Daftar NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Ratusan Miliar Rupiah!
Beranda /
Blog /
Daftar NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Ratusan Miliar Rupiah!
11 Januari 2023

Daftar NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Ratusan Miliar Rupiah!

Non-fungible token atau NFT merupakan salah satu aset digital berteknologi blockchain yang saat ini banyak diminati. NFT pun memiliki harga yang beragam, tergantung dari kelangkaan dan sentimen yang dimilikinya. Beberapa NFT termahal di dunia bahkan memiliki sentimen dan artistik yang membuat mereka berharga jauh lebih tinggi dibandingkan aset digital lain.

Mengapa NFT mahal begitu populer?

NFT tidak dapat dipertukarkan dan disertifikasi melalui teknologi blockchain. Keunggulan dari NFT juga terletak pada kelangkaannya, keunikannya, dan fakta bahwa aset digital ini hampir tidak mungkin untuk dipalsukan. Hal ini yang menjadi alasan utama aset digital tersebut memiliki nilai.

Daftar NFT termahal di dunia

NFT termahal di dunia, bukan ditentukan dari blockchain atau mata uang kripto yang digunakan, tetapi biasanya aset tersebut memiliki nilai artistik tinggi. Hal ini menyebabkan penjualan NFT diperkirakan bisa mencapai miliaran dolar AS. Berikut merupakan beberapa daftar NFT termahal di dunia!

The Merge, NFT termahal di dunia seharga $91,8 juta

nft termahal di dunia
Sumber: Gemini

Karya seni digital “The Merge” adalah NFT termahal di dunia yang dijual dengan harga fantastis $91,8 Juta melalui Nifty Gateway. Uniknya, The Merge NFT tidak dibeli oleh satu orang, melainkan 29.983 orang yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Karena banyak pihak yang terlibat, The Merge terjual habis dibagi menjadi 312.686 koin yang dibagikan kepada pembeli.

Everydays: The First 5000 Days, aset perorangan NFT termahal di dunia yang terjual seharga $69,3 juta

nft termahal di dunia
Sumber: Liputan 6

Salah satu koleksi karya seni Beeple ini adalah aset digital NFT dengan harga termahal yang dibeli oleh satu orang. NFT “Everydays” adalah lukisan digital yang mengumpulkan 5.000 gambar yang dilukis selama 5.000 hari berturut-turut. Karya unik ini dilelang oleh Christie house dengan harga $69 juta. NFT ini dibeli oleh Vignesh Sundaresan yang mengalahkan Justin Sun, pendiri Tron.

Clock, terjual seharga $52,7 juta

clock nft
Sumber: NFT Now

NFT mahal ini dibuat oleh pendiri Wikileaks, Julian Assange. NFT ini menjadi penghitung digital hari-hari yang dihabiskan Julian di penjara Belmarsh London, menunggu ekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan spionase.

“Clock” dibuat untuk mengumpulkan dana untuk melawan pemenjaraan Julian dan dilelang lebih dari $52 juta. 10 ribu anggota AssangeDAO memiliki bagian dari NFT ini seperti pemilik The Merge. Hasil lelang di didonasikan ke Holland Foundation, yang telah mendukung pembelaan Julian Assange. Inisiatif NFT ini bergabung dengan inisiatif Edward Snowden yang mendukung kebebasan berbicara.

Human One, terjual seharga $28,9 juta

human one
Sumber: Hypebeast

Human One adalah karya seni milik Beeple termahal kedua. Human One dilelang melalui Christie house seharga $28,98 juta.

Human One merupakan NFT 3D yang menampilkan seseorang mengenakan pakaian antariksa berubah warna (perunggu atau perak) sesuai dengan keinginan artis. Beeple mengatakan akan memperbarui karya seni ini sepanjang hidupnya, agar karya seni ini tetap dinamis dan timeless.

CryptoPunk #5822, koleksi Cryptopunks NFT termahal di dunia seharga $23,7 juta

cryptopunk nft termahal di dunia
Sumber: Medium

CryptoPunk #5822 adalah NFT yang termahal dari seluruh koleksi milik CryptoPunks studio dibawah Larva Labs. Cryptopunks populer karena karyanya bernuansa tahun 80-an seperti video game pop, dan punk. Dalam kol

eksi 10.000 cryptopunks, koin paling langka adalah yang memiliki karakteristik paling unik.

Cryptopunks alien adalah yang paling mahal dalam hal ini karena hanya ada 9 dari mereka dalam 10.000 koleksi. Cryptopunk #5822 ini adalah salah satu dari sembilan alien dan mengenakan bandana biru. Nilainya terutama berasal dari fakta bahwa itu adalah alien.

CryptoPunk #7523, terjual seharga $11,8 juta

cryptopunk
Sumber: Sotheby’s

Sebelum #5822, Cryptopunk #7523 memiliki harga tertinggi dari koleksi tersebut. nilai Cryptopunk #7523 tinggi karena memiliki karakteristik yang sangat langka.

Koleksi Cryptopunks ini adalah satu-satunya yang memakai masker bedah. NFT ini juga salah satu dari 9 NFT alien cryptopunk super langka. Dan dalam seni, semakin langka dan unik, semakin mahal harganya.

CryptoPunk #4156, seharga $10,35 juta

CryptoPunk #4156
Sumber: Sketchfab

NFT milik Larva Labs satu ini unik karena termasuk NFT eksklusif yang merupakan bagian dari salah satu 24 monyet Cryptopunks. NFT ini dihiasi dengan bandana biru dan diperkirakan bernilai $10,35 juta. Fakta menarik tentang NFT ini adalah nilainya melonjak hanya dalam waktu hampir satu bulan dari $1,17 juta menjadi $10,35 juta.

CryptoPunk #7804, seharga $7,5 juta

Aset digital ini merupakan NFT termahal ketiga dari Larva Labs. Cryptopunk ini terjual seharga $7 juta karena merupakan salah satu dari 9 punk alien. Seperti Cryptopunk lainnya, NFT ini memiliki keunikan sendiri. “Punk” satu ini merokok pipa, memakai baret dan kacamata hitam, yang membuatnya menjadi barang yang sangat langka.

Dalam koleksi 10.000 cryptopunks, hanya ada 378 perokok pipa, 317 dengan variasi warna dan 254 memakai topi depan. Karya lelang ini dibeli oleh Dylan Field, CEO perusahaan Figma.

CryptoPunk #3100, seharga $7,5 juta

CryptoPunk #3100
Sumber: Twitter

Karya Cryptopunks Larva Labs memang sangat terkenal di pasar seni NFT. Keunikan dari setiap NFT mereka menjadi salah satu daya tarik kemahalan aset ini, seperti pada Cryptopunk #3100. Karya seni Cryptopunk #3100 sangat mahal karena menjadi satu-satunya punk yang memakai penutup mata.

Cryptopunk #3100 dijual dengan harga $7,51 juta. Pembelinya menjualnya dengan jumlah yang mengejutkan yaitu $90,5 juta.jadi 35.000 eter. Jika ada yang membelinya, NFT ini akan menjadi karya seni digital termahal yang dijual di dunia setelah The Merge.

Right-click and Save As guy, terjual seharga $7 juta

Right-click and Save As guy
Sumber: Twitter

NFT ini merupakan kreasi seniman London XCopy menggunakan decomposed aesthetic yang mirip dengan karya pelukis Basquiat dalam bentuk digital. XCopy mencampurkan karya seninya berjenis distorsi dan noise pada gambar.

NFT ini sangat dihargai dan biasanya dijual seharga beberapa juta dolar. Right-click and Save As guy dijual sebulan yang lalu melalui SuperRare seharga 1.600 ethereum atau sekitar $7,09 juta. Aset digital ini dibeli oleh rapper terkenal, Snoop Dogg.

Ringers #109, terjual seharga $6 juta

Ringers #109
Sumber: The Crypto Times

Koleksi karya Art Blocks ini dijual seharga $6,93 juta atau 2.100 eter. Koleksi Art Block Ringers mengumpulkan total 99.000 NFT. Art Block NFT sangat populer karena merupakan koleksi bergaya generatif, terutama karya seni custom sesuai permintaan.

Crossroads, terjual seharga $6 juta

nft termahal di dunia
Sumber: Modern Consensus

Crossroads dibuat oleh Beeple dan NFT ini merupakan koleksi ketiga termahal miliknya. Karya artistik ini menggambarkan kartun presiden AS yang disebut “Crossroads” menyoroti serangkaian pesan yang memusuhi dia.

Karya seni yang sangat orisinal ini dirancang untuk berubah bergantung pada hasil pemilihan presiden AS lalu. Jika presiden yang keluar memenangkan pemilihan, NFT ini akan menampilkan Donald Trump mengenakan mahkota di kepalanya dan terbakar.

Ocean Front, terjual seharga $6 juta

nft termahal di dunia
Sumber: NFT Plazas

Sama seperti Crossroads dan Everydays, koleksi ini dibuat oleh Beeple. Kreasi Beeple lainnya ini adalah simbol untuk pesan yang dibawanya. Ocean Front adalah karya seni yang cenderung menggambarkan permasalahan iklim yang dihadapi dunia.

NFT ini berisi gambar pohon miring dan jamur yang berdiri di atas kontainer, semuanya di tengah lautan yang hampir berminyak. Karya seni simbolis ini dibeli seharga 6 juta dolar oleh pendiri Tron Foundation, Justin Sun.

Keuntungan penjualan ini disumbangkan ke organisasi nirlaba bernama Open Earth Foundation yang berjuang melawan pemanasan global dan perubahan iklim.

World Wide Web source code, seharga $5 juta

nft termahal di dunia
Sumber: Sotheby’s

World Wide Web (WWW) ditemukan tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee adalah suatu ruang informasi di internet yang berisi suara, video, teks dan gambar DANmemungkinkan akses cepat ke informasi, di mana pun kita berada.

Tim kemudian menjual source code WWW miliknya dalam bentuk NFT, yang tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya. Karya ini disebut “This Changes Everything” terjual seharga $5,43 juta. Source code WWW tersebut merupakan reproduksi artistik dari source code yang sebenarnya. Meskipun, kode pada karya seni ini mengandung kesalahan dan secara teknis bukan source code yang sama.

Stay Free, seharga $5 juta

nft termahal di dunia
Sumber: TechMundo

NFT Stay Free adalah penggambaran secara tekstual dari sang artis, Edward Snowden. Stay Free dibuat sehubungan dengan keputusan Pengadilan Banding AS atas kasus rekaman panggilan telepon NSA.

Karya seni ini sangat simbolis dan representatif dengan pesan untuk membela kebebasan berbicara di Amerika Serikat. NFT tersebut dilelang oleh Edward Snowden dan dibeli dengan harga $ 5,27 juta.

Keuntungan dari lelang ini masuk ke Freedom of the Press Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang memperjuangkan kebebasan berbicara.

Tweet pertama milik Jack Dorsey, seharga $2,9 juta

nft termahal di dunia
Sumber: Whiteboard Journal

NFT satu ini sangat unik karena merupakan gambar peninggalan teknologi yang penting. Bahkan, lelang masih berlangsung sejak Maret 2021. Gambar tersebut adalah tweet pertama dalam sejarah yang dibuat oleh Jack Dorsey yang merupakan CEO dan pendiri media sosial Twitter.

NFT ini dibuat oleh Sina Estavi, CEO Bridge Oracle dengan jumlah yang mengejutkan sebesar $2,5 juta dan akhirnya dibeli seharga $2,9 juta.

Smintons, seharga $2,3 juta

Koleksi ini disebut”Smintons” yang dibuat oleh seniman Justin Roiland. Justin merupakan ini karikatur dari acara TV animasi The Simpsons dan Rick and Morty.

Sebagian kecil dari keuntungan yang terkait dengan penjualan NFT yang mahal ini membantu mendukung aksi filantropis dengan membantu para tunawisma di kota Los Angeles.


Ayo beli NFT dengan mudah dan praktis melalui Market metaNesia!