7 Daftar Seniman NFT Dunia yang Hasilkan Karya Seni Digital Luar Biasa!

7 Daftar Seniman NFT Dunia yang Hasilkan Karya Seni Digital Luar Biasa!

Karya seni NFT 

NFT adalah singkatan dari “Non-Fungible Token”, yang merupakan aset digital unik terverifikasi pada jaringan blockchain. Non-Fungible Token dapat mewakili apa saja, mulai dari karya seni digital seperti musik, video, maupun gambar. Semakin populer dunia cryptocurrency dan teknologi blockchain, NFT mulai digemari untuk dimanfaatkan sebagai aset investasi digital. 

Karena diverifikasi pada blockchain, NFT dianggap asli dan unik, di mana pemilik dapat membeli maupun menjual aset digital tersebut. Melalui NFT, seniman dapat menciptakan dan memonetisasi karya digital yang mudah untuk diduplikasi maupun dijual. 

Walaupun masih relatif baru, teknologi berbasis blockchain ini dapat memberikan transparansi saat melakukan pembelian maupun penjualan aset digital. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir saat membelinya, lho! 

Daftar seniman NFT dunia

NFT, tidak terlepas dari hasil karya kreator atau seniman yang luar biasa. Terdapat beberapa seniman NFT asal Indonesia, yang telah meraih kesuksesan atas penjualan karya seni mereka. Selain seniman digital asal Indonesia, berikut daftar seniman NFT dunia yang telah hasilkan karya seni luar biasa, berikut diantaranya :

Pak 

Daftar seniman digital NFT Fewocious
Karya Seni NFT Pak (NFT Evening/ Pak)

Pak adalah seorang seniman digital yang anonim hingga saat ini. Dia sekarang menempati posisi sebagai seniman digital dengan penghasilan tertinggi di dunia NFT. Karya seni NFT yang paling laku terjual hingga saat ini, yang berjudul “Clock”. Meskipun NFT “Clock” tidak terlihat seperti jam, sebenarnya karya tersebut merupakan penghitung digital jumlah hari. 

Karya tersebut terinspirasi dari pendiri WikiLeak, yakni Julian Assange yang telah dipenjara di Belmarsh London. Pak dan Assange bekerja sama untuk membuat NFT ini, guna membantu pendanaan pertahanan hukum Assange.

Pak adalah seorang seniman NFT yang telah mendapatkan pengakuan internasional atas gaya uniknya. Kontribusinya pada dunia NFT, menciptakan karya seni digital yang terjual dengan harga ratusan juta dolar, dan dianggap sebagai salah satu seniman NFT terbaik di dunia.

Mad Dog Jones 

Daftar Seniman NFT Dunia Mad Dog Jones
Karya Seni Digital Michah Dowbak (Sotheby’s/Mad Dog Jones)

Mad Dog Jones, dikenal dengan nama lain yakni Michah Dowbak. Ia merupakan seorang seniman multidisiplin dari Thunder Bay, Ontario, Amerika Serikat. Karyanya sering menampilkan tema cyberpunk dan distopia, di mana mengeksplorasi persimpangan keindahan alam, dan teknologi. Gaya uniknya telah membuatnya dikenal secara internasional dan menjadikannya salah satu seniman NFT paling terkenal di dunia.

Beeple 

The First 5000 days
NFT EverydaysThe First 5000 Days (Liputan 6/ Beeple)

Beeple adalah seorang desainer grafis, seniman komputer, dan animator asal Amerika Serikat. Ia yang terkenal dan menjual karya seni NFT unik. Pada tahun 2007, Beeple memulai karyanya yang paling terkenal, yaitu EverydaysThe First 5000 Days. Seni ini, terinspirasi oleh Tom Judd yang menciptakan karya berbeda, setiap hari selama setahun. 

Beeple percaya, bahwa itu adalah metode yang baik untuk mengasah bakat menggambar. Di tahun-tahun berikutnya, Ia fokus dalam menghasilkan karya seni digital NFT luar biasa. Dalam karya seni-nya, Ia menggunakan berbagai bahan untuk menciptakan komposisi yang menakjubkan, serta memberikan kritik sosial politik pada tokoh media populer. 

Salah satu contoh karya Beeple, yang paling populer adalah versi digital Mona Lisa. Karya Beeple sangat menantang, menghibur, dan memprovokasi untuk melibatkan koneksi dalam menciptakan seni NFT digital kontemporer yang abadi.

Tyler Hobbs 

Incomplete Control Tyler Hobbs
Incomplete Control Tyler Hobbs (Tyler Hobbs)

Tyler Hobbs adalah seorang desainer grafis yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Komponen koding, algoritma, dan lukisan sangat berkontribusi pada hasil karya seninya. Estetika karya seni Tyler Hobbs, berputar di sekitar algoritmik, eksplorasi gabungan perangkat lunak maupun perangkat keras komputer dan alam semesta. 

Hobbs telah mencoba gaya melukis tokoh, potret, maupun lanskap klasik selama bertahun-tahun. Namun, Ia tidak merasa memiliki hubungan pribadi yang mendalam dengan bentuk seni tersebut, sehingga Hobbs kehilangan minat dalam menciptakan karya tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Ia menjadi seorang seniman digital visual NFT yang telah meraih banyak kesuksesan. Tyler telah menjual lebih dari 1.018 karya seni, lho! 

Digital NFT tertinggi, yang berhasil terjual adalah karyanya berjudul “Incomplete Control“. Di mana, karya ini membiarkan dan memberi ruang pada kesalahan dan ketidaksempurnaan. Uniknya, karya digital NFT milik Hobbs, telah dipamerkan dalam beberapa museum seni yang unik dan imersif.

Snowfro 

Chromie Squiggle karya seniman NFT Erick Calderon
Erick Calderon Seniman NFT (NFT Evening/Ola)

Erick Calderon atau biasa dikenal sebagai Snowfro, merupakan seniman digital NFT yang tidak kalah luar biasa. Erick Calderon juga masuk ke daftar seniman NFT teratas dengan penjualan yang cepat. Calderon merupakan pendiri dari Art Block, yang telah berdiri sejak November 2020. Art Block merupakan platform seni generatif yang dibuat untuk memamerkan dan menjual NFT. 

Platform ini telah menarik perhatian banyak orang, termasuk nama-nama besar seperti rumah lelang Sotheby’s. Snowfro telah menjual lebih dari 7.777 karya, di mana NFT paling mahal terjual seharga $8.129,59, lho! 

NFT tersebut merupakan koleksi Chromie Squiggle, yang menampilkan garis bergelombang dalam warna biru tua. Snowfro menjelaskan, bahwa setiap goresan melambangkan jiwa Art Blocks.

WhlsBe 

Seni digital NFT WhlsBe
Digital NFT WhlsBe (Play To Earn/WhlsBe)

Seniman internasional selanjutnya adalah WhlsBe. WhlsBe merupakan seorang anonim, yang telah banyak membentuk karya seni bertema beruang. WhlsBe, merupakan seniman berbasis di New York, Amerika Serikat yang dikenal karena seni ikoniknya yakni permen jelly dalam bentuk beruang. 

Kamu, dapat menemukan dan melihat karya fisiknya pada New Museum NYC serta MOCO Museum di Amsterdam. Seni NFT tersebut terinspirasi dari Andy Warhol dan Jean-Michel Basquiat, lho! Di mana pada situs webnya, Ia menyatakan bahwa karyanya mencerminkan kepolosan dan memperkenalkan tema-tema substansial. 

Fewocious 

Daftar seniman digital NFT Fewocious
NFT Artist Fewocious (Fortune/Marco Quiroz)

Daftar seniman digital NFT yang terakhir adalah remaja 19 tahun yakni Fewocious. Fewocious merupakan seniman NFT yang menghadirkan tema pop yang unik dan imersif. Luar biasanya, Fewocious telah menjual lebih dari 3.189 NFT, lho!

Penjualan tertinggi yang pernah dicatatnya adalah sebuah karya berjudul “Nice to Meet You, I’m Mr. MiSUNDERSTOOD“. Pada karya NFT tersebut, Ia menggambarkan karakter menangis dari acara anak-anak, dengan ketika sapuan warna beragam. 

Setiap karya didesain secara berbeda, dengan warna cerah dan segmen monokromatik. NFT tersebut, juga memiliki corak bunga dan awan yang diciptakan untuk mengingatkan diorama indah.


Itulah daftar seniman NFT dunia yang hasilkan aset digital unik. NFT merupakan teknologi yang menghadirkan komponen digital, di mana metaverse juga dapat menyajikan pengalaman luar biasa di dalamnya. metaNesia sebagai penyedia platform metaverse, akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis ya!  

Bagikan ini: