Koleksi Unik Gentle Monster Virtual Eyewear

Koleksi Unik Gentle Monster Virtual Eyewear

Gentle Monster Virtual Eyewear
Gentle Monster (Wikimedia Commons/Gentle Monster)

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia mendorong beberapa industri untuk mengubah metode pemasaran produk mereka secara digital. Industri fashion merupakan salah satu industri yang banyak berinisiatif dalam berkreasi dengan teknologi digital, untuk menampilkan collectionterbaru produk mereka. Salah satunya yakni Gentle Monster virtual eyewear.

Gentle Monster merupakan label kacamata asal Korea Selatan. Teknologi digital diterapkan untuk memperkenalkan produk mereka, yaitu melalui teknologi virtual filters AR

Virtual Filter GM
Virtual Avatar Try-On (Gentle Monster)

Tidak hanya itu, produk fisik berupa kacamata mewah dengan desain yang modern dan futuristik tersedia. Gentle Monster Virtual Eyewear merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalkan merk mereka secara online dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Gentle Monster sendiri memang terkenal dengan metode pemasaranmereka yang dikemas secara menarik. Yuk, simak lebih lanjut mengenai Gentle Monster Virtual Eyewear!

Gentle Monster Virtual Eyewear

Redefinition of Eyewear

Virtual eyewear merupakan konsep produk yang dibentuk oleh Gentle Monster. Collection Virtual Eyewear ini merupakan proyek bernama Redefinition of Eyewear.

Redefinition of Eyewear adalah proyek yang menciptakan pengalaman digital untuk konsumen mereka dengan mencoba kacamata secara virtual. Proyek ini bertujuan untuk mengenalkan kacamata virtual melalui serangkaian filters Augmented Reality (AR) yang dirancang oleh para seniman dunia.

Filters 3D Redefinition of Eyewear

GM in Zepeto
Gentle Monster in Zepeto (Gentle Monster)

Seperti yang telah diketahui, Proyek Virtual Eyewear ini tidak hadir sebagai gambar 3D saja. Namun, proyek ini juga hadir dengan filters AR yang menampilkan visual berbeda dari kacamata pada umumnya.

Gentle Monster Virtual Eyewear menampilkan visual filter AR yang menyesuaikan bahan dasar dari kacamata tersebut. Contohnya seperti kaca, obsidian, emas, kain dan bunga digital. Sementara opsi visual lainnya memiliki konsep yang tidak konvensional seperti robot, hewan, dan anatomi tubuh manusia.

Collection filters Gentle Monster Virtual Eyewear ini memiliki keunikan tersendiri yang bisa kamu coba secara online dengan aplikasi Instagram, lho! Sangat mudah bukan?

Seniman dunia dan collection Gentle Monster

GM X SON 7
Gentle Monster X SON 7 (Gentle Monster)

Dalam membentuk proyek Redefinition of Eyewear, Gentle Monster berkolaborasi dengan beberapa seniman dunia. Sembilan collectionGentle Monster Virtual Eyewear tersebut ditampilkan sesuai dengan personalitas sang seniman sendiri. Berikut daftar filter Gentle Monster Virtual Eyewear dan seniman yang merancangnya:

VR Goggles oleh Ikeuchi Hiroto

VR Goggles Gentle Monster
VR Goggles Ikeuchi Hiroto (Gentle Monster/Ikeuchi Hiroto)

Seniman asal Jepang yakni Ikeuchi Hiroto membuat Gentle Monster Virtual Eyewear dengan tema cyberpunk atau gabungan teknologi futuristik dan masa lampau. Virtual Eyewear ini diberi nama “VR Goggles”. VR Goggles didesain dengan susunan bekas material elektronik hingga membentuk kacamata keren buatan Hiroto ini.

Thingking of Glasses oleh Damien Blottiere

Thingking of Glasses Filter
Thingking of Glasess (Gentle Monster/Damien Blottiere)

Collection yang kedua yakni karya seniman asal Perancis Damien Blottiere. Kacamata virtual ini berbahan dasar material kertas dengan perpaduan desain abstrak, elegan dan esentrik berbentuk wajah manusia. Virtual Eyewear cantik ini diberi nama “Thingking of Glasess”.

Tangible Light

Tangible Light Gentle Monster
Tangible Light (Gentle Monster)

Collection Gentle Monster Virtual Eyewear yang ketiga yakni Tangible Light. Kacamata eksperimental ini merupakan karya dari tim desainer Gentle Monster sendiri.

Desain dari kacamata Tangible Light ini terinspirasi oleh bentuk cahaya. Di mana fragmen hitam pada kacamata ini memiliki bentuk radial tajam yang di dalamnya disorot oleh lampu berwarna merah. Tertarik mencobanya?

Sacrum oleh James Merry

Sacrum Filter
Sacrum (Gentle Monster/James Merry)

Yang keempat yaitu Virtual Eyewear karya seniman Inggris, James Merry. James Merry terinspirasi dengan anatomi atau stuktur organisme makhluk hidup. Ia juga terinspirasi pada bunga yang hidup di laut, sehingga diciptakanlah kacamata emas bernama Sacrum untuk merepresentasikan proses perubahan anatomi.

Artificial Fluidity oleh Esmay Wagemans

Artificial Fluidity Filter
Artificial Fluidity (Gentle Monster/Esay Wagemans)

Gentle Monster Virtual Eyewear yang kelima yakni kacamata Artificial Fluidity karya seniman Esay Wagemans. Esay Wagemans adalah seniman yang selalu membawakan tema futuristik dan fiksi sains pada beberapa karyanya. Artificial Fluidity merupakan kacamata silver yang menggabungkan aspek alam dan buatan untuk menciptakan konsep masa depan yang dapat digunakan nantinya.

MZE oleh Shalva Nikvashvili

MZE Gentle Monster
MZE (Gentle Monster/Shalva Nikvashvili)

Selanjutnya yakni kacamata buatan seniman asal Belgia Shalva Nikvashvili. Ia menciptakan kacamata virtual yakni MZE yang memiliki arti matahari dalam bahasa Georgia.

Kacamata ini memiliki desain dengan warna merah yang intens kemudian melambangkan matahari yang terang dengan bentuk menyerupai kelopak bunga merah. Shalva juga menafsirkan bentuk kacamata ini sebagai mata yang menghubungkan manusia ke dunia.

Racoon Reframed oleh Liz Sexton

Racoon Reframed Gentle Monster
Racoon Reframed (Gentle Monster/Liz Sexton)

Selanjutnya yakni kacamata Gentle Monster virtual karya seniman Amerika Serikat Liz Sexton. Ia membuat desain kacamata dengan gambar hewan rakun yang lucu. Kacamata Racoon Reframed ini mendukung pandangan dan filosofi terhadap alam dan hewan, lho!

Intimate Specimens oleh Lyle Xox

Intimate Specimens Gentle Monster
Intimate Specimens (Gentle Monster/Lyle Xox)

Gentle Monster Virtual Eyewear selanjutnya merupakan karya Lyle Xox yang menciptakan visual yang unik. Ia menggabungkan teknik makeup dan objek seperti bunga dan reptil yang digabungkan dan menghasilkan kacamata virtual Intimate Specimens ini.

Clem by Daisy May Collingridge

Clem Gentle Monster
Clem (Gentle Monster/Daisy May Collingridge)

Yang terakhir yakni Gentle Monster Virtual Eyewear karya Daisy May Collingridge. Daisy menciptakan kacamata dengan ekplorasi gabungan bentuk kulit manusia dengan kain. Karya ini disebut Clem yang terinspirasi dengan kekagumannya terhadap organisme hidup manusia dan objek fashion.


Implementasi teknologi virtual reality pada industri fashion sangat menarik untuk dilakukan. Perkembangan teknologi membuat berbagai bidang industri mendapatkan kemudahan dalam menggabungkan dunia fisik maupun digital.

Berikut informasi mengenai virtual eyewear yang telah diluncurkan oleh Gentle Monster. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba kacamata unik tersebut di dunia nyata Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: