Peluang Bisnis Metaverse, Seberapa Besar Potensinya?
Beranda /
Blog /
Peluang Bisnis Metaverse, Seberapa Besar Potensinya?
21 December 2022

Peluang Bisnis Metaverse, Seberapa Besar Potensinya?

bisnis metaverse
Sumber: Business Advice

Transformasi di dunia digital terus menghadirkan peluang besar bagi bisnis modern. Teknologi telah berkembang jauh dari menggunakan situs web statis hingga menavigasi pengalaman web 2 untuk audiens global.

web3 kemudian hadir dan membawa kemajuan dan distrupsi di dunia nyata. Distrupsi tersebut dibawa oleh teknologi metaverse yang bisa menggantikan teknologi yang hadir saat ini.

Konsep metaverse awalnya diciptakan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992 yang sekarang dipopulerkan oleh Mark Zuckerberg pada perusahaan miliknya, Meta. Teknologi metaverse saat ini telah berkembang menjadi suatu dunia virtual imersif dimana orang dapat melakukan aktivitas.

Metaverse telah menjadi pusat perhatian bagi perusahaan digital dan masyarakat sejak pandemi. Pasca pandemi mereda, setiap industri berusaha membangun bisnis untuk menerapkan metaverse sebagai salah satu cara untuk terhubung dengan konsumennya.

Bagaimana potensi bisnis metaverse?

bisnis metaverse
Sumber: TechRepublic

Metaverse mampu untuk mereplikasi meniru dunia nyata dengan teknologi seperti augmented reality dan virtual reality. Digadang-gadang menjadi masa depan dari internet dan media sosial, metaverse menawarkan berbagai peluang bisnis untuk perusahaan di seluruh dunia.

Metaverse menguntungkan bisnis dan penggunanya dengan berbagai cara. Setiap bisnis akan memanfaatkan dunia metaverse sesuai dengan model bisnis dan kebutuhan khusus pelanggan mereka.

Survei terbaru pada bulan Maret 2022 menunjukan lebih dari 17% perusahaan IT dunia telah berinvestasi di metaverse. Sementara sektor industri lainnya seperti Pendidikan, Keuangan, Kesehatan dan Pemasaran bergulir untuk bekerja sama dengan Metaverse antara 9-12%.

Beberapa peluang bisnis metaverse di masa depan adalah seperti berikut:

Iklan

Metaverse akan membawa industri iklan berkembang menggunakan teknik storytelling yang unik dan imersif dengan virtual reality dan augmented reality.

Akses 24/7

Dengan ruang virtual metaverse yang cocok untuk segala aktivitas, pengguna dapat mengakses dan memasuki acara apa pun secara digital selama 24/7.

Dompet digital terintegrasi

Metaverse juga mendukung dompet digital yang berarti perusahaan dapat mengatur transaksi e-commerce tanpa batas di seluruh ekosistem virtualnya.

Penggunaan dunia metaverse di berbagai sektor industri

bisnis virtual
Sumber: Metaverse Business Conference

Seperti yang sudah disebutkan, metaverse memiliki potensi penggunaan di berbagai sektor. Dunia metaverse telah diterapkan setiap seperti pendidikan, game, pariwisata, perawatan kesehatan, dll. Lebih dari 40% pengunaan augmented reality dan virtual reality juga didasari pendekatan konsep metaverse.

Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan metaverse di berbagai sektor.

Bisnis metaverse pada sektor gaming

Industri game dikatakan menjadi salah satu investor utama dari teknologi Metaverse. Teknologi ini memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan peserta lain dalam satu lingkungan yang dapat dioperasikan.

Game populer seperti The Sandbox, Sorare, dan Axie Infinity adalah beberapa contoh sukses dunia metaverse yang beroperasi di sektor game online. Selain itu, Axie Infinity saat ini memiliki lebih dari 350.000 pengguna harian aktif dan lebih dari 3 juta pengguna bulanan.

Game metaverse juga memiliki kelebihan yang menjadikan pengalaman di dalam ruang virtual ini unik. Beberapa di antaranya;

  • Lingkungan sosial yang lengkap di mana setiap pengguna tetap terhubung. Hal ini juga yang membedakan game metaverse dari game VR lainnya.
  • Ruang virtual metaverse juga menawarkan kemampuan untuk bermain dan mendapatkan cryptocurrency sehingga kriteria ekonomi juga terpenuhi
  • Arsitektur metaverse sangat kompatibel dengan aset token Non-fungible Token (NFT) dalam game seperti tanah virtual atau aksesoris avatar.
  • Metaverse memberikan pengalaman imersif campuran di mana para pemain dapat dengan mudah beralih di antara berbagai format komunikasi dalam dunia virtual seperti VR dan AR.

Dunia virtual metaverse dalam pariwisata

Pariwisata virtual adalah salah satu kasus penggunaan metaverse yang paling maju. Teknologi metaverse memungkinkan kamu bepergian dalam lingkungan virtual. Bagi pengguna yang tidak dapat melakukan perjalanan jarak jauh, hal ini bisa menjadi solusi alternatif untuk liburan.

Para ahli mengklaim bahwa kreasi metaverse dari pengalaman digital imersif dengan AR dan VR adalah terobosan terbesar dalam industri perjalanan. Dengan tur virtual 360°, kamu tidak hanya dapat melihat lokasi yang direkam tetapi bisa hadir secara digital di lokasi yang diinginkan dengan efek realistis.

Contoh yang sangat populer adalah Thomas Cook meluncurkan liburan virtual reality “Try before You Fly”. liburan virtual ini membantu wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata yang diinginkan secara virtual.

Bisnis metaverse pada real estate

Salah satu fitur dari metaverse adalah kemampuannya untuk menawarkan pengalaman imersif terbaik kepada pengguna. Tidak mengherankan jika industri real estate bisa menguntungkan dengan adanya metaverse.

Dengan adanya opsi tur properti metaverse, klien bisa melihat properti yang diinginkan secara virtual sehingga tidak perlu survey ke lokasi. Klien tidak perlu membuang waktu untuk bepergian ke berbagai properti.

Calon pembeli dapat melihat tur properti metaverse dan menjelajahi semua opsi yang memungkinkan secara real time. Selain itu, tur virtual di metaverse dapat disesuaikan dengan skala, selera, dan desain klien.

Sektor perumahaan virtual juga memiliki potensi besar untuk berinvestasi. Decentraland dan Sandbox telah lama menjual aset tanah virtual di marketplace mereka.

Tanah virtual tersebut memiliki konsep yang sama dengan NFT, dimana kita akan mendapatkan tanda kepemilikan jika membeli tanah tersebut.

Ruang virtual pada dunia kesehatan

Penggunaan metaverse dalam industri kesehatan telah membuka cara baru untuk memberikan perawatan dengan biaya rendah dan hasil yang lebih baik.

Telemedicine dan Telehealth adalah konsep yang dipicu oleh pandemie di mana pasien dan dokter dapat berinteraksi di klinik virtual 3D.

Metaverse juga bisa membantu menyembuhkan penyakit kesehatan mental. Software “Therapy” adalah aplikasi metaverse di mana pasien dapat membawa diri mereka sendiri ke lingkungan digital yang santai jika terjadi kepanikan dan kecemasan.

Bisnis metaverse dalam perbankan dan keuangan

Metaverse merupakan keuntungan terbesar bagi perbankan dari perspektif Blockchain, pengembangan pasar NFT, dan aset cryptocurrency DeFi lainnya.

Para ahli mengklaim bahwa perbankan pada metaverse adalah langkah di mana pelanggan dapat memanfaatkan layanan dengan pengalaman dan visualisasi data yang lebih personal.

Hiburan dan media sosial

hiburan
Sumber: Forbes

Metaverse sebagai media sosial masa depan adalah konsep jangka panjang yang bisa mengubah industri hiburan online untuk penontonnya. Pengguna kini sudah mulai berkomunikasi menggunakan avatar digital mereka.

Dunia virtual juga diimplementasikan dalam industri pakaian olahraga, fashion dan eCommerce, industri olahraga dan mudah-mudahan segera di Manufaktur IoT dan industri rantai pasokan.


Tertarik dengan metaverse? Download platform metaNesia untuk masuk ke dalam metaverse!