Mengintip Kecanggihan Teknologi Eye-Tracking PSVR2!

Mengintip Kecanggihan Teknologi Eye-Tracking PSVR2!

eye tracking psvr2
Headset PlayStation VR2 (PlayStation)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah eye-tracking, bukan? Ya, secara garis besar, eye-tracking adalah sebuah teknologi yang mampu melacak gerakan mata kamu secara real-time. Salah satu contohnya yaitu penggunaan teknologi eye-tracking pada headset VR terbaru dari Sony yaitu PlayStation VR2. Eye-tracking pada PSVR2 menjadi salah satu yang tercanggih dalam kelasnya

Teknologi eye-tracking sendiri sudah diaplikasikan dalam berbagai bidang dan salah satu penggunaan yang paling umum adalah penerapannya dalam dunia game. Yuk, kita simak lebih lengkap mengenai teknologi eye-tracking dalam PSVR2 dibawah ini!

Bekerja sama dengan Tobii, perusahaan terkemuka dibidang eye-tracking.

eye tracking psvr2
Eye-Tracking PSVR2 (PlayStation)

Pada awal bulan juli 2022 silam, Tobii mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa mereka akan bekerjasama dengan Sony. Kerjasama yang dimaksud sendiri yaitu dalam mengembangkan dan mengintegrasi teknologi eye-tracking mereka pada headset virtual reality PlayStation VR2.

Dalam perkembangannya, Anand Srivatsa sebagai CEO Tobii menyatakan bahwa VR headset PSVR2 telah berhasil dalam menetapkan standar baru untuk pengalaman VR yang luar biasa imersif. Ia juga menambahkan bahwa dengan teknologi ini, nantinya pengguna PSVR2 akan merasakan pengalaman bermain yang berbeda dengan eye-tracking ini.

Kerjasama ini juga tentu saja berhasil memperkuat reputasi Tobii sebagai perusahaan eye-tracking yang terdepan. Lebih jauh, hal ini juga membuktikan bahwa Tobii berhasil dalam menyediakan kapabiltas teknologi eye-tracking canggih untuk skala pasar yang besar.

Reputasi Tobii yang erat kaitannya dengan teknologi eye-tracking ini diperoleh dari sejarah yang panjang dimana Tobii sudah bergerak dibidang eye-tracking sejak tahun 2001, lho!

Sepanjang kiprahnya, Tobii dikenal memiliki perangkat lunak maupun perangkat keras eye-tracking yang berkualitas. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan fakta dimana perusahaan asal swedia ini telah dipercaya untuk bermitra dengan beberapa produsen headset VR ternama seperti beberapa diantaranya HTC, HP dan Pico.

Membuka potensi dan kemungkinan baru dalam dunia games

PSVR2
Controller PSVR2(PlayStation)

Eye-tracking PSVR2 ini sendiri bekerja dengan menggunakan kamera yang nantinya terdapat pada headset PlayStation VR2. Kamera tersebut akan dapat mendeteksi sudut pandang dengan mengikuti gerakan bola mata penggunanya.

Sony mengatakan bahwa teknologi eye-tracking ini akan mampu untuk meningkatkan kualitas gambar yang ditawarkan berdasarkan titik fokus pemainnya. Hal ini dapat terwujud berkat teknologi foveated rendering canggih yang juga akan ditawarkan oleh PSVR2.

Sony juga mengklaim bahwa headset PSVR2 mereka akan mampu memiliki kapabilitas dalam memberikan pengalaman yang jauh lebih imersif dengan eye-tracking ini. Hal tersebut dikarenakan menurut mereka, pemain akan dapat untuk berinteraksi dengan dunia dalam game secara lebih nyata lagi dengan menggunakan PSVR2 ini.

Menawarkan sensasi bermain yang jauh lebih imersif

Penggunaan eye-tracking pada headset PSVR 2 ini tentu saja nantinya akan memberikan penggunanya pengalaman bermain yang jauh lebih imersif. Teknologi eye-tracking ini juga potensi untuk dapat dimaksimalkan dalam berbagai genre permainan mulai dari game action dan terutama game horor.

Seperti yang kita tahu, eye-tracking dapat menyesuaikan sudut pandang dan gerakan bola mata penggunanya. Hal tersebut kemudian dapat membuka aspek baru dalam dunia game VR yaitu kontak mata.

Dengan mengimplementasikan kontak mata pemainnya, tentu saja PSVR 2 ini dapat memberikan pengalaman bermain yang benar-benar imersif atau nyata sebagai headset VR next-gen.

Bayangkan sebuah game action dimana kamu harus melakukan negosiasi dengan orang lain atau NPC. Tanpa eye-tracking mungkin hal tersebut tidak terlalu menarik. Namun, apabila kontak mata memainkan peran penting terhadap sukses atau gagalnya negosiasi tersebut tentu membuat pengalaman bermain jauh lebih seru, bukan?

Genre game yang juga akan sangat terdampak dari penggunaan teknologi eye-tracking ini yaitu tentu saja game horor. Dengan mengikuti gerakan mata penggunanya, PSVR2 dapatmemberikan pengalaman yang lebih menyeramkan sekaligus menegangkan.

Salah satu contoh dari penggunaan eye-tracking pada game horor dapat kamu jumpai di game “The Dark Pictures: Switchback VR.” Game tersebut nantinya akan dirilis secara ekslusif untuk PSVR2 oleh developer Supermassive Games.

Pada game tersebut, Supermassive Games memberikan sedikit video teaser dimana terdapat mannequin seram yang hanya akan bergerak ketika pemain berkedip didunia nyata. Hal tersebut tentu saja merupakan hal baru yang sebelumnya tidak dapat terjadi tanpa teknologi eye-tracking ini.

Beberapa game yang menggunakan eye-tracking PSVR2

Meskipun eye-tracking membuka potensi baru yang luar biasa, sayangnya masih belum banyak yang benar-benar memaksimalkan teknologi ini. Hingga saat ini, hanya terdapat beberapa judul game yang mendukung fitur eye-tracking dalam gameplaynya. Berikut ini daftar game yang menggunakan eye-tracking pada PSVR 2:

Before Your Eyes (Skybound Games)

Rez Infinite (Tetsuya Mizuguchi)

Hello Neighbor VR: Search and Rescue (tinyBuild)

Firewall Ultra (First Contact Entertainment)

Tentacular (Firepunchd Games)

Moss & Moss: Book II (Polyarc)

Demeo (Resolution Games)

Cosmonius High (Owlchemy Labs)


Demikianlah artikel mengenai eye-tracking pada PSVR2 ini. Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: