Ayo, Olahraga dari Rumah dengan Aplikasi VR Treadmill Virtuix Omni One!

Ayo, Olahraga dari Rumah dengan Aplikasi VR Treadmill Virtuix Omni One!

Aplikasi VR Treadmill Virtuix Omni One
VR Treadmill Virtuix Omni One (Wikimedia Commons)

Melakukan aktivitas olahraga, merupakan suatu kegiatan seru dan bermanfaat bagi tubuh. Kini, melakukan kegiatan olahraga dapat dilakukan dari rumah, dengan memasuki dunia virtual tak terbatas, lho! Salah satunya, dengan menggunakan perangkat dan aplikasi VR treadmill Virtuix Omni, yang akan dirilis pada tahun ini.

Perusahaan penyedia platform olahraga virtual Virtuix Omni One

Perusahaan Virtuix
Virtuix Company (Wikimedia Commons)

Virtuix merupakan perusahaan asal Amerika Serikat, sebagai pengembang teknologi virtual dan augmented reality yang fokus dalam menghadirkan pengalaman imersif di berbagai industri. Perusahaan ini juga memproduksi berbagai perangkat keras seperti VR headset, sensor gerakan, dan sistem audio, yang terintegrasi dengan aplikasi khusus buatan mereka. 

Salah satu produk utama yang ditunggu-tunggu, untuk memberikan pengalaman olahraga imersif adalah perangkat dan aplikasi Virtuix Omni One. Omni One akan memiliki sistem mandiri dengan headset mandiri dan sedang tahap pengujian dengan Pico Neo, perusahaan pembuat perangkat VR headset. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Virtuix Omni One VR

Perangkat dan Aplikasi VR Treadmill Virtuix
Virtuix Omni One (Wikimedia Commons)

Sebenarnya, apa itu Virtuix Omni One? Virtuix Omni One merupakan perangkat keras berupa treadmill virtual reality 360 derajat, di mana kamu dapat bergerak ke segala arah untuk melakukan aktivitas olahraga yang terintegrasi dengan aplikasi interaktif.  

Perangkat Omni One yang dirilis pada pertengahan 2021 tersebut dibandrol dengan harga $1.995. Untuk pengguna yang menginginkan paket lengkap, Virtuix membuka kampanye pendanaan yang memungkinkan perusahaan menjual saham melalui proses bergaya crowdfunding.

Fitur yang hadirkan pengalaman imersif untuk berolahraga 

Treadmill Virtuix
Treadmill Virtuix VR (Wikimedia Commons)

Seperti yang diketahui, produk Omni One VR bukanlah sebuah treadmill biasa. Di mana, produk ini dilengkapi dengan fitur canggih di dalamnya, berikut diantaranya:

  • Omnidirectional

Fitur utama, yang terdapat pada treadmill canggih ini adalah Omnidirectional. Artinya, kamu dapat berjalan dan bergerak bebas ke arah mana pun, saat bermain game maupun berolahraga secara di lingkungan virtual yang dikenal sebagai Omni Arena.

  • Pelacakan sensor otomatis

Saat menggunakan treadmill VR Virtuix Omni One, yang terintegrasi dengan aplikasi khusus mereka. Nantinya, pergerakan tubuhmu akan dilacak oleh fitur sensor yang terdapat di pergerakan kaki dalam bentuk sepatu khusus. Hal tersebut memungkinkan sensor, untuk mengirimkan data pada aplikasi VR Virtuix. 

  • Sistem hiburan lengkap

Nantinya, Virtuix Omni One akan dipasarkan dengan “sistem hiburan lengkap”. Fitur tersebut akan dilengkapi dengan perangkat lunak buatan Virtuix sendiri, yang mencakup fitur sosial dan 30 aplikasi game seru untuk diluncurkan. Perangkat lunak VR Omni sendiri, Omni Arena yang bertema eSports, juga disertakan. Paket lengkap ini, membuat produk Virtuix lebih mudah digunakan dan menyediakan fasilitas seru yang menggabungkan aktivitas fisik dan virtual sekaligus. 

Mengirimkan produk beta kepada investor

Kabar terbarunya, Virtuix mulai mengirimkan produk beta Omni One kepada beberapa investornya. Sebelumnya, Virtuix telah mendapatkan data investasi sebesar US$11 juta, untuk kembangkan Omni One VR Treadmill melalui SeedInvest, yakni sebuah platform crowdfunding untuk mengumpulkan modal. 

Untuk saat ini, perangkat maupun aplikasi VR treadmill Virtuix Omni One belum dijual untuk umum. Rencananya, aplikasi dan perangkat ini akan tersedia dan dijual untuk umum, pada akhir tahum 2023 mendatang.


Berikut informasi mengenai perangkat maupun aplikasi VR treadmill Virtuix Omni One, yang bisa membuatmu melakukan aktivitas interaktif dan imersif dalam satu produk inovatif. 

Kalau mau tahu informasi terkait penerapan teknologi virtual reality lainnya, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel, terkait teknologi inovatif lainnya. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: