Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Virtual Reality dan Augmented Reality

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Virtual Reality dan Augmented Reality

Metaverse VR Virtual Reality (Riki32/Pixabay)

Sebelumnya, persepsi teknologi imersif terbatas pada cerita fiksi ilmiah. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi imersif ini telah dikaitkan dengan game. Saat ini, banyak bisnis mengakui manfaat signifikan dari penggunaan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka, terutama dalam industri game.

Teknologi AR dan VR mengubah berbagai aspek kehidupan dengan penerapannya yang luas. Mulai dari pembuatan prototipe dan desain, pemasaran, layanan pelanggan, pelatihan, dan produktivitas lainnya.

Saat brand dan bisnis berupaya memperkuat dan menumbuhkan hubungan antara layanan atau produk dengan pelanggan-pelanggan mereka. Teknologi imersif seperti VR dan AR menawarkan jalur praktis, emosional, dan kreatif untuk memperkaya hubungan ini sambil membangun loyalitas terhadap brand dan meningkatkan penjualan.

Teknologi telah menjadi cukup maju untuk membuat augmented reality dan virtual reality menjadi arus utama perubahan. Sehingga membuatnya dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih ramah pengguna, realistis, mudah diakses, dan terjangkau.

Perbedaan virtual reality dan augmented reality

Virtual dan augmented reality
AR dan VR (RobotLAB)

Agar dapat memanfaatkannya secara maksimal, pemilik bisnis harus memahami kemampuan dan perbedaan virtual reality dan augmented reality. Perbedaan utama antara VR dan AR adalah bahwa virtual reality dirancang untuk menjauhkan pengguna dari ruang fisik mereka, dengan menciptakan dunia virtual.

Sebaliknya, augmented reality menggabungkan ruang fisik dan virtual dengan melapisi bagian dan potongan dunia nyata dengan potongan konten digital. Jadi, virtual reality benar-benar menghilangkan pengguna dari realitas dunia nyata, sedangkan augmented reality mengaburkan batas antara realitas dan dunia maya.

Virtual reality

Virtual dan augmented reality
Apa tujuan Virtual Reality? (University of Silicon Valley)

Teknologi virtual reality menyediakan konten yang bervariasi, mulai dari konten interaktif yang dihasilkan komputer secara real-time, hingga pengalaman pasif seperti gambar 360 derajat dari dunia nyata. Pengguna perlu menggunakan peralatan khusus seperti headset yang dipadukan dengan controller untuk mengakses konten VR.

Perangkat keras yang digunakan memungkinkan pengguna untuk melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan objek yang berada di dunia virtual. Meskipun peralatan ini memberikan akses ke pengalaman VR yang paling realistis, ada banyak pengalaman VR dan AR yang dapat diakses hanya dengan menggunakan smartphone.

Virtual reality adalah teknologi yang sangat tepat bagi sebuah bisnis, untuk menciptakan hubungan yang mendalam dengan pengguna dalam berinteraksi di dunia maya. Sifat VR yang imersif menjadi kunci untuk menarik perhatian dan membangkitkan rasa empati pada pengguna.

Augmented reality

Virtual dan augmented reality
Augmented Reality Apps (UniteAR)

Filter Snapchat dan game populer Pokemon GO adalah beberapa contoh augmented reality pertama dan paling terkenal. AR umumnya lebih mudah diakses daripada VR karena dapat dilihat dan digunakan pada smartphone atau tablet tanpa memerlukan peralatan khusus.

Meskipun tidak memberi rasa emosional seperti yang didapat dari pengalaman VR, aksesibilitasnya menjadikan AR sebagai alat yang bagus untuk menarik pelanggan potensial hanya dengan menggunakan smartphone. Suatu bisnis dapat menggunakan teknologi AR untuk memungkinkan pengguna mengakses dan berbagi konten dengan mudah melalui media apa pun, saat bepergian atau dari rumah.

Bagaimana VR dan AR meningkatkan pengalaman pelanggan

Headset VR (Kampus Production/Pexel)

Konsumen semakin bergantung pada alat digital untuk membuat keputusan pembelian hingga menyelesaikan proses pembelian. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) menyediakan layanan teknologi inovatif yang dibutuhkan perusahaan untuk mendukung dan meningkatkan strategi pengalaman pelanggannya. Berikut adalah beberapa alasan paling signifikan mengapa saat ini bisnis harus menggunakan teknologi VR dan AR

Pengambilan keputusan

Konten imersif yang realistis dan interaktif sangat membantu pelanggan yang ingin mencoba sesuatu sebelum membelinya. Saat ini, bisnis di industri kosmetik hingga mobil, menggunakan AR untuk memberi pelanggan mereka kesempatan melakukan pembelian dengan informasi yang mendetil melalui teknologi AR.

Mengurangi rasa penyesalan pembeli

Sebagian besar konsumen mengandalkan kombinasi emosi dan logika saat memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau layanan. Kemampuan visualisasi Augmented Reality (AR) dapat membantu pembeli menghilangkan keraguan tentang suatu layanan atau produk. Mereka akan merasa lebih percaya diri dalam pembelian mereka dan lebih sedikit penyesalan di kemudian hari.

Peningkatan customer service

Teknologi imersif dapat memberikan dukungan praktis sepanjang proses pembelian dari pelanggan. Mulai dari membuat instruksi produk yang lebih mudah diakses oleh pelanggan, hingga memudahkan pelanggan terhubung dengan produk atau layanan bisnis lainnya. Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga hadir dengan banyak aksesoris, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan cepat dan efisien.

Sangat imersif

Penggabungan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) bertujuan untuk memberi pelanggan pengalaman yang sepenuhnya imersif. Pelanggan dapat membayangkan diri mereka sendiri dalam proses pembelian yang mereka lakukan.

Dengan tampilan 360 derajat dan opsi yang dapat disesuaikan, mereka mendapatkan pengalaman yang tidak dapat ditiru di lokasi fisik. Ketika pelanggan dapat mempersonalisasi produk yang mereka beli, mereka umumnya lebih bahagia dan lebih mungkin melakukan pembelian dengan membelanjakan hingga 10% lebih banyak.

Koneksi yang lebih kuat dengan pelanggan

Teknologi imersif memungkinkan suatu bisnis untuk menginformasikan dan membahagiakan pelanggan mereka. Berbagai konten imersif dapat dibangun ke dalam pusat pengalaman pelanggan. Koneksi ini membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu membangun loyalitas pada brand.

Kenyamanan

Ketidaknyamanan yang tidak ingin dihadapi oleh sebagian pelanggan biasanya adalah berkeliling toko untuk mencari produk tertentu. Salah satu hal yang menjadi kelebihan teknologi AR adalah dapat membantu pelanggan menavigasi toko terbesar dalam hitungan detik. Dengan AR, pelanggan bisa menemukan produk yang mereka cari dengan mudah, lalu mengirimkannya langsung ke depan pintu rumah mereka.

Memperoleh informasi yang lebih detail

Salah satu kelebihan dari augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) yaitu, kemampuannya untuk memberikan informasi yang lebih banyak dan terperinci. Teknologi AR dan VR mampu memvisualisasikan objek dan data dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Contohnya seperti menggunakan elemen-elemen grafik, animasi, model 3D, atau overlay tekstual.

Teknologi AR dan VR memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan objek virtual atau lingkungan digital. Ini memungkinkan mereka untuk menjelajahi objek secara mendetail, memutar dan memperbesar objek, atau mengakses informasi tambahan dengan gerakan atau sentuhan. Interaksi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci sesuai dengan kebutuhan mereka.


Itulah beberapa penjelasan seputar teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), serta manfaatnya dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Jika kamu tertarik dengan informasi seputar teknologi, kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia virtual metaverse. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, dan metaverse, segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk mencoba masuk ke dunia metaverse yang dibuat oleh MetaNesia? Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: