Volume Penjualan NFT Global Anjlok Selama Akhir Tahun 2022

Volume Penjualan NFT Global Anjlok Selama Akhir Tahun 2022

volume penjualan nft global
Sumber: BeinCrypto

Penjualan aset digital Non-fungible Token (NFT) kian populer semenjak tren metaverse meningkat. Merek seperti Nike, Flipkart, Pepsi, Bulgari, dan bahkan Louis Vuitton mulai menciptakan pengalaman digital unik untuk konsumen mereka dengan salah satunya membuat NFT.

Namun, saat ini NFT sedang dilanda penurunan. Volume penjualan NFT global sedang anjlok selama 2022. Menurut data CryptoSlam, volume penjualan NFT global pada minggu terakhir tahun 2022 turun 13,97% lebih rendah dari minggu sebelumnya.

Hal ini juga bukan pertama kalinya NFT mengalami penurunan nilai. Tahun 2022 memang bukan tahun yang baik untuk NFT karena penjualan dan nilai NFT anjlok selama 12 bulan terakhir.

Token NFT yang berasal dari Ethereum (ETH) mencapai nilai $113,86 juta dari $147,05 juta total penjualan NFT pada minggu terakhir tahun 2022. Namun, penjualan NFT berbasis ETH turun 20,4% selama seminggu terakhir.

Rekap penjualan NFT global selama akhir tahun 2022

investasi nft
Sumber: Kiplinger

Penjualan Solana NFT melonjak 91,36% di awal tahun 2023 karena token tersebut memperoleh penjualan $23,64 juta hanya dalam tujuh hari. Terlepas dari pertumbuhan nilai Solana, penjualan NFT berbasis Waves tumbuh 302,59%. Mirisnya, Waves hanya bisa menjual NFT sejumlah $7.609.

Penjualan NFT Theta juga melonjak 132,29%pada akhir desember, tetapi hanya senilai $358 koleksi digital yang terjual.

Sedangkan NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) meraup US$12,59 juta dan berhasil menduduki puncak teratas. Namun, penjualan tersebut 47,05% lebih rendah dari penjualan BAYC di minggu sebelumnya.

Selain itu, Mutant Ape Yacht Club (MAYC), Azuki dan Cryptopunks juga menduduki peringkat teratas setelah BAYC. Penjualan Cryptopunks berhasil melonjak 94,71% pada minggu terakhir tahun 2022 dibandingkan dengan penjualan minggu sebelumnya.

Harga termahal NFT saat ini dipegang oleh BAYC, Cryptopunks, dan Mutant Ape Yacht Club. BAYC memiliki harga dasar 69,49 ETH sedangkan harga dasar Cryptopunks saat ini adalah 65,47 ETH.

Volume transaksi NFT sepanjang tahun 2022

volume penjualan nft global
Sumber: The Block

Statistik terbaru di atas menunjukan bahwa terdapat sentimen negatif untuk pasar untuk koleksi dan investasi digital. Hal ini membuat platform penjualan NFT menghasilkan total volume di bawah $1 miliar dalam bulan Juni hingga Desember 2022. Pasar NFT mencapai puncak sepanjang masa sebesar $5,63 miliar pada bulan Januari.

Pada tanggal 1 Mei 2022, NFT mencapai puncaknya dengan hari tersebut menjadi hari perdagangan dengan nilai tertinggi dalam sejarah NFT. Total NFT yang terjual kala itu sebesar 118.577 NFT dengan nilai total $780,4 juta. Namun, semenjak itu pasar kripto mengalami penurunan hingga saat ini.

Secara keseluruhan, volume transaksi NFT pada tahun 2022 melambat drastis. Dari Januari 2022 hingga September 2022, volume perdagangan NFT anjlok hingga 97 persen, dari nilai $17 miliar menjadi hanya $466 juta, menurut data yang diberikan oleh Bitay.

Prediksi tren investasi NFT pada tahun 2023

Tidak diragukan lagi bahwa pasar NFT telah mengalami pukulan serius pada tahun 2022. Namun, beberapa analis dan pemain industri teknologi web3 seperti blockchain optimis melihat tahun 2023 sebagai tahun yang lebih baik bagi pasar NFT.

Harapan ini bertumpu pada fakta bahwa NFT adalah bagian penting dari ekonomi digital. Teori di balik pandangan bullish ini adalah bahwa NFT akan terus diadopsi oleh video game, karya seni, musik, dan industri koleksi digital.

NFT mungkin memang memiliki daya tahan jika kehidupan bergerak ke arah virtual di tahun-tahun mendatang. Hal tersebut membutuhkan para konsumen untuk mulai menggunakan aset virtual di platform metaverse.

Sebuah laporan dari Verified Market Research juga memproyeksikan bahwa nilai pasar NFT akan melonjak menjadi $231 miliar pada tahun 2030.

Tentu jika kita melihat pasar NFT sekarang, nilai tersebut masih panjang untuk diwujudkan. Pada November 2022, Google melaporkan bahwa penelusuran untuk NFT telah turun 88 persen dalam waktu kurang dari setahun.

Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa minat terhadap NFT yang berteknologi blockchain telah berkurang.

Menurut kamu apakah harga dan volume perdagangan yang anjlok pada tahun 2022 merupakan indikasi jatuhnya sektor investasi pasar NFT?


Ayo kunjungi blog metaNesia untuk mengetahui informasi terbaru seputar teknologi!

Bagikan ini: