Segera Diluncurkan, Inilah Daftar Game PlayStation VR2 yang telah Diumumkan!

Segera Diluncurkan, Inilah Daftar Game PlayStation VR2 yang telah Diumumkan!

Playstation VR2
Headset PSVR2 (Cool3C)

Peluncuran PlayStation VR2 tentu saja sangat dinanti-nantikan oleh para gamer diseluruh dunia mengingat PlayStation VR atau PSVR merupakan salah satu headset VR yang terbilang sangat sukses dengan terjual lebih dari lima juta unit. Game PlayStation VR2 juga disebutkan memiliki grafik yang sangat tajam.

Disamping berita peluncuran PlayStation VR2 yang sedang hangat, tentu saja penggemar PlayStation VR juga penasaran dengan apa saja permainan yang bisa mereka nikmati dengan PlayStation VR2 ini.

Oleh karena itu pada artikel ini, kami telah merangkum daftar game PlayStation VR2 yang telah resmi diumumkan! Yuk, simak informasi lebih lengkapnya dibawah ini!

Kelebihan PlayStation VR beserta game yang ditawarkan.

Kesuksesan penjualan PSVR dapat dilatarbelakangi oleh kenyamanan yang sangat baik yang ditawarkan oleh headset VR ini karena dapat tetap terasa nyaman walaupun ketika dimainkan untuk waktu yang lama. Fitur lainnya yang juga merupakan daya tarik dari PSVR ini yaitu dukungan terhadap 3d audio dan adaptive triggers.

Selain kenyamanan yang luar biasa, PSVR juga memiliki kualitas gambar yang sangat jernih meskipun memiliki resolusi yang terbilang kecil yaitu 1920×1080. Terlebih untuk PSVR2 yang dibekali dengan teknologi OLED dengan desain 2000×2040 per eye dan refresh rate pada panel yang digunakan yaitu 90hz sampai dengan 120hz.

Dari sisi permainan, PSVR juga memiliki kelebihan dimana terdapat beberapa judul yang dirilis eksklusif atau khusus hanya untuk headset ini seperti Resident Evil, Hitman, Moss, Blood&Truth dan masih banyak judul lainnya.

Daftar game PlayStation VR2 yang sudah resmi diumumkan.

Perusahaan pencipta PSVR2 yaitu Sony pada bulan November 2022 silam secara resmi telah mengumumkan 11 judul permainan yang dapat dimainkan dengan menggunakan PS VR2.

Kemudian, Sony pada bulan Januari 2023 kembali mengumumkan secara resmi berbagai judul game lainnya untuk dinikmati melalui PS VR2. Secara total terdapat total 37 judul permainan yang telah diumumkan oleh Sony.

Berikut ini merupakan daftar judul permainan PSVR2 yang patut untuk kalian nantikan menurut metaNesia.

Horizon: Call of the Mountain.

Horizon: Call of the Mountain
Wallpaper permainan Horizon: Call of the Mountain. (Mixed-News/Sony)

Salah satu judul yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh gamer untuk dimainkan di PS VR2 yaitu tentu saja Horizon: Call of the Mountain, salah satu franchise permainan yang sangat populer yaitu Horizon karya developer Guerilla Games dan Firesprite.

Berbeda dengan seri permainan Horizon sebelumnya, pada Horizon: Call of the Mountain ini pemain akan merasakan dunia Horizon yang lebih dalam untuk pertama kalinya dengan melihatnya secara langsung melalui virtual reality.

Kemudian, Pemain juga tidak lagi mengontrol Aloy dalam permainan ini melainkan berpetualang dengan protagonis baru yang bernama Ryas yang merupakan mantan prajurit Shadow Carja. Sama seperti Aloy, Ryas juga merupakan pendaki yang handal dengan senjata andalan yaitu busur panah untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Selama berpetualang, pemain dapat menggunakan berbagai macam alat dan senjata serta dapat mengumpulkan berbagai material yang tersedia di dunia permainan ini untuk membuat perlengkapan yang dapat membantu pemain selama menjelajahi dunia yang ditawarkan game keren ini.

Selain alur cerita yang seru, game Horizon juga menawarkan panorama atau pemandangan yang impresif dari dunia Horizon: Call of the Mountain. Bahkan Sony menyebutkan bahwa game seru tersebut menawarkan pengalaman virtual reality terbaik untuk para pemain dalam memulai menggunakan PS VR2.

Namun, tidak seperti judul Horizon terdahulu, game tersebut bukan merupakan permainan dengan tipe open-world. Oleh karena itu, menurut developer Guerilla dan Firesprite game ini dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih tujuh jam.

The Walking Dead: Saints & Sinners – Chapter 2 : Retribution.

The Walking Dead: Saints & Sinners - Chapter 2 : Retribution
Poster permainan The Walking Dead: Saints & Sinners – Chapter 2 (GameTyrant)

Selanjutnya, terdapat franchise game yang juga tidak kalah populer yaitu sequel dari gameThe Walking Dead: Saints & Sinners yang dimana permainan tersebut menurut berbagai pihak merupakan salah satu judul permainan VR terbaik.

The Walking Dead: Saints & Sinners – Chapter 2 : Retribution ini memiliki alur cerita yang melanjutkan chapter sebelumnya dengan latar yang sama yaitu kota New Orleans yang sudah dipenuhi oleh zombie.

Skydance, developer dari The Walking Dead: Saints & Sinners bagian kedua ini menjanjikan alur cerita yang baru, berbagai area baru untuk dijelajahi, peralatan dan senjata baru dan mekanisme permainan baru yang dapat pemain nikmati.

Dalam permainan ini, antagonis yang harus para pemain kalahkan yaitu dikenal dengan nama Axe Man, seorang pria misterius dengan perilaku dan aksi yang dapat membuat pemain tetap waspada selama bermain.

Permainan PS VR2 ini akan resmi dirilis pada 21 Maret 2023 dengan pilihan deluxe edition yang merupakan edisi yang lebih mahal karena juga meliputi chapter pertama dari game ini maupun versi hanya bagian kedua ini untuk pemain yang telah memainkan game sebelumnya.

Creed: Rise to Glory Championship Edition

Creed: Rise to Glory
Media promosi Creed: Rise to Glory (Survios)

Permainan Creed: Rise to Glory sebenarnya telah dirilis untuk berbagai platform virtual reality sejak tahun 2018 lalu. Grafis yang memukau dan pertarungan yang menguras tenaga merupakan poin plus yang membuat permainan ini unggul dibanding dengan gameserupa atau kompetitornya.

Dalam platform PSVR2, Survios yang merupakan developer game bersama dengan MGM menambahkan berbagai konten, jenis permainan, fitur dan pengaturan lainnya untuk kemudahan personalisasi pada PS VR2.

Creed: Rise to Glory – Championship Edition memberikan tantangan bagi para pemainnya untuk menguji kemampuan mereka dalam pertarungan yang telah dioptimalkan secara online seperti pencarian lawan lintas platform untuk melawan pemain lainnya.

Meskipun belum ada tanggal pasti mengenai peluncuran game ini yang ditetapkan oleh Survios, Permainan Creed: Rise to Glory – Championship Edition ini sendiri dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2023 ini.

Resident Evil: Village

Resident Evil: Village VR
Ilustrasi Resident Evil: Village PS VR2 (Eurogamer)

Versi VR dari Resident Evil 7 menurut para gamer merupakan salah satu judul permainan terbaik baik untuk PSVR maupun untuk VR secara keseluruhan dan terbukti dengan gameplay horrornya berhasil membuat takut lebih dari satu juta pemain.

Resident Evil: Village ini juga menjadi kesempatan untuk Capcom, developer dari serial Resident Evil untuk meningkatkan seluruh aspek dari game tersebut terlebih mengingat Capcom dapat memanfaatkan kekuatan komputasi grafis dari platform PS5 serta berbagai fitur unik yang ditawarkan oleh PS VR2.

Berbeda dengan versi permainan non-VR, Resident Evil: Village dimainkan dengan menggunakan controller VR yang memungkinkan pemain untuk lebih bebas dan leluasa dalam gerakan tangan termasuk pemain juga dapat menggunakan dua senjata sekaligus. Hal tersebut tentu saja dapat membuat pengalaman bermain yang lebih realistik.

Headset PS VR2 juga dapat memberikan haptic feedback untuk lebih jauh meningkatkan ke-immersive-an game ini serta juga untuk mengurangi dampak dari motion sickness yang mungkin dialami oleh para pemain.

Fitur Foveated Rendering yang dimiliki oleh eye-tracking untuk game PlayStation VR2 dalam game ini juga menghasilkan penggambaran dari lingkungan yang tajam dan lebih detil. Grafik yang berkualitas ini menurut berbagai pihak dapat dijadikan sebagai batas minimum untuk game VR dimasa yang akan datang.

Gran Turismo 7

game playstation vr2 gran turismo 7
Cover Art dari permainan Gran Turismo 7 (PlayStation)

Permainan selanjutnya yang dapat kalian mainkan dengan PS VR2 yaitu salah satu game PlayStation VR2 dari seri balap mobil yang sangat populer yaitu Gran Turismo 7. Pada Gran Turismo 7, pemain akan dapat kembali merasakan mengendarai ratusan mobil pada lintasan atau arena balap terkenal seperti sirkuit Nurburgring seperti di dunia nyata.

Gran Turismo 7 untuk versi PS VR2 sendiri diumumkan pada saat CES 2023 dimana permainan ini dapat dimainkan secara gratis bagi pemilik Gran Turismo 7 versi PS5.

Star Wars: Tales from the Galaxy’s Edge

Star Wars: Tales From the Galaxy's Edge.
Star Wars: From the Galaxy’s Edge (uploadvr)

Dalam salah satu permainan seri Star Wars ini, pemain akan berperan sebagai seorang teknisi droid atau robot ikonik yang umum dijumpai dalam Star Wars. Star Wars: Tales From the Galaxy’s Edge ini akan memiliki latar tempat di planet Batuu.

Pada game tersebut, kalian akan berpetualang untuk menyelesaikan misi-misi yang berbahaya demi mendapatkan artifak atau harta karun yang sangat berharga. Dalam prosesnya, kalian juga dapat menjumpai karakter fenomenal dalam seri Star Wars seperti C-3PO dan robot lucu R2-D2.

Studio ILMxLAB sebagai developer menyebutkan bahwa Star Wars: Tales from the Galaxy’s Edge akan memanjakan para pemain dengan grafik yang fantastis dengan tekstur yang lebih tajam, detil dan pencahayaan yang lebih indah.

Selain itu, ILMxLAB juga mengatakan untuk versi Enhanced Edition dari game PlayStation VR2 ini akan mendukung fitur eye-tracking, 3d audio, dan haptic feedback yang unik untuk lebih jauh membawa para pemain merasakan seakan sedang berada di galaksi Star Wars.

No Man’s Sky

No Man's Sky VR
Wallpaper No Man’s Sky (Nintendo)

Permainan eksplorasi luar angkasa yang cukup populer ini juga dapat kalian nikmati dengan menggunakan PS VR2 juga, lho! Hello Games sebagai developer menyebutkan bahwa mereka akan menyampaikan perbaikan serta peningkatan untuk versi PS VR2 dan akan terdapat upgrade gratis untuk pemain No Man’s Sky yang sudah memiliki versi PSVR.

No Man’s Sky untuk PSVR sendiri sudah dirilis sejak tahun 2019 yang lalu untuk PSVR dan PC VR dengan kustomisasi VR yang lengkap. Meskipun menurut developer game ini dalam pembuatan versi VR nya memiliki banyak tantangan dan kendala, namun kehadiran PS VR2 dapat membuat pemain merasakan dunia No Man’s Sky secara lebih immersif lagi.

The Tale of Onogoro

The Tale of Onogoro
Cover permainan The Tale of Onogoro (TheVRGrid)

Selanjutnya terdapat salah satu dari enam gamePlayStation VR2 asal jepang yang berjudul The Tale of Onogoro.

Game PlayStation VR2 karya Amata K.K ini merupakan permainan dengan gaya co-op sehingga pemain harus bekerja sama dengan karakter lainnya untuk menjelajahi dunia yang berbahaya dan penuh misteri yang ditawarkan oleh permainan ini.

Zenith: The Last City

Zenith: The Last City
Wallpaper dari game Zenith: The Last City (UploadVR)

Permainan ini menawarkan sensasi bermain MMORPG atau Massive Multiplayer Online Role Playing Game dalam dunia VR seperti menjelajahi dunia yang bersifat open-world dengan keindahan yang ditawarkan seperti pulau apung, desain kota yang futuristik serta monster-monster yang terkesan kuno atau arkaik.

Zenith: The Last City sendiri terkesan memiliki kemiripan dengan beberapa game sejenis yang sangat populer seperti Nier: Automata, Final Fantasy dan Sword Art Online, sehingga apabila kalian penggemar dari salah satu judul tersebut, maka hampir dapat dipastikan kalian juga akan suka dengan game PlayStation VR2 ini.

Ramen VR sebagai developer menyebutkan bahwa versi Zentih: The Last City untuk PSVR2 akan dirilis pada saat hari-h peluncuran PSVR2 dan menjanjikan ratusan jam bermain yang sangat seru.

The Light Brigade

The Light Brigade
Ilustrasi game The Light Brigade (Funktronics Labs)

Dalam permainan berjenis shooter atau tembak menembak ini, pemain akan dapat merasakan atmosfer yang menegangkan di dunia yang penuh rintangan sebagai bagian dari “The Light Brigade” yang merupakan garis pertahanan terakhir dalam menghadapi kegelapan.

Pemain akan dituntut untuk berpikir kreatif dalam membuat strategi untuk mengalahkan musuh yang terdapat dalam game ini. Pemain juga dapat menjelajahi mulai dari zona es atau salju hingga hutan yang lebat nantinya.

The Light Brigade ini telah resmi diumumkan dan dapat kalian dapatkan mulai dari 15 November yang akan datang.

Beberapa daftar game PlayStation VR2 lainnya

Selain daftar game yang metaNesia rekomendasikan diatas, masih banyak juga permainan yang dipastikan dapat kalian dapatkan untuk dimainkan dengan menggunakan PSVR2 nantinya. Berikut ini adalah daftar lengkap yang sudah resmi diumumkan.

After The Fall (Vertigo Games)

Altair Breaker (Thirdverse)

NFL: Pro Era (StatusPro, Inc.)

The Last Clockwinder (Pontoco/Cyan Worlds)

Kizuna AI – Touch the Beat! (Gemdrops, Inc.)

Jurassic World Aftermath (Coatsink)

Puzzling Places (Realities.io)

Pistol Whip (Cloudhead)

Dyschronia: Chronos Alternate (MyDearest, Inc., Perp Games)


Tertarik dengan artikel seperti ini? Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk mencari informasi terkini membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: