6 Kelebihan Metaverse yang harus Kamu Ketahui untuk buat Hidup lebih Mudah!

6 Kelebihan Metaverse yang harus Kamu Ketahui untuk buat Hidup lebih Mudah!

Kelebihan Metaverse
Sumber: TerraZero

Dengan banyaknya iterasi, teknologi internet terus bertransformasi dan menghadirkan peluang beragam bagi pengguna. Dari menggunakan situs web statis hingga mengarah pada pengalaman Web 2.0, kita semua telah menyaksikan kekuatan evolusi digital. Kelebihan metaverse datang berikutnya dalam rantai kemajuan ini.

Konsep metaverse semakin populer selama pandemi ketika orang lebih suka menghindari interaksi langsung, perusahaan menerapkan kebijakan kerja jarak jauh, dan mengadopsi mode komunikasi digital.

Sebagai hasil dari kemunculan fenomena tersebut, orang ingin belajar tentang dunia metaverse dan teknologinya seperti virtual reality dan augmented reality serta memahami kegunaannya.

Popularitas dunia metaverse sebagai sebuah konsep tumbuh secara substansial semenjak tahun 2021. Dunia metaverse mulai populer ketika terdapat pengumuman besar dari media sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook. Perusahaan tersebut berganti nama menjadi Meta yang fokus mengembangkan metaverse-nya sendiri.

Berganti namanya Facebook menjadi Meta adalah salah satu peristiwa yang memicu tren metaverse baik pada perusahaan ataupun masyarakat. Pada saat yang sama, banyak perusahaan teknologi besar lainnya seperti Microsoft, Epic Games, dan NVidia bersaing dengan Meta untuk terjun kedalam dunia virtual metaverse.

Kelebihan dan kekurangan metaverse, lebih banyak mana?

kelebihan metaverse
Sumber: Botnation

Karena popularitas dunia virtual metaverse terus meningkat, perhatian pada kelebihan & kekurangan metaverse mulai mendapat banyak sorotan.Kelebihan dan kekurangan metaverse akan membantu kita untuk melihat seberapa layak teknologi ini dalam jangka panjang.

Namun, apakah kelebihan metaverse yang imersif bisa menggantikan berbagai aktivitas di dunia nyata? Atau, apakah metaverse hanya hype sementara karena kelemahannya yang belum bisa mencapai visi Mark Zuckerberg dimana semua orang bisa beraktivitas di dalam dunia virtual?

Metaverse memang memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Tetapi, kita tidak bisa menentukan apabila teknologi ini akan lebih menguntungkan atau merugikan dalam jangka panjang pada saat ini.

Metaverse belum diadopsi 100% oleh dunia nyata, dan teknologi di belakangnya seperti virtual reality dan augmented reality masih belum memadai untuk mencapai visi Mark.

Yang pasti, metaverse akan menawarkan kamu berbagai perubahan dan inovasi yang tidak bisa kamu rasakan di dunia nyata. Kamu bisa membuat avatar dari karakter kamu sesuai selera. Dengan menggunakan virtual reality dan augmented reality, kamu bisa merasakan sensasi imersif bermain bersama avatar yang telah kamu buat.

Memang apa saja yang bisa ditawarkan dari dunia virtual imersif ini?

6 Kelebihan dunia virtual metaverse

Seiring popularitas metaverse yang terus meningkat, perhatian pada kelebihan apa yang dimiliki metaverse juga sering dipertanyakan.

Bahasan mengenai kelebihan terkait metaverse dapat membantu mempertimbangkan apakah konsep metaverse benar-benar dapat mempermudah aktivitas dalam berkehidupan. Apa saja kelebihannya, simak sampai selesai ya!

Komunikasi Digital

Manfaat utama metaverse adalah memungkinkan jenis interaksi digital yang mendalam dimana orang dapat terlibat dengan orang lain menggunakan karakter yang merepresentasi penggunanya seperti avatar, saat melintasi dunia virtual yang rumit dan seperti kehidupan.

Meningkatkan Pengalaman Media Sosial

Situs dan aplikasi media sosial bersifat dua dimensi karena interaksi terbatas pada interaksi layar ke layar. Lingkungan virtual yang benar-benar imersif dan kaya akan grafis memungkinkan kontak tatap muka virtual serta penggunaan untuk materi digital yang ditemukan atau dibuat dalam ekosistem virtual.

Kebutuhan Bisnis

Kelebihan lain dari metaverse adalah memberi opsi baru untuk bisnis. Metaverse memberikan cara yang mendalam untuk menyajikan layanan dan produk suatu bisnis melalui materi pemasaran dan iklan.

Kita bisa memasarkan produk di metaverse berupa toko virtual, dukungan pelanggan, dan keterlibatan bisnis yang lebih interaktif. Mirip dengan bagaimana media sosial telah mengubah pemasaran dan periklanan digital. Metaverse juga membuka jalan baru untuk komunikasi dan koneksi di tempat kerja.

Perdagangan terkomputerisasi dan ekonomi virtual

Toko online akan bertransisi dari platform dua dimensi situs e-commerce ke toko virtual yang sarat grafis dan seperti kehidupan dimana pelanggan dapat terhubung dengan penjual dan barang dagangan.

Selain itu, otomatisasi dapat mendorong pengembangan, kepemilikan, dan perdagangan sumber daya digital lain seperti token dan mata uang kripto yang tidak dapat dipertukarkan.

Pembelajaran dan pendidikan

Fitur lain dari metaverse adalah fokusnya pada aplikasi khusus dalam pendidikan dan pembelajaran. Mengingat pembelajaran online bersuasana cenderung pasif, situasi virtual yang imersif membuat proses pembelajaran akan lebih partisipatif.

Situasi virtual juga membuat pendidikan lebih menarik karena layaknya kegiatan belajar mengajar di dunia nyata.

Selaras dengan teknologi blockchain

Teknologi blockchain menawarkan beberapa aplikasi yang sesuai yang dapat dikembangkan melalui dunia virtual kolaboratif dan imersif. Ini termasuk penggunaan token dan cryptocurrency yang tidak dapat dipertukarkan secara luas, permainan blockchain, kepemilikan aset digital, dan aplikasi keuangan terdesentralisasi lainnya.

Sebagai teknologi yang belum lama ini hadir, tentunya kelebihan metaverse akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi metaverse serta teknologi pendukung lainnya. Teknologinya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan dan meningkatkan pengalaman berinternet.

Kelebihan metaverse yang disebutkan di atas, dapat ditemui di metaNesia sebagai salah satu platform metaverse pertama di Indonesia. Sebagai platform metaverse yang sudah dapat dinikmati masyarakat luas, metaNesia juga terus berkembang agar dapat menjadi platform yang memberikan dampak positif bagi ekonomi digital Indonesia.


Itulah 6 kelebihan metaverse yang dapat membuat hidup kamu lebih mudah. Penasaran akan kelebihan yang diberikan metaverse? Dengan mencobanya adalah jawaban yang tepat. Ayo download aplikasi metaNesia sekarang!

Bagikan ini: