Update dan Berita Terbaru Terkait Pengembangan Teknologi VR AR Meta
Beranda /
Blog /
Update dan Berita Terbaru Terkait Pengembangan Teknologi VR AR Meta
28 December 2022

Update dan Berita Terbaru Terkait Pengembangan Teknologi VR AR Meta

Sepanjang tahun 2022, banyak teknologi baru yang mulai hadir dan digunakan oleh publik. Metaverse bersamaan dengan teknologi VR AR merupakan beberapa teknologi yang semakin familiar digunakan publik. Terlebih dengan kehadiran Meta (sebelumnya Facebook), yang semakin menunjukkan eksistensi mereka untuk membuat platform metaverse sentralisasi pertama.

Setelah mengumumkan perubahan nama dari Facebook ke Meta pada akhir 2021 silam, Meta semakin fokus mengembangkan mimpi mereka untuk menjadi lebih dari sebuah perusahaan sosial media.

penggunaan meta quest pro

Perkembangan teknologi VR / AR terbaru dari Meta

2022 merupakan tahun yang cukup menantang bagi banyak perusahaan teknologi, terutama karena ketidakstabilan kondisi serta keuangan akibat perang antara Rusia dan Ukraina. Sederhananya, perang tersebut membuat suku bunga di Amerika Serikat naik, sehingga banyak investor lebih memilih untuk menyimpan uangnya atau menaruhnya ke bagian yang dapat memberikan profit.

Akibatnya, banyak perusahaan teknologi yang tidak mendapatkan suntikan dana baru, sehingga harus memecat karyawan untuk memastikan perusahaan tetap dapat beroperasional.

Walapun Meta sudah menjadi salah satu raksasa teknologi, keadaan makro ekonomi yang tidak menentu tentu saja juga mempengaruhi bisnis. Meski begitu, Meta tetap kembali fokus untuk melakukan inovasi serta pengembangan teknologi di beberapa hal untuk meraih mimpinya

mixed reality dan vr/ar pada meta

Kehadiran Meta Quest Pro

Perilisan Meta Quest Pro pada awal November 2022 menunjukkan berbagai visi dan misi Meta untuk memproduksi perangkat virtual reality canggih, yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Meta Quest Pro juga hadir dengan beberapa pembaruan canggih mulai dari hardware hingga software-nya.

Meta Quest Pro juga hadir sebagai salah satu headset Meta pertama yang mengintegrasikan teknologi Mixed Reality di dalamnya. Teknologi mixed reality sendiri menggabungkan virtual reality dan augmented reality, untuk pengalaman imersif baru di dalam dunia digital.

tampilan meta quest pro

Teknologi Eye and Face Tracking

Salah satu teknologi baru yang digunakan pada Meta Quest Pro adalah eye and face tracking. Fitur ini membuat avatar digital yang kamu buat lebih ekspresif, sehingga bisa meningkatkan kualitas komunikasi dan koneksi di ruang virtual. Tentunya, teknologi ini sedang dalam pengembangan untuk penggunaan fitur yang lebih canggih.

infinite display pada meta quest pro

Mixed Reality dan hadirnya Meta Reality

Meta Quest Pro menjadi headset pertama dari Meta yang dapat mengintegrasikan teknologi mixed reality di dalamnya. Teknologi mixed reality sendiri masih belum banyak diadopsi dan digunakan ke perangkat maupun headset, karena pengembangannya yang masih membutuhkan banyak waktu.

Mixed reality memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam dunia digital baru dengan virtual reality, serta menampilkan berbagai tampilan 3 dimensi dengan augmented reality.

Penggabungan mixed reality dengan Meta Quest Pro sendiri membutuhkan pengembangan beberapa teknologi tambahan seperti spatial anchors dan scene understanding. Spatial anchors membuat barang digital yang hanya ada di dunia virtual memiliki bentuk yang pasti di dunia nyata. Teknologi scene understanding dibutuhkan untuk proses rekonstruksi dunia nyata dan proses representasi teknologi dengan penggambaran yang akurat ke dunia virtual.

Meta Reality sendiri merupakan sistem baru buatan Meta untuk menghubungkan berbagai pembaruan teknologi mixed reality yang dibuat.

penggunaan holocake lens untuk layar vr/ar meta

Memperkenalkan Infinite Display

Kualitas visual yang dimiliki perangkat virtual reality tentunya dipengaruhi oleh hardware layar yang digunakan. Selain resolusi layar, terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi tampilan visual seperti kontras, ketajaman, range warna, dan sebagainya.

Infinite Display merupakan sebuah sistem baru yang dikembangkan Meta untuk optik perangkat VR yang dimiliki. Penggunaan Infinite Display pada layar Meta Quest Pro terbaru menghasilkan kualitas teks dan gambar yang lebih jelas, terang, tajam dan juga meningkatkan keseluruhan grafis dengan lebih baik.


Berikut merupakan progres serta update terbaru dari pengembangan teknologi virtual reality (VR) serta augmented reality (AR) dari Meta. Kira-kira, kapan platform metaverse terbaru mereka bisa dicoba umum publik, ya?

Kalau kamu mau cobain platform metaverse bikinan anak Indonesia, cobain metaNesia, deh! metaNesia merupakan platform metaverse pertama dari Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk berbagai hal, loh!

Daripada penasaran, yuk unduh aplikasinya! Sampai bertemu di metaNesia!