Kerjasama Lanjutan Pembuatan Virtual Showroom Honda di metaNesia
Beranda /
Blog /
Kerjasama Lanjutan Pembuatan Virtual Showroom Honda di metaNesia
2 Januari 2023

Kerjasama Lanjutan Pembuatan Virtual Showroom Honda di metaNesia

Ramai dibicarakan sejak pertengahan 2021 silam, metaverse kini perlahan banyak digunakan publik untuk berbagai kebutuhan. Anda mungkin pernah mendengar beberapa platform metaverse global seperti Decentraland dan juga Sandbox. Indonesia juga kini memiliki platform metaverse serba bisa yakni metaNesia. 

metaNesia merupakan platform metaverse pertama dari Indonesia, yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas publik. Mulai dari bertemu teman baru, bermain game, menonton seminar dan webinar virtual hingga mengikuti konser virtual. Salah satu yang paling baru adalah mengunjungi showroom mobil virtual.

customer support honda dalam virtual showroom metanesia

Kehadiran virtual showroom Honda di metaNesia

Pandemi COVID-19 yang menyerang dunia pada 2020 silam membuat banyak aktivitas harus berubah. Salah satu industri yang paling terdampak adalah industri otomotif. Hal ini dikarenakan berbagai aktivitas luar rumah dihentikan, sehingga harus bisa dilakukan dari dalam rumah. 

Kebutuhan akan kendaraan serta kunjungan calon pembeli ke showroom pun menurun drastis, membuat para pemain industri otomotif harus bisa memutar otak untuk mengembalikan kejayaannya. Sebagai salah satu pemain penting di industri otomotif nasional, Honda tentu tidak ingin ketinggalan dari merek lain. 

Langkah baru yang diambil Honda yakni pembuatan virtual showroom hasil kerja sama dengan metaNesia. Virtual showroom Honda ini hadir pada Hub Commerce metaNesia yang bisa dikunjungi publik umum. Pameran mobil virtual Honda sendiri terbagi dalam beberapa area yakni entrance area, display car area dan customer service area

Kehadiran virtual showroom Honda pada Hub Commerce metaNesia tentunya mempermudah akses calon pembeli yang tertarik dan ingin mengetahui informasi detil terkait produk mobil Honda. 

Pengguna juga dapat mencoba berbagai fitur interaktif pada mobil. Diantaranya seperti mengunduh brosur, mempelajari eksterior dan juga interior mobil, melihat teknologi dan fitur mobil terbaru hingga melakukan test drive virtual di metaNesia. 

test drive mobil honda di virtual showroom

Fitur test drive pada virtual showroom Honda ini merupakan salah satu pengembangan teknologi terbaru yang belum pernah dimiliki platform metaverse lain. Didukung dengan teknologi Augmented Reality (AR), pengguna dapat mengendarai mobil All New Honda BR-V di area metaNesia Landscape

Kelanjutan pengembangan virtual showroom Honda di metaNesia

Kehadiran virtual showroom Honda yang dikembangkan di Hub Commerce metaNesia sendiri mendapatkan respon positif dari publik, karena inovatif dan belum pernah ada di pasaran. Oleh sebab itu, Honda akan kembali meluncurkan rebranding virtual showroom baru yang juga bisa di akses pada Hub Commerce metaNesia. 

Virtual showroom baru ini rencananya akan dirilis pada 18 Januari 2023. Pembuatan showroom kedua ini akan berperan sebagai pelengkap, agar publik bisa merasakan pengalaman imersif baru dengan kendaraan mobil dari Honda. 

Pameran mobil virtual ini juga akan memiliki konsep yang berbeda dengan sebelumnya. Showroom akan dibagi dalam beberapa area, menyesuaikan konsep branding yang dimiliki setiap seri mobil Honda. 

Daftar mobil Honda yang akan dipajang pada virtual showroom kedua ini antara lain:

  • Honda Brio
  • Honda City HB
  • Honda BR-V
  • Honda Civic RS, serta
  • Honda WR-V 
honda brv untuk mobil keluarga

Setiap mobil yang ditampilkan pada virtual showroom akan memiliki konsep area sesuai dengan seri mobil. Contohnya seperti Honda BR-V yang merupakan mobil keluarga, sehingga cocok digunakan bagi kamu yang memiliki keluarga. Ataupun Honda Brio yang tampil stylish, pas untuk kamu yang masih muda dan berjiwa sporty. 

Ada juga kehadiran Honda WR-V yang merupakan produk mobil terbaru dari Honda. Honda WR-V sendiri baru dirilis di Indonesia pada November 2022 kemarin, sebagai tipe mobil Small-SUV pertama yang hadir di Indonesia. 

virtual drive on honda wrv baru

Selain tampilan virtual showroom yang baru, akan ada banyak pengembangan fitur interaktif baru lain. Diantaranya seperti racing game multiplayer, virtual hall untuk berbagai acara seru Honda serta photo booth virtual yang dapat meramaikan showroom dengan aktivitas menarik.

Dukungan Telkom pada Virtual Showroom Honda di metaNesia

Untuk mendukung proyek kerja sama antara Honda dan metaNesia, Telkom juga turut mendukung kolaborasi ini dengan publikasi masif kepada pelanggan, yang diurus oleh divisi TVV (TV & Video) Telkom. Divisi TVV nantinya berperan untuk menjalin komunikasi dengan calon pelanggan yang tertarik pada produk otomotif di  pameran mobil virtual ini. 

Dukungan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen penting sebagai bentuk keseriusan penerapan teknologi baru seperti metaverse, dalam mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. 

Kehadiran rebranding virtual showroom Honda ini juga diharapkan bisa membuktikan Honda sebagai perusahaan otomotif yang dapat menyasar berbagai segmen dan lifestyle, mengikuti kebutuhan penggunanya. 


Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan otomotif Honda, dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse (metamesta dalam bahasa Indonesia).

Ingin mengembangkan bisnis Anda dengan teknologi imersif di metaNesia? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. 

metaNesia, #UnlockYourDreams