Belum Ada Xbox VR Headset, Kamu Bisa Hubungkan dengan Perangkat Ini!

Belum Ada Xbox VR Headset, Kamu Bisa Hubungkan dengan Perangkat Ini!

Xbox VR headset memang belum dikembangkan oleh Microsoft. Namun, kamu bisa menghubungkan VR headset lain untuk bermain game di Xbox One, lho! Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Konsol gaming Microsoft Xbox

Xbox VR
Microsoft (Efes/Wikimedia Commons)

Microsoft sebagai perusahaan teknologi besar di dunia yang memproduksi perangkat lunak maupun komputer telah merilis konsol gaming ternama yakni Xbox One, pada tahun 2013 lalu. Selain Xbox One, saat ini Microsoft telah merilis beberapa tipe Xbox yakni Xbox S dan Xbox X. Ketiganya memiliki desain, resolusi dan fitur yang yang berbeda.

Xbox Tipe S
Xbox S (Ryan Jones/Trusted Reviews)

Sayangnya, beberapa tipe terbaru Xbox, seperti series S dan X, tidak kompatibel dengan kacamata VR apapun. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tipe Xbox One ternyata mampu terhubung dengan perangkat VR.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perangkat VR yang bisa digunakan di Xbox One. Yuk, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan konsol game dan virtual reality headset!

Apa yang dimaksud dengan konsol game?

Konsol game merupakan sebuah perangkat keras yang dirancang khusus untuk memainkan game. Peralatan ini biasanya terhubung ke televisi atau monitor agar tampilan grafis dapat ditampilkan dengan jelas.

Dengan dukungan resolusi tinggi, frame rate stabil, dan fitur khusus seperti suara 3D, konsol game dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih imersif. Oleh karena itu, konsol game tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin bermain game. Konsol game juga dapat terhubung ke internet, memungkinkan pemain untuk bermain secara online dengan pemain lain di seluruh dunia

Selain itu, konsol permainan juga memiliki kontroler yang dirancang untuk mengatur gerakan pemain dan mengontrol jalannya permainan. Berawal dari joystick dan berkembang menjadi gamepad, bahkan sekarang hadir virtual reality (VR) controller untuk meningkatkan kepuasan para gamer saat bermain game.

Tipe Xbox One
Xbox One (Macro Verch Professional/Flickr)

Virtual reality headset

Headset VR atau kacamata VR adalah istilah yang mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Perangkat ini berbentuk kacamata yang dipasangkan pada kepala pengguna dan memiliki berbagai fitur di dalamnya.

Fitur tersebut umumnya menampilkan dunia virtual yang dibentuk secara 3D dengan rotasi 360 derajat. Kacamata VR biasanya hadir dengan perangkat pendukung lainnya, seperti controller, tracker, remoteyang bisa kamu beli secara terpisah maupun membeli satu paket lengkap.

Pengguna dapat mengontrol penggunaan kacamata VR dengan menggerakan kepala mereka. Uniknya, kacamata ini bisa digunakan untuk mendukung pelatihan VR, bermain VR games yang seru, dan juga kebutuhan lainnya.

Microsoft belum mengembangkan Xbox VR

Belum Ada Xbox VR
Xbox VR (Cris Smith/Trusted Reviews)

Meskipun hanya Xbox One yang kompatibel dengan VR headset. Namun, Microsoft sendiri belum merilis rencana pembuatan VR headset khusus untuk konsol ini. Sebelumnya, Microsoft telah merilis mixed reality (MR) headset canggih dengan desain elegan yakni HoloLens generasi 1 dan 2.

Pesaing Xbox yakni PlayStation buatan perusahaan SONY, saat ini telah mengadaptasi virtual reality untuk konsol mereka. SONY sendiri bakal merilis PlayStation VR versi 2 mereka pada Februari 2023.

