Gran Turismo dipastikan akan Hadir di PlayStation VR2!
Beranda /
Blog /
Gran Turismo dipastikan akan Hadir di PlayStation VR2!
11 Januari 2023

Gran Turismo dipastikan akan Hadir di PlayStation VR2!

gran turismo di playstation vr 2
Sumber: Gran Turismo 7

Gran Turismo merupakan suatu game bergenre balapan yang sangat populer semenjak tahun 90-an awal. Generasi terbarunya, Gran Turismo 7 memiliki unik yang belum pernah ada di generasi sebelumnya. Pihak PlayStation baru saja mengumumkan kehadiran game ikonik Gran Turismo di PlayStation VR 2.

PlayStation VR2 (PS VR2) merupakan headset VR terbaru milik Sony. Headset VR ini berencana akan diluncurkan pada bulan Februari 2023 mendatang. PlayStation VR2 dibuat khusus untuk PS5, karena itu pilihan game-nya pun diadaptasi dari game PS5 yang sudah ada saat ini.

Pengumuman kehadiran Gran Turismo di PlayStation VR 2

gran turismo 7
Sumber: Racing Games

Sony memang memiliki banyak kejutan untuk peluncuran headset VR terbarunya. Pada saat acara Consumer Electronic Show atau CES 2023 kemarin, mereka mengumumkan beberapa game ikonik yang akan ada di PS VR2. Terdapat dua game yang diumumkan oleh bos PlayStation, Jim Ryan pada press conference CES 2023 yaitu Gran Turismo 7 dan Beat Saber.

Permainan balapan buatan Polyphony Digital tersebut akan mendapatkan mode VR untuk peluncuran Playstation VR2 sebagai upgrade gratis dari versi 2D. Pengguna hanya akan diminta untuk membayar satu kali, asalkan mereka memiliki Gran Turismo 7 versi PS5.

Selain Gran Turismo 7, game lainnya yang akan dirilis pada PlayStation VR2 adalah Beat Saber, yang menjadi salah satu game VR paling sukses. Ryan mengatakan keduanya sedang dalam pengembangan untuk Playstation VR2. Ia tidak memastikan apakah akan dirilis pada saat peluncuran headset VR tersebut atau tidak.

Banyak game VR akan hadir saat peluncuran

playstation vr2
Sumber: The Verge

Tidak hanya Beat Saber dan Gran Turismo di Playstation VR 2, Sony juga akan menghadirkan game VR seru lainnya. Sebelumnya Sony mengumumkan bahwa lebih dari 20 game VR akan siap diluncurkan. Tetapi, Jim Ryan mengumumkan di press conference CES 2023 bahwa pengguna PlayStation VR2 akan mendapatkan lebih dari 30 game VR saat peluncuran.

Playstation VR2 akan dirilis pada tanggal 22 Februari 2023. Menurut situs resminya, daftar lengkap game yang akan tersedia saat peluncuran akan segera diumumkan.

Game ikonik dan legendaris yang akan ada di headset VR ini salah satunya adalah Half-Life: Alyx. Meskipun, kita menunggu dan melihat apakah Sony dan Valve selaku developer Half-Life dapat menegosiasikan kesepakatan untuk permainan Playstation VR 2 saat diluncurkan nanti.

PlayStation 5 mencapai puncak sejarah baru

Ryan juga mengatakan bahwa lebih dari 30 juta konsol PlayStation 5 telah terjual kepada konsumen.

Hal tersebut menjadi kabar baik untuk Playstation VR2. Semakin besar pengguna PS5, maka semakin besar basis pelanggan potensial PSVR2. Hal ini serupa terjadi saat Playstation VR pertama diluncurkan pada Oktober 2016 dimana sekitar 45 juta konsol PS4 telah beredar pada waktu itu.

Kamu dapat melakukan pre-order Playstation VR2 langsung dari Sony atau dari retailer. Perangkat VR ini terdiri dari headset VR dan dual controller sense seharga 8-10 juta rupiah saat peluncuran.

Pengumuman Jim Ryan bisa kamu saksikan dalam cuplikan video konferensi pers CES berikut ini.


Tertarik dengan informasi seputar virtual reality? Mari kunjungi blog metaNesia untuk mendapatkan informasi terlengkap seputar teknologi imersif seperti VR, AR, dan metaverse!