Inovasi Aplikasi AR FIFA, Menonton Piala Dunia jadi lebih Seru!
Beranda /
Blog /
Inovasi Aplikasi AR FIFA, Menonton Piala Dunia jadi lebih Seru!
29 December 2022

Inovasi Aplikasi AR FIFA, Menonton Piala Dunia jadi lebih Seru!

aplikasi ar fifa
Sumber: Teknomers

Setelah berbagai pertandingan yang seru dan menegangkan, ajang piala dunia 2022 telah usai. Tidak dapat dipungkiri bahwa piala dunia 2022 di Qatar merupakan salah satu ajang piala dunia yang paling seru dan tidak dapat diperdiksi.

Banyak yang tidak menyangka negara Maroko dapat mengalahkan tim unggulan seperti Portugal dan Spanyol. Bahkan tim sepakbola Jepang yang juga bukan tim unggulan bisa mengalahkan tim sepakbola Jerman yang merupakan juara piala duna 2014.

Piala dunia 2022 penuh dengan inovasi teknologi

Piala dunia 2022 adalah salah satu piala dunia yang paling berteknologi sepanjang sejarah dengan banyak inovasi canggihnya menarik perhatian dunia. Contohnya, FIFA menggunakan semiautomated offside technology untuk melihat offside selama pertandingan.

Teknologi ini merupakan revolusi dari Video-assistant Referee (VAR) yang digunakan pada piala dunia tahun 2018 di negara Rusia. Penerapan teknologi artificial intelligence, big data, dan machine learning juga bisa kita lihat dalam piala dunia 2022 ini. Sebelum piala dunia Qatar dimulai, FIFA pun mengklaim akan meningkatkan pengalaman digital dari para penonton pertandingan.

Aplikasi AR FIFA

aplikasi ar
Sumber: FIFA

Asosiasi sepakbola dunia ini ingin mencoba memasang teknologi augmented reality yang terintegrasi di dalam aplikasi FIFA. Meskipun jika melihat kebelakang, terkadang pernyataan yang sangat menjanjikan dan bombastis ini akhirnya bisa jadi hanya menjadi gertakan.

Hal ini ternya terwujudkan dengan banyak penggemar membagikan pengalamannya di media sosial menonton bola dengan AR menggunakan aplikasi FIFA. Kamu bisa menonton pertandingan piala dunia 2022 lebih seru dan imersif menggunakan aplikasi FIFA stadium experience.

Dengan aplikasi FIFA ini, kamu bisa mengarahkan kamera ponsel ke arah lapangan permainan dan mengaktifkan “mode pengenalan lapangan”, memindai untuk mengenali area dan siapa yang ada di dalamnya.

Video yang diunggah salah satu penonton pertandingan piala dunia 2022 di atas menunjukan keseruan menonton pertandingan dengan aplikasi FIFA Stadium Experience. Dengan aplikasi FIFA ini, kita bisa menggunakan berbagai fitur seperti VAR, statistik pemain, dan menonton tayangan ulang dengan sudut kamera alternatif.

Video penggunaan aplikasi AR FIFA oleh penonton @nazwif

Melihat statistik pemain dengan aplikasi AR FIFA

Dengan aplikasi AR FIFA ini, kita bisa mengklik pemain untuk menunjukkan statistik pemain seperti nama pemain, tim, dan statistik umum dalam waktu nyata. Kita bisa melihat seberapa banyak pemain melakukan assist, gol, pelanggaran, atau bahkan seberapa cepat pemain berlari.

Faktanya, kamu dapat melihat bagaimana pemain mengoper dari satu pemain ke pemain lain dengan kecepatan dari 20 mph menjadi 12 mph dan turun ke nol saat yang terakhir berhenti seperti pada video di atas.

Heat map dan VAR

Menariknya dengan dukungan teknologi augmented reality, aplikasi AR FIFA bisa menyediakan fitur data heat map dengan persentase kepemilikan bola, rasio pemain bertahan dan penyerang di suatu zona. Fitur ini memungkinkan penonton untuk melihat permainan dari sudut pandang alternatif dan tayangan ulang VAR untuk menilai permainan agar adil.

Menurut FIFA, mereka telah memperkenalkan 11 metrik yang akan membantu untuk lebih memahami evolusi permainan melalui analitik. Aplikasi ini akan sangat berguna bagi profesional olahraga. Dengan hanya mengakses aplikasi AR FIFA yang memiliki berbagai macam fitur menggunakan ponsel, rasanya akan seperti bermain FIFA 23.

Poin lain yang menarik dari penerapan teknologi AR pada aplikasi FIFA tersebut adalah aplikasi berjalan lancar tanpa lagging mengidentifikasi pemain dengan cepat meskipun berada di stand yang tidak terlalu dekat dengan pemain. Biasanya, akan sulit untuk mengidentifikasi objek dengan AR dari jarak jauh. Kerennya, aplikasi ini tidak hanya mengidentifikasi pemain bahkan dapat melakukan reka ulang VAR.

Jenis data yang selama ini hanya tersedia melalui televisi atau yang terkesan lebih khas dari sebuah video memuaskan rasa ingin tahu para pecinta sepak bola sekaligus menjadi daya tarik untuk mempertahankan anak muda.

Sayangnya, bagi penggemar sepak bola yang tidak sedang berada di Qatar tidak dapat mencoba FIFA Stadium Experience. Kamu harus berada di lokasi pertandingan lalu mengakses dengan aplikasi FIFA+ terpasang di ponsel untuk bisa mencoba fitur-fitur di atas.


Yuk! Kunjungi metaNesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar augmented reality dan teknologi lainnya!