Belum Ada Xbox VR Headset Kamu Bisa Hubungkan dengan Perangkat Ini!

Belum Ada Xbox VR Headset Kamu Bisa Hubungkan dengan Perangkat Ini!

Xbox VR headset memang belum dikembangkan oleh Microsoft. Namun, kamu bisa menghubungkan VR headset lain untuk bermain game di Xbox One, lho! Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Konsol gaming Microsoft Xbox

Microsoft Xbox VR
Microsoft (Wikimedia Commons/Efes)

Microsoft sebagai perusahaan teknologi besar di dunia yang memproduksi perangkat lunak maupun komputer telah merilis konsol gaming ternama populer yakni Xbox One pada tahun 2013 lalu.

Selain Xbox One, saat ini Microsoft telah merilis beberapa tipe Xbox yakni Xbox S dan Xbox X. Ketiganya memiliki desain, resolusi dan fitur yang yang berbeda.

Tipe Xbox S
Xbox S (Trusted Reviews/Ryan Jones)

Yang cukup disayangkan dari konsol tersebut adalah beberapa tipe Xbox yang paling terbaru yakni series S dan X tidak kompatibel dengan kacamata VR apapun.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena tipe Xbox One bisa terhubung dengan perangkat VR, lho! Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai perangkat VR yang bisa digunakan di Xbox One. Yuk, simak informasi mengenai virtual reality headset!

Tipe Xbox One
Xbox One (Flickr/Macro Verch Professional)

Virtual reality headset

Pasti kamu sering mendengar istilah VR headset maupun kacamata VR, bukan? Sebenarnya apa itu VR Headset?

VR Headset merupakan perangkat berupa kacamata yang dipasangkan melingkari kepala pengguna dengan berbagai fitur didalamnya. Fitur yang ditampilkan pada umumnya yakni menampilkan dunia virtual yang dibentuk secara 3D dengan rotasi 360 derajat. Kacamata VR biasanya hadir dengan perangkat pendukung lainnya seperti controller, tracker, remote yang bisa kamu beli secara terpisah maupun membeli satu paket lengkap.

Pengguna dapat mengontrol penggunaan kacamata VR dengan menggerakan kepala mereka. Uniknya, kacamata ini bisa digunakan untuk mendukung pelatihan VR, bermain VR games yang seru, dan juga kebutuhan lainnya.

Microsoft belum mengembangkan Xbox VR

Belum Ada Xbox VR
Xbox VR (Trusted Reviews/Chris Smith)

Meskipun hanya Xbox One yang kompatibel dengan VR headset. Namun, Microsoft sendiri belum merilis rencana pembuatan VR headset khusus untuk konsol ini. Sebelumnya Microsoft telah merilis mixed reality (MR) headset canggih dengan desain elegan yakni HoloLens generasi 1 dan 2.

Pesaing Xbox yakni PlayStation buatan perusahaan SONY, saat ini telah mengadaptasi virtual reality untuk konsol mereka. SONY sendiri bakal merilis PlayStation VR versi 2 mereka pada Februari 2023.

Pada Diskusi Tech Live Event Wall Street Journal yang dihadiri oleh CEO Microsoft Gaming, Phill Spencer, mengatakan bahwa Xbox belum memiliki rencana untuk membuat perangkat VR khusus.

Ia juga menyatakan bahwa perangkat lunak akan berkembang lebih baik daripada perangkat keras dalam jangka waktu yang lebih lama. Dari komentarnya, tampak jelas bahwa mereka tidak ingin berinvestasi terlalu banyak ke perangkat keras baru.

Virtual Reality headset yang bisa kamu coba gunakan di Xbox One

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa kacamata VR lainnya yang masih bisa terhubung dengan Xbox One, yakni sebagai berikut:

VR headset Oculus Quest 2

Meta Quest 2
Oculus Quest 2 (Trusted Reviews/Ryan Jones)

Oculus Quest 2 adalah salah satu headset mandiri terbaik di pasaran yang tidak memerlukan PC untuk menggunakannya. Perangkat ini kompatibel dengan Xbox One, sehingga kamu dapat menjelajahi realitas virtual dengan teknologi yang luar biasa.

Kacamata VR ini dapat menampilkan layar besar saat terhubung ke konsol ini. Jadi, kamu dapat memainkan permainan apa pun dan dapat menggunakan pengontrol Xbox One untuk memainkannya.

PlayStation VR

PSVR
PlayStation VR (Trusted Reviews/Chris Smith)

Kacamata VR bagus lainnya yang kompatibel dengan Xbox One adalah PlayStation VR. Selain menawarkan layar besar untuk, PS VR adalah perangkat yang sempurna yang imersif dengan layar HD 1080p. Untuk menyambungkan perangkat ini pada Xbox One, kamu memerlukan kabel HDMI untuk mempermudah proses penyambungan antar perangkat.

HTC Vive

VR headset yang ketiga yakni HTC Vive yang dikembangkan oleh Valve Corporation. Untuk menyambungkan perangkat ini ke Xbox One. Kamu memerlukan PC maupun aksesoris HTC Tracker Straps sebagai sabuk pelacak gerakan, agar bisa semakin seru bermain VR games di Xbox.

HoloLens

Microsoft HoloLens
HoloLens (Flickr/Penn Libraries)

Yang terakhir yakni Microsoft HoloLens 2. Meskipun tidak dirancang khusus untuk bermain, namun perangkat ini sangat kompatibel dengan streaming game Xbox One.

Xbox Cloud Gaming (Beta)

Meta Connect
Meta Connect 2022 (Trusted Reviews/Gemma Ryles)

Kabar terbaru yang berkaitan dengan Xbox VR datang dari event Meta Connect 2022 lalu. Sebelumnya, pihak Microsoft telah mengembangkan proyek Cambria dengan Meta.

Proyek tersebut kini telah berganti nama menjadi Xbox Cloud Gaming (Beta). Meskipun begitu, pengguna belum dapat menggunakan VR headset untuk bisa bermain di dalam Cloud, dan masih harus menggunakan PC atau layar datar untuk mengaksesnya.

CEO Microsoft yakni Satya Nadella sendiri telah bergabung dengan Mark Zuckerberg untuk mengonfirmasi bahwa Xbox Cloud Gaming akan hadir di Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro.

Salah satu kemungkinan yang paling menarik dari proyek ini adalah konektivitas perangkat Xbox yang bisa dihubungkan dengan headset Quest. Sehingga, kamu bisa menggunakan kumpulan Xbox Game Pass Ultimate yang ada pada Cloud.


Berikut informasi mengenai virtual reality headset yang bakal mendukung kamu untuk bermain game seru pada konsol Xbox One. Semoga dengan semakin berkembangnya teknologi, diharapkan Microsoft dapat menyediakan perangkat virtual reality Xbox sendiri bukan? Bagaimana, apakah kamu tertarik bermain game online di perangkat Xbox VR, jika Microsoft merilisnya?

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: