Game Metaverse Terbaik untuk Dimainkan Pada 2022

Game Metaverse Terbaik untuk Dimainkan Pada 2022

Game metaverse play to earn
Game metaverse play to earn (Unit 2 Games Limited / Venturebeat)

Bahasan seputar metaverse, terutama game metaverse, tidak menunjukkan tanda-tanda meredup. Metaverse yang kita tahu, tren nya terus meningkat, bahkan dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, seperti internet saat ini.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh perusahaan konsultan global McKinsey, memberikan data menari mengenai industri metaverse. Laporan tersebut menyatakan bahwa industri metaverse berpotensi bernilai $5 triliun pada tahun 2030. 

Lebih lanjut dinyatakan bahwa lebih dari 50% acara dapat diadakan di metaverse pada tahun 2030, lebih dari 80% perdagangan dipengaruhi oleh apa yang konsumen lakukan di metaverse. Kamu dapat mengunduh laporan lengkap McKinsey di sini.

Satu hal penting yang perlu digarisbawahi adalah, iming-iming yang berkembang dari teknologi baru ini yang dipelopori oleh game metaverse. Dari game play to earn yang memberi penghargaan kepada pemain atas aktivitas mereka di dalam game hingga dunia virtual yang seru untuk dijelajahi.

Metaverse: Realitas virtual yang imersif

Petualangan imersif game metaverse
Petualangan imersif game metaverse (Insights / Uigstudio)

Metaverse mengacu pada teknologi yang memberi orang pengalaman untuk menjadi bagian dari dunia digital yang terhubung. Kombinasi dari kata Yunani meta, yang berarti melampaui, dan kata universe. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai perpanjangan dari dunia nyata.

Manusia menggunakan game dan aplikasi online untuk masuk dan berinteraksi dengan orang lain di “dunia” 3D ini, tempat mereka merepresentasikan diri sebagai avatar. Aktivitas dalam dunia virtual ini mencerminkan aktivitas di dunia sungguhan.

Pemain dapat membuat item, menjual atau membelinya, dan berinvestasi serta memberi penghargaan kepada orang lain. Metaverse merupakan perpaduan dari game, virtual reality, live streaming, mata uang kripto, dan media sosial saat pemain bergerak menjelajahi ekosistem produk yang bersaing. 

Misalnya, pemain yang memperoleh karya seni digital dari satu game, yang dikembangkan oleh perusahaan tertentu, dapat menggunakan item yang sama di game lain yang dibuat oleh perusahaan lain.

Tidak seperti game digital yang sudah lebih dulu eksis saat ini, di dalam game metaverse berbagai hal terjadi secara real-time. Tanpa jeda, game over, atau reset yang biasanya dilakukan. Selain itu, koneksi internet yang cepat dan headset virtual reality yang kuat memberikan pengalaman yang imersif, termasuk tampilan 360 derajat dari lanskap digital. Sarung tangan dan jaket haptic yang dapat memberikan sentuhan fisik.

Apa yang kamu butuhkan untuk memainkan game metaverse?

Interaksi imersif game VR
Interaksi imersif game VR (XR Today / Xrtoday)

Untuk memainkan game metaverse, pada dasarnya kamu memerlukan hal berikut ini:

Koneksi internet yang andal

Semakin cepat kecepatan internet yang kamu gunakan, semakin baik. Mengingat ini merupakan game yang dimainkan secara real time, dunia luas yang seru untuk dijelajahi, dan banyaknya item, mengharuskan para pemainnya memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil.

Saat ini, dunia teknologi sedang mempersiapkan jaringan 5G, di mana kecepatan unduh (download) 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G. Dengan begitu, nantinya 5G akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menunjang kebutuhan metaverse.

Nah, yang terpenting di sini adalah semakin cepat koneksi internet kamu, maka akan semakin baik dan mendukung permainanmu nantinya.

Headset virtual reality

Gadget VR saat ini masih terbilang mahal, namun tersedia beberapa opsi yang lebih murah seperti Google Cardboard yang menggunakan smartphone milikmu. Namun tak usah khawatir, saat ini beberapa metaverse bahkan dapat diakses tanpa headset VR.

Tetapi jika ingin merasakan pengalaman game metaverse yang sesungguhnya, kamu membutuhkan perangkat tambahan headset VR. Dengan perangkat tambahan ini, kamu akan dibawa jauh lebih dalam ke dunia virtual yang terasa nyata.

Perangkat keras pendukung

Bagi kamu yang ingin memainkan game metaverse tapi tidak memiliki headset VR yang berdiri sendiri, tentunya memerlukan perangkat pendukung seperti smartphone, komputer laptop atau tablet, untuk menghubungkan headset milikmu. Agar game metaverse berfungsi dengan baik, dibutuhkan perangkat komputer atau smartphone dengan daya komputasi disesuaikan dengan game yang akan dimainkan.

Dompet kripto

Kamu memerlukan dompet kripto jika ingin memainkan game metaverse yang melibatkan penggunaan cryptocurrency atau uang digital, seperti Bitcoin atau Ethereum. Lewat dompet kripto kamu bisa melakukan transaksi digital dengan mudah, transparan, dan aman melalui teknologi blockchain.

Selain untuk membeli aset digital, kamu juga dapat melakukan penjualan dengan dompet kripto. Salah satu contohnya pada game metaverse The Parallel yang disebut-sebut sebagai game sosial NFT terbaik saat ini. Kamu dapat merasakan gameplay petualangan tanpa batas yang luar biasa, sekaligus mendapatkan keuntungan finansial secara bersamaan.

Konsep game play to earn

Game NFT sendiri merupakan permainan online berkonsep play to earn yang berbasis teknologi blockchain. Play to earn adalah konsep game yang memberikan kesempatan pada pemainnya untuk menghasilkan crypto. Saat kamu menikmati keseruan sebuah game, di saat yang sama kamu juga berkesempatan mendapatkan aset crypto dan bisa ditukar menjadi uang asli.

8 Game NFT metaverse terbaik

Ada banyak game NFT terbaik yang bisa kamu mainkan untuk mendapatkan keseruan sekaligus potensi meraih aset kripto. Berikut daftar 8 game NFT yang wajib kamu coba:

Axie Infinity

Game Metaverse Axie Infinity
Game Metaverse Axie Infinity (Axieinfinity / Axieinfinity)

Mengawali daftar, ada game NFT yang dapat  disebut sebagai game metaverse paling populer saat ini. Diluncurkan pada 2018, Axie Infinity juga menjadi salah satu andalan di arena game NFT yang semakin ramai.

Gameplay dalam game play-to-earn ini agak mirip dengan Pokémon dan mengharuskan pemain untuk mengumpulkan, mengembangbiakkan, membesarkan, bertarung, dan menukar “Axies”. Axies adalah makhluk kecil menggemaskan yang juga merangkap sebagai NFT. Ini berarti setiap Axies tidak dapat dipisahkan dan unik. Karena karakteristiknya yang unik, setiap Axies berpotensi tumbuh hingga memiliki nilai tinggi dan menjadi investasi kripto jangka panjang yang bagus.

Pemain mendapatkan hadiah dalam bentuk NFT. Alternatifnya, kamu juga bisa mendapatkan hadiah dalam Axie Infinity Shards (AXS) dan Sooth Love Potion (SLP), dua token asli di platform. Kamu dapat memperdagangkan aset tersebut di bursa crypto untuk mata uang fiat (rupiah).

Illuvium

Game Metaverse Illuvium
Game Metaverse Illuvium (Michael Graw / Basketballinsiders)

lluvium yang akan segera dirilis secara menyeluruh, membuat banyak desas-desus di dunia game. Dalam game NFT ini, kamu akan berburu makhluk yang disebut illuvial. Menangkapnya atau merawatnya hingga sehat kembali. 

Makhluk-makhluk ini kemudian dapat membantu melawan pemain dan monster lain, yang jumlahnya lebih dari seratus. Illuvial juga merupakan NFT yang dapat diperdagangkan. Semakin kuat dan langka, semakin tinggi nilainya. Setelah kamu memiliki tiga illuvial yang sama, kamu dapat memadupadankannya menjadi satu makhluk baru, dan meningkatkan nilainya.

Sandbox

Game Metaverse The Sandbox
Game Metaverse The Sandbox (Geri Mileva / Influencermarketinghub)

Sandbox pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 sebagai game ponsel oleh salah satu pendiri Pixelowl, Arthur Madrid dan Sébastien Borget dari Prancis. Ini adalah platform user-generated, di mana pengguna direpresentasikan sebagai avatar yang dapat disesuaikan seperti blok, menjadi pemilik dari apa yang mereka buat melalui blockchain.

Sandbox memiliki tiga produk utama. VoxEdit adalah alat pemodelan 3D, tempat kamu dapat membuat avatar, kendaraan, tumbuhan, hewan, alat, dan objek lainnya. Kamu dapat mengekspor kreasi milikmu ke produk kedua Sandbox, Marketplace, tempat di mana kamu dapat menjual barang-barang koleksimu. Produk terakhirnya adalah Game Maker, di mana pengguna dapat mengembangkan game 3D tanpa menggunakan kode.

Mata uang utama di Sandbox disebut Sand. Kamu dapat memperoleh dan memperdagangkan tanah dan perkebunan (kumpulan tanah), yang dapat kamu pilih dari peta Sandbox. Ada juga opsi bagi kamu untuk menawarkan properti di pasar Open Sea NFT.

Decentraland

Game metaverse Decentraland
Game metaverse Decentraland (Noticiacripto / Noticiacripto)

Decentraland lumayan mirip dengan The Sandbox karena kedua game metaverse play-to-earn ini melibatkan dunia virtual. Tempat di mana kamu dapat membeli dan menjual bidang tanah virtual.

Di dalam game ini, kamu dapat membeli banyak objek dalam game, termasuk sebidang tanah virtual yang disebut “Land”. Saat kamu membeli sebidang tanah virtual, kamu menerima volume Land yang sesuai sebagai NFT (token ERC-721). 

Sifat Land yang tidak dapat dipertukarkan memastikan bahwa setelah kamu mendapatkannya, tidak ada orang lain yang dapat membuat salinannya. Bahkan pihak pengembang tidak dapat melewati pengaturan ini, memberi pengguna kendali eksklusif atas Land yang dibeli.

Ada beberapa cara untuk bermain dan menghasilkan uang di Decentraland. Misalnya, kamu dapat membeli ruang dan untuk kemudian dijadikan space untuk suatu bisnis beriklan. Kamu juga bisa membangun stadion untuk orang mengadakan konser atau acara lainnya. Alternatifnya, kamu juga dapat mempertahankan ruang-ruang ini (Land) sebagai investasi jangka panjang. Pada dasarnya, kemungkinannya tidak terbatas.

Decentraland memiliki persediaan terbatas 90.000 bidang tanah untuk dijual, dan kamu memerlukan Mana, aset asli Decentraland untuk membelinya. Setiap kali kamu membeli Land dalam game, jumlah Mana yang sama sesuai dengan nilai Land akan dibakar. Hal ini membuat Mana menjadi aset deflasi yang fundamental.

Mana memiliki dua peran utama dalam metaverse Decentraland. Kamu dapat menggunakan Mana untuk membeli Land dan aset digital dalam game lainnya. Kemudian, Mana juga merupakan token tata kelola, yang berarti pemegang Mana dapat berpartisipasi dalam keputusan tata kelola platform melalui DAO.

My Neighbor Alice

Game metaverse My Neighbor Allice
Game metaverse My Neighbor Allice (My Neighbor Allice / Coingecko)

Dalam game ‘builder’ multi-pemain My Neighbor Alice, kamu dapat memiliki dan mengolah petak pertanian virtual atau bahkan pulau yang dikelola oleh Alice. Alur permainannya mirip dengan Farmville, di mana kamu dapat memilih tanaman untuk ditanam dan ternak untuk berkembang biak dan berinteraksi dengan orang lain. 

Kamu juga memiliki pilihan mata pencaharian lain seperti menjalankan peternakan lebah dan kemudian menjual madu. My Neighbor Alice NFT (termasuk tumbuhan, hewan, rumah, pakaian, dekorasi, dan sebagainya) dapat diperdagangkan di pasar Alice dan blockchain lainnya.

Metaverse di My Neighbor Alice ini terletak di kepulauan Lummelunda, sebuah pulau fantasi tempat manusia dan hewan berbagi wilayah yang sama. Siapa pun yang tertarik menikmati ketenangan di pulau itu dapat bergabung dengan komunitas dengan membeli sebidang tanah virtual. Selain itu, mereka juga harus berkontribusi kepada masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, beternak lebah, menangkap serangga, dan sejenisnya.

Alien Worlds

Game metaverse Alien World
Game metaverse Alien World (Ming Hooi / Themediaverse)

Alien World adalah game metaverse play to earn gratis untuk dimainkan. Meskipun gratis untuk dimainkan, kamu harus melakukan pembelian kecil dari cryptocurrency asli game tersebut, token Trillium (TLM), untuk dapat menyelesaikan misi dan memperoleh NFT.

Diluncurkan pada tahun 2020, Alien Worlds memintamu untuk menambang Trilium, mata uang resmi dalam game, dari enam planet sebagai penjelajah luar angkasa. Setiap planet memiliki pemerintahan terpilihnya sendiri dan “hak suara” milikmu bergantung pada seberapa banyak TLM yang kamu pertaruhkan di sebuah planet.

Sorare

Game metaverse sepak bola berbasis NFT
Source: Game metaverse berbasis NFT (Sorare / VOI)

Sorare adalah game sepak bola fantasi yang memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, memperdagangkan, dan mengelola tim virtual melalui kartu pemain NFT. Game NFT ini didirikan pada tahun 2018 oleh Nicolas Julia dan Adrien Montfort.

Gameplay permainan ini adalah kamu memilih pemain favorit untuk membuat tim mingguan. Dalam memilih pemain, kamu harus membeli NFT yang sesuai dengan nilai pemain tersebut. Dari pembelian tersebut, kamu akan memiliki kartu pemain yang didasarkan pada teknologi blockchain Ethereum. Berdasarkan performa pemain yang dipilih selama seminggu di kehidupan nyata, kamu akan mendapatkan poin. 

Lewat kepemilikan kartu sepenuhnya, kamu juga dapat menjualnya di pasar sekunder seperti koleksi NFT lainnya. Sesuai dengan tagline “Own Your Game”, kamu dapat mengelola tim dan berpartisipasi dalam turnamen virtual. Yang menarik lagi, kamu bisa mendapatkan hadiah mingguan dalam bentuk crypto ETH dan kartu langka.

Chain of Alliance

Game metaverse Chain of Alliance
Game metaverse Chain of Alliance (Yang / Coin98)

Chain of Alliance, pertama kali dirilis pada tahun 2020, adalah game fantasi role-playing lainnya yang melibatkan monster yang dapat disesuaikan dengan nilai NFT. Kamu harus menurunkan hingga delapan karakter dalam tim per putaran. Untuk meningkatkan peluang kemenangan, kamu harus menentukan pemain terbaik dan mempersenjatai mereka dengan senjata terbaik.


Metaverse baru saja dimulai, dengan teknologi dan ide yang lebih baik untuk menjadikannya lebih menarik. MetaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia yang terus berkembang. MetaNesia telah menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Jika tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: