Penjualan Game Among Us VR Experience Mencapai Jutaan Dolar!

Penjualan Game Among Us VR Experience Mencapai Jutaan Dolar!

Among Us VR Experience
Permainan Among Us (alphacoders/R2 Studio)

Among us merupakan salah satu game fenomenal yang dirilis pada tahun 2018. Game ini sekarang sudah bisa dimainkan dengan menggunakan teknologi VR, lho! Among Us VR Experience dirilis oleh Schell Games pada 10 November 2022 dan dapat kalian dapatkan pada gamestore kesayangan kalian seperti Steam, Meta Quest Store maupun Rift Store!

Among Us VR Experience sukses menghasilkan pendapatan jutaan dollar.

Menurut studio pembuat permainan among us yaitu Innersloth, sejak diluncurkan ke pasar Among Us VR berhasil terjual sebanyak lebih dari satu juta kali hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 minggu!

Lebih jauh mengenai kesuksesan Among Us VR, Innersloth juga menyebutkan bahwa sejak awal perilisannya terdapat empat juta permainan yang diselesaikan atau sekitar 89 juta menit waktu bermain dengan rata-rata 44.000 permainan dimainkan tiap harinya oleh pemain dari total 122 negara!

Memulai permainan Among us VR.

among us VR
Permainan Among Us dengan teknologi VR (wallpapers.com)

Saat pertama kali memulai permainan VR ini, pemain akan disuguhkan dengan tampilan menu utama yang sederhana sehingga navigasi dalam permainan Among Us VR Experience ini tetap sangat mudah meskipun dimainkan dengan teknologi VR sekalipun.

Selain kemudahan navigasi, pemain juga memiliki kontrol yang nyaman karena layout tombol yang mudah dimengerti dan sederhana serta seluruh tombol utama dapat diubah sesuai kemauan pemain pada bagian pengaturan.

Pergerakan dalam permainan ini juga sudah disesuaikan agar dapat berjalan dengan baik di teknologi VR sehingga ketika pemain berjalan dalam game ini, sudut pandangan pemain otomatis dapat menyempit dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya motion sickness.

Terdapat fitur tutorial yang cukup komprehensif.

Schell Games juga menyediakan fitur tutorial bagi pemain pemula untuk mempersiapkan pemain baru tersebut sebelum bermain dengan pemain lainnya dengan menggunakan fitur online play.

Tutorial yang ditawarkan oleh game ini meliputi dasar-dasar permainan yang wajib diketahui seperti menyelesaikan tugas, melaporkan crewmate yang tereliminasi oleh impostor dan termasuk apa yang harus dilakukan ketika pemain terbunuh oleh impostor.

Selain itu, tutorial ini juga tentu saja melatih para pemula dengan memberikan kesempatan bagi para pemain untuk mempelajari cara untuk mengeliminasi crewmate, keluar masuk dari ventilasi dan mensabotase pesawat sebagai impostor.

Permainan online multiplayer yang cocok untuk semua umur.

Terdapat dua jenis permainan dalam fitur online yang ditawarkan oleh among us VR yaitu mode permainan yang lebih singkat dan lebih cepat serta mode permainan yang lebih lambat sehingga dapat berlangsung lebih lama.

Secara umum, tidak terdapat perbedaan gameplay antara mode permainan cepat maupun dengan mode permainan yang lebih lambat. Perbedaan keduanya yaitu hanya terletak pada jumlah pemain dimana mode cepat umumnya memiliki satu impostor dan empat crewmate dan mode lambat memiliki jumlah impostor dan crewmate yang lebih banyak.

Perbandingan Among us VR dengan game aslinya.

Among Us
Karakter permainan Among Us (Innersloth)

Perbandingan secara gameplay.

Pada dasarnya kedua game ini memiliki gameplay yang sama dimana crewmate atau protagonis dalam permainan ini harus saling bekerjasama untuk melawan pihak jahat atau antagonis yaitu impostor.

Lebih spesifik, baik dalam versi VR maupun versi non VR, pihak impostor dianggap memenangi sebuah permainan apabila mereka dapat menggagalkan pihak crewmate dalam memperbaiki pesawat luar angkasa yang mereka naiki dengan berbagai cara seperti mensabotase kapal tersebut dengan tujuan akhir mengeliminasi seluruh crewmate.

Pihak crewmate sendiri setiap dapat mengadakan emergency meeting untuk berdiskusi mengenai siapa impostor pada permainan tersebut dengan berdasarkan testimoni maupun bukti-bukti yang mereka miliki.

Disisi lain, untuk menghindari kecurigaan pihak crewmate, para impostor dapat berpura-pura untuk menyelesaikan tugas seperti crewmate lainnya atau mengeliminasi crewmate secara diam-diam ataupun membela diri ketika emergency meeting berlangsung.

Among us VR tentu menawarkan berbagai experience atau pengalaman yang tidak dapat dirasakan dalam game Among Us non VR. Salah satu experience yang ditawarkan oleh Among Us VR yaitu permainan yang mendalam atau immersive gameplay.

Perbandingan secara penjualan.

Among Us sejak diluncurkan tahun 2018 silam, telah memiliki lebih dari 500 juta pemain per November 2020. Mayoritas pemain menggunakan perangkat smartphone seperti iOS dan Android yaitu sebesar 97%.

Berbeda dengan versi aslinya yang bersifat free-to-play, untuk bermain Among Us VR, pemain harus mengeluarkan sebesar 8-10$ untuk membeli game ini. Kedua permainan ini juga menjual berbagai barang kustomisasi bentuk pemain yang dapat dibeli dengan mata uang asli dengan sistem top-up.

Meskipun penjualan Among Us versi VR tidak memiliki angka sefantastis game aslinya, namun tentu saja game ini dapat dikatakan memiliki kesuksesan yang cukup besar di bidang permainan VR yang juga merupakan segmen yang cukup niche.


Tertarik dengan artikel ini? Yuk, cari tahu informasi dan berita terkini mengenai teknologi VR di blog metaNesia!

Bagikan ini: