Beberapa Koin Metamesta ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2023

Beberapa Koin Metamesta ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2023

tren koin metamesta 2023
Koin Bitcoin Kriptografi (ivankotliar256/Pixabay)

Istilah “metaverse” yang kini memiliki padanan kata bahasa Indonesia dengan istilah “metamesta”, banyak digunakan di kalangan pecinta kripto. Tren koin metamesta pada tahun 2023 semakin berkembang pesat, karena melibatkan banyak perusahaan besar termasuk Meta Platforms, yang mendorong pengembangan dunia digital di metaverse.

Metamesta semakin populer, dan lebih banyak kemajuan dibuat di sana untuk mendorong teknologi Web3 hingga batasnya. Satu-satunya mata uang yang diterima di metamesta disebut koin metamesta. Pemilik koin dapat menggunakan koin tersebut untuk membeli apapun di dunia 3D, termasuk properti dan pakaian untuk avatar.

Mereka juga dapat memproduksi dan memasarkan produk, layanan, dan barang di dalam platform. Orang-orang akan membayar banyak koin untuk berkomunikasi dengan orang lain di metamesta, sebuah realitas virtual.

Aspek fantastisnya adalah, kamu bisa menjadi apa pun yang kamu impikan dan menghasilkan banyak uang. Banyak koin metamesta yang tersedia saat ini di pasar mata uang kripto tetapi mari kita lihat koin metamesta teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Tren koin metamesta 2023

ApeCoin (APE)

ApeCoin
ApeCoin (ApeCoin)

Koin asli ekosistem APE, ApeCoin, berfungsi untuk utilitas dan tata kelola. Ekosistem APE telah membuat kemajuan besar untuk memajukan ide metamesta setelah inisiatif Bored Ape Yacht Club yang sangat populer.

Popularitas klub Bored Ape Yacht telah menyebar ke ApeCoin, koin metamesta yang dibuat untuk memungkinkan pengelolaan ekosistem APE, berkat Yuga Labs. Memiliki token ApeCoin, yang merupakan token tata kelola ERC-20 dalam ekosistem APE, memberikan pemilik hak suara akan keberlangsungan ekosistem.

Bored Ape Yacht Club dari Lab Yuga, telah menarik minat sejumlah tokoh online yang kemudian berfungsi sebagai model untuk ApeCoin. Pengembang dapat terlibat dengan platform dan mengintegrasikan ApeCoin ke dalam bisnis dan game berkat kepemilikan mata uang kripto.

ApeCoin saat ini berada di peringkat 36 secara keseluruhan. Pada awal 2023, token tersebut mengendalikan 0,16% pasar mata uang kripto global.

Decentraland (MANA)

Decentraland (MANA)
Litecoin Bitcoin Cryptocurrency (vjkombajn/Pixabay)

Salah satu platform metamesta yang terkenal adalah Decentraland. Platform virtual reality bernama Decentraland menggunakan jaringan Ethereum.

Semakin banyak orang yang mengetahui tren koin metamesta di tahun 2023, popularitas Decentraland semakin meningkat. Token MANA dan LAND adalah jenis mata uang utama yang digunakan oleh platform Decentraland.

LAND adalah koin non-fungible ERC-721, sedangkan MANA adalah token ERC-20. Kedua koin itu diperlukan untuk suksesi proyek Decentraland.

Di platform Decentraland, pembuat konten dapat memproduksi dan menjual karya mereka. Pengguna dapat membeli TANAH dalam bentuk NFT dan kemudian mengembangkannya di platform Decentraland menggunakan token MANA.

Potensi tak terbatas platform dan eksplorasi berkelanjutan dari semua peluang Web3 menunjukkan bahwa token MANA dan platform Decentraland memiliki masa depan yang menjanjikan.

Pada pertengahan 2023, harga token MANA sempat mengalami penurunan. Meskipun begitu, token ini memiliki prospek yang lebih menjanjikan di masa depan. Dalam peringkat kapitalisasi pasar terbaru, MANA Decentraland berhasil berada di peringkat #40.

The Sandbox (SAND)

sandbox coin tren koin metamesta 2023
The sandbox crypto (Katoch tubes)

Pixowl memperkenalkan platform Sandbox pada tahun 2021. Platform ini secara aktif mempromosikan pembuatan, kreasi, dan penjualan aset digital sambil mengeksplorasi potensi Web 3.

Sejak saat itu, Sandbox terus berupaya membuat platformnya lebih efektif dan berkelanjutan bagi penggunanya. Platform terdesentralisasi dan non-fungible token pada platform Sandbox digunakan untuk mendukung komunitas game. Tujuan utama dari platform game The Sandbox adalah membuat karakteristik khas teknologi blockchain dapat diakses oleh gamer online.

Performa luar biasa dari token cryptocurrency aslinya, SAND, berfungsi sebagai bukti bahwa upaya tersebut sebagian telah berhasil sejauh ini. Dengan total kapitalisasi pasar, token SAND memiliki peringkat pasar #41. Token SAND mengendalikan 0,13 persen dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency.

Bergantung pada strategi barunya yang mendorong penghasilan bagi kreator dan pemain game di platformnya. Token SAND diharapkan dapat meningkat secara positif di tahun-tahun mendatang.

Axie Infinity (AXS)

AXS coin tren koin metamesta 2023
Axs Coin (CoinMarketCap)

Axie Infinity adalah proyek blockchain baru yang menggabungkan keunggulan teknologi Web3 dan blockchain. Pengguna dapat berinteraksi di situs dengan bertukar, mengumpulkan, membesarkan, terlibat dalam pertempuran, dan membiakkan Axies (monster dalam game Axie Infinity) berbasis token.

Platform ini menawarkan berbagai alternatif karena banyaknya versi Axies dengan berbagai bentuk. Axies dianggap sebagai NFT dengan sifat khas yang tidak dapat ditiru. Makhluk-makhluk itu dapat disilangkan untuk menciptakan yang baru dengan ciri yang lebih khas.

Kemungkinan praktisnya tidak terbatas, akibatnya platform Axie Infinity menggabungkan mekanisme tata kelola. Token tata kelola platform Axie Infinity disebut AXS, Axie Infinity Shards. Kamu memiliki hak untuk memilih untuk menentukan arah dari platform dengan memiliki token AXS.

Token AXS sekarang berada di peringkat #46. Token AXS menyumbang 0,11% dari kapitalisasi pasar semua mata uang kripto.

Theta Network (THETA)

tren koin metamesta 2023
Theta NFT (InvestingCube)

Teknologi blockchain inovatif yang disebut Theta Network berupaya meningkatkan pasar streaming video. Theta Network mendapat manfaat dari nasihat dua ahli yang diakui di bidangnya, Steve Cheng dan Justin Kan, yang secara terpisah merupakan salah satu pendiri Twitch dan YouTube.

Integritas mereka meningkat dengan kemampuan mereka untuk berjejaring dengan pakar industri yang dapat diverifikasi dan andal. Theta sebagian besar digunakan untuk menjalankan fungsi tata kelola dalam lingkungan metaverse Theta. Sejak dirilis, cryptocurrency metaverse Theta telah berhasil dengan baik.

Namun demikian, karena sentimen bearish (istilah yang digunakan untuk penurunan harga pada pasar) yang meluas terhadap kripto, harga token telah jatuh selama beberapa hari terakhir. Volume perdagangan, sementara itu mengalami kenaikan sebesar 3,13%. Menurut peringkat kapitalisasi pasar CoinmarketCap, THETA berada di peringkat #47.

Enjin Coin (ENJ)

Enjin coin
Enjin NFTs for everyone (enjin.io)

Koin metaverse berikutnya ada Enjin Coin (ENJ). Koin ini diciptakan oleh Enjin, sebuah perusahaan yang menyediakan ekosistem produk game berbasis blockchain yang saling berhubungan.

Kemunculan Enjin Coin pertama kali diumumkan ke publik pada Juli 2017, dan mulai diluncurkan di jaringan utama Ethereum pada Juni 2018. Koin ini sengaja dibuat untuk mendukung aset digital yang diterbitkan menggunakan platform Enjin.

Pengembang game memiliki kesempatan untuk mengkonversi barang-barang dalam game menjadi token berbasis blockchain Ethereum. Mereka dapat memanfaatkan Enjin Coin (ENJ-20) untuk memfasilitasi perdagangan tersebut dengan cara yang serupa dengan perdagangan di dunia nyata.

Enjin Coin terbilang cukup unik, karena setiap aset yang dicetak dengan Platform Enjin didukung langsung oleh Enjin Coin (ENJ). Ekosistem blockchain Enjin memang sengaja dibuat untuk menyediakan produk yang memungkinkan setiap orang untuk mengembangkan, memperdagangkan, memonetisasi, dan memasarkan blockchain. Sehingga, koin ini berfungsi sebagai penyimpanan nilai digital untuk mendukung nilai aset blockchain seperti token non-fungible (NFT).

Highstreet (HIGH)

highstreet coin
Harga Highstreet (CoinMarketCap)

Saat ini, video game menguasai industri hiburan untuk generasi muda. HIGH sendiri adalah token asli dari Metaverse game MMORPG play-to-earn yang dibangun oleh Highstreet dengan dukungan virtual reality (VR).

Highstreet (HIGH) memperkenalkan pasar di mana item dalam game dapat ditukarkan dengan produk kehidupan nyata. Dunia metaverse ini memang sengaja dirancang untuk memungkinkan aliran uang dalam dunia nyata dan virtual.

HIGH bisa digunakan untuk membeli semua item dalam game Highstreet dengan token non-fungible (NFT). Saat membeli item di metaverse, memungkinkan juga bagi pembeli untuk menerima item tersebut di kehidupan nyata. Proyek ini memastikan legitimasi setiap produk yang dijual di pasar, dan hanya penjual tepercaya dan terverifikasi yang dapat bergabung dengan platform Highstreet ini.

Seperti kebanyakan aset kripto, investasi pada Highstreet (HIGH) tampaknya sangat berisiko. Namun, aset kripto yang satu ini memiliki potensi keuntungan yang sangat besar, terutama jika minat dunia saat ini meningkat pada masa depan metaverse. Jika ingin melakukan investasi dalam jangka panjang, Highstreet (HIGH) mungkin menjadi pilihan yang menarik.

Somnium Space (CUBE)

Somnium space (CUBE)
A cube with coins (DS stories/Pexels)

Somnium Space adalah dunia virtual reality (VR) yang dibangun di atas blockchain ethereum. Sebagai platform open source, penggunanya dapat membeli tanah, rumah, bangunan digital, dan berbagai aset berharga lainnya di sana.

Token CUBE digunakan sebagai alat transaksi pada platform ini. Pengguna bisa melakukan transfer aset dengan mudah, karena aset yang berasal dari Somnium Space kompatibel dengan platform metaverse yang lebih luas. Jika tertarik untuk mendiversifikasi investasi dalam metaverse coin, token CUBE tentu bisa menjadi rekomendasi yang tepat guna melengkapi portofolio investasimu.

Star Atlas (ATLAS)

ATLAS coin
Bitcoin koin (Kaifixed/Pixabay)

Star Atlas adalah salah satu game play-to-earn yang cukup populer. Game ini mengusung tema perjalanan waktu ke alam futuristik di tahun 2620 dan menjelajahi kosmos dengan pengalaman virtual.

Game ini mulai diumumkan ke publik pada Januari 2021, yang dibangun diatas blockchain solona. Michael Wagner yang saat ini menjabat sebagai CEO, adalah salah satu pendiri Star Atlas.

ATLAS coin menjadi token kripto dalam game ini, dan beberapa bulan setelah diumumkan ke publik, token ini mulai diperdagangkan pada Agustus 2021. Para pemain juga dapat menukar aset yang mereka peroleh dalam game dengan mata uang dunia nyata.

Pada awal September 2021, token ATLAS menyentuh harga tertingginya. Kemudian beberapa hari setelahnya mengalami penurunan harga. Penurunan harga berlanjut hingga mencapai hingga akhir September, kemudian pulih pada November 2021 dan menunjukkan tren naik.

ATLAS bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan secara finansial, karena memiliki token yang berkinerja baik. Tingkat kenaikan ATLAS juga pernah mencapai 2,36% dalam waktu beberapa jam. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba investasi pada aset kripto yang satu ini.


Itulah penjelasan mengenai beberapa koin metamesta yang akan menjadi tren di tahun 2023. Melalui MetaNesia, Anda dapat mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu.

Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama dengan MetaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Anda dapat mencoba masuk ke platform metaverse kami, MetaNesia. Dengan mengunduhnya melalui website kami. Mari rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui MetaNesia! 

Bagikan ini: