8 Alasan Mengapa Kamu harus Membeli NFT

8 Alasan Mengapa Kamu harus Membeli NFT

alasan membeli NFT
Sumber: Compulsive Contents

Non-fungible token atau NFT menjadi salah satu cara untuk mencari keuntungan di masa kini. NFT merupakan bukti kepemilikan atas karya seni digital yang kita miliki. Aset digital ini banyak dijual dengan harga selangit. Dengan harga yang tidak murah, sebenarnya apa alasan membeli NFT?

Salah satu kreator NFT terkenal, Beeple berhasil menjual karya digitalnya dengan harga $69 juta tahun lalu. Kreator NFT asal Indonesia yang sempat viral, Ghozali juga berhasil menjual foto selfie miliknya seharga 47 miliar rupiah di marketplace OpenSea.

Dengan keuntungan yang fantastis, Ghozali membuat masyarakat Indonesia dalam sekejap tertarik dengan NFT. Bahkan, Ghozali membuat masyarakat Indonesia lainnya menjual foto barang pribadi mereka di marketplace OpenSea, seperti KTP bahkan hingga rumah.

CenturyLink melakukan survei terhadap 1000 warga di Amerika untuk menentukan keputusan untuk membeli aset NFT. Temuan menunjukkan beberapa hal menarik. 22% mengatakan mereka tidak akan membeli NFT, dan 32% mengatakan membeli koleksi digital tersebut seperti membeli pakaian desainer mahal atau rumah di dunia maya.

Selain itu, 36% dari responden mengatakan bahwa mereka akan membelinya dengan maksud menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

NFT memang banyak diminati di dunia ini. Dari kreator digital hingga selebriti ternama, mereka semua pernah berinvestasi di aset digital ini. Tetapi mengapa banyak orang membeli NFT?

Apa saja alasan membeli NFT?

bored ape
Sumber: Queue-it

Kelangkaan

Naik turunnya harga NFT salah satunya didasarkan pada kelangkaan, yang merupakan alasan utama aset tersebut banyak diminati. Oleh karena itu, saat membuat karya seni berbentuk digital ini, banyak kreator yang memanfaatkan kelangkaan asetnya untuk mendapatkan untung.

Contoh dari kelangkaan NFT yang berujung untung adalah Bored Ape Yacht Collection (BAYC), proyek ini hanya terdiri dari 10.000 NFT. Setiap koleksi BAYC ini memiliki karateristik yang unik dan berbeda sehingga meningkatkan nilainya.

Eksklusivitas koleksi Bored Ape telah menghasilkan penjualan yang memecahkan rekor. Misalnya, koleksi BAYC #8817 dijual seharga $3,408 juta.

Sifat NFT yang tidak bisa tergantikan dan direplikasi

Teknologi pintar yang mengatur semua yang dilakukan NFT disimpan di blockchain. Teknologi ini memastikan bahwa aset tersebut tidak dapat diubah dan dipertukarkan. Blockchain juga mencegah kreator yang tidak jujur ​​memalsukan karya seni asli dan menipu pembeli.

Aset digital untuk investasi

Beberapa orang menganggap NFT sebagai cara kekinian untuk berinvestasi dalam seni. Karya seni digital ini memang memiliki nilai seperti Bitcoin, emas, dan perak sehingga membantu investor menyimpan kekayaan mereka. Perlu juga dicatat bahwa beberapa pembeli mendapat untung yang besar dari NFT mereka.

Pablo Rodriguez-Fraile, seorang investor NFT, membayar sekitar $67.000 untuk video NFT berdurasi 10 detik pada tahun 2020. Pada tahun 2021, dia menjual karya seni tersebut seharga $6,6 juta.

Ketidakpercayaan terhadap mata uang fiat

Pandemi Covid-19 mengakibatkan resesi dan inflasi yang sangat besar, mempengaruhi banyak PIHAK dan bisnis. Hal ini juga meningkatkan ketidakpercayaan orang terhadap mata uang fiat, dan banyak yang mengkhawatirkan nilai investasi mereka jika inflasi seperti itu terjadi lagi.

Harga Cryptocurrency, di sisi lain, melonjak selama wabah ini berlangsung. Kecenderungan meningkatnya popularitas mata uang kripto juga berdampak pada semakin populernya NFT.

Cara untuk mendukung kreator favorit mereka

Gerakan NFT sangat menguntungkan seniman dan musisi. Misalnya, artis seperti Steve Aoki, Grimes, dan Kings of Leon telah menjual karya mereka sebagai NFT.

Kebanyakan orang membeli NFT sebagai cara untuk mendukung artis dan kreator favorit mereka. Dengan membelinya, merasa memiliki bagian dari lagu atau album tersebut. Selain itu, kebanyakan orang lebih suka membeli aset NFT musik karena dapat digunakan juga sebagai tiket acara.

Komunitas NFT dan cryptocurrency

Rasa komunitas yang kuat di dunia Bitcoin menjadi salah satu alasan membeli NFT. Komunitas NFT berisi pencipta digital yang membuat barang koleksi yang dapat dibeli oleh anggota lain.

Menurut para ahli, komunitas ini menjadi alasan mengapa NFT laris manis. Komunitas beberapa NFT memang sangat eksklusif, hanya pemilik yang memiliki akses terhadap komunitas tersebut. Hal ini yang mendorong orang membayar ratusan, bahkan jutaan, dolar untuk token digital.

Membeli NFT sebagai barang koleksi

Orang-orang juga berinvestasi dalam NFT untuk menikmati memiliki serangkaian produk tertentu. Banyak perusahaan olahraga, artis, dan industri mengeluarkan aset ini dalam bentuk produk. Beberapa dari NFT ini menawarkan fasilitas seperti akses VIP, temu sapa selebriti, dan sebagainya.

Aset token non-fungible memang bukan hanyalah gambar. Misalnya, NFL menjual highlight game sebagai NFT. Album When You See Yourself, the Kings of Leon, tersedia sebagai kompilasi NFT. Marvel juga merilis NFT dari buku komik klasik.

Orang membeli aset tersebut karena alasan yang sama seperti mereka membeli barang fisik, yaitu hobi.

Game non-fungible token

Banyak game berbasis blockchain telah merilis token NFT dengan utilitas. Beberapa bentuk dari NFT ini seperti kartu game, karakter, kulit, properti virtual, dan aksesoris avatar. 

Beberapa game meminta kamu membeli NFT mereka untuk dimainkan. Orang-orang juga ingin membeli aset NFT game agar mereka memiliki bagian dari game tersebut.

Beberapa pertimbangan sebelum membeli aset NFT

Membeli aset NFT tidak menjamin nilainya akan meningkat di masa mendatang. Pasar NFT bisa meningkat nilainya namun tidak dapat diprediksi. Banyak faktor menentukan nilai NFT, mulai dari kelangkaan hingga sentimen masyarakat.

Misalnya, NFT tweet pertama di dunia berhasil terjual jutaan dolar. Namun, saat akan menjual kembali tweet NFT tersebut, minat dan penawarannya buruk. Hal ini menjadi salah satu contoh bahwa pasar NFT sangatlah tidak bisa diprediksi.

Kesimpulan

NFT booming di internet pada tahun 2021 & 2022, dan tahun 2023 masih terlihat menjanjikan meskipun volume penjualannya anjlok di tahun 2022.

Jika kamu ingin membeli NFT untuk utilitas tertentu seperti mendukung kreator konten, akses ke konser, dan sebagainya, lakukanlah. Tetapi, ingatlah untuk meneliti proyek NFT yang ingin kamu beli sebelum menginvestasikan uang apa pun.

Banyak proyek gagal pada akhirnya akan meninggalkan kamu dengan gambar JPEG yang tidak berharga.


Kamu bisa membeli NFT terbaik dengan mengunjungi Market metaNesia!

Bagikan ini: