Inovasi Aplikasi AR FIFA, Menonton Piala Dunia Jadi Lebih Seru!

Inovasi Aplikasi AR FIFA, Menonton Piala Dunia Jadi Lebih Seru!

Aplikasi AR FIFA
Aplikasi FIFA+ (FIFA)

Setelah melalui berbagai pertandingan yang seru dan menegangkan, ajang piala dunia 2022 telah usai. Tidak dapat dipungkiri bahwa piala dunia 2022 di Qatar merupakan salah satu ajang piala dunia yang paling seru dan tidak dapat diperdiksi.

Banyak yang tidak menyangka negara Maroko dapat mengalahkan tim unggulan seperti Portugal dan Spanyol. Bahkan tim sepakbola Jepang yang juga bukan tim unggulan bisa mengalahkan tim sepakbola Jerman yang merupakan juara piala dunia 2014.

Piala dunia 2022 penuh dengan inovasi teknologi

aplikasi ar fifa stadium experience
FIFA Stadium Experience (HOPEE)

Piala dunia 2022 adalah salah satu piala dunia yang paling berteknologi sepanjang sejarah dengan banyak inovasi canggihnya menarik perhatian dunia. Contohnya, FIFA menggunakan semiautomated offside technology untuk melihat offside selama pertandingan.

Teknologi ini merupakan revolusi dari Video-assistant Referee (VAR) yang digunakan pada piala dunia tahun 2018 di negara Rusia. Penerapan teknologi artificial intelligence, big data, dan machine learning juga bisa kita lihat dalam piala dunia 2022 ini. Sebelum piala dunia Qatar dimulai, FIFA pun mengklaim akan meningkatkan pengalaman digital dari para penonton pertandingan melalui aplikasi FIFA.

Aplikasi AR FIFA

Aplikasi AR FIFA
FIFA Augmented Reality Technology (HOPEE)

Asosiasi sepakbola dunia ini ingin mencoba memasang teknologi augmented reality yang terintegrasi di dalam aplikasi FIFA. Meskipun jika melihat kebelakang, terkadang pernyataan yang sangat menjanjikan dan bombastis ini akhirnya hanya menjadi sebuah gertakan.

Hal itu ternyata terwujud pada piala dunia yang baru-baru ini terjadi. Terlihat banyak penggemar yang membagikan pengalamannya di media sosial, menonton bola dengan AR menggunakan aplikasi FIFA. Kamu bisa menonton pertandingan piala dunia 2022 menjadi lebih seru dan imersif, menggunakan fitur augmented reality pada aplikasi FIFA stadium experience.

Dengan aplikasi FIFA ini, kamu bisa mengarahkan kamera ponsel ke arah lapangan permainan dan mengaktifkan “mode pengenalan lapangan”. Kemudian, kamu bisa langsung melakukan pemindaian untuk mengenali area lapangan dan siapa yang ada di dalamnya.

Saat menonton melalui aplikasi FIFA, kamu bisa melihat statistik pemain seperti live speed hingga heat map. Hanya dengan mengetuk salah satu pemain yang ada di lapangan melalui layar handphone, maka akan muncul informasi yang kamu butuhkan. Aplikasi FIFA menyediakan berbagai fitur seperti VAR, statistik pemain, dan menonton tayangan ulang dengan sudut kamera alternatif.

Video yang diunggah salah satu penonton pertandingan piala dunia 2022, menunjukan keseruan menonton pertandingan dengan aplikasi FIFA Stadium Experience. Sayangnya aplikasi FIFA hanya dapat digunakan oleh penonton yang menonton langsung di stadion.

Melihat statistik pemain dari aplikasi AR FIFA

Dengan aplikasi AR FIFA ini, kita bisa mengklik pemain untuk menunjukkan statistik pemain seperti nama pemain, tim, dan statistik umum dalam waktu nyata. Kita bisa melihat seberapa banyak pemain melakukan assist, gol, pelanggaran, atau bahkan seberapa cepat pemain berlari.

Faktanya, kamu dapat melihat bagaimana pemain mengoper dari satu pemain ke pemain lain dengan kecepatan dari 20 mph menjadi 12 mph dan turun ke nol saat yang terakhir berhenti seperti pada video di atas.

Heat map dan VAR dari aplikasi AR FIFA

Menariknya dengan dukungan teknologi augmented reality, aplikasi AR FIFA bisa menyediakan fitur data heat map dengan persentase kepemilikan bola, rasio pemain bertahan dan penyerang di suatu zona. Fitur ini memungkinkan penonton untuk melihat permainan dari sudut pandang alternatif dan tayangan ulang VAR untuk menilai permainan agar adil.

Melalui aplikasi ini, penonton juga bisa menilai apakah gol tersebut sah atau tidak melalui fitur VAR via aplikasi FIFA. Tidak hanya penonton, wasit juga dapat menggunakan fitur tayagan ulang VAR ini untuk menentukan keputusan tertentu, seperti apakah bola dalam posisi offside atau keluar dari garis, sehingga permainan dapat berlangsung dengan adil.

Menurut FIFA, mereka telah memperkenalkan 11 metrik yang akan membantu untuk lebih memahami evolusi permainan melalui analitik. Aplikasi ini akan sangat berguna bagi profesional olahraga. Dengan hanya mengakses aplikasi AR FIFA yang memiliki berbagai macam fitur menggunakan ponsel, rasanya akan seperti bermain FIFA 23.

Menciptakan pengalaman berbeda

Poin lain yang menarik dari penerapan teknologi AR pada aplikasi FIFA tersebut adalah aplikasi berjalan lancar tanpa lagging, mengidentifikasi pemain dengan cepat meskipun berada di stand yang tidak terlalu dekat dengan pemain. Biasanya, akan sulit untuk mengidentifikasi objek dengan AR dari jarak jauh. Kerennya, aplikasi ini tidak hanya dapat mengidentifikasi pemain dari sudut kamera alternatif, tetapi juga dapat melakukan reka ulang VAR.

Jenis data yang selama ini hanya tersedia melalui televisi atau yang terkesan lebih khas dari sebuah video, bisa memuaskan rasa ingin tahu para pecinta sepak bola. Sekaligus bisa menjadi daya tarik untuk mempertahankan minat anak muda terhadap sepak bola.

Bagi penggemar sepak bola yang tidak sedang berada di Qatar saat piala dunia berlangsung, maka kamu belum berkesempatan mencoba pengalaman menggunakan aplikasi FIFA Stadium Experience. Namun, kamu tetap bisa menonton pertandingan seru piala dunia melalui layar kaca rumahmu.


Itulah artikel mengenai inovasi seputar aplikasi AR FIFA pada perhelatan piala dunia 2022. Tertarik dengan berita teknologi augmented reality lainnya? Untuk mendapatkan berita terbaru, kunjungi blog metaNesia!

Apabila tertarik untuk menggunakan layanan augmented reality, virtual reality, dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Ingin mencoba masuk ke dunia metaverse dan merasakan pengalaman augmented reality lainnya? Yuk, Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: