Vending Machine Unik di Dunia yang Menarik Perhatian

Vending Machine Unik di Dunia yang Menarik Perhatian

Manusia kian hari kian memiliki ide-ide kreatif yang menarik untuk bisnis mereka dan memperoleh atensi khalayak ramai. Salah satunya ada pada teknologi mesin penjual otomatis atau yang biasa kita kenal dengan vending machine.

Makin berkembangnya zaman, vending machine makin mudah kita temukan di sekitar kita. Seperti di mall, tempat olah raga, bahkan di pinggir jalan umum! Penggunaan vending machine dalam berbisnis pun menjadi daya tarik bagi masyarakat.


Bentuk, visual, dan cara penggunaannya yang menarik, berhasil membuat konsumen mampir ke vending machine dan membeli produk dari situ. Namun siapa sangka bila teknologi vending machine ini ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Awal mula vending machine

Tak sedikit orang yang tahu apa itu vending machine. Mesin penjual otomatis atau vending machine merupakan mesin yang dapat digunakan untuk menjual dan membeli berbagai produk. Misalnya, makanan, minuman, hingga tiket. 

Vending machine pertama ditemukan pada tahun 215 sebelum masehi dan merupakan karya dari seorang matematikawan bernama Heron. Saat itu vending machine digunakan untuk menjual air suci dari kuil.

Vending machine pun terus berkembang dari masa ke masa. Teknologinya semakin canggih dan mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi.

Vending machine unik di dunia

Vending machine
Vending machine (Nicholas Ng / Unsplash)

Kreativitas manusia yang turut dipengaruhi oleh tuntutan zaman membuat makin banyak hal unik bermunculan. Seperti mesin penjual otomatis yang menjual emas batangan hingga kepiting segar.

Ada banyak vending machine unik di dunia yang kerap menyita perhatian masyarakat. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Vending machine unik di dunia | Emas batangan

Vending machine unik di dunia pertama yang akan kita bahas adalah yang menjual emas batangan. Di kala orang-orang harus pergi ke toko emas untuk membeli emas batangan, masyarakat Dubai (Uni Emirat Arab) dapat memperolehnya melalui vending machine.


GOLD to go merupakan mesin penjual otomatis yang menjual emas batangan pertama di dunia. Letak dari mesin GOLD to go ada di mall dan diawasi oleh penjaga dengan ketat sepanjang hari. Vending machine ini menjual emas 24 karat dengan berat mulai dari 2,5 gram.

Alat uji tes PCR

Pada saat pandemi Covid-19 sedang parah-parahnya, Jepang memiliki ide brilian dengan menyediakan vending machine yang menjual alat uji tes PCR. Saat pertama kali dirilis (Maret, 2021), harga dari alat uji tes PCR tersebut dijual seharga 3.500 yen atau Rp 470.000. Vending machine ini merupakan keluaran Takenoko Clinic yang dapat ditemukan di beberapa wilayah ternama di Jepang.

Kepiting segar

Kalau vending machine unik yang satu ini dapat kalian temukan di Tiongkok. Tenang saja, tiap harinya stok kepiting akan diganti sehingga mesin ini selalu menjual kepiting yang masih segar. Pada awal dirilis (September, 2013), satu kepiting dengan pelengkap lain (cuka kepiting dan kantong teh jahe) diberi harga Rp 48.000.

Wagyu

Jenis daging sapi andalan negara Jepang, wagyu pun dapat kalian beli melalui mesin penjual otomatis. Sisi jalan Prefektur Aichi menjadi lokasi dari vending machine yang menjual daging wagyu ini. Di awal perilisan (November, 2021), mesin ini menawarkan berbagai macam jenis daging kualitas tinggi dengan kisaran harga Rp 126.000 – Rp 228.000.

Sandal jepit

Vending machine unik di dunia yang lainnya ada di Sydney, Australia yang menjual sandal jepit trendi. Di awal perilisan (Juni, 2014), sandal jepit ini sendiri dibandrol dengan harga USD20 atau Rp 230.000. Letak mesin ini ada pada The Galeri, 500 George St.

Ragam metode penggunaan dan pembayaran di vending machine 

Seiring berkembangnya teknologi, vending machine yang awalnya harus dibayar dengan uang tunai atau koin pun jadi lebih mudah. Kini membeli barang dari mesin penjual otomatis tersebut dapat dilakukan dengan scan QR dan membayar dengan e-money. 

Sebelum membeli, pembeli bisa terlebih dahulu melihat-lihat produk yang dijual dengan melakukan pengecekan pada katalog yang tersedia di layar mesin canggih itu. Bila sudah tahu apa yang hendak dibeli, mereka dapat menekan tombol “beli” pada bagian bawah gambar produk.


Nah, sesudah membaca informasi terkait vending machine unik di dunia pada artikel di atas, apakah kamu jadi semakin tertarik untuk mencobanya?

MetaNesia merupakan digital platform berupa metaverse yang dapat membantu kamu berinteraksi, berkreasi, dan berkolaborasi secara virtual dengan lingkungan digital yang memadai. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia.

Bagikan ini: