VR Fitness: Gabungkan Keseruan Bermain Game dan Berolahraga dalam Dunia Virtual Reality

VR Fitness: Gabungkan Keseruan Bermain Game dan Berolahraga dalam Dunia Virtual Reality

VR fitness
Fitness games (ZyberVR)

Saat ini menjaga kesehatan fisik menjadi lebih mudah untuk dilakukan, walau hanya di rumah saja. Dengan kemunculan teknologi virtual reality (VR) banyak mengubah cara kita menikmati aktivitas fisik, salah satunya yaitu berolahraga.

Dengan VR, kamu bisa mengakses berbagai olahraga baru secara teratur dan menjadi bugar bersama teman-temanmu walau kalian tidak berada di sana secara fisik. Kombinasi antara kebugaran dan teknologi VR memberikan pendekatan baru dalam melibatkanmu melakukan aktivitas fisik.

Sejalan dengan munculnya banyak program pelatihan kebugaran VR yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Kamu pasti penasaran dan ingin tahu bagaimana cara menggunakannya. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut!

Sebenarnya apa itu VR fitness?

VR fitness dan games
VR Workout (VR fitness)

Secara istilah, VR fitness adalah kegiatan olahraga yang dilakukan menggunakan teknologi VR. Biasanya, aktivitas ini kita lakukan dengan memakai perangkat VR headset.

Meski kegiatan ini masuk kedalam olahraga, jenis fitness yang satu ini sedikit berbeda, karena dilakukan dengan menggunakan sebuah game. Untuk kamu yang ingin mencoba olahraga dengan VR fitness, jangan khawatir, karena saat ini ada banyak pilihan permainan olahraga VR yang tersedia, lho!

Namun, akibat banyaknya VR games fitness yang bermunculan, ada beberapa orang yang mempertanyakan apakah tetap harus pergi ke gym agar kita bisa berolahraga. Sederhananya, mengapa harus membayar untuk pergi ke gym jika kamu bisa membakar kalori hanya dengan bermain game dari rumah?

Meskipun kedua aktivitas ini sama-sama membakar kalori, ternyata tetap ada perbedaan saat kamu berolahraga dengan VR fitness dan olahraga secara langsung. Ingin tahu apa saja perbedaanya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan VR fitness games dan olahraga konvensional

Lari pagi
Jalan kaki di pagi hari (Halodoc)

Jika kamu memiliki keterbatasan waktu atau jadwal yang padat, VR fitness games mungkin bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik untuk dilakukan. Dengan VR fitness games, kamu bisa berolahraga di rumah tanpa harus pergi ke tempat olahraga tertentu.

Dibandingkan dengan olahraga konvensional, kebanyakan VR fitness games memang cenderung berfokus pada olahraga aerobik atau latihan kardio. Sedangkan olahraga konvensional berfokus pada latihan kekuatan dan aerobik sekaligus. Sehingga, kamu bisa memilihnya dengan menyesuaikan pada tujuan olahragamu.

Selain itu, melalui VR, kamu juga bisa berbagi pencapaian dengan pengguna lain dari seluruh dunia. Misalnya, kamu dapat berkomunikasi melalui platform VR dan membagikan progresmu di sana, mulai dari saling berkomentar, berbagi cerita hari ini, hingga berbagi tips dan motivasi.

Sama hal nya dengan metaverse, kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain melalui dunia virtual yang saling terhubung. Dalam Metaverse yang dibuat oleh MetaNesia, kamu juga bisa berolahraga di sana. Bahkan kamu bisa bekerja atau mengadakan berbagai acara virtual, seperti konser, expo, atau meeting yang bisa kamu hadiri secara langsung menggunakan avatar.

Beberapa games VR yang bisa kamu coba untuk berolahraga

Dengan teknologi VR, kamu bisa mencoba beragam tipe olahraga. Ada juga beberapa games yang pastinya tidak asing di telingamu, seperti jogging atau boxing. Daripada penasaran, yuk kita bahas games olahraga VR apa saja yang masih populer sampai saat ini.

FitXR

FitXR
Kelas workout FitXR (ARPost)

Jika ingin merasakan pengalaman workout berbeda dengan menggunakan VR, kamu wajib mencoba game yang satu ini. Dengan FitXR, kamu bisa mengikuti kelas full body workouts yang dipadukan dengan dunia virtual reality yang imersif.

Dengan banyak pilihan musik, FitXR juga menawarkan beberapa jenis olahraga aerobik yang pasti membuat kamu bersemangat dan berkeringat. Tiga jenis olahraga aerobik yang ditawakan oleh FitXR diantaranya yaitu boxing, dancing, dan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT).

Saat baru mau memulai kebiasaan berolahraga, mungkin olahraga ini bisa menjadi pilihan pertama yang harus kamu coba. Kamu juga tidak perlu takut untuk merasa bosan, karena FitXR selalu menambahkan musik dan kelas baru setiap minggunya.

Holofit

Holofit
Holofit combo workout (HOLOFIT)

Game lain yang memanfaatkan teknologi VR untuk tujuan kebugaran dan olahraga, adalah Holofit. Kamu bisa memilih berbagai jenis aktivitas fisik di sana, seperti bersepeda, berjalan, berlari, atau bahkan mendayung. Uniknya, kamu juga bisa menentukan sendiri kecepatan, intensitas, atau pilihan rute yang paling sesuai dengan tujuan olahragamu.

Selain itu, Holofit VR juga menyediakan fitur-fitur seperti pelacakan kalori, pengukuran jarak, dan pemantauan kemajuan fisik dari penggunanya. Data ini dapat membantu kamu melacak dan memantau pencapaian setiap waktunya. Sehingga, kamu bisa lebih termotivasi untuk tetap aktif dan bugar.

Beat Saber

Beat saber
VR rhythm (Beat Sober)

Saat memainkan beat saber, kamu akan di bawa ke lingkungan virtual yang bertema neon surealis dengan berbagai pilihan genre musik. Cara bermainnya pun cukup mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, baik sendiri atau bersama teman.

Kamu hanya perlu mengiris dan menghancurkan balok yang datang mengarah padamu sesuai dengan ketukan musik, menggunakan sepasangan pedang berwarna kontras. Warna balok menunjukkan warna pedang yang harus digunakan, dan arah balok menunjukkan arah irisan yang harus dilakukan (misalnya, atas, bawah, kanan, atau kiri).


Itulah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan teknologi VR. Penasaran dengan berita lain seputar teknologi VR? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi lain seputar teknologi.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia virtual metaverse. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, blockchain dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Rasakan pengalaman masuk ke dunia metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang juga!

Bagikan ini: