Selengkapnya Tentang Definisi, Penggunaan dan Penyedia Layanan Virtual Tour di Indonesia

Selengkapnya Tentang Definisi, Penggunaan dan Penyedia Layanan Virtual Tour di Indonesia

Virtual tour atau yang juga dikenal sebagai tur virtual merupakan salah satu aktivitas baru menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) yang mulai ramai digunakan. Terlebih karena pandemi Covid-19 yang menyerang dunia pada 2020 silam.

Tidak hanya ramai digunakan di dunia, virtual tour juga mulai mendapatkan ketenarannya di Indonesia. Yuk, ketahui informasi lengkap terkait definisi, pengembangan dan penggunaan virtual tour di Indonesia.

penggunaan vr headset untuk virtual tour
Photograph of an Elderly Man in a Red Sweatshirt Wearing a Virtual Reality Headset
(Kampus Production / Pexels)

Definisi | Apa itu Virtual Tour?

Sebelum membicarakan pembahasan lain mengenai virtual tour, kita harus terlebih dahulu mengetahui definisi virtual tour. Sesuai namanya, virtual tour merupakan tur virtual yang dilakukan menggunakan perangkat VR maupun melalui perangkat lain seperti komputer.

Untuk bisa mengakses virtual tour, awalnya dibutuhkan perangkat VR seperti headset VR untuk bisa mengunjungi tempat wisata virtual secara langsung. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kamu sekarang bisa mengunjungi tempat wisata favorit hanya melalui PC maupun smartphone.

Salah satu karakteristik unik dari virtual tour adalah kehadiran gambar 360 derajat yang juga membuat pengalaman pengguna jadi lebih imersif.

Kehadiran virtual tour tentunya memberikan pengaruh positif bagi ekonomi dan kelahiran industri baru, yakni virtual tourism atau pariwisata virtual. Di Indonesia, sudah ada beberapa tempat wisata yang menyediakan layanan virtual tour untuk mendukung sektor pariwisata daerah.

kunjungan museum menggunakan virtual tour
Egyptian Art at The Brooklyn Museum (themusediffuse / Flickr)

Penggunaan virtual tour di dunia dan Indonesia

Tren virtual tour sendiri bukan tanpa alasan. Dengan biaya yang tentunya lebih murah dibandingkan pergi langsung ke tempat wisata, virtual tour memungkinkan pengguna untuk mengunjungi dan mendapatkan informasi lokasi yang lebih detil.

Berdasarkan penggunaannya, virtual tour sendiri dibagi menjadi beberapa jenis.

Dipandu tour guide

Meskipun sudah beralih normal, pandemi Covid-19 masih membekas di seluruh bagian dunia. Banyak tempat wisata yang sudah terlanjur menutup lokasi kunjungan mereka karena keterbatasan dana. Salah satu tempat wisata yang paling terpengaruh adalah museum sejarah maupun pendidikan.

Untuk memastikan pengunjung mendapatkan informasi yang benar tapi tetap interaktif, tersedia layanan virtual tour yang dipandu dengan tour guide. Tour guide yang tadinya terkena efek pandemi dapat memandu pengunjung melalui aplikasi Zoom maupun Google Maps.

Cara kerjanya juga cukup unik. Berikut langkah-langkah yang diikuti peserta:

  • Pengunjung atau peserta awalnya diharuskan untuk melakukan registrasi serta membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan
  • Peserta kemudian akan menerima link URL aplikasi Zoom yang digunakan untuk melakukan virtual tour, yang bisa diakses pada hari “keberangkatan”
  • Saat virtual tour dimulai, peserta hanya perlu memilih tempat yang nyaman di rumah dan duduk sembari menikmati diadakannya virtual tour

Meskipun terkesan mudah, virtual tour guide juga mempersiapkan beberapa hal yang penting agar tur bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya mempelajari sejarah dan informasi penting, tour guide juga harus bisa menghafal lokasi Google Maps di sekitaran tempat virtual serta membuat presentasi cantik yang bisa dinikmati.

Melakukan virtual tour mandiri

Selain dipandu dengan tour guide, kamu juga bisa mengikuti virtual tour secara mandiri atau sendiri melalui perangkat pilihan. Salah satu pilihan virtual tour mandiri secara gratis yang bisa kamu ikuti adalah virtual tour museum.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa museum sejarah dan pendidikan yang menyediakan layanan virtual tour seperti Museum Manusia Purba Saringan dan Museum Nasional Indonesia. Selain menggunakan gambar 360 derajat, virtual tour museum Indonesia ini juga menggunakan video edukatif untuk membuat pengalamannya jadi lebih interaktif.

