5 Koin Metamesta ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2023
Beranda /
Blog /
5 Koin Metamesta ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2023
9 Januari 2023

5 Koin Metamesta ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2023

Istilah “metaverse” yang kini memiliki padanan kata bahasa Indonesia dengan istilah “metamesta”, banyak digunakan di kalangan pecinta crypto. Saat ini, bahkan perusahaan besar seperti Meta Platforms telah menganut konsep membangun dunia digital di mana individu dapat memiliki dan terhubung dengan baik satu sama lain.

Metamesta semakin populer, dan lebih banyak kemajuan dibuat di sana untuk mendorong teknologi Web3 hingga batasnya. Satu-satunya bentuk uang yang diterima di metamesta disebut koin metamesta. Pemilik koin dapat menggunakan koin mereka untuk membeli apapun di dunia 3D, termasuk properti dan pakaian untuk avatar.

Mereka juga dapat memproduksi dan memasarkan produk, layanan, dan barang di dalam platform. Orang-orang akan membayar banyak koin untuk berkomunikasi dengan orang lain di metamesta, sebuah realitas virtual.

Aspek fantastisnya adalah, kamu bisa menjadi apa pun yang kamu impikan dan menghasilkan banyak uang. Banyak koin metamesta yang tersedia saat ini di pasar cryptocurrency tetapi mari kita lihat koin metamesta teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Tren koin metamesta 2023

ApeCoin (APE)

APE coin
Source: APE

Koin asli ekosistem APE, ApeCoin, berfungsi untuk utilitas dan tata kelola. Ekosistem APE telah membuat kemajuan besar untuk memajukan ide metamesta setelah inisiatif Bored Ape Yacht Club yang sangat populer.

Popularitas klub Bored Ape Yacht telah menyebar ke ApeCoin, koin metamesta yang dibuat untuk memungkinkan pengelolaan ekosistem APE, berkat Yuga Labs. Memiliki token ApeCoin, yang merupakan token tata kelola ERC-20 dalam ekosistem APE, memberikan pemilik hak suara akan keberlangsungan ekosistem platform.

Bored Ape Yacht Club dari Yuga Lab, yang telah menarik minat sejumlah tokoh online, berfungsi sebagai model untuk ApeCoin. Pengembang dapat terlibat dengan platform dan mengintegrasikan ApeCoin ke dalam bisnis dan game berkat kepemilikan cryptocurrency.

ApeCoin saat ini berada di peringkat 36 secara keseluruhan. Saat ini, token tersebut mengendalikan 0,16% pasar cryptocurrency global.

Decentraland (MANA)

tren koin metamesta 2023 CRIPTO  TENDENCIA
Source: Cripto Tendencia

Salah satu platform metamesta yang terkenal adalah Decentraland. Platform virtual reality bernama Decentraland menggunakan jaringan Ethereum.

Semakin banyak orang yang mengetahui koin metamesta, popularitas Decentraland semakin meningkat. Token MANA dan LAND adalah jenis mata uang utama yang digunakan oleh platform Decentraland, yang diprediksi akan menjadi tren koin metamesta pada tahun 2023.

LAND adalah koin non-fungible ERC-721, sedangkan MANA adalah token ERC-20. Kedua koin itu diperlukan untuk suksesi proyek Decentraland.

Di platform Decentraland, pembuat konten dapat memproduksi dan menjual karya mereka. Pengguna dapat membeli LAND dalam bentuk NFT dan kemudian mengembangkannya di platform Decentraland menggunakan token MANA.

Potensi tak terbatas platform dan eksplorasi berkelanjutan dari semua peluang Web3 menunjukkan bahwa token MANA dan platform Decentraland memiliki masa depan yang menjanjikan.

Harga token MANA sekarang sedang menurun, tetapi masa depan yang lebih menjanjikan telah diantisipasi. MANA Decentraland berada di peringkat #40 dalam peringkat kapitalisasi pasar terbaru.

The Sandbox (SAND)

tren koin metamesta 2023
Source: The Sandbox

Tren koin metamesta pada tahun 2023 selanjutnya adalah SAND sebagai token cryptocurrency dari game The Sandbox. Pixowl memperkenalkan platform Sandbox pada tahun 2021. Platform ini secara aktif mempromosikan pembuatan dan penjualan aset digital sambil mengeksplorasi potensi Web3.

Sejak saat itu, Sandbox terus berupaya membuat platformnya lebih efektif dan berkelanjutan bagi penggunanya. Platform terdesentralisasi dan non-fungible token pada platform Sandbox digunakan untuk mendukung komunitas game.

Tujuan utama dari platform game The Sandbox adalah membuat karakteristik khas teknologi blockchain dapat diakses oleh gamer online. Performa luar biasa dari token cryptocurrency SAND, berfungsi sebagai bukti bahwa upaya tersebut sebagian telah berhasil sejauh ini.

Dengan total kapitalisasi pasar, token SAND memiliki peringkat pasar #41. Token SAND mengendalikan 0,13 persen dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency. Dengan begitu, SAND termasuk kedalam tren koin metamesta pada tahun 2023.

Bergantung pada strategi barunya yang mendorong penghasilan bagi kreator dan pemain game di platformnya, token SAND diharapkan dapat meningkat secara positif di tahun-tahun mendatang.

Axie Infinity (AXS)

tren koin metamesta 2023
Source: Axie Infinity

Axie Infinity adalah proyek blockchain baru yang menggabungkan keunggulan teknologi Web3 dan blockchain. Pengguna dapat berinteraksi di situs dengan bertukar, mengumpulkan, membesarkan, terlibat dalam pertempuran, dan membiakkan Axies (monster dalam game Axie Infinity) berbasis token.

Platform ini menawarkan berbagai alternatif karena banyaknya versi Axies dengan berbagai bentuk. Axies dianggap sebagai NFT dengan sifat khas yang tidak dapat ditiru. Makhluk-makhluk itu dapat disilangkan untuk menciptakan yang baru dengan ciri yang lebih khas.

Kemungkinan praktisnya tidak terbatas. Akibatnya, platform Axie Infinity menggabungkan mekanisme tata kelola. Token tata kelola platform Axie Infinity disebut AXS. Kamu memiliki hak untuk memilih untuk menentukan arah dari platform dengan memiliki token AXS.

Token AXS sekarang berada di peringkat #46. Token AXS menyumbang 0,11% dari kapitalisasi pasar semua cryptocurrency.

Theta Network (THETA)

tren koin metamesta 2023
Source: Theta

Teknologi blockchain inovatif yang disebut Theta Network berupaya meningkatkan pasar streaming video. Theta Network mendapat manfaat dari nasihat dua ahli yang diakui di bidangnya, Steve Cheng dan Justin Kan, yang secara terpisah merupakan salah satu pendiri Twitch dan YouTube.

Integritas mereka meningkat dengan kemampuan mereka untuk berjejaring dengan pakar industri yang dapat diverifikasi dan andal. Theta sebagian besar digunakan untuk menjalankan fungsi tata kelola dalam lingkungan metamesta Theta. Sejak dirilis, cryptocurrency metamesta Theta telah berhasil dengan baik.

Namun demikian, karena sentimen bearish yang meluas terhadap crypto metaverse secara keseluruhan, harga token telah jatuh selama beberapa hari terakhir.

Volume perdagangan, sementara itu, meningkat 3,13%. Menurut peringkat kapitalisasi pasar CoinmarketCap, THETA berada di peringkat #47.


Itulah 5 koin metamesta yang akan menjadi tren pada tahun 2023, kamu dapat memantau perkembangan koin tersebut berdasarkan nilai valuasinya. Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar koin metamesta dan teknologi imersif lainnya.