Kreator “Metal Gear Solid”, Hideo Kojima dipastikan Berhenti Mengembangkan Game VR
Beranda /
Blog /
Kreator “Metal Gear Solid”, Hideo Kojima dipastikan Berhenti Mengembangkan Game VR
3 Januari 2023

Kreator “Metal Gear Solid”, Hideo Kojima dipastikan Berhenti Mengembangkan Game VR

game VR hideo kojima
Sumber: Destructoid

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat desas-desus tentang virtual reality atau VR project yang sedang dikembangkan oleh pencipta game Metal Gear Solid, Hideo Kojima. Namun, siapa sangka bahwa ternyata game VR hideo kojima yang sedang dikembangkan ini diberhentikan.

Kojima merupakan pengembang video game legendaris yang membuat game Metal Gear Solid dan Death Stranding. Ia terkenal karena game yang selalu seru untuk dimainkan.

Kojima memang pernah mengumumkan akan membuat VR game pertama miliknya pada beberapa tahun terakhir. Lalu, apa yang membuat Kojima membatalkan proyek VR game miliknya itu?

Rumor peluncuran game VR buatan Kojima pada Tokyo Game Show

Berdasarkan desas-desus yang beredar, dikabarkan Kojima sedang mengembangkan VR game baru dan akan diumumkan di Tokyo Game Show (TGS). Ternyata, Kojima mengatakan bahwa studio Kojima Productions tidak akan memamerkan game apa pun di Tokyo Game Show. Salah satu alasannya adalah Kojima dikabarkan sedang sibuk megembangkan game Death Stranding 2.

Proyek VR yang dimaksud Kojima adalah VR experience yang mereplikasi lorong masuk terkenal ke Kojima Productions HQ. Di mana lorong tersebut dipertahankan perusahaan secara digital setelah pindah kantor. Meskipun memang benar adanya bahwa Kojima sedang mendesain game VR pada saat itu.

Pengembangan game VR Hideo Kojima diberhentikan

game vr
Sumber: Eurogamer

Pada bulan Januari 2022, situs Twitter OopsLeaks mengatakan bahwa studio Kojima Productions telah menerima perangkat VR experience yaitu Playstation VR 2 pada November 2021. Pada saat itu, Kojima Productions mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan proyek kecil berbasis VR.

Proyek tersebut kemungkinan berupa game atau VR experience. VR storyteller Céline Tricart juga terlibat dalam proyek tersebut. Pada 2021, Kojima mengungkapkan kepada stasiun radio Tokyo J-Wave bahwa proyek game barunya adalah sebuah proyek yang berbeda dari game-game sebelumnya.

Meskipun Kojima mengatakan hal tersebut, nyatanya game ini hanyalah rencana. Dalam wawancara baru-baru ini dengan majalah Pocket Shonen Jepang, harapan mengembangkan game VR Hideo Kojima dalam waktu dekat dibatalkan. Pernyataan tersebut dikatakan saat percakapan dengan penulis manga Ryosuke Fuji yang juga sedang membicarakan seputar VR.

“Sebenarnya saya pernah mencoba membuat game inovatif di VR, tapi proyek itu juga terhenti. Tapi menurut saya ada potensi teknologi untuk VR. Teknologi berkembang pesat, dan ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan, tidak hanya di VR, jadi saya rasa akan memungkinkan untuk membuat lebih banyak jenis game di masa mendatang”, sebut Kojima.

Sayangnya, pembuat game legendaris itu tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang proyeknya yang dibatalkan. Dalam beberapa tahun terakhir, Kojima telah berulang kali mengungkapkan betapa terbuka dan tertariknya dia terhadap teknologi VR. Ia tertarik dengan potensinya untuk melampaui layar konvensional seperti TV.

Kojima merasakan motion sickness saat mencoba VR

vr
Sumber: Transcontinental Times

Meskipun Kojima tidak menyebutkan dengan pasti alasan utama mengapa proyek game VR-nya dibatalkan, ia menyinggung bahwa terkadang ia sulit menggunakan perangkat VR. Kojima mengungkapkan bahwa dirinya kerap merasakan motion sickness saat mencoba pengalaman VR.

Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Kojima tidak bisa melanjutkan Proyek game VR yang sudah ia sebut-sebut semenjak beberapa tahun kebelakang.


Apakah kamu tertarik dengan informasi seputar virtual reality? Baca berita terbaru tentang teknologi di metaNesia!