Virtual tour mandiri pada museum juga biasanya dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti voice over maupun description. Beragam barang yang tersedia di dalam museum dapat di-klik dan kemudian menampilkan rincian dan informasi.

Papan Nibung di Museum Perkebunan Indonesia (Wikimedia Commons)

Melalui Google Arts & Culture

Google Arts & Culture merupakan website khusus buatan Google di mana pengguna bisa mengunjungi dan mengakses beragam museum serta tempat virtual secara gratis di seluruh dunia. Website buatan Google ini juga menyediakan informasi tambahan terkait detail museum dan barang seni yang ingin kamu lihat.

Melalui Google Arts & Culture, kamu bisa mengunjungi beragam tempat wisata dan museum besar mancanegara seperti The Louvre, British Museum hingga The Vatican Museum. Pastikan museum yang ingin kamu datangi sudah bekerja sama dengan Google Cultural Institute, sehingga bisa dikunjungi melewati Google Arts & Culture.

Layanan virtual tour di Indonesia

Kehadiran teknologi baru seperti metaverse membuat masyarakat semakin terbuka akan beragam pilihan wisata baru, salah satunya yakni virtual tour. Metaverse dan virtual tour sendiri sebenarnya cukup mirik, karena dua-duanya menggunakan virtual reality sebagai salah satu teknologi utama.

Di Indonesia, sudah terdapat beberapa perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembuatan metaverse maupun virtual reality. Salah satunya adalah MetaNesia.

MetaNesia merupakan penyedia layanan dan jasa virtual tour, metaverse, maupun produk teknologi lainnya seperti VR/AR serta blockchain. Sebagai bagian dari Telkom Indonesia, MetaNesia telah bekerja sama dengan lebih dari 25 institusi, lembaga serta perusahaan besar di Indonesia.

Untuk mendukung industri pariwisata yang sempat redup akibat pandemi Covid-19, virtual tour menjadi salah satu layanan penting yang banyak diakses masyarakat Indonesia. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengunjungi tempat wisata, pelaku bisnis juga bisa menggunakan virtual tour untuk melakukan tur properti maupun hotel.

contoh barang bersejarah mesir di museum
Egyptians Object in Berlin Museum (Wikimedia Commons)

Contoh virtual tour di Indonesia

  • Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia atau juga yang dikenal sebagai Museum Gajah merupakan museum arkeologi, sejarah, etnografi dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat. Tempat ini dikenal sebagai museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Museum ini awalnya didirikan pada tahun 1778 oleh pemerintah Hindia Belanda dan diberi nama Museum Royal Batavian Society of Arts and Sciences Batavia. Karena banyaknya prasasti serta barang bersejarah dan penting yang berada di museum ini, pemerintah Indonesia kini menyediakan layanan virtual tour agar pengunjung bisa mendatangi tempat wisata ini secara virtual.

  • Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran merupakan situs sejarah manusia dan hewan purba di Indonesia yang kerap menjadi pusat studi peneliti dari dalam dan juga luar negeri. Museum Sangiran terbagi dalam 5 (lima) klaster, yaitu Klaster Ngebung, Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Bukuran, dan Museum Lapangan Manyarejo. Berada di Jawa Tengah, sekarang kamu bisa mengunjungi Museum Sangiran secara virtual melalui virtual tour!

  • Museum Kepresidenan Jawa Barat

Tahukah kamu kalau Indonesia juga memiliki museum khusus untuk mengenal dan mengetahui profil presiden Indonesia terdahulu? Museum Kepresidenan Jawa Barat memiliki beragam koleksi pribadi presiden Indonesia dari masa ke masa, teks proklamasi, hingga patung presiden Indonesia dari pertama hingga ke-6. Tidak perlu mengunjungi secara langsung, sekarang kamu juga bisa mendatangi Museum Kepresidenan Jawa Barat secara virtual.


Berikut penjelasan mengenai definisi, penggunaan dan penyedia layanan virtual tour di Indonesia. Ingin coba menggunakan virtual tour untuk bisnis? Hubungi MetaNesia dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami.

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Anda juga bisa merasakan keseruan masuk ke dalam dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia. Yuk, jangan sampai ketinggalan keseruannya, ya.

Bagikan ini: