Pelatihan Kerja Menggunakan Teknologi VR di Indonesia

Pelatihan Kerja Menggunakan Teknologi VR di Indonesia

vr training indonesia
Student Pilots Train On Virtual Reality (nara.getarchive.net)

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu terobosan yang luar biasa. Teknologi ini telah mengubah banyak aspek kehidupan kita baru-baru ini, termasuk pelatihan kerja. Cara kita belajar dan mengembangkan kemampuan baru sedang direvolusi oleh VR training.

VR training membawa pengguna ke dalam lingkungan simulasi virtual dan memberikan pengalaman belajar yang interaktif. Dalam VR training, peserta pelatihan memakai headset VR dan controller yang memungkinkan mereka untuk masuk ke dalam lingkungan virtual yang menyerupai dunia nyata. Artikel ini akan membahas gambaran umum mengenai VR training dan manfaatnya, serta platform yang menyediakannya.

Pengenalan VR training untuk pelatihan kerja

teknologi vr untuk pelatihan kerja
VR Training Solutions (Attensi)

VR training adalah simulasi digital dari skenario nyata yang bertujuan untuk pelatihan. Peserta memasuki lingkungan 360° dan mengalami suasana yang mengaburkan batas antara realitas virtual dan nyata. Headset dan controller memungkinkan peserta untuk melihat, berbicara, dan bergerak bebas dalam lingkungan virtual, serta berinteraksi dengan alat simulasi, mesin, peserta lain dan instruktur. 

Dengan virtual reality, pelatihan kerja yang sebelumnya terlalu mahal, berisiko, atau sulit untuk dilatih, menjadi lebih praktis, hemat biaya, dan aman dalam simulasi yang imersif. Berikut beberapa manfaat VR training:

Lebih fokus dan terlibat

Mengenakan kacamata VR membuat kamu sepenuhnya terputus dari dunia luar. Menurut sebuah penelitian, hal ini menjamin tingkat konsentrasi yang empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan e-learning. Selain itu, virtual reality meningkatkan imersi dan suasana yang mengalir, sehingga memberikan efektivitas pembelajaran yang lebih tinggi.

Peserta dalam pelatihan konvensional sering kali disibukkan oleh lingkungan sekitar mereka, suara-suara dari luar, atau gangguan lain yang dapat mengganggu konsentrasi. Sebaliknya, peserta dalam VR training dapat memasuki lingkungan yang benar-benar terisolasi di mana mereka benar-benar fokus pada tugas dan informasi yang diberikan. Mereka tidak terganggu oleh faktor luar, yang memaksimalkan kemampuan mereka untuk menyerap dan memahami materi.

Penghematan biaya

Implementasi VR training dapat mengurangi biaya pada hal-hal yang sebelumnya dibutuhkan pada pelatihan tradisional. Meskipun pada awalnya mungkin mahal, VR training memiliki sejumlah keuntungan finansial jangka panjang. Penelitian yang membandingkan pelatihan simulasi dalam VR dengan pelatihan nyata menunjukkan bahwa biayanya sekitar 60% lebih rendah.

Alasan utamanya adalah perusahaan tidak perlu menanggung biaya untuk mengakomodasi calon karyawan yang tinggal di lokasi tertentu. Pengeluaran lain seperti asuransi dan pemeliharaan fasilitas juga berkurang dengan VR training.

Meminimalisir risiko

vr safety training
VR Safety Training for Electric Power Industry (Digital Engineering and Magic)

Skenario apa pun dapat disimulasikan di dunia virtual tanpa henti. Situasi yang berbahaya, sulit, atau yang belum pernah terjadi dibuat seolah-olah nyata. Dalam lingkungan virtual, peserta dapat menghadapi situasi dan tantangan tanpa risiko nyata yang terkait dengan pelatihan fisik atau lingkungan kerja yang sebenarnya.

Kamu dapat melakukan kesalahan tanpa ada dampaknya di dunia virtual. Hal ini memastikan bahwa ketika peserta menerapkan apa yang telah mereka pelajari, mereka lebih percaya diri dan lebih siap. Dengan VR, peserta dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan yang diperlukan dengan aman dan terkendali.

Efisiensi tenaga kerja

Pelatihan virtual reality membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja dibandingkan dengan teknik pembelajaran tradisional. Sebagai contoh, pelatihan praktik langsung secara individu dengan alat berat yang membutuhkan peralatan, pelatih, dan perjalanan. Selain itu, membuat dan memelihara alat pembelajaran digital membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja.

Mengukur efektivitas pelatihan

Pelatihan tradisional biasanya hanya mencakup sebagian kecil dari pengetahuan yang dibutuhkan untuk profesi tertentu. Karyawan mungkin hanya diizinkan untuk membaca atau menonton video, misalnya. Data ini tidak cukup untuk menarik kesimpulan tentang keampuhan pelatihan.

Tindakan pelatihan karyawan baru saat mereka berinteraksi dengan dunia virtual dapat direkam melalui simulator VR training. Perusahaan dapat memperoleh pengetahuan yang lebih baik tentang tingkat pemahaman karyawan dan proses pembelajarannya.

Perusahaan dapat memperoleh informasi, misalnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan karyawan untuk menyelesaikan tugas, apa yang telah mereka lakukan, dan apakah hasilnya sesuai dengan standar. Informasi ini dapat digunakan perusahaan untuk menentukan apakah anggota staf mereka membutuhkan lebih banyak pelatihan di bidang tertentu.

MetaNesia sebagai penyedia jasa VR training Indonesia

metanesia, perusahaan penyedia vr training
Ruang Virtual MetaNesia (MetaNesia)

Pengusaha dapat menggunakan program VR training untuk mempersiapkan pekerja tugas-tugas yang rumit, intensif sumber daya, dan terkadang berbahaya. Bergantung pada persyaratan pekerjaan, VR dapat digunakan untuk mengajarkan soft skill dan hard skill. Karyawan dapat menerima pelatihan hard skill seperti menangani objek, mendemonstrasikan produk, atau mengoperasikan peralatan.

Mereka juga dapat menjalani pelatihan skenario realitas virtual untuk menguasai soft skill seperti komunikasi, empati, pemecahan masalah, kerja sama tim, dan lainnya. Satu-satunya peralatan yang diperlukan bagi peserta pelatihan untuk bergerak di lingkungan 3D dan belajar sesuai dengan tugas pekerjaan mereka adalah satu set headset dan pengontrol.

MetaNesia hadir sebagai penyedia jasa VR training Indonesia, dan dapat membantu kamu dalam menyediakan VR training ke dalam perusahaanmu. Dengan menggunakan lingkungan virtual, karyawan dapat berlatih dalam skenario kehidupan nyata yang aman, realistis, dan minim risiko.

Kami menyediakan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis perusahaanmu. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi pelatihan yang inovatif dan memberikan pengalaman belajar yang tak terlupakan.


Itu dia pemaparan mengenai VR training indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa virtual reality telah merevolusi cara belajar baru melalui simulasi virtual. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi lainnya.

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: