Hadirnya Fitur Eye Tracking di VR Headset Terbaru Valve

Hadirnya Fitur Eye Tracking di VR Headset Terbaru Valve

Fitur Eye Tracking di VR Headset Terbaru Valve
Eye Tracking Feature (Upload VR/Ian Hamilton)

Semakin berkembangnya teknologi virtual reality, hal ini menghadirkan inovasi luar biasa terhadap perangkat yang memberikan pengalaman imersif. Selain VR headset dan controller, terdapat jenis perangkat pendukung seperti mixed reality yang canggih lebih untuk memasuki dunia digital. Biasanya, perangkat tersebut dilengkapi dengan fitur luar biasa dalam menghadirkan visual digital yang menyesuaikan penggunaan pengguna, salah satunya yakni eye tracking.

Fitur eye tracking pada VR headset telah diimplementasi oleh beberapa perangkat, seperti HTC Vive Pro Eye. Kabar baiknya, fitur canggih ini akan hadir di VR headset terbaru milik Valve, lho! 

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Fitur eye tracking

Vive Pro Eye Tracking
Pelacakan Mata HTC Vive Pro Eye (Needpix)

Fitur eye tracking adalah sebuah teknologi yang digunakan pada headset realitas virtual, untuk melacak gerakan mata pengguna. Sayangnya, teknologi ini belum banyak diadopsi di headset VR dan hanya beberapa perangkat saja yang menggunakannya. 

Pelacakan mata dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan kualitas gambar saat pengguna melihat objek virtual, memungkinkan interaksi yang lebih alami di dunia digital, serta mengurangi gerakan pemicu mual saat menggunakan VR headset.

Salah satu manfaat utama dari eye tracking adalah dapat meningkatkan pengalaman VR yang lebih realistis dan imersif. Dengan melacak gerakan mata pengguna, headset VR dapat menyesuaikan gambar secara real-time. Hal ini, memastikan bagian gambar yang dilihat oleh pengguna berada dalam ketepatan titik fokus. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur pelacakan mata dapat digunakan untuk memungkinkan interaksi yang lebih realistis dengan objek virtual. Artinya, jika pengguna sedang melihat tombol virtual, headset VR dapat mendeteksi dan memungkinkan untuk menekan objek tersebut hanya menggunakan gerakan atau perintah suara. Pada kesempatan tersebut, gerakan yang dihasilkan akan lebih intuitif, lho! 

Fitur eye tracking di VR headset terbaru Valve 

Valve 

Valve Index
Valve Index (Flickr/Marco Verch)

Perushaaan Valve adalah pengembang game dan perusahaan distribusi digital berupa perangkat VR seperti headset dan controller. Perangkat VR mereka yang paling populer adalah Valve Index. 

Di mana, Valve Index telah diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Sayangnya, headset virtual reality Valve Index tidak memiliki fitur pelacakan mata.

Perusahaan Valve, juga dikenal karena platform gaming populer mereka yakni SteamVR. Tak hanya itu, Valve juga telah mengembangkan beberapa franchise video game yang mendapat pengakuan kritis, seperti Half-Life, Portal, dan Left 4 Dead. 

Kabar terbaru dari SteamVR tentang VR headset terbaru Valve 

Dikutip dari portal berita Mixed Reality, SteamVR telah melakukan pembaruan beta terbaru yang dirilis oleh Valve, yaitu versi 1.26.1. Hal tersebut menunjukkan, bahwa headset VR terbaru dari Valve mungkin mendukung fitur pelacakan mata. 

Meskipun fitur pelacakan mata hanya dapat ditemukan dan diterapkan pada headset VR baru dari Valve, namun masih belum dikonfirmasi apakah headset tersebut akan dirilis atau tidak. Ada kemungkinan bahwa perusahaan hanya menggunakan kode tersebut untuk pengujian internal pada prototipe seperti Valve Deckard. Bagaimana, apakah kamu akan mencobanya, jika perangkat tersebut dirilis oleh Valve?


Itulah informasi terbaru mengenai fitur eye tracking di VR headset terbaru Valve. Hal tersebut, tentu saja dapat menyajikan pengalaman luar biasa untuk menikmati dunia virtual reality seperti metaverse. metaNesia sebagai penyedia platform metaverse, akan membawamu dalam merasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis ya! 

Bagikan ini: