Headset VR Oculus Quest Tidak Lagi Didukung Oleh Meta

Headset VR Oculus Quest Tidak Lagi Didukung Oleh Meta

Meta’s Oculus Quest 2 adalah perangkat yang sangat populer di kalangan penggemar virtual reality, setelah berada di atas puncak survei headset VR Steam selama berbulan-bulan. Sekarang, perusahaan induk Facebook telah mengungkapkan waktu untuk pendahulunya, Oculus Quest VR, yang akan berhenti menerima pembaruan perangkat lunak baru dan tidak dapat lagi menggunakan fitur sosial tertentu.

VR Oculus Quest pertama kali hadir pada tahun 2019 tetapi tidak akan lagi menerima dukungan pada fungsi tertentu mulai tahun ini. Seperti dilansir IGN, pemilik Quest menerima email yang mengonfirmasi bahwa tidak ada fitur baru untuk headset mereka yang akan dikirimkan tahun ini.

Pembaruan keamanan dan perangkat lunak akan terus dikeluarkan hingga tahun 2024. Tetapi setelah itu, Meta akan mengakhiri semua dukungan untuk headset VR populer tersebut.

VR Oculus Quest masih bisa digunakan

Pemilik Quest masih dapat menggunakan headset untuk aplikasi yang kompatibel. Tetapi, mulai 5 Maret mereka tidak akan dapat mengakses fitur sosial, tidak dapat mengunjungi rumah di Meta Horizon mereka sendiri. Pemilik Quest juga tidak dapat membuat atau bergabung dengan party yang ada di dalam Meta Horizon.

VR oculust quest
Source: Meta

Dukungan untuk Oculust Quest memang sedang menurun untuk sementara waktu. Seperti yang dicatat IGN, anak perusahaan Meta BigBox VR mengumumkan untuk mengakhiri dukungan untuk Quest dalam game battle royale shooter Population One, salah satu game yang populer di platform. Ada juga laporan bahwa Meta Quest 3 akan dirilis pada akhir tahun ini. Membuat Meta akan memindahkan staf pendukung ke platform terbaru.

Meta masih dipandang luas sebagai pemimpin pasar untuk teknologi virtual reality, tetapi orang bertanya-tanya untuk berapa lama? Legenda teknologi John Carmack baru-baru ini bahkan meninggalkan perusahaan.

Oculus Quest jelas menunjukkan umurnya jika dibandingkan dengan Meta Quest 2. Ditenagai oleh chipset Snapdragon 835 / Kryo 280 yang hadir pada tahun 2017. Sedangkan Quest 2 menggunakan AR/VR dengan Qualcomm Snapdragon XR2 dari tahun 2020.

VR oculust quest
Source: GameRant

Quest 2 terus mendominasi survei Steam dengan pangsa pengguna 41,35%. Hal tersebut berarti hampir setengah dari semua pengguna yang memiliki headset VR menggunakan perangkat Meta.

Tahun ini, Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro adalah headset utama yang diunggulkan Meta. Perangkat lunak VR diarahkan untuk perangkat yang lebih baru, sehingga dukungan akhir Meta untuk headset Oculus Quest memang sesuai yang diharapkan.

Namun, Meta harus mempertimbangkan harga dan fitur untuk Meta Quest 2 dan potensi Meta Quest 3 setelah headset Sony PlayStation VR2 diluncurkan pada bulan Februari 2022. Meta dapat memperoleh pelanggan yang berharga dengan menghadirkan dukungan untuk game VR yang akan datang pada tahun 2023 dan seterusnya.


Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar metamesta dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: