Kerja Sama MetaNesia dan Kominfo Hasilkan Digital Talent Indonesia Melalui Program Digital Talent Scholarship (DTS)

Kerja Sama MetaNesia dan Kominfo Hasilkan Digital Talent Indonesia Melalui Program Digital Talent Scholarship (DTS)

Perkembangan zaman membuat banyak aspek di kehidupan manusia terus berubah, mengikuti kebutuhan yang ada. Berbagai sektor kehidupan pun terus berkembang, mengikuti arus waktu yang semakin modern.

Pengembangan SDM di Indonesia

Salah satu aspek yang harus berkembang dinamis adalah talenta pekerja. Di era digitalisasi seperti sekarang, masyarakat diharapkan mampu menguasai berbagai perkembangan teknologi digital yang dapat membantu manusia pada berbagai bidang kehidupan. 

Presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo, juga menyampaikan betapa pentingnya kehadiran talenta digital untuk membangun berbagai aspek baru di Indonesia. Sejak tahun 2020 silam, pemerintah kian menyuarakan kebutuhan akan talenta digital. 

Untuk menjawab permintaan tersebut, berbagai lembaga pemerintahan bergerak untuk mulai mengembangkan pelatihan digital dari lingkup kecil hingga besar. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jadi salah satu lembaga pemerintahan yang membuat proyek digitalisasi bagi masyarakat bernama digital talent scholarship (DTS). 

Kehadiran digital talent scholarship di Indonesia

Program digital talent scholarship merupakan sebuah program pelatihan digital intensif berupa beasiswa pelatihan, yang diadakan agar sumber daya manusia (SDM) dapat mengikuti perkembangan digital. Program beasiswa pelatihan yang diadakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI ini, bertujuan untuk menghadapi era revolusi unggul 4.0.

Perkembangan program beasiswa pelatihan DTS

Dimulai sejak tahun 2018, program DTS diharapkan dapat memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan. Setiap tahunnya, terdapat berbagai pilihan materi dan pelatihan digital yang bisa kamu pilih. Beberapa diantaranya seperti cloud computing, graphic design, UI/UX, dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan talenta digital, Kemenkominfo menargetkan peserta beasiswa pelatihan digital talent scholarship 2020 sebanyak 60 ribu orang. Pelatihan DTS pada 2019 memberikan beasiswa kepada 26 ribu orang.

Dalam pelaksanaannya, program beasiswa pelatihan digital talent scholarship pada tahun 2019 didukung oleh 54 perguruan tinggi. Kemudian pada tahun 2020, ada penambahan 34 perguruan tinggi menjadi mitra baru dalam penyelenggara DTS. Dengan demikian, Kemenkominfo akan memiliki mitra sebanyak 88 Perguruan Tinggi untuk penyelenggaraan DTS tahun 2020.

Program beasiswa pelatihan DTS tahun 2023

Pelatihan DTS oleh Kementerian Kominfo yang melibatkan banyak segmen masyarakat, terus berkembang dan berinovasi di tahun 2023 ini. Jumlah peserta untuk tahun ini ditargetkan sebanyak 100 ribu peserta untuk seluruh wilayah Indonesia. Program penyediaan talenta digital ini terus didorong, demi memenuhi proyeksi kebutuhan talenta digital di tahun 2030 mendatang.

Menurut Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat, tahun ini mencakup Professional Academy, Fresh Graduate Academy, Talent Scouting Academy, Vocational School Graduate Academy, Government Transformation Academy, Thematic Academy dan Digital Enterpreneurship Academy.

Program DTKS 2023 secara garis besar dibagi menjadi empat akademi, yaitu: Fresh Graduate Academy (FGA) , program ini ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK dan MIPA, terbuka bagi penyandang disabilitas; Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan bagi lulusan SMK; Coding Teacher Academy (CTA), program pelatihan bagi para guru yang mengajar bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah (terbuka bagi guru PNS dan non PNS); dan Online Academy (OA), bahkan pelatihan secara umum melalui media online bagi ASN, mahasiswa, dan pelaku industri pun tersedia.

Program thematic academy (TA) pada DTS

Sosialisasi program thematic academy digital talent scholarship di MetaNesia
Sosialisasi thematic academy DTS Kominfo di MetaNesia (MetaNesia / MetaNesia)

Thematic academy (TA) merupakan sebuah program digital khusus yang dibuat spesifik untuk industri tertentu, di mana kurikulumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Program pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang dapat bersaing di era industri 4.0.

Pada program TA di DTS 2023 ini, ada beberapa fokus pembelajaran yang bisa kamu pilih. Di antaranya adalah:

  • Pengenalan coding (block programming) untuk anak SD & SMP
  • Basic cyber security untuk anak SMA & SMK
  • Pengajaran Data Science untuk guru SMA & SMK menggunakan tools Orange
  • Aplikasi perkantoran untuk tenaga pendidik
  • Desain grafis untuk tenaga pendidik
  • Pengenalan metaverse di Indonesia
  • Pemasaran digital untuk sektor pariwisata
  • Women in Tech

Sosialisasi program kerja sama ini sendiri baru saja dilaksanakan pada 11 Januari 2023, yang diadakan di MetaNesia. Dengan diadakannya sosialisasi tersebut, program digital talent scholarship dengan tema thematic academy telah resmi dibuka di MetaNesia.

Kehadiran MetaNesia sebagai platform pembelajaran digital talent scholarship

Virtual stage kominfo pada acara digital talent scholarship di MetaNesia
Virtual stage program DTS Kominfo di MetaNesia (MetaNesia / MetaNesia)

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama dari Indonesia, yang dibuat oleh Telkom Indonesia. Di dalam MetaNesia, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari bertemu teman baru, bermain game, mengikuti seminar online, hingga menghadiri konser virtual.

Sebagai platform metaverse buatan anak bangsa, MetaNesia turut mendukung peningkatan kualitas talenta digital dengan menghadirkan media pembelajaran baru bagi dunia pendidikan. Nantinya, keseluruhan kegiatan belajar mengajar akan dilakukan di dalam MetaNesia. Tentunya, peserta bisa merasakan pengalaman baru belajar di dalam metaverse. 

Kehadiran MetaNesia diharapkan dapat menjadi elemen baru bagi pendidikan di Indonesia, dalam menciptakan proses belajar mengajar yang lebih imersif, menarik dan juga efektif. 

Kerja sama ini juga dilakukan sebagai tanda bukti dari Kominfo, untuk turut berpartisipasi menciptakan ruang digital yang ramah dan mudah digunakan bagi siapa saja. Tidak hanya itu, kelak platform metaverse juga diharapkan bisa memberikan manfaat pada berbagai aspek kehidupan lainnya.


MetaNesia hadir sebagai platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Jika tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: