Virtual Reality Memungkinkan Warga Palestina untuk Mengunjungi Tanah Air Mereka

Virtual Reality Memungkinkan Warga Palestina untuk Mengunjungi Tanah Air Mereka

virtual reality palestina
Seorang wisatawan menggunakan VR untuk melihat objek sejarah (Middle East Monitor)

Pada tahun 2023 Seorang wanita yang tinggal di Gaza, Palestina telah meluncurkan inisiatif virtual reality. PAL VR, yang menghilangkan hambatan dengan mengundang warga Palestina di seluruh dunia untuk menjelajahi warisan dan sejarah mereka yang kaya menggunakan VR dan teknologi 360. Penjajahan Israel yang sedang berlangsung membuat banyak warga Palestina tidak dapat mengunjungi tanah air mereka dan menjelajahi berbagai situs warisan yang dimiliki.

Apa itu PAL VR?

PAL VR menawarkan solusi unik untuk masalah ini dengan memungkinkan warga Palestina, terlepas dari lokasi geografisnya, untuk mengalami dan menjelajahi warisan mereka secara virtual dengan bantuan headset VR. Melalui gambar 360 derajat yang mendetail, pengguna dapat membenamkan diri dalam keajaiban sejarah dan budaya Palestina. Inisiatif inovatif ini menawarkan kesempatan bagi warga Palestina yang terpaksa mengungsi atau tidak dapat melakukan perjalanan karena berbagai kendala untuk terhubung kembali dan memperkuat identitas budaya mereka.

Dengan memanfaatkan kekuatan virtual reality, PAL VR membantu warga Palestina mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang warisan dan sejarah mereka. Inisiatif ini tidak hanya mendidik tetapi juga menginspirasi. VR memungkinkan pengguna untuk secara virtual melangkah ke waktu lampau dan menjelajahi tempat-tempat yang memiliki makna budaya dan sejarah penting. Selain itu, dengan menjadikan pengalaman ini dapat diakses oleh warga Palestina di seluruh dunia, PAL VR memupuk rasa persatuan dan solidaritas di antara diaspora Palestina.

Di saat perjalanan fisik dibatasi bagi banyak orang Palestina, PAL VR berfungsi sebagai alat vital untuk melestarikan warisan budaya mereka. Ini memungkinkan individu untuk menghargai keindahan dan pentingnya identitas budaya Palestina, meskipun secara fisik terpisah darinya. Inisiatif ini membawa secercah harapan bagi warga Palestina yang rindu untuk terhubung kembali dengan budaya mereka dan berfungsi sebagai pengingat kekuatan abadi dan ketahanan rakyat Palestina dan warisan mereka.

Baca juga:

Virtual reality jadi pelarian pemuda Gaza

virtual reality palestina
VR Station di Gaza (Head Topics)

Terdapat cafe di kota Gaza yang menawarkan game virtual reality. Game yang tersedia di cafe tersebut meliputi olahraga, musik, dan aksi dunia fantasi yang senang dimainkan oleh anak muda yang tumbuh di bawah blokade. Game virtual reality ini seperti jalan alternatif bagi mereka sebagai cara menyenangkan diri dari kehidupan yang terbatas.

Menurut Firas Al-khodary, sebagai pemilik cafe game VR, anak muda yang bermain di tempat miliknya didasari sebagai hiburan dari kenyataan yang mereka jalani. Hal tersebut disebabkan karena perbatasan selama bertahun-tahun yang diberlakukan oleh Mesir dan Israel, sehingga niat bepergian dikesampingkan oleh kebanyakan orang. Karena alasan itulah VR dijadikan hiburan bagi kebanyakan anak muda di sana.

Berdasarkan game yang sering dimainkan, aksi dan pertarungan virtual paling populer di kalangan laki-laki. Sedangkan bagi perempuan cenderung menyukai game berjenis olahraga, musik, dan perjalanan. Virtual reality semakin menunjukkan fungsinya sebagai teknologi yang menjawab permasalahan dan kondisi penggunanya. Dengan begitu, teknologi ini patut diperhitungkan untuk digunakan secara masif di berbagai sektor.


Itulah informasi seputar Virtual Reality (VR) yang dimanfaatkan warga palestina untuk mengobati kerinduan atas tanah air mereka. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, penggunaan VR di bidang apa pun akan menjadi lebih canggih dan terjangkau. Kunjungi blog MetaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar blockchain, AR, VR, dan teknologi imersif metaverse lainnya.

Tertarik untuk menggunakan layanan blockchain, virtual reality, dan metaverse? Segera hubungi customer service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. Rasakan juga pengalaman dunia virtual yang menakjubkan dengan bergabung bersama MetaNesia.

Bagikan ini: