Tren Pasar Musik NFT dan Gambaran Peluang yang Diciptakannya
Beranda /
Blog /
Tren Pasar Musik NFT dan Gambaran Peluang yang Diciptakannya
10 Januari 2023

Tren Pasar Musik NFT dan Gambaran Peluang yang Diciptakannya

Musik NFT, atau non-fungible token yang terkait dengan musik, adalah ekosistem yang berkembang pesat di industri NFT yang menawarkan potensi pertumbuhan yang menguntungkan bagi para pemangku kepentingan.

Namun, industri ini masih dalam masa pertumbuhan dan melakukan investasi dianggap berisiko. Sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dalamnya, lebih baik mempelajari dulu lebih dalam tentang apa itu musik NFT, tren pasar saat ini, dan proyeksi prospeknya.

Di artikel kali ini, mari membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang tren pasar musik NFT, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat jika memutuskan untuk mempertaruhkan aset digital ini.

Apa itu NFT musik?

Kamu mungkin pernah mendengar artis papan atas di industri musik seperti Snoop Dogg dan The Weeknd membuat gelombang di dunia NFT. Musik NFT adalah ceruk yang sedang berkembang dalam industri NFT, tempat pembuat konten dan penggemarnya berinteraksi dengan cara baru.

Pada dasarnya, NFT musik adalah kepemilikan abadi atas karya unik pada musik. Pemegang NFT memiliki hak eksklusif untuk menentukan bagaimana musik akan digunakan atau bagaimana hak diberikan saat dijual ke pihak lain.

Untuk lebih jelasnya, membeli NFT musik tidak sama dengan membeli trek atau rekaman. Karena NFT pada dasarnya adalah catatan transaksi di blockchain, memiliki NFT musik lebih berkaitan dengan hubungan pemegang NFT dengan pencipta musik. Jadi nilainya dapar berupa hubungan yang lebih dekat dan lebih langsung dengan artis.

Beberapa kasus penggunaan musik NFT saat ini termasuk NFT media, NFT berorientasi royalti, token pembangunan komunitas, peluncuran musik crypto-native, dan lain sebagainya.

Tren pasar musik NFT

NFT musik menjadi sorotan pada Februari 2021 ketika 3LAU menghasilkan hampir $11,7 juta dari 33 NFT. Untuk memperingati tahun ketiga album Ultraviolet miliknya, DJ dan produser musik Amerika melelang NFT musik yang merupakan versi album yang dapat dikoleksi.

Hanya sehari setelah 3LAU menjual habis NFT-nya, musisi Kanada Grimes meraup $5,8 juta dalam waktu 20 menit sejak dimulainya pelelangan untuk WarNymph, koleksi karya seni dan video yang dibuat secara digital dengan musiknya sendiri.

Pada bulan Maret di tahun yang sama, band rock Amerika Kings of Leon merilis delapan album studio mereka. Salinan digital, yang dilengkapi dengan seni digital dan rekaman vinil yang dapat dikoleksi, ditawarkan dalam edisi terbatas.

Setelah penjualan NFT bernilai jutaan dolar yang mengejutkan ini, beberapa artis meluncurkan NFT musik versi mereka sendiri. Daftar itu termasuk Shawn Mendes dan The Weeknd.

Kami melihat banyak artis mengikuti tren ini karena lebih banyak pasar NFT yang mempermudah mereka untuk menawarkan NFT mereka sendiri tanpa harus mengembangkan halaman atau platform. Semakin banyak kreator yang bergabung pada tren ini, kami juga akan melihat lebih banyak pendukung mereka di dalamnya.

Cara Berinvestasi dalam Musik NFT

Berinvestasi dalam musik NFT masih bersifat sangat spekulatif. Industri blockchain masih dalam masa pertumbuhan. Jadi, pasar terkait termasuk cryptocurrency dan NFT cukup fluktuatif. Jika kamu berani mengambil risiko, ada dua cara utama untuk berinvestasi dalam NFT musik.

NFT musik mint

Jika kamu seorang musisi, monetisasi bakatmu dengan mencetak NFT sendiri. Selain menawarkan salinan digital unik dari musik, kamu juga dapat mengembangkan hubungan yang lebih langsung dengan penggemar.

Untuk mencetak NFT, kamu harus memiliki dompet dengan cryptocurrency di dalamnya. Kamu memerlukan kripto untuk biaya transaksi, biaya layanan, dan biaya marketplace NFT. Pilih blockchain tempat kamu ingin meluncurkan NFT.

Setelah mencetak, pilih marketplace NFT. Sebagian besar platform akan meminta untuk mengatur kelangkaan NFT milikmu, mencantumkan harga pembelian, dan menyesuaikan pengaturan. Setelah NFT kamu terdaftar, promosikan untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Beli NFT musik

Kamu tidak harus menjadi musisi untuk mendapatkan keuntungan dari NFT musik. Kamu dapat membeli NFT yang mengandung royalti untuk memperoleh pendapatan dari sebagian royalti setiap kali musik digunakan. Selain itu, kamu juga dapat menjual kembali NFT musik saat nilainya meningkat.

Untuk memaksimalkan potensi pendapatan dari menjual kembali NFT musik, pertimbangkan tidak hanya kualitas atau kreativitas musik, tetapi juga kelangkaannya. Misalnya, NFT edisi terbatas yang dilengkapi dengan piringan hitam vintage kemungkinan akan meningkat nilainya seiring waktu karena persediaannya yang terbatas.

Artis yang tidak dikenal namun menjanjikan juga menawarkan potensi keuntungan besar di masa depan. Jadilah salah satu yang pertama membeli NFT musik mereka dan tunggu nilainya tumbuh seiring artis mendapatkan popularitas dan pengaruh.

Platform dan marketplace NFT musik

Ada lusinan marketplace yang dapat digunakan untuk membuat, membeli, memperdagangkan, dan menjual NFT musik menjadi cukup mudah. Ada juga platform yang didedikasikan untuk NFT musik yang memberi artis alat yang mereka butuhkan untuk membuat salinan digital musik mereka dan mengubahnya menjadi NFT.

1. OpenSea

OpenSea is the largest NFT marketplace
Source: OpenSea

Jika kamu bukan pelaku baru di NFT, kemungkinan besar kamu sudah memiliki akun di OpenSea, marketplace NFT terbesar saat ini. Jelajahi katalog khusus untuk NFT musik untuk menemukan koleksi terbaru dari artis papan atas dan musisi yang menjanjikan.

2. Nifty Gateway

Nifty Gateway is marketplaces for creators and collectors
Source: Nifty Gateway

Dengan lebih banyak opsi pembayaran dan tanpa biaya gas ETH, Nifty Gateway adalah salah satu marketplace yang paling disukai oleh kreator dan kolektor. Kamu dapat membeli Curated Drops yang dijual langsung oleh musisi atau Verified Drops yang telah divalidasi oleh tim Nifty Gateway.

3. Catalog

Catalog is marketplace
Source: Catalog

Untuk NFT musik edisi tunggal, salah satu marketplace terbaik untuk dikunjungi adalah Catalog. Sejak situs ini diluncurkan, musisi telah menghasilkan NFT musik senilai lebih dari $2,6 juta melalui catatan Catalog mereka. Ini adalah situs yang bagus untuk mendukung artis favorit atau berinvestasi pada artis yang menurut kamu memiliki potensi besar.

4. Royal

Tren pasar musik NFT
Source: Royal

Berinvestasi pada musisi berbakat dan mendapatkan persentase dalam streaming hak royalti. Royal tidak hanya membantu musisi mencetak NFT musik yang menghasilkan royalti, tetapi juga memungkinkan pemegang NFT untuk berbagi pendapatan dari royalti. Dengan cara ini, artis dan penggemar mendapatkan keuntungan.

5. Opulous

Tren pasar musik NFT
Source: Opulous

Pertahankan hak cipta saat kamu membeli NFT musik melalui Opulous. Platform yang mengintegrasikan royalti ke dalam token, sehingga musisi dan pemegang token mendapat manfaat darinya. Saat berinvestasi pada musisi, kamu menjadi pemilik karya musik mereka.

6. Arpeggi

Arpeggi adalah platform pembuatan musik blockchain pertama yang memiliki rangkaian alat lengkap untuk membuat musik. Platform ini memiliki stasiun kerja audio digital terintegrasi yang memungkinkan musisi untuk berkolaborasi dan menciptakan musik yang unik. Mereka kemudian dapat membuat lagu mereka di NFT dan menjual musik mereka di marketplace.

Tren pasar musik NFT
Source: Arpeggi

Pandangan Mendalam tentang Industri NFT

Teknologi blockchain menawarkan perkembangan yang menjanjikan di dunia musik. Namun, industri non-fungible token masih pada tahap awal dan masih menjadi konsep baru bahkan bagi para ahli. Sebelum berpartisipasi dan berinvestasi dalam NFT musik, seseorang harus melihat secara mendalam industri NFT untuk memahami seluk beluknya.

Memantau tren dan mengevaluasi peluang. Lihat berbagai marketplace untuk lebih memahami bagaimana kinerja NFT musik. Sama seperti investasi lainnya, lakukan uji tuntas dan buat keputusan yang tepat saat berinvestasi dalam musik NFT.


Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar non-fungible token (NFT) dan teknologi imersif lainnya.