Masa Depan Extended Reality dalam Pendidikan
Beranda /
Blog /
Masa Depan Extended Reality dalam Pendidikan
16 December 2022

Masa Depan Extended Reality dalam Pendidikan

xr dalam pendidikan
Sumber: Forbes

Extended reality (XR) merupakan istilah yang digunakan bagi teknologi apa pun yang mengubah realitas dengan menambahkan elemen digital ke lingkungan fisik atau dunia nyata.

XR bisa dibilang memadukan teknologi immersive-reality yang ada yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR). Dengan menyatukan semua teknologi tersebut, XR dapat mengungkap peluang baru yang luas di lingkungan nyata dan virtual.

Teknologi XR banyak membawa dampak ke berbagai sektor. Salah satu sektor yang bisa terdampak dan berpotensi adalah extended reality dalam pendidikan.

Menurut penelitian, pasar dalam pendidikan VR akan mencapai US$ 700 juta pada tahun 2025. Saat ini, pendidikan merupakan sektor investasi VR terbesar ke-4 karena fitur dan manfaat yang dibawa oleh teknologi ini ke pendidikan tampaknya tidak terbatas.

Pembelajaran yang Imersif seperti di dunia nyata

extended reality
Sumber: Forbes

Kebanyakan guru dan profesional yang bekerja di bidang pendidikan menyatakan bahwa aspek tersulit dari pekerjaan mereka adalah sulitnya membuat anak-anak tetap terlibat.

Alih-alih mengikuti metode pengajaran papan tulis tradisional, VR menawarkan pengalaman belajar yang sepenuhnya imersif di mana siswa dapat berkembang. Dengan pembelajaran imersif, pendidikan menjadi pengalaman yang menyenangkan, relevan, dan menarik.

Penyedia ruang kelas imersif, GigXR menawarkan platform yang fantastis untuk terlibat dengan konten 3D secara real time. Siswa dapat mencatat konten imersif, mempelajari anatomi manusia dan kedokteran, serta berkolaborasi dengan siswa dan instruktur lainnya. Dunia virtual ini bisa signifikan meningkatkan keterlibatan antara pelajar dengan guru.

Meningkatkan Kreativitas Guru & Kepuasan Kerja

pendidikan dengan extended reality
Sumber: Forbes

Sebagian besar siswa yang berjuang belajar berlebihan untuk mendapat nilai bagus bisa mengakibatkan stres. Hal ini dapat berdampak pada kinerja dan motivasi jangka panjang siswa karena merasa terbebani dengan materi pelajaran.

VR dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan VR, guru dapat menjelajahi platform pembelajaran imersif yang menarik bagi siswa. Mereka juga dapat membuat rencana pelajaran di lingkungan virtual dan memberikan pengalaman belajar interaktif yang menyenangkan bagi siswa mereka.

Perusahaan seperti Gamooz melakukan gamifikasi membaca buku untuk anak-anak dengan augmented reality. Gamooz dengan signifikan bisa meningkatkan tingkat interaksi siswa dengan konten pop-up 2D menggunakan augmented reality.

Meningkatkan kinerja Siswa dengan augmented reality

Extended reality dalam pendidikan juga telah terbukti meningkatkan kinerja dan hasil siswa yang menggunakannya.

Dalam studi baru-baru ini, ditemukan bahwa lebih dari 80 persen orang yang menggunakan perangkat augmented reality saat pengajaran mengalami peningkatan motivasi belajar.

93 persen responden juga mengatakan augmented reality meningkatkan pemahaman spasial mereka terhadap mata pelajaran.

Menurut laporan, XR pada pendidikan menjadi opsi untuk sekolah melakukan pembelajaran imersif. Pengajar dapat menggunakan teknologi XR seperti augmented reality untuk membantu siswa yang kesulitan belajar di kelas.

Augmenta11y menggunakan augmented reality untuk membantu anak-anak penderita disleksia membaca buku menggunakan kamera di ponsel mereka.

Mengurangi biaya pendidikan

pendidikan xr
Sumber: World Economic Forum

Jika dilihat dari manfaatnya di atas, teknologi XR sangat menguntungkan untuk investasi jangka pendek bagi sekolah. Tetapi manfaat jangka panjang dari extended reality dalam pendidikan juga tidak kalah besar.

Institusi pendidikan menghabiskan banyak uang untuk alat pembelajaran tradisional seperti peralatan lab, buku, alat belajar, dan lain-lain. Hal ini membuat pengeluaran menumpuk karena orang-orang harus mengganti dan memperbaiki bahan ajar setiap semester.

Lingkungan belajar virtual dapat mengatasi hal tersebut. Siswa di ruang kelas virtual dapat menyimpan catatan, materi, presentasi, dan pengalaman mereka ke cloud. Mereka juga dapat mengaksesnya saat dibutuhkan.

Guru dapat mengajak siswa melakukan kunjungan lapangan rutin ke museum, akuarium, tempat tujuan, dan lain-lain tanpa harus meninggalkan kelas.

Mereka dapat mengunjungi secara virtual tapi dengan pengalaman imersif seolah-olah berada di dunia nyata. Sekolah bisa menghemat ribuan sekolah untuk biaya perjalanan dan penerimaan.

Masa depan XR pada pendidikan

Dengan teknologi XR terus berkembang, kita dapat berharap untuk melihat beberapa inovasi besar yang dapat mengubah dunia selamanya. Teknologi XR akan memainkan peran penting dalam membentuk kembali pendidikan untuk memecahkan masalah yang dihadapi sekolah, guru, dan siswa.


Tertarik dengan informasi di atas? Ayo kunjungi metanesia.id untuk mengetahui berita terbaru seputar XR, metaverse, dan teknologi!