Rekomendasi Game VR Terbaik 2023 yang Bisa Kamu Coba!
Beranda /
Blog /
Rekomendasi Game VR Terbaik 2023 yang Bisa Kamu Coba!
4 Januari 2023

Rekomendasi Game VR Terbaik 2023 yang Bisa Kamu Coba!

rekomendasi game vr terbaik
Sumber: JD.ID

Virtual reality (VR) merupakan lingkungan virtual yang dihasilkan komputer dengan pemandangan dan objek yang tampak nyata, di mana pengguna dibuat serasa tenggelam ke dalam lingkungan tersebut. Lingkungan ini dapat kita rasakan melalui perangkat berupa headset, kacamata, atau sarung tangan virtual reality. 

Virtual reality banyak digunakan dalam industri gaming, hal ini dikarenakan VR memiliki kemampuan untuk membuat pengalaman bermain game VR menjadi imersif. Para pemain game VR akan merasakan sensasi seakan kita berada di dalam dunia game tersebut.

Game VR terbaik akan memberikan kamu pengalaman yang luar biasa nyata. Bermain game virtual reality merupakan pengalaman yang mengasyikkan dimana kita mengendalikan karakter game dengan anggota tubuh kita di dalam dunia game.

Teknologi virtual reality juga telah berkembang pesat sehingga lebih mudah dipakai dari sebelumnya. Para pengembang game VR pun terus meningkatkan fitur perangkat serta mencari cara agar pengguna tidak mengalami motion sickness. Dengan teknologi virtual reality saat ini, kamu dapat berkonsentrasi untuk bersenang-senang dalam game VR.

Headset virtual reality yang cocok untuk bermain game

oculus quest 2
Sumber: WIRED

Saat ini terdapat banyak game VR untuk dipilih, namun lebih baiknya kamu membeli headset VR yang memadami sebelum membeli game. Kamu bisa memilih headset populer seperti Oculus Quest 2, Valve Index, atau PlayStation VR.

Rekomendasi teratas untuk headset VR adalah HTC Vive, Oculus Quest 2, PlayStation VR (PSVR) 2, Valve Index, dan Windows Mixed Reality. Terdapat headset lain seperti Oculus Rift S, sayangnya Oculus Rift sudah tidak diproduksi lagi.

Jika kamu memilih headset HTC Vive, Valve Index, atau Windows Mixed Reality, perlu diingat bahwa kamu juga memerlukan PC game yang kuat dan mendukung VR untuk mendorong piksel ke layar headset. Berbeda halnya jika kamu memilih headset kelas menengah seperti Oculus Quest dan Oculus Rift.

Untuk pengalaman terbaik bermain game VR, pastikan kamu memiliki CPU cepat dan GPU spek tinggi. Kamu juga harus memiliki jumlah port USB yang cukup untuk menghubungkan headset VR ini.

Pemilik PlayStation 4 ke atas disarankan membeli PSVR karena mereka tidak perlu mengkhawatirkan spesifikasi apa pun. Mesin game konsol tersebut akan berfungsi dengan headset PlayStation VR.

Oculus Quest 2 dan beberapa headset VR lainnya sebagian besar merupakan unit mandiri sehingga tidak membutuhkan PC untuk digunaan. Meskipun, kamu dapat menghubungkan Oculus Quest 2 ke PC untuk mendukung game VR yang lebih intens secara grafis.

Rekomendasi game VR terbaik

virtual reality
Sumber: Road to VR

Setelah kamu memilih headset VR yang cocok untuk bermain game, kamu dapat mencoba memilih pilihan game yang tersedia. Terdapat berbagai macam pilihan game dan genre yang bisa kamu mainkan dari aksi hingga petualangan.

Berikut merupakan beberapa daftar rekomendasi game VR terbaik yang bisa kamu mainkan!

Rekomendasi game VR terbaik dengan gameplay controller-based

Astro Bot Rescue Mission
Sumber: Youtube

Astro Bot Rescue Mission

Game VR Astro Bot Rescue Mission memberi kamu kendali atas karakter Astro, robot lucu bermata biru. Astro bertugas menyelamatkan rekan mekaniknya yang telah tersebar di luar angkasa.

Terdapat 20 level cerita dalam game VR ini yang dikemas dengan teka-teki, bos epik, dan 26 tantangan bonus untuk diselesaikan. Astro Bot memiliki konten yang bisa membuat kamu terhibur dalam waktu yang lama.

Teknologi virtual reality meningkatkan pengalaman imersif dalam game ini dengan memberi kamu dunia 360 derajat yang sangat mendetail. Game VR ini juga dilengkapi dengan mekanisme aiming VR yang unik, menampilkan hook shot, pistol air, throwing stars, dan senjata sekunder lainnya.

Rekomendasi game VR terbaik untuk penggemar Guitar Hero

Beat Saber
Sumber: Youtube

Beat Saber

Kamu penggemar berat game Guitar Hero? Jika iya, Beat Saber adalah game yang cocok untuk kamu. Beat Saber adalah game VR yang menggunakan ritme musik dan sentuhan aktif.

Game ini mirip dengan game bergenre musik lainnya, seperti Audiosurf, Guitar Hero, dan Rock Band. Perbedaannya dengang game lain, Beat Saber memotong balok-balok not lagu dengan pedang laser virtual dimana game lain hanya menekan not menggunakan joystick.

Saat musik diputar, Beat Saber menghasilkan pola balok berkode warna yang harus kamu tekan dengan ontroller kanan atau kiri saat meluncur ke arah kamu. Rintangan pun muncul yang mengharuskan kamu untuk merunduk atau meluncur menjauh.

Rekomendasi game VR terbaik bertema action dan fantasi

Blade and Sorcery
Sumber: VR Fitness Insider

Blade and Sorcery

Game VR Blade and Sorcery menggabungkan genre action dan fantasi dalam balutan gameplay first-person shooter. Game ini sangat cocok bagi kamu yang suka game beradu pedang dimana kamu bisa mengayunkan senjata seperti ada di tangan.

Game ini juga memiliki kemampuan telekinetik seolah-olah kamu memanggil senjata. Selain itu kamu juga dapat menembak meriam, atau menembakkan petir dari tangan .

Game virtual reality ini memiliki suasana simulasi pertempuran yang mendebarkan, lucu, dan sangat memuaskan untuk dinikmati di VR. Blade and Sorcery juga memiliki dukungan mod ekstensif yang membuat kamu tidak bosan.

Game eksplorasi luar angkasa terbaik di VR

No Man's Sky
Sumber: Eurogamer

No Man’s Sky

No Man’s Sky merupakan salah satu game VR terbaik yang bisa kamu mainkan saat ini. Studio Hello Games menjanjikan game ini akan menjadi terobosan baru namun kenyataannya berbeda saat dirilis. Saat dirilis game ini hanya mengeksplorasi planet tanpa terobosan baru.

Pasca perilisan, No Man’s Sky kemudian diperbaiki dan mengalami update besar-besaran semenjak 2016. Berbagai fitur telah ditambahkan termasuk multiplayer, kendaraan baru, fitur membangun base, dan cross-play platform.

Sebelumnya, game ini belum bisa menggunakan VR. Dengan penambahan update, dukungan virtual reality realitas juga telah ditambahkan. Adanya penambahan VR memberikan pengalaman petualangan luar angkasa dengan perspektif first-person shooter yang menegangkan dan imersif.

Goals dari permainan ini adalah untuk mencapai pusat alam semesta, tetapi kamu akan menghadapi berbagai tantangan sepanjang bermain salah satu game VR terbaik ini.

Game berpikir dan teka-teki terbaik dalam VR

Rekomendasi Game VR Terbaik
Sumber: Youtube

I Expect You To Die

Kamu menyukai teka-teki? suka dengan game yang perlu berpikir? I Expect You To Die merupakan game VR terbaik untuk kamu! I Expect You To Die akan menguji cara berpikir dan logika kamu dengan membawa kamu ke dunia mata-mata dan penjahat. Dalam dunia ini, satu-satunya cara bertahan hidup adalah dengan kecerdasan.

Kamu bermain sebagai karakter mata-mata yang harus melarikan diri dari serangkaian situasi yang mengancam jiwa sebelum waktu habis. Kamu harus menggunakan kecerdasan dan keterampilan untuk memecahkan masalah yang ada.

Kamu juga memiliki telekinesis sehingga kamu bisa mengambil apa pun yang ditemukan di sekitar. Tujuan game ini adalah bagaimana caranya kita dapat selamat dari serangkaian masalah yang ada.

Game VR sci-fi terbaik

Half-Life: Alyx
Sumber: Half-Life

Half-Life: Alyx

Kamu pernah bermain game ikonik Half-Life atau Half-Life 2 dan 3? Game ini merupakan bagian dari franchise tersebut. Memang game ini bukan Half-Life 3 atau Half-Life 2: Episode Three, tapi Half-Life: Alyx adalah game Half-Life lengkap pertama yang dirilis Valve setelah sekian lama.

Game ini mengambil waktu kejadian setelah Half-Life, tetapi sebelum Half-Life 2. Seperti judulnya, kamu bisa memainkan karakter favorit dari penggemar Half-Life, Alyx Vance.

Selama kurang lebih 11 jam, kamu menghadapi pasukan musuh dan mencari kelemahan mereka. Valve membangun pengalaman game ini khusus untuk VR, sehingga grafik dan gameplay yang ditawarkan sangat menakjubkan dan patut dicoba.

Game VR survival dan horor terbaik

Rekomendasi Game VR Terbaik
Sumber: The Verge

Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil 7 merupakan salah satu game VR terbaru dan berbeda untuk seri Resident Evil. Dengan kamera first-person bergenre horor, game ini cukup berbeda dari Resident Evil lainnya.

Namun, game ini tetap berada di dalam dunia franchise Resident Evil dengan zombie dan hantunya. Seperti serial lainnya, game virtual reality ini mempertahankan ketegangan, aksi, dan zombie ikonik yang disukai penggemarnya.

Resident Evil 7 tidak hanya merupakan game yang hebat, tetapi juga merupakan game VR terbaik untuk genre horor.

Pada game Resident Evil 7, pemain akan menjelajahi rumah keluarga Lousiana bayou dan Baker. Menggunakan VR adalah cara unik untuk menikmati permainan daripada bermain di TV atau monitor.

Dunia game ini penuh dengan detail untuk diselidiki dan keseraman untuk disaksikan, sehingga sudut pandang VR yang imersif melengkapi suasana horor dengan sempurna.

Sayangnya, game ini hanya mendukung perangkat PlayStation sehingga kamu tidak bisa memainkan game ini pada Oculus Rift atau Quest 2. Jika kamu memiliki PSVR, Resident Evil 7: Biohazard adalah judul yang harus dibeli.

Rekomendasi game VR terbaik yang layak ditunggu di tahun 2023

Rekomendasi Game VR Terbaik
Sumber: UploadVR

Game-game di atas merupakan game VR yang sudah dirilis dan bisa kamu mainkan saat ini. Game di atas juga masih mendukung headset VR yang agak lama seperti Oculus Rift.

Namun, apakah kamu mencari rekomendasi game VR terbaik untuk dimainkan di tahun 2023? Simakpilihan untuk judul game VR yang paling ditunggu-tunggu yang akan keluar tahun ini!

Grand Theft Auto: San Andreas

Versi game VR dari game open world ikonik, Grand Theft Auto: San Andreas diumumkan akan dibuat. Berdasarkan informasi yang beredar, dikatakan game ini telah dikembangkan pada VR selama beberapa tahun.

Sayangnya, game tersebut diumumkan eksklusif untuk Quest 2 sehingga pemilik PSVR atau Oculus Rift tidak bisa bermain game ini jika sudah diluncurkan

Grand Theft Auto: San Andreas (GTA: San Andreas) versi PC dan PS2 yang diluncurkan pada tahun 2004 menetapkan standar tinggi dalam game bergenre open world.

Bahkan, Mark Zuckerberg telah berjanji bahwa pemain bisa merasakan pengalaman klasik bermain GTA: San Andreas dengan “cara baru”. Meskipun, belum jelas apakah game VR GTA tersebut akan menggunakan kamera first-person atau tidak di kota Los Santos, San Fierro, dan Las Venturas.

Horizon Call of the Mountain

Dalam Horizon Call of the Mountain, pemain akan berada di alam semesta Horizon saat mereka berperan sebagai Ryas, mantan prajurit Shadow Carja dan pendaki serta pemanah handal.

Sepanjang jalan, mereka akan menggunakan berbagai alat dan senjata, membuat peralatan tambahan dengan bahan yang ditemukan. Bahkan mereka bisa bertemu dengan karakter Horizon baru dan lama.

Selain itu, Call of the Mountain menampilkan perjalanan sungai yang imersif yang menawarkan pemandangan dunia game yang indah. Sony mempromosikan pengalaman VR ini sebagai bentuk promosi kekuatan performa PlayStation VR 2. Kamu bisa melihat detail serta elemen interaktif dalam trailer yang luar biasa tajam.

Tidak seperti pendahulunya, Horizon Call of the Mountain bukanlah game open world. Selama pertarungan, pemain hanya dapat mengelilingi musuh mereka di jalur yang telah ditentukan.

Peaky Blinders: The King’s Ransom

Peaky Blinders: The King’s Ransom memberikan pemain kesempatan untuk bergabung dengan geng terkenal dan menyebabkan kekacauan di tahun 1920-an pada kota Birmingham.

Game ini dikembangkan oleh studio VR Maze Theory, yang dikenal membuat Doctor Who: The Edge of Time. Menariknya game ini juga dibantu dibuat bersama dengan perusahaan produksi serial TV Peaky Blinders.


Itulah beberapa game VR terbaik yang bisa kamu coba dan akan meluncur di tahun 2023. Setelah membaca beberapa rekomendasi game VR terbaik

Jika kamu tertarik dengan informasi virtual reality seperti di atas, mari kunjungi metaNesia untuk mendapatkan berita terbaru dan terlengkap seputar teknologi imersif!