Saat diskusi Tech Live Event Wall Street Journal yang dihadiri oleh CEO Microsoft Gaming, Phill Spencer, mengatakan bahwa Xbox belum berencana membuat perangkat VR khusus. Ia juga menyatakan bahwa perangkat lunak akan berkembang lebih baik daripada perangkat keras dalam jangka waktu yang lebih lama. Dari komentarnya, tampak jelas bahwa mereka tidak ingin berinvestasi terlalu banyak ke perangkat keras baru.

Virtual Reality headset yang bisa kamu coba gunakan di Xbox One

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa kacamata VR lainnya yang masih bisa terhubung dengan Xbox One, yakni sebagai berikut:

VR headset Oculus Quest 2

Meta Quest 2
Oculus Quest 2 (Ryan Jones/Trusted Review)

Oculus Quest 2 adalah salah satu headset mandiri terbaik di pasaran yang tidak memerlukan PC untuk menggunakannya. Perangkat ini kompatibel dengan Xbox One, sehingga kamu dapat menjelajahi realitas virtual dengan teknologi yang luar biasa.

Kacamata VR ini dapat menampilkan layar besar saat terhubung ke konsol ini. Jadi, kamu dapat memainkan permainan apa pun dan dapat menggunakan pengontrol Xbox One untuk memainkannya.

PlayStation VR

PSVR
PlayStation VR (Chris Smith/Trusted Reviews)

Kacamata VR bagus lainnya yang kompatibel dengan Xbox One adalah PlayStation VR. Selain menawarkan layar besar, PS VR bisa menjadi perangkat sempurna yang imersif dengan layar HD 1080p. Untuk menyambungkan perangkat ini pada Xbox One, kamu memerlukan kabel HDMI untuk mempermudah proses penyambungan antar perangkat.

HTC Vive

VR headset yang ketiga yakni HTC Vive yang dikembangkan oleh Valve Corporation. Untuk menyambungkan perangkat ini ke Xbox One. Kamu memerlukan PC maupun aksesoris HTC Tracker Straps sebagai sabuk pelacak gerakan, agar bisa semakin seru bermain VR games di Xbox.

HoloLens

Microsoft HoloLens
HoloLens (Penn Libraries/Flickr)

VR headset terakhir yaitu Microsoft HoloLens 2. Meskipun tidak dirancang khusus untuk bermain, namun perangkat ini sangat kompatibel dengan streaming game Xbox One.

Xbox Cloud Gaming (Beta)

Meta Connect
Meta Connect 2022 (Gemma Ryles/Trusted Reviews)

Kabar baru terkait Xbox VR datang dari event Meta Connect 2022 lalu. Sebelumnya, pihak Microsoft telah mengembangkan proyek Cambria dengan Meta.

Proyek tersebut kini telah berganti nama menjadi Xbox Cloud Gaming (Beta). Meskipun begitu, pengguna belum dapat menggunakan VR headset untuk bisa bermain di dalam Cloud, dan masih harus menggunakan PC atau layar datar untuk mengaksesnya.

CEO Microsoft yakni Satya Nadella sendiri telah bergabung dengan Mark Zuckerberg untuk mengonfirmasi bahwa Xbox Cloud Gaming akan hadir di Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro.

Salah satu kemungkinan yang paling menarik dari proyek ini adalah konektivitas perangkat Xbox yang bisa dihubungkan dengan headset Quest. Sehingga, kamu bisa menggunakan kumpulan Xbox Game Pass Ultimate yang ada pada Cloud.


Itulah beberapa informasi mengenai virtual reality headset yang bakal mendukung kamu untuk bermain game seru pada konsol Xbox One. Tertarik untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi lainnya? Yuk, kunjungi blog MetaNesia!

Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama terkait virtual reality, augmented reality, dan metaverse bersama MetaNesia. Kamu dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Kamu juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk masuk ke dunia metaverse? Yuk, coba rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui platform metaverse kami, MetaNesia. Dengan mengunduhnya melalui website kami.

Bagikan ini: