Game Metaverse Terbaik untuk Dimainkan Pada 2022
Beranda /
Blog /
Game Metaverse Terbaik untuk Dimainkan Pada 2022
23 November 2022

Game Metaverse Terbaik untuk Dimainkan Pada 2022

Bahasan seputar metaverse, terutama game metaverse, tidak menunjukkan tanda-tanda meredup. Metaverse yang kita tahu, tren nya terus meningkat, bahkan dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, seperti internet saat ini.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh perusahaan konsultan global McKinsey, memberikan data menari mengenai industri metaverse. Laporan tersebut menyatakan bahwa industri metaverse berpotensi bernilai $5 triliun pada tahun 2030. 

Lebih lanjut dinyatakan bahwa lebih dari 50% acara dapat diadakan di metaverse pada tahun 2030, lebih dari 80% perdagangan dipengaruhi oleh apa yang konsumen lakukan di metaverse. Kamu dapat mengunduh laporan lengkap McKinsey di sini.

Satu hal penting yang perlu digarisbawahi adalah, iming-iming yang berkembang dari teknologi baru ini yang dipelopori oleh game metaverse. Dari game play-to-earn yang memberi penghargaan kepada pemain atas aktivitas mereka di dalam game hingga dunia virtual yang seru untuk dijelajahi.

Metaverse: Realitas Virtual yang Imersif

Metaverse mengacu pada teknologi yang memberi orang pengalaman untuk menjadi bagian dari dunia digital yang terhubung. Kombinasi dari kata Yunani meta, yang berarti melampaui, dan kata universe. Sehingga metaverse dapat diartikan sebagai perpanjangan dari dunia nyata.

Manusia menggunakan game dan aplikasi online untuk masuk dan berinteraksi dengan orang lain di “dunia” 3D ini, tempat mereka merepresentasikan diri sebagai avatar. Aktivitas dalam dunia virtual ini mencerminkan aktivitas di dunia sungguhan.

Pemain dapat membuat item, menjual atau membelinya, dan berinvestasi serta memberi penghargaan kepada orang lain. Metaverse merupakan perpaduan dari game, virtual reality, live streaming, mata uang kripto, dan media sosial saat pemain bergerak menjelajahi ekosistem produk yang bersaing. 

Misalnya, pemain yang memperoleh karya seni digital dari satu game, yang dikembangkan oleh perusahaan tertentu, dapat menggunakan item yang sama di game lain yang dibuat oleh perusahaan lain.

Tidak seperti game digital yang sudah lebih dulu eksis saat ini, berbagai hal terjadi secara real-time di metaverse. Tanpa jeda, game over, atau reset yang biasanya dilakukan. Selain itu, koneksi internet yang cepat dan headset virtual reality yang kuat memberikan pengalaman yang imersif, termasuk tampilan 360 derajat dari lanskap digital. Sarung tangan dan jaket haptic yang dapat memberikan sentuhan fisik.

Kemudian, Apa yang Kamu Butuhkan untuk Memainkan Game Metaverse?

Untuk memainkan game metaverse, pada dasarnya kamu memerlukan hal berikut ini:

Koneksi internet yang andal

Semakin cepat kecepatan internet yang kamu gunakan, semakin baik. Mengingat ini merupakan game yang dimainkan secara real time, dunia luas yang seru untuk dijelajahi, dan banyaknya item, mengharuskan para pemainnya memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil.

Headset virtual reality

Gadget VR saat ini masih terbilang mahal, namun tersedia beberapa opsi yang lebih murah seperti Google Cardboard yang menggunakan smartphone milikmu. Namun tak usah khawatir, saat ini beberapa metaverse bahkan dapat diakses tanpa headset VR.

Dompet blockchain

Kamu memerlukan dompet blockchain jika ingin memainkan game metaverse yang melibatkan penggunaan cryptocurrency atau uang digital.

Nah sekarang, mari masuk ke daftar game metaverse yang dapat kamu mainkan:

8 Game Metaverse Teratas 

Axie Infinity

Game Metaverse Axie Infinity
Source: Axie Infinity

Mengawali daftar, ada game yang dapat  disebut sebagai game metaverse paling populer saat ini. Diluncurkan pada 2018, Axie Infinity juga menjadi salah satu andalan di arena game NFT yang semakin ramai.

Gameplay dalam game play-to-earn ini agak mirip dengan Pokémon dan mengharuskan pemain untuk mengumpulkan, mengembangbiakkan, membesarkan, bertarung, dan menukar “Axies”. Axies adalah makhluk kecil menggemaskan yang juga merangkap sebagai NFT. Ini berarti setiap Axies tidak dapat dipisahkan dan unik. Karena karakteristiknya yang unik, setiap Axies berpotensi tumbuh hingga memiliki nilai tinggi dan menjadi investasi jangka panjang yang bagus.

Pemain mendapatkan hadiah dalam bentuk NFT. Alternatifnya, kamu juga bisa mendapatkan hadiah dalam Axie Infinity Shards (AXS) dan Sooth Love Potion (SLP), dua token asli di platform. Kamu dapat memperdagangkan aset tersebut di bursa crypto untuk mata uang fiat (rupiah).

Illuvium

Game Metaverse Illuvium
Source: Illuvium

lluvium yang akan segera dirilis secara menyeluruh, membuat banyak desas-desus di dunia game. Dalam game ini, kamu akan berburu makhluk yang disebut illuvial. Menangkapnya atau merawatnya hingga sehat kembali. 

Makhluk-makhluk ini kemudian dapat membantu melawan pemain dan monster lain, yang jumlahnya lebih dari seratus. Illuvial juga merupakan NFT yang dapat diperdagangkan. Semakin kuat dan langka, semakin tinggi nilainya. Setelah kamu memiliki tiga illuvial yang sama, kamu dapat memadupadankannya menjadi satu makhluk baru, dan meningkatkan nilainya.

Sandbox

Game Metaverse The Sandbox
Source: The Sandbox

Sandbox pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 sebagai game ponsel oleh salah satu pendiri Pixelowl, Arthur Madrid dan Sébastien Borget dari Prancis. Ini adalah platform user-generated, di mana pengguna direpresentasikan sebagai avatar yang dapat disesuaikan seperti blok, menjadi pemilik dari apa yang mereka buat melalui blockchain.

Sandbox memiliki tiga produk utama. VoxEdit adalah alat pemodelan 3D, tempat kamu dapat membuat avatar, kendaraan, tumbuhan, hewan, alat, dan objek lainnya. Kamu dapat mengekspor kreasi milikmu ke produk kedua Sandbox, Marketplace, tempat di mana kamu dapat menjual barang-barang koleksimu. Produk terakhirnya adalah Game Maker, di mana pengguna dapat mengembangkan game 3D tanpa menggunakan kode.

Mata uang utama di Sandbox disebut Sand. Kamu dapat memperoleh dan memperdagangkan tanah dan perkebunan (kumpulan tanah), yang dapat kamu pilih dari peta Sandbox. Ada juga opsi bagi kamu untuk menawarkan properti di pasar Open Sea NFT.

Decentraland

Decentraland
Source: Decentraland

Decentraland lumayan mirip dengan The Sandbox karena kedua game metaverse play-to-earn ini melibatkan dunia virtual. Tempat di mana kamu dapat membeli dan menjual bidang tanah virtual.

Di Decentraland, kamu dapat membeli banyak objek dalam game, termasuk sebidang tanah virtual yang disebut “LAND”. Saat kamu membeli sebidang tanah virtual, kamu menerima volume LAND yang sesuai sebagai NFT (token ERC-721). 

Sifat LAND yang tidak dapat dipertukarkan memastikan bahwa setelah kamu mendapatkannya, tidak ada orang lain yang dapat membuat salinannya. Bahkan pihak pengembang tidak dapat melewati pengaturan ini, memberi pengguna kendali eksklusif atas LAND yang dibeli.

Ada beberapa cara untuk bermain dan menghasilkan uang di Decentraland. Misalnya, kamu dapat membeli ruang dan untuk kemudian dijadikan space untuk suatu bisnis beriklan. Kamu juga bisa membangun stadion untuk orang mengadakan konser atau acara lainnya. Alternatifnya, kamu juga dapat mempertahankan ruang-ruang ini (LAND) sebagai investasi jangka panjang. Pada dasarnya, kemungkinannya tidak terbatas.

Decentraland memiliki persediaan terbatas 90.000 bidang tanah untuk dijual, dan kamu memerlukan MANA, aset asli Decentraland untuk membelinya. Setiap kali kamu membeli LAND dalam game, jumlah MANA yang sama sesuai dengan nilai LAND akan dibakar. Hal ini membuat MANA menjadi aset deflasi yang fundamental.

MANA memiliki dua peran utama dalam metaverse Decentraland. Kamu dapat menggunakan MANA untuk membeli LAND dan item dalam game lainnya. Kemudian, MANA juga merupakan token tata kelola, yang berarti pemegang MANA dapat berpartisipasi dalam keputusan tata kelola platform melalui DAO.

Baca juga: Daftar Koin Metaverse yang Harus Kamu Ketahui, Cek di Sini!

My Neighbor Alice

My Neighbor Allice
Source: My Neighbor Alice

Dalam game ‘builder’ multi-pemain My Neighbor Alice, kamu dapat memiliki dan mengolah petak pertanian virtual atau bahkan pulau yang dikelola oleh Alice. Alur permainannya mirip dengan Farmville, di mana kamu dapat memilih tanaman untuk ditanam dan ternak untuk berkembang biak dan berinteraksi dengan orang lain. 

Kamu juga memiliki pilihan mata pencaharian lain seperti menjalankan peternakan lebah dan kemudian menjual madu. My Neighbor Alice NFT (termasuk tumbuhan, hewan, rumah, pakaian, dekorasi, dan sebagainya) dapat diperdagangkan di pasar Alice dan blockchain lainnya.

Metaverse di My Neighbor Alice ini terletak di kepulauan Lummelunda, sebuah pulau fantasi tempat manusia dan hewan berbagi wilayah yang sama. Siapa pun yang tertarik menikmati ketenangan di pulau itu dapat bergabung dengan komunitas dengan membeli sebidang tanah virtual. Selain itu, mereka juga harus berkontribusi kepada masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, beternak lebah, menangkap serangga, dan sejenisnya.

Alien Worlds

Alien World
Source: Alien Worlds

Alien World adalah game metaverse play-to-earn gratis untuk dimainkan. Meskipun gratis untuk dimainkan, kamu harus melakukan pembelian kecil dari cryptocurrency asli game tersebut, token Trillium (TLM), untuk dapat menyelesaikan misi dan memperoleh NFT.

Diluncurkan pada tahun 2020, Alien Worlds memintamu untuk menambang Trilium, mata uang resmi dalam game, dari enam planet sebagai penjelajah luar angkasa. Setiap planet memiliki pemerintahan terpilihnya sendiri dan “hak suara” milikmu bergantung pada seberapa banyak TLM yang kamu pertaruhkan di sebuah planet.

Farmers World

Farmers Wrold
Source: Farmers World

Farmers World, dirilis pada tahun 2021, kamu dapat membeli tanah untuk menambang emas, bercocok tanam, beternak, menangkap ikan, dan membangun rumah untuk hewan ternak milikmu. kamu dapat membeli alat di pasar AtomicHub.

Semua yang ada di properti virtual dan barang yang dihasilkannya, termasuk susu dan telur, adalah NFT. Hasil bumi yang kamu panen dapat dijual atau diperdagangkan kepada pemain lain.

Kamu harus melindungi pertanian dari penyusup lain (suku merah dan putih) serta pemain lain yang dapat mencuri sumber daya milikmu, atau melawan monster hutan dari lokasi pertanian terdekat.

Chain of Alliance

Chain of Alliance
Source: Chain of Alliance

Chain of Alliance, pertama kali dirilis pada tahun 2020, adalah game fantasi role-playing lainnya yang melibatkan monster yang dapat disesuaikan dengan nilai NFT. Kamu harus menurunkan hingga delapan karakter dalam tim per putaran. Untuk meningkatkan peluang kemenangan, kamu harus menentukan pemain terbaik dan mempersenjatai mereka dengan senjata terbaik.


Metaverse baru saja dimulai, dengan teknologi dan ide yang lebih baik untuk menjadikannya lebih menarik. metaNesia juga hadir sebagai platform metaverse di Indonesia yang terus berkembang setiap harinya.

Kunjungi metaNesia untuk mempelajari lebih lanjut, atau download aplikasinya di sini.

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue