Rekomendasi Headset VR Terbaik di Tahun 2022!

Rekomendasi Headset VR Terbaik di Tahun 2022!

vr headset

Virtual Reality Technology (Pixabay)


Virtual reality (VR) merupakan suatu teknologi yang bisa membuat penggunanya berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer. Teknologi ini memiliki keunggulan menghasilkan pengalaman 3D yang imersif dan interaktif.

Virtual reality banyak ditemukan dalam game karena pengalamannya yang lebih interaktif dari console game seperti Xbox dan PlayStation. Perusahaan juga menggunakaan virtual reality untuk pelatihan karyawan. Virtual reality bisa mensimulasikan kondisi di lapangan untuk melatih karyawan sebelum terjun ke pekerjaannya.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman imersif virtual reality terbaik, kamu harus menggunakan perangkat khusus headset VR. Perangkat ini memiliki banyak sebutan seperti virtual reality glasses. Headset ini memang membawa pengalaman VR pada tingkat maksimal yang melebihi teknologi 3D glasses.

Kamu juga membutuhkan VR headset controller untuk mengendalikan avatar kamu di dalam virtual reality. Namun, biasanya alat ini sudah termasuk paket jika kamu membeli headset VR.

Daftar harga vr headset pun sangat variatif tergantung spek yang kamu inginkan seperti apa. Jika kamu menginginkan headset dengan spek tinggi tentu harganya akan lebih mahal.

Sayangnya, tidak terlalu banyak pilihan headset yang bisa kamu beli karena produsennya masih terbatas. Tapi jangan khawatir, karena daftar di bawah ini akan mencakup berbagai headset dari entry-level hingga headset dengan spek tinggi. Berikut adalah rekomendasi headset VR terbaik yang bisa kamu beli saat ini!

Headset VR Meta Quest 2

meta quest vr headset
Meta Quest 2 (Ryan Jones/Trusted Reviews)

Oculus Quest 2 yang sekarang telah berganti nama menjadi Meta Quest 2, merupakan salah satu headset yang paling populer digunakan saat ini. VR headset ini banyak mengalami peningkatan dari pendahulunya, Oculus Quest. Harga Oculus Quest 2, fitur, dan cara penggunaannya yang praktis menjadikannya sebagai salah satu headset terbaik kelas menengah.

VR headset ini memiliki desain apik yang sporty dengan tampilan resolusi yang lebih tajam dari rata-rata headset lainnya. Oculus Quest 2 terasa seperti headset yang solid dan memiliki kualitas baik dengan banyak fitur di dalamnya.

Saat diluncurkan, harga Oculus Quest 2 dimulai dari US$ 299. Harga tersebut sangat terjangkau untuk virtual reality glasses yang berkualitas. Headset ini juga sangat cocok bagi kamu yang masih baru dengan VR. Selain itu, rangkaian aplikasi dan game di Oculus Store juga sangat variatif.

Fitur yang melimpah dan aksesoris yang banyak

Virtual reality headset ini juga dilengkapi dengan refresh rate 120Hz yang cocok untuk gaming dan aplikasi berat. Hal ini membuat performa keseluruhan vr headset tersebut sangat baik. Headset ini memiliki penyimpanan internal sebesar 128gb dan 256gb.

Saking populernya, Logitech merilis speaker yang dapat dipasangkan ke strap Oculus Quest 2 untuk memberikan pengalaman suara premium di dunia virtual reality.

Kamu juga dapat menghubungkan perangkat virtual reality ini ke PC melalui kabel Oculus Link. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan akses ke game Personal Computer Virtual Reality (PCVR).

Headset ini juga memiliki banyak aksesoris sehingga kamu tidak akan bosan dengan tampilan standarnya. salah satunya kamu bisa menggunakan aksesoris strap bobovr. Produk strap dari bobovr ini bisa membuat kamu menggunakan Quest 2 lebih nyaman.

Kelebihan

  • Terhubung dengan PC
  • Memiliki banyak aplikasi

Kekurangan

  • Membutuhkan akun Facebook
  • Controller tidak rechargeable

Sony PlayStation VR headset

headset vr milik sony
Playstation VR 2 (Chris Smith/Trusted Reviews)

Apakah mungkin untuk memainkan game konsol menggunakan VR? Tentu saja! Jika kamu ingin memainkan game VR di konsol maka PlayStation VR (PSVR) adalah pilihan terbaik.

Headset ini memiliki tampilan yang tampak semi-futuristik ternyata sangat nyaman. PlayStation VR sangat cocok bagi kamu yang senang bermain game. Berbagai pilihan game konsol PlayStation membuat headset ini unggul jauh dalam gaming experience.

Kamu dapat memainkan game seperti Star Wars Battlefront: Rogue One X-Wing Mission, Eve: Valkyrie, dan Batman: Arkham VR, serta Astro Bot Rescue Mission.

Cocok bagi pemilik PS4, PS4 Pro, PS5

Jika kamu memiliki PS4 atau PS4 Pro, maka PlayStation VR adalah salah satu cara yang lebih terjangkau untuk memainkan game VR. Terutama karena kamu tidak memerlukan PC gaming yang mahal. Adanya berbagai fitur canggih dari PSVR membuat kamu mendapatkan pengalaman VR yang dipadukan dengan game konsol yang realistis.

Sebenarnya PS5 juga memiliki dukungan untuk PlayStation VR. Namun fungsi move controller tidak berfungsi dengan baik. Tapi ada kabar baik karena headset PSVR 2 akan segera meluncur dan akan membawa serta sepasang pengontrolbaru.

Kelebihan

  • Pilihan game yang banyak
  • Sangat mudah untuk dipakai
  • Harga cukup terjangkau

Kekurangan

  • Kurang tajam secara visual

Headset VR Valve Index

valva index
Valve Index (Ural Garrett/CNN)

Jika PSVR dibuat oleh perusahaan game konsol PlayStation, VR headset satu ini dibuat oleh perusahaan video game Valve. Headset Valve Index merupakan karya dari Valve untuk membuat headset sendiri. Headset ini terbukti membawa sukses besar pada Valve.

Berbeda dengan headset sebelumnya, Valve Index merupakan headset dengan spek tinggi di atas PSVR dan Quest 2.

Controller dari VR headset ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik untuk berinteraksi dengan dunia virtual. Secara singkat Valve Index adalah VR headset yang nyaman dengan konstruksi berkualitas tinggi, bantalan yang nyaman, dan speaker bawaan yang canggih.

Build quality yang kokoh

Headset Valve Index menawarkan desain yang luar biasa dan terbaik di kelasnya. Headset ini memiliki desain visual serta tracking yang sangat baik. Selain itu, Valve Index memiliki build quality yang tinggi dan kokoh.

Namun Valve Index juga memiliki beberapa kelemahan karena bahannya yang berat. Kelemahan dari VR headset berkualitas tinggi ini adalah bahannya yang kokoh membuat Valve Index berat dan pegal untuk dipakai dalam waktu lama.

Terlepas dari beratnya, Valve Index juga disukai karena dilengkapi dengan layar LCD yang menawarkan refresh rate sesuai dengan kekuatan PC. Valve Index memberikan pengalaman VR yang high-end bagi penggunanya. Headset ini tidak diragukan lagi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Kelebihan

  • Build quality yang kokoh
  • Desain yang praktis

Kekurangan

  • Tidak termasuk kabel charging
  • Berat

Headset VR HTC Vive Pro 2

htc vive pro 2
HTC Vive Pro 2 (Ryan Jones/Trusted Reviews)

Dengan gambar paling tajam yang tersedia saat ini (2.448 × 2.448 piksel per mata), headset VR semi-konsumen yang canggih ini ditujukan untuk para amatir dan profesional. Tidak diragukan lagi, headset ini memberikan gambar VR terbaik, tetapi dengan harga yang mahal. Tanpa memperhitungkan base station dan kontroler, headset ini sendiri berkisar $799, tetapi sisi positifnya, kamu dapat menggunakan kontroler Valve Index dengannya.

Seperti Oculus Quest 2, headset ini kompatibel dengan SteamVR dan memiliki toko aplikasi VR-nya sendiri yang disebut Viveport. Alih-alih menjual perangkat lunak individual, toko ini menawarkan layanan Viveport Infinity berbasis langganan, yang memberikan akses tak terbatas ke pengalaman VR.

Vive Pro 2 dengan pengontrol Valve Index adalah pengaturan VR yang ideal untuk dipilih jika kamu menginginkan pengalaman VR terbaik tanpa harus menggunakan perangkat tingkat profesional. Sebelum menambahkan PC dengan spesifikasi yang diperlukan untuk memanfaatkan kemampuan headset, biayanya akan mencapai setidaknya $ 1.300, tetapi kamu akan mendapatkan gambar dan kontrol yang luar biasa.

Kelebihan

  • Resolusi terbaik untuk game VR
  • Pelacakan gerakan yang halus
  • Dapat digunakan dengan pengontrol Valve Index

Kekurangan

  • Tidak termasuk base station atau pengontrol yang diperlukan

Alternatif headset VR dengan harga murah yang bisa kamu dapatkan

Virtual reality headset dengan spek tinggi seperti yang disebutkan di atas memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun jangan khawatir, daftar harga VR headset sangat variatif dari mulai yang paling murah hingga premium.

Virtual reality headset yang telah disebutkan di atas merupakan perangkat dengan spek tinggi dan menengah. Valve Index dengan fitur banyak dan build quality yang kokoh masuk ke kategori kelas atas. Di kelas menengah kamu bisa memilih PlayStation VR dan Quest 2. Kemudian pada kelas paling bawah terdapat banyak pilihan yang bisa kamu beli.

Headset VR Box 2.0

VR Box 2.0 (Chris Stead/Finder)

VR Box 2.0 merupakan salah satu perangkat headset di kategori paling bawah. Kamu dapat membeli VR Box 2.0 dengan harga kurang dari US$ 30 saat peluncurannya. Dibandingkan headset di atas, harga tersebut sangat murah bukan?

Dengan harga yang murah, kita tidak bisa terlalu berharap bisa mendapatkan pengalaman VR Box 2.0 yang menakjubkan. Mungkin yang bisa kita pertanyakan adalah apakah kita akan mendapat fitur dan pengalaman yang senilai US$ 30?

Desain VR Box 2.0 mengusung desain yang terbuat dari plastik ringan. Di bagian atas, kamu akan menemukan 2 lensa yang bisa masuk dan keluar serta melebar.

VR Box ini juga memiliki strap yang kurang elastis dan tidak dapat disetel dengan baik, tetapi tetap bisa berfungsi untuk menjaga agar headset tetap terpasang. Terdapat pelindung di bagian depan VR Box yang dapat digeser ke samping untuk membuka visibilitas ke dunia nyata.

Bagaimana dengan aplikasi dan game dari VR Box 2.0? Dengan harga yang murah tentu kamu tidak bisa berharap banyak. Field of View (FOV) atau visibilitas dari VR headset ini sangat kurang dan jauh dari headset spek menengah. Kemudian game yang ditawarkan pun banyak yang tidak bisa dimainkan.

headset VR memang memiliki harga yang cukup mahal. Ditambah jika kamu ingin bermain game dengan spek tinggi, kamu harus membeli PC gaming yang notabene mahal. Disinilah VR Box 2.0 masuk, headset ini hanya memerlukan smartphone yang kamu miliki.

VR Box akan memberikan kamu pengalaman VR murah namun sederhana. Bagi kamu yang penasaran dan hanya ingin mencoba VR, perangkat VR Box mungkin menjadi pilihan yang cocok karena murah. Namun, jika kamu ingin merasakan pengalaman VR yang imersif, VR Box 2.0 tidak direkomendasikan.

VR headset dengan kualitas buruk

Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih headset kelas bawah, terutama dengan banyak perangkat yang memiliki kualitas buruk. Headset seperti VR Shinecon memiliki performa keseluruhan yang kurang. VR Shinecon memiliki harga yang cukup ekonomis, namun harga murah tersebut membuat banyak aspek dari headset ini buruk.

VR Shinecon sangat tidak nyaman untuk dikenakan setelah waktu yang relatif singkat, gagal memberikan interaktivitas tingkat tinggi, dan tidak memberikan pengalaman visual yang imersif.

Headset VR Shinecon tidak memiliki value for money, karena banyak headset lebih murah yang performa sebanding. Bahkan produk lain yang hanya sedikit lebih mahal menawarkan peningkatan performa yang sangat besar dibanding headset ini.

Tidak hanya VR Shinecon, banyak headset serupa lainnya yang memiliki performa dan fitur buruk. Karenanya kamu harus sangat teliti untuk memilih VR headset.


Itu dia pemaparan mengenai daftar rekomendasi headset VR yang dapat kamu jadikan pilihan untuk merasakan dunia virtual yang imersif. Kamu bisa mengunjungi blog MetaNesia untuk informasi mengenai teknologi lainnya!

MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: