Teknologi RFID Terbaru Amazon Hadirkan Pengalaman Berbelanja yang Berbeda

Teknologi RFID Terbaru Amazon Hadirkan Pengalaman Berbelanja yang Berbeda

Sebagai salah satu e-commerce dengan warehouse terbesar di dunia, Amazon selalu berpegang teguh menghadirkan banyak teknologi yang dapat mendukung pengalaman berbelanja jadi lebih baik. Baik untuk sisi pelanggan maupun manajemen hingga inventaris manufaktur, kini Amazon berinovasi dengan kehadiran tag RFID yang bisa digunakan pada berbagai implementasi.

Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

teknologi rfid terbaru amazon go just walk out
You can now buy clothes, fan gear, and more without waiting in line with Amazon’s Just Walk Out technology (Jon Jenkins / Amazon)

Amazon dan berbagai pengembangan teknologi | Teknologi RFID terbaru Amazon

Untuk kamu yang belum tahu, Amazon merupakan perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang awalnya memulai bisnis mereka sebagai e-commerce. Setelah itu, mereka mengembangkan produknya menjadi cloud computing (komputasi awam), streaming digital serta kecerdasan buatan.

Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 silam, perusahaan ini menjadi salah satu raksasa teknologi bersama dengan Google dan Meta. Amazon sendiri dikenal dengan berbagai disrupsi dan inovasi teknologi dalam skala besar, salah satunya dengan kehadiran tag RFID.

Layanan Amazon yang banyak digunakan masyarakat publik merupakan e-commerce, di mana pembeli bisa mendapatkan jutaan produk lengkap dari kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik. Logo dari merek ini juga menandakan panah dari huruf A ke Z, yang menandakan pembeli bisa menemukan segala barang yang dibutuhkan di Amazon.

teknologi RFID pada industri manufaktur
A young male logs into the Intenza 550 e2 Console using RFID technology. (Intenza Fitness / Unsplash)

Kehadiran tag RFID yang revolusioner

Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) merupakan sebuah inovasi teknologi wireless yang berfungsi menggunakan sistem identifikasi gelombang radio. Untuk bisa menggunakan teknologi ini, biasanya dibutuhkan tag yang terpasang pada produk untuk mengetahui posisi maupun dilakukan pelacakan.

Untuk bisa menggunakan teknologi RFID, dibutuhkan dua perangkat penting yakni:

  • Tag RFID

Tag RFID berfungsi sebagai perangkat yang harus menempel atau terpasang pada objek, yang kemudian akan diidentifikasi oleh Reader. Tag RFID sendiri memiliki 2 jenis yakni perangkat pasif (tanpa baterai) serta perangkat aktif (dengan baterai).

  • Reader RFID

Reader merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk membaca tag RFID pada produk. Sama seperti tag RFID, terdapat 2 jenis reader yang bisa kamu temukan yakni pasif serta aktif.

Perbedaannya terdapat pada penggunaannya, di mana reader pasif hanya dapat menerima sinyal radio dari tag RFID yang aktif dengan jangkauan hingga 600 meter. Sedangkan reader aktif dapat membaca dan menerima sinyal radio dari tag RFID jenis apapun, yang kemudian menginduksi tag RFID dan mengaktifkannya.

toko amazon go just walk out
Así funciona la tecnología Just Walk Out en la nueva tienda de Amazon (Carlos Juárez / The Logistics World)

Penggunaan terbaru tag RFID pada Amazon Go

Penggunaan tag RFID pada Amazon sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018, dengan dibukanya toko Amazon Go pertama yang memungkinkan pengguna untuk mengambil barang secara langsung di toko dan melakukan pembayaran melalui aplikasi. Inovasi konsep Just Walk Out yang dimiliki Amazon Go ini langsung menarik banyak perhatian karena manajemen pembayaran yang lebih mudah tanpa kasir dan tanpa antrian.

Untuk bisa mengunjungi Amazon Go Just Walk Out, pengguna diharuskan memiliki aplikasi Amazon dan kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Setelah memilih produk yang akan dibeli, ambil produk tersebut dan kamu langsung bisa pergi melalui gate yang disediakan. Pembayaran akan dilakukan langsung pada aplikasi Amazon dan kartu kredit yang terdaftar.

Teknologi terbaru Just Walk Out hadir dan kini bisa digunakan pada variasi produk yang lebih banyak seperti pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Konsep Just Walk Out kini dipadukan dengan inovasi teknologi lain seperti kamera, sensor rak, sensor fusion dan computer vision serta artificial intelligence (AI) yakni generative AI.

Pada toko yang tidak dilengkapi kasir, produk inventaris akan disusun berurutan sesuai rak yang telah ditentukan. Setelah itu, sensor kamera serta komputer akan melakukan scanning jika produk yang berada di rak diambil oleh pengguna.

Penggunaan tag RFID pada inventaris Amazon

Selain digunakan pada konsep Just Walk Out, tag RFID juga digunakan untuk mengatur inventaris barang terutama pada warehouse Amazon. Sebagai salah satu e-commerce terbesar di dunia, warehouse Amazon tentunya memiliki ratusan ribu hingga jutaan barang yang tersedia.

Untuk mempermudah proses stok opname, tag RFID disematkan pada setiap produk sehingga karyawan hanya perlu melakukan proses pengecekan melalui komputer. Kehadiran teknologi ini tentu saja mempermudah cara kerja tanpa harus melakukan pengecekan secara manual.


Berikut pembahasan lengkap terkait teknologi RFID terbaru dengan teknologi Amazon Just Walk Out. Suka membaca berita teknologi seperti satu ini? Yuk, cek informasi menarik lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia merupakan penyedia layanan virtual reality, augmented reality serta platform metaverse pertama di Indonesia. Berada di bawah naungan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani banyak klien global maupun lokal dari berbagai industri seperti ritel, manufaktur, pendidikan, kesehatan, lembaga serta institusi pemerintahan, dan lain sebagainya.

Tertarik gunakan teknologi canggih dari Telkom Indonesia pada bisnis kamu? Hubungi tim administrasi MetaNesia untuk dapatkan konsultasi gratis secara langsung!

Kamu juga bisa mengunjungi dunia virtual MetaNesia yang imersif dan memanjakan mata, loh! Rasakan pengalaman baru berkenalan dengan pengguna lain serta coba berbagai fitur interaktif yang tersedia. Unduh aplikasi MetaNesia dan mainkan langsung di perangkat kamu!

Bagikan ini: