi salah satu cara terbaik untuk mentransformasi halaman web menjadi situs interaktif yang disempurnakan.

Manfaat AR untuk industri furniture
Manfaat AR pada industri furniture (Live Home 3D / LiveHome3D)

Manfaat web AR

Web berbasis AR menghilangkan kebutuhan akan aplikasi sekunder, yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan AR secara langsung di halaman sebuah web. Dengan web berbasis AR, sebuah perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan pengenalan mereknya. Perusahaan dapat melakukan pendekatan melalui pengalaman AR yang lebih cepat dan mudah, di mana konsumen tidak perlu mengunduh sebuah aplikasi.

Situs web berbasis AR dapat berjalan di browser mobile pada platform Android, iOS, Windows, dan Mac. Kemajuan Web berbasis AR memudahkan perusahaan untuk membangun kemampuan AR lintas platform tanpa membuat aplikasi yang berbeda untuk setiap sistem operasi. Berikut beberapa contoh manfaat penggunaan web berbasis AR dalam berbagai sektor kehidupan:

Sektor pendidikan

Penambahan teknologi web berbasis AR akan memperkaya pengalaman pembelajaran yang interaktif dan seru. Dengan memasukan objek tambahan yang dapat ditempatkan langsung di atas buku teks atau bahan pembelajaran, materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Sektor pemasaran dan periklanan

Implementasi web augmented reality memberikan peluang baru bagi perusahaan, untuk menciptakan kampanye pemasaran yang lebih menarik dan imersif. Misalnya, dengan menggunakan kamera perangkat, konsumen dapat melihat produk dalam skala penuh atau mencoba item virtual di dalam lingkungan mereka sebelum membelinya.

Sektor pariwisata

Pada dunia pariwisata, penggunaan AR web dapat meningkatkan pengalaman dengan menambahkan informasi tentang tempat wisata, objek bersejarah, atau tempat penting langsung di atas tampilan nyata. Ini memberikan konteks yang lebih dalam dan membantu wisatawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang destinasi yang mereka tuju.

Sektor desain dan arsitektur

Bagi para desainer dan arsitek, web berbasis AR dapat membantu perancangan dan visualisasi proyek mereka. Mereka dapat menempatkan model 3D dari bangunan atau desain interior di atas tampilan nyata, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proyek mereka.

Sektor e-commerce

Melalui pemanfaatan teknologi web AR, cara berbelanja online terasa jauh lebih menarik. Konsumen dapat melihat produk secara realistis dan dalam skala penuh di dalam tampilan nyata. Hal ini membantu mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memilih produk, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

Sektor hiburan

Web AR telah memberikan pengalaman hiburan yang lebih mendalam, interaktif, dan imersif. Pengguna dapat menghadiri konser virtual, bermain game layaknya dunia nyata, atau berinteraksi dengan karakter buatan dalam film atau acara televisi.

Manfaat AR untuk majalah sport
Manfaat AR untuk majalah sport (WeAR Studio / Wear-studio)

Cara kerja web-based augmented reality

Penggunaan teknologi web AR di berbagai bidang menciptakan pengalaman virtual yang lebih interaktif dan membantu dalam mempelajari hal-hal baru dengan lebih cepat. Saat membahas cara kerja dan fungsi web berbasis AR, perlu memahami sensor yang ada pada ponsel, tablet maupun komputer. 

Sensor ini dapat berupa chip kecil dengan fungsi tertentu untuk menginformasikan prosesor di komputer atau ponsel. Mereka berfungsi untuk menunjukkan lokasi, kamera, giroskop, dan banyak lagi. Web AR menggunakan sensor ini dan melacak konten digital dalam lingkungan fisik.

Ada standar tertentu agar AR Web dapat berfungsi. Ketika platform AR memiliki hal-hal berikut, dipastikan dapat memberimu pengalaman 3D yang sempurna. Berikut standar yang harus di miliki perangkat pendukung bagi teknologi web-based augmented reality:

6 degrees of freedom

Istilah ini mengacu pada kebebasan gerak benda dalam ruang tiga dimensi. Ini benar-benar enam aspek pemosisian dan penempatan objek yang digunakan AR untuk menciptakan sebuah pengalaman digital.

Web-based augmented reality harus memiliki izin dari ponsel untuk menggunakan tiga sumbu orientasi dan tiga posisinya. Jika memiliki izin ini, kamu dapat menempatkan objek apa pun ke dalam lingkungan dunia nyata sebagai objek nyata.

Kamera

Kamera adalah syarat lain agar teknologi AR dapat berfungsi. Penggunaan kamera berfungsi sebagai input dunia nyata untuk melapisi pengalaman AR di atasnya. Jika fungsi perangkat kamera kurang baik, pengalaman AR yang diterima juga kurang maksimal.

Sehingga disarankan jika ingin mendapatkan pengalaman AR yang lebih baik, perangkat yang digunakan memiliki kualitas kamera yang baik

Web-based augmented framework

Saat membahas aplikasi augmented reality, framework dan alat AR adalah hal yang pasti ada. Karena framework inilah yang menyediakan fungsi AR sejak awal, dan karena itu penting untuk dipahami.

Framework, baik berbasis aplikasi atau berbasis web, memungkinkan pengembang membuat pengalaman AR dengan relatif mudah. Ada sejumlah framework yang bermanfaat seperti ARKit, React VR, dan A-Frame. Setiap framework memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Zappar / ZapWorks

Zappar platform pengembang AR
Zappar-ZapWorks studio pengembang web AR (Zap.works / Zap.works)

Zappar atau Zapworks merupakan studio kreatif AR yang membantu suatu bisnis mengembangkan pengalaman AR yang berfokus pada konsumen. Zapworks menyediakan seperangkat alat yang kuat untuk membuat dan menerapkan pengalaman AR.

Platform Zappar memiliki interface yang ramah bagi pengguna, di mana mempermudah pengembang dalam membuat atau menyesuaikan objek AR. Selain itu, platform ini menyertakan fitur pelacakan dan gerakan yang membuat pengalaman menjadi lebih realistis.

Zappar sepenuhnya dirancang untuk menciptakan pengalaman web-based augmented reality. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi apa pun untuk mengakses konten. Sederhananya, kamu dapat menggunakan ZapWorks untuk membuat konten AR berkualitas tinggi langsung di dalam browser web.

Lebih dari 6,5 miliar pengguna menggunakan layanan ZapWorks untuk konten AR. Beberapa fitur dan fungsi yang ditawarkan framework ini antara lain, pelacakan wajah dan gambar, world tracking, pencahayaan yang dinamis dan penerbitan konten secara instan, serta masih banyak lagi.

8th Wall

8th Wall platform AR kaya fitur
Platform 8th Wall pengembang teknologi AR (8th Wall / 8th Wall)

8th Wall merupakan platform yang memungkinkan pengembang membuat pengalaman AR. Sebagai salah satu platform yang paling ramah pengguna, 8th Wall memudahkan siapa saja untuk membuat pengalaman AR tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman yang rumit.

Platform ini juga dilengkapi pustaka objek dan animasi siap pakai yang dapat kamu gunakan, sehingga membuatnya semakin mudah. Platform ini pun salah satu framework terkemuka di antara pengembang yang lain.

8th Wall memiliki editor kode dan hosting bawaan dengan semua fitur tambahannya. Project template, remote debugger, dan source control adalah sedikit dari banyaknya fitur tambahan yang menjadikannya sebagai salah satu platform yang terbaik.

X3DOM

X3dom platform pengembang AR
X3dom platform pengembang AR (x3dom / x3dom)

Platform X3DOM adalah platform populer yang memungkinkan kamu menggunakan konten AR ke halaman web secara langsung. Bagian terbaiknya adalah kamu dapat memasukkan konten AR selama proses pengkodean melalui penggunaan HTML.

Oleh karena itu, sebagai pengembang web berbasis AR, kamu tidak perlu mendapatkan SDK atau alat pihak ketiga lainnya untuk melakukannya. Mengaplikasikan pengalaman AR bisa menjadi sangat sederhana berkat X3DOM.

Vuforia

Platform Vuforia adalah pengembang AR yang memungkinkan kamu untuk membuat pengalaman augmented reality dengan sistem pelacakan yang baik. Vuforia memungkinkan kamu untuk melacak dan mendeteksi objek di dunia nyata, di mana kemudian mengaplikasikan konten digital di atas objek tersebut. Sehingga Kamu dapat menempatkan objek digital ke dunia nyata.

Meski demikian, platform ini memiliki kekurangan untuk penggunaan AR berbasis web. Hal ini dikarenakan konten yang diproduksi melalui Vuforia harus dikaitkan terlebih dahulu dengan aplikasi yang diunduh bagi iOS maupun Android.

Disisi lain, platform ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik membuat konten AR dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Beragam fitur pemrograman yang dimiliki Vuforia memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi dengan berbagai model konten AR.

ARCore

Platform ARCore merupakan pengembangan AR gratis, dengan fitur-fitur yang dapat memastikan pengalaman augmented reality yang stabil dan berkualitas tinggi. Platform ini gratis di sistem Android dan iOS.

Beberapa fitur ARCore adalah pelacakan gerak, estimasi cahaya, pendeteksi ruang, dan masih banyak lainya. Sama dengan platform Vuforia, platform ini kurang cocok untuk pengalaman AR berbasis web. Meski demikian, ARcore juga memiliki kelebihan yakni sangat mendukung pengguna untuk mengembangkan sebuah aplikasi AR yang berdiri sendiri.

Web berbasis AR adalah cara menggunakan augmented reality melalui web browser tanpa perlu mengunduh aplikasi apa pun ke suatu perangkat. Dalam perkembangannya, telah banyak bisnis dan brand yang menggunakan web AR untuk tujuan marketing dan engagement. Meskipun web AR mungkin tidak memiliki semua fungsi yang sama dengan aplikasi AR biasa, namun kehadirannya telah memberikan pengalaman AR yang mengesankan.


MetaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia telah menciptakan interaksi dunia digital serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Jika tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: