Yuk, Ketahui Penggunaan AR dalam Bisnis Logistik

Yuk, Ketahui Penggunaan AR dalam Bisnis Logistik

Pengiriman barang tepat waktu dan tepat sasaran sangat penting untuk memastikan pengalaman pelanggan yang positif dalam bisnis logistik. Hal ini membuat industri yang berjibaku di bisnis ini untuk memiliki infrastruktur digital yang handal. Lalu, bagaimana industri logistik mendapat manfaat dari augmented reality?

Setelah membahas penggunaan virtual reality, sekarang mari kita melihat penggunaan augmented reality dalam industri logistik. Mulai dari manajemen gudang hingga sistem rantai pasokan, teknologi augmented reality memainkan peran penting dalam transformasi digital industri logistik.

augmented reality in logistics
Source: Jasoren

Memahami augmented reality

Augmented reality adalah teknologi yang memberikan informasi tambahan di atas objek fisik menggunakan layar perangkat pintar seperti kacamata AR, tablet, dan smartphone. Informasi ini dapat berupa semua jenis konten termasuk gambar, teks, video, dll.

Namun, AR lebih dari sekadar menunjukkan detail tambahan. AR menciptakan pengalaman pengguna yang unik yang memungkinkan cara baru bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan mereka.

AR terdiri dari empat proses dasar yang memungkinkan lapisan informasi tambahan.

Pengambilan gambar

Proses pertama adalah menangkap bagian dari lingkungan melalui kamera bawaan perangkat seluler atau head-mounted display (HMD).

Identifikasi gambar

Pada tahap kedua, sistem augmented reality memindai lingkungan yang ditangkap untuk menentukan tempat menambahkan konten yang telah ditentukan sebelumnya. Titik ini dapat diidentifikasi baik dengan penanda visual atau alat pelacak seperti GPS, sensor, inframerah, atau laser.

Pemrosesan gambar

Setelah adegan yang diperlukan diidentifikasi, sistem augmented reality meminta konten yang diperlukan untuk ditambahkan dari database yang terhubung.

Visualisasi

Pada tahap akhir, sistem augmented reality menghasilkan gambar lengkap yang menggabungkan adegan yang diambil dan konten yang ditambahkan secara virtual.

augmented reality for logistics sector
Source: AR Post

Bagaimana perusahaan logistik dapat memanfaatkan AR

Dalam paragraf ini, mari kita membahas bagaimana bisnis logistik dapat menggunakan augmented reality untuk memanfaatkan potensinya secara maksimal.

Optimalisasi transportasi

Teknologi digital canggih telah mengubah sektor logistik secara signifikan. Mereka memastikan tingkat efisiensi dan produktivitas transportasi barang yang lebih tinggi.

AR juga berpotensi untuk meningkatkan industri dalam aspek-aspek seperti pemeriksaan kelengkapan dan pemuatan barang.

Pemeriksaan Kelengkapan

Augmented reality dapat memastikan pengambilan barang yang efisien. Perangkat berkemampuan AR dapat dengan cepat memeriksa beban dengan memindai barcode. Sayangnya, proses pengecekan ini saat ini membutuhkan pemindaian barcode secara manual.

Padahal, dalam perspektif jangka panjang, perangkat AR yang dapat dikenakan akan dapat menentukan jumlah barang kargo dan volumenya dengan pemindai dan sensor khusus.

Data terukur akan dibandingkan dengan nilai yang diperlukan. Dengan cara ini, memberi tahu operator gudang tentang kelengkapan dari muatan. Sistem AR juga dapat mendeteksi kerusakan dengan memindai item.

ar app in logistics
Source: Tech Target

Pemuatan Kargo

Transportasi kargo membutuhkan tingkat tanggung jawab, akurasi, dan pengoptimalan yang tinggi saat bekerja dengan dimensi kargo,berat, tujuan, dll. Dengan kemampuan pick-by-vision, augmented reality dapat menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan daftar pengiriman dan instruksi pemuatan yang dicetak.

Dengan menggunakan perangkat AR, petugas dapat langsung mendapatkan informasi tentang item mana yang akan dipilih dan di mana harus meletakkannya tanpa menjelajahi lusinan dokumen kertas.

Selain itu, sistem AR dapat menunjuk ke lokasi yang tepat di dalam truk untuk barang tertentu. Hal ini menjadi mungkin melalui kemampuan pengenalan objek yang terintegrasi ke dalam solusi AR.

logistics-augmented-reality
Source: Tech Crunch

Perakitan dan Perbaikan

Selain transportasi, beberapa perusahaan logistik menyediakan layanan tambahan seperti perakitan dan perbaikan.

Secara khusus, selain mengirimkan komponen untuk Audi, DHL juga merakitnya menjadi panel pintu dalam lengkap sebelum mengirimkannya ke pabrik mobil.

Memang, keterampilan yang kompleks seperti itu membutuhkan pelatihan yang panjang dan intensif bagi karyawan di penyedia logistik. Setiap kesalahan bisa mahal.

Teknologi AR dapat membantu penyedia transportasi mencocokkan standar perakitan tinggi dengan memantau proses perakitan menggunakan kemampuan pengenalan gambar tingkat lanjut.

Selain itu, sistem AR dapat membantu spesialis teknis mendeteksi dan memperbaiki kerusakan dan kesalahan dengan mengidentifikasi masalah melalui pengenalan gambar dan memberi staf instruksi perbaikan terperinci melalui kacamata pintar AR.

Augmented reality yang diterapkan akan secara signifikan mengurangi waktu perbaikan dan memangkas tingkat kesalahan secara keseluruhan.

ar in logistics
Source: XR Today

Pengiriman terjauh

Pertumbuhan e-commerce menghasilkan layanan pengiriman jarak jauh yang ditawarkan oleh banyak perusahaan logistik. Untuk menemukan paket yang diperlukan, kurir dapat menggunakan perangkat AR.

Ini akan membantu mereka menemukan kotak ini dan langsung mendapatkan semua informasi yang diperlukan termasuk jenis barang, berat, alamat, dll. Oleh karena itu, proses pencarian menjadi lebih nyaman dan lebih cepat dengan augmented reality.

Layanan pelanggan

Augmented reality juga dapat meningkatkan tingkat layanan pelanggan di bidang transportasi. Dengan memindai barang melalui perangkat yang dilengkapi AR, perusahaan dapat mengemas barang dalam kotak dengan ukuran yang sempurna.

Melalui perangkat AR, perusahaan transportasi dapat memberikan kontrol yang lebih baik kepada pelanggan mereka atas proses pembentukan harga dan, sebagai hasilnya, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka.


Augmented reality menawarkan serangkaian manfaat utama yang dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan efektivitas biaya bisnis logistik. Masih banyak contoh penerapan teknologi AR pada industri lainnya, kunjungi metaNesia untuk mendapatkan informasi tersebut.

Bagikan ini: