Hackers Menyerang Pengguna Game Pokemon NFT Palsu
Beranda /
Blog /
Hackers Menyerang Pengguna Game Pokemon NFT Palsu
12 Januari 2023

Hackers Menyerang Pengguna Game Pokemon NFT Palsu

Kepopuleran franchise Pokemon

Game Pokemon NFT Palsu
Photo: Hybrid

Siapa yang tidak kenal dengan franchise Pokémon yang dikenal dengan nama lain Pocket Monster. Pokemon merupakan franchise yang didirikan oleh Nintendo, Game Freak, dan Creatures pada tahun 1996. Franchise ini telah diadaptasi ke dalam berbagai media seperti komik manga, serial televisi, Pokémon card dan serial video games. 

Serial permainan Pokémon sendiri termasuk dalam kategori video games terlaris ketiga sepanjang masa, dengan lebih dari 440 juta yang terjual. Bahkan, kartu Pokemon juga mendapatkan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan total lebih dari 43,2 miliar kartu yang terjual.

Video games Pokemon ini dapat dikatakan sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Hal tersebut menarik perhatian hackers untuk membentuk video games Pokémon palsu berbasis teknologi NFT sebagai tindakan kejahatan siber. 

Game Pokemon NFT palsu berbahaya berbasis kartu

Creatures sebagai salah satu pendiri Pokemon telah menerbitkan official Pokemon Trading Card (Pokémon TCG) yang dapat kamu unduh di situs resmi mereka, lho! Pokémon TCG merupakan permainan permainan virtual yang menggunakan objek utama berupa kartu Pokémon untuk bertarung melawan pemain lain dengan aturan yang berlaku.

Sayangnya, Pokémon Trading Card Game ini telah dibentuk dengan versi tidak resmi yang bukan permainan sungguhan, melainkan sebuah malware yang menyamar sebagai Game Pokémon NFT palsu. 

Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang dapat merusak sistem komputer, jaringan, atau server tanpa diketahui oleh penggunanya. Sehingga, Game Pokémon NFT palsu ini dirancang untuk menipu penggemar Pocket Monster yang tidak menaruh curiga untuk mengklik tautan membahayakan yang memiliki malware di dalamnya. 

Game Pokémon Trading Card ini didistribusikan melalui website “Pokémon-go[.]io,”. Mereka awalnya mengklaim sebagai tempat resmi untuk bermain kartu Pokémon dengan teknologi NFT.   

Website tersebut kemudian menawarkan permainan kartu Pokémon dengan keuntungan investasi NFT. Teknologi NFT saat ini memang sangat diminati oleh banyak orang. 

NFT sendiri merupakan token yang unik berupa karya digital yang tidak dapat ditukarkan. Sebagian besar NFT cenderung memiliki harga yang luar biasa.

Sehingga, banyak orang menggunakan NFT sebagai bentuk investasi. Dengan hal ini, tidak sulit bagi hackers untuk menarik penggemar ke situs melalui spam dan posting di media sosial.

Perangkat lunak NetSupport

Malware Game Pokemon NFT Palsu
Photo: Sophos

Perlu kamu ketahui, bahwa hackers menggunakan situs website tersebut untuk mendistribusikan NetSupport dan mengambil kendali atas perangkat pengguna. Aplikasi tersebut berbentuk tautan berupa file yang memiliki ikon tampilan “mainkan di PC”. Sehingga, kamu seolah-olah mengunduh file game Pokémon secara resmi.

File yang diunduh memiliki ikon dan informasi versi yang disamarkan, membuat pengguna mengira ini sebagai program game resmi dan menjalankannya. Tetapi pada kenyataannya pengguna menginstal aplikasi berbasis Remote Access Tool (RAT) atau alat yang dapat mengendalikan sebuah perangkat dari jarak jauh. 

Mengenal NetSupport lebih jauh

Sebenarnya apa itu NetSupport? Berikut penjelasannya! 

NetSupport merupakan perangkat lunak yang dapat mengendalikan layar serta sistem manajemen dari perangkat Windows dan Windows Mobile. NetSupport sendiri merupakan platform ilegal berbasis Remote Access Tool yang digunakan oleh hackers.

Berdasarkan sumber analisa dari ASEC; sebuah pemantau ancaman email dengan sistem sampel otomatis, mereka melaporkan bahwa malware NetSupport baru-baru ini didistribusikan melalui email spam yang disamarkan sebagai faktur, dokumen pengiriman, serta pesanan pembelian.

VirusTotal juga mencatat bahwa aktivitas pertama kampanye NetSupport ini muncul sejak Desember 2022 lalu. Laporan lainnya menjelaskan bahwa NetSupport juga terdapat di situs lainya untuk bermain Game Pokémon Palsu, yaitu melalui situs “beta-Pokémoncards[.]io”.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini website tersebut telah dinonaktifkan. Tapi, kamu tetap harus berhati-hati saat memilih permainan online yang akan dimainkan, ya.

Ancaman malware NetSupport

Tidak hanya itu, berikut beberapa ancaman NetSupport yang dapat membahayakan PC, yakni:

  • Ancaman pendendalian screenshot 
  • Ancaman berbagi clipboard
  • Ancaman pengumpulan informasi riwayat web
  • Ancaman manajemen file perangkat
  • Ancaman eksekusi perintah
  • Ancaman pemerasan informasi

Pencegahan terkini mengunduh game pokemon NFT palsu

Pikachu Pokemon
Photo: Bulbapedia

Hackers akan selalu berusaha menemukan cara kreatif untuk membuat kamu mengeklik tautan berbahaya. Berikut pencegahan yang dapat kamu lakukan agar tidak tertipu untuk memainkan Game Pokemon yaitu dengan:  

  • Membeli atau mengunduh video game NFT dari situs web resmi 
  • Tidak membuka lampiran kampanye email yang mencurigakan
  • Memperbarui versi terbaru sistem PC untuk mencegah infeksi malware 

Melalui informasi ini kamu perlu berhati-hati ya dalam mengunduh video games. Ada baiknya, kamu mengunduh video games tersebut pada situs resmi mereka. Yuk, jelajahi informasi menarik dan terkini seputar NFT hanya di blog metaNesia!