Melihat Bagaimana Game Akan Berubah dengan Virtual Reality
Beranda /
Blog /
Melihat Bagaimana Game Akan Berubah dengan Virtual Reality
4 Januari 2023

Melihat Bagaimana Game Akan Berubah dengan Virtual Reality

Upaya pertama untuk menggunakan virtual reality dalam game dilakukan pada pertengahan 1980-an. Namun untuk waktu yang lama, game dengan VR masih primitif dan tidak dapat menarik pengguna massal.

Munculnya headset VR modern seperti Oculus Rift, HTC VR Vive, Sony Playstation VR, yang memungkinkan pengguna terjun ke lingkungan virtual, mendorong pesatnya perkembangan VR di industri game selama beberapa tahun terakhir.

Namun, tingginya biaya perangkat keras tersebut membatasi distribusi massal game virtual reality. Oleh karena itu, produsen headset terkemuka menurunkan harga secara signifikan, dan tren ini akan terus berlanjut.

Tantangannya tetap untuk konten berkualitas. Perangkat keras VR tidak memiliki nilai jika gamer tidak memiliki apa yang harus dimainkan.

Game virtual reality yang seru akan menguntungkan semua orang. Gamer akan bisa mendapatkan pengalaman imersif baru di dunia virtual, produsen perangkat keras akan mendapatkan pelanggan baru, dan pengembang game akan mendapat untung dari penjualan game mereka.

vr
Source:

Mengenal genre game VR

Sekarang genre game VR sama dengan genre video game tradisional. Namun kemungkinan besar dengan perkembangan teknologi imersif, genre game baru akan muncul.

vr mengubah industri game
Source:

Game menembak

Menembak adalah game aksi dengan tujuan utama untuk membunuh musuh dan melanjutkan misi tanpa terbunuh. Ini adalah genre paling populer di antara game konsol. Pada saat yang sama, perang dengan VR adalah salah satu genre permainan yang paling sulit dikembangkan.

Tantangan bagi pengembang untuk memberikan respons instan terhadap tindakan pemain, kebebasan bergerak, orientasi visual dan suara yang konsisten. Kebebasan bergerak dalam game menembak dengan VR biasanya penting untuk kenyamanan bermain game.

Saat mengembangkan game menembak dengan VR, mekanika game perlu disesuaikan dengan batasan gerak di dunia nyata.

Game balap

vr mengubah industri game
Source:

Game balap dengan VR memiliki potensi pengembangan yang luar biasa. Seorang pemain dalam balapan virtual reality biasanya duduk di kursi mobil, seolah-olah sedang mengendarai mobil sungguhan.

Hal ini menyederhanakan pengembangan game balapan VR karena pemain tidak perlu memperhitungkan gerakan spasial di dunia nyata. Keuntungan utama dari game balap VR adalah merasakan kecepatan dan ruang mirip dunia nyata, yang tidak dapat dicapai dalam game balapan tradisional.

Untuk meningkatkan efek imersif, pengembang game VR menggunakan audio berbasis objek, misalnya suara mesin, gemerisik mobil yang melaju kencang, suara alam sekitar. Audio berbasis objek menyertakan objek audio itu sendiri. Jadi pemain mendengar setiap suara dari sumbernya sendiri.

Game Horror

Horror adalah game di mana pemainnya ditantang untuk bertahan hidup atau memecahkan beberapa misteri dalam suasana yang berbahaya dan menakutkan.

Masalah dengan sebagian besar game horor adalah dapat diprediksi, oleh karena itu tidak menakutkan bagi pemain berpengalaman. Dalam game horor VR, sangat penting untuk menciptakan pengalaman imersif menggunakan permainan cahaya dan bayangan, gerakan yang hampir tidak terlihat, dan suara berbasis objek.

Alat haptic membuka potensi baru bagi pengembang game horor karena dapat meningkatkan permainan dan menghadirkan lebih banyak sensasi dengan sensasi sentuhan yang tidak terduga.

vr mengubah industri game
Source:

Bagaimana VR mengubah industri game?

Potensi virtual reality saat ini masih dipelajari, tapi VR sudah mengubah dunia video game konvensional.

Dunia fantasi virtual

Ada berbagai dunia fantasi virtual yang ingin diselami para pemain. Dunia fantasi virtual sangat menarik karena sangat berbeda dan benar-benar terputus dari dunia nyata. Pengembang aplikasi VR menciptakan lingkungan menakjubkan yang komprehensif. Berjalan di sekitar tempat-tempat indah ini bisa menjadi hiburan yang luar biasa.

Beberapa permainan memungkinkan para pemain untuk menciptakan dunia fantasi mereka dari awal. Tahun ini, Minecraft VR yang telah lama ditunggu-tunggu muncul. Di Minecraft VR, hanya imajinasi yang menjadi batas dalam menciptakan dunia 3 dimensi.

Alat haptic

Haptic memungkinkan pemain untuk merasakan objek dengan pengenalan sensual atas bentuk, tekstur, dan massa. Mampu merasakan “kehadiran tangan” membuat pengalaman VR jauh lebih imersif.

Perangkat haptic menjadi sangat populer, khususnya berkat upaya Oculus. Mereka telah mengembangkan dan secara aktif mempromosikan pengontrol Oculus Touch. Sarung tangan VR dapat meningkatkan efek objek yang benar-benar merasakan. Tapi harga sarung tangan VR masih terlalu tinggi untuk pemain saat ini.

Pemain adalah karakter utama

VR mengubah cara pengguna menikmati game. Tenggelam dalam aplikasi VR, otak kita mengira kita benar-benar berada di tempat kejadian.

Oleh karena itu, aplikasi VR yang dirancang dengan baik memungkinkan pemain untuk merasakan menjadi karakter utama. Tenggelam dalam lingkungan tiga dimensi membuat pemain lupa sekejap akan identitasnya dan menjadi pahlawan dalam permainan.

VR
Source:

Game sebagai jejaring sosial

Menurut banyak penelitian, pemain menganggap interaksi sosial sebagai salah satu motif utama bermain. Oleh karena itu, banyak pengembang game VR mempertaruhkan jejaring sosial antar pemain.

Dalam jaringan virtual, setiap pemain diwakili oleh avatar 3D. Meskipun avatar bukanlah tubuh asli pemain, ada perasaan bahwa pemain dapat berinteraksi secara fisik dengan orang lain. Misalnya, jabat tangan di dunia maya terasa seperti nyata.


Itulah penjelasan bagaimana VR mengubah industri game. VR dapat meningkatkan pengalaman pemain dalam bermain game. Apakah kamu siap untuk perubahan tersebut di masa depan? Ikuti terus perkembangannya bersama metaNesia.