Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui tentang Virtual Reality
Beranda /
Blog /
Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui tentang Virtual Reality
30 December 2022

Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui tentang Virtual Reality

fakta menarik virtual reality
Sumber: The Wall Street Journal

Saat ini, virtual reality semakin populer di berbagai kalangan karena penggunaannya yang semakin marak di banyak sektor. Dengan hype virtual reality yang tinggi, teknologi VR menjadi salah satu teknologi paling inovatif yang pernah ada.

Faktanya, virtual reality sebenarnya telah ada selama beberapa dekade kebelakang. Dengan kemajuan teknologi, virtual reality berkembang pesat menjadi suatu teknologi yang canggih dan diinginkan oleh perusahaan .

Apakah kamu mengetahui semua hal tentang virtual reality? Ternyata banyak fakta menarik virtual reality yang tidak kita ketahui. Di sini, kita akan membahas beberapa fakta menakjubkan dan mengejutkan tentang virtual reality!

Fakta menarik tentang sejarah virtual reality

sensorama
Sumber: ResearchGate

Konsep VR sudah ada semenjak 1930-an

Fakta menarik virtual reality pertama berasal dari Stanley G. Weinbaum yang merupakan seorang penulis fiksi ilmiah terkenal dari tahun 1930-an.

Stanely merupakan orang pertama yang menceritakan tentang konsep teknologi VR dalam bukunya yang berjudul Pygmalion’s Spectacles. Karya Stanley membuatnya menjadi seorang visioner sejati di bidang virtual reality.

Buku Stanley menceritakan bagaimana kacamata dengan teknologi canggih bisa memberikan pengalaman imersif virtual seperti di dunia nyata. Cerita tersebut membuat banyak orang terpukau karena buku ini diterbitkan jauh sebelum VR populer seperti saat ini.

Sensorama, upaya pertama pengalaman VR

Sensorama adalah upaya pertama untuk mengembangkan pengalaman VR. Perangkat unik ini dikembangkan oleh seorang sinematografer bernama Morton Heilig. Perangkat VR ini ditujukan untuk merangsang indera seseorang. Hal ini agar saat memasuki Sensorama, pengguna akan terasa seperti di dunia nyata.

Head mounted display bukan inovasi baru

Fakta menarik virtual reality satu ini cukup mengejutkan. Ternyata konsep Head mounted display bukan merupakan ide baru. Layar yang dipasang di kepala pertama dikembangkan sekitar tahun 1960-an.

Topeng Telesfer adalah contoh pertama dari layar yang dipasang di kepala. Topeng ini akan memberikan stereoskopis 3D dan penglihatan lebar dengan suara.

Peran besar game arcade dalam VR

Tahun 1990-an melihat perkembangan besar dalam teknologi VR dengan naik daunnya game arcade. Virtuality Group adalah perusahaan yang membuat game arcade dengan konsep VR.

Perusahaan ini menciptakan berbagai macam permainan dan mesin arcade yang memungkinkan para pemain membawa dirinya ke dalam pengalaman visual 3D yang menakjubkan.

Beberapa fakta menarik virtual reality

fakta VR
Sumber: Forbes

VR tidak ditemukan oleh satu orang

Tidak ada yang bisa menyebutkan siapa penemu teknologi virtual reality hingga bisa secanggih sekarang. Banyak orang berkontribusi untuk pertumbuhan teknologi VR ini. Lima orang yang berperan penting adalah Morton Heilig, Jaron Lanier, Douglas Engelbart, Ivan Sutherland, dan Myron Krueger.

Pemerintah Amerika Serikat sangat tertarik dengan VR

Pemerintah Amerika Serikat (AS) ternyata jatuh cinta dengan Teknologi VR. NASA memanfaatkan teknologi ini untuk menghubungkan para insinyur dengan perangkat yang mereka kirim ke luar angkasa.

Dengan menggunakan perangkat Oculus dan Xbox One, para insinyur NASA sedang mengembangkan cara untuk mengontrol lengan robot dengan gerakan yang dibuat oleh operator di Bumi.

VR banyak digunakan secara luas pada bidang kesehatan

Teknologi virtual reality diterima secara luas di bidang kesehatan. Dari diagnostik, perawatan, hingga praktik prosedur bedah yang sulit. Banyak institusi kesehatan seperti rumah sakit menggabungkan teknologi ini.

Dalam perawatan kesehatan, VR telah melihat kontribusi besar. VR dapat membantu menyembuhkan gangguan mental seperti trauma di antara korban yang diamputasi dan terapi untuk tentara yang menderita gangguan stres. Bahkan VR juga bisa digunakan untuk merawat anak autis serta pelatihan dan praktik untuk siswa bedah.

Virtual reality tidak harus Mahal

Bagi semua orang yang berpikir Virtual Reality adalah untuk orang yang memiliki banyak uang, sebenarnya hal tersebut adalah salah. Teknologi VR terjangkau baik untuk digunakan individu maupun untuk bisnis berkembang. Seperti teknologi lainnya, biaya pengembangan proyek VR sangat bergantung pada ruang lingkup proyek .

Bahkan, setelah peluncuran Google Cardboard VR Headset, banyak perusahaan lain mulai mengerjakan headset VR yang terjangkau. Meskipun bukan kualitas terbaik, tetapi perangkat VR murah ini bisa kamu gunakan untuk mencoba pengalaman imersif di dunia virtual.

VR tidak selalu tentang hiburan dan permainan

Setiap kali orang berbicara tentang VR, mereka selalu mengaitkannya dengan aplikasi hiburan dan permainan. Tapi hiburan yang penuh aksi dan menyenangkan hanyalah sebagian kecil dari VR. Aplikasi VR utama yang sukses tidak selalu terhubung ke industri hiburan.

Para developer menggabungkan VR dengan perangkat lunak yang akan membantu orang dengan cara yang tidak terbayangkan 20 tahun sebelumnya. Setiap industri memanfaatkan VR di berbagai sektor baik itu bidang properti, firma arsitektur, industri pariwisata, atau perawatan kesehatan.


Beberapa fakta yang tercantum di atas hanyalah beberapa fakta mengejutkan dan menakjubkan tentang virtual reality. Masih banyak penggunaan teknologi VR lainnya seperti simulasi dari dunia nyata dan juga pelatihan karyawan.

Setelah mendengar beberapa fakta menarik virtual reality, apakah kamu ingin membaca perkembangan terbaru dari teknologi ini? Mari kunjungi metaNesia untuk menjelajahi informasi dan berita terbaru seputar teknologi imersif seperti VR, AR, dan metaverse!