FYR Medical akan Mengembangkan Headset XR untuk Operasi Medis

FYR Medical akan Mengembangkan Headset XR untuk Operasi Medis

Headset XR untuk Operasi Medis dari FYR Medical
Tampilan teknologi XR buatan FYR Medical (FYR Medical)

Dimasa depan, peran teknologi extended reality diprediksi akan dapat dijumpai dalam banyak aspek kehidupan manusia. Peran XR juga tidak terkecuali akan sangat mungkin dijumpai pada bidang medis atau kesehatan. Lebih spesifik, XR dapat memiliki peran penting untuk membantu bidang bedah atau operasi dalam dunia medis pada masa depan.

Baru-baru ini, FYR Medical mengumumkan akan mengembangkan teknologi untuk operasi medis. Teknologi yang akan dikembangkan oleh FYR Medical nantinya akan berupa kaca pembesar digital berbasis XR. Produk tersebut akan memiliki teknologi Light Field yang dapat menampilkan gambar spasial yang dapat menyatu dengan dunia nyata secara akurat.

Penasaran dengan teknologi berbasis XR yang dikembangkan oleh FYR Medical untuk keperluan operasi? Yuk, simak informasi selengkapnya pada bagian selanjutnya di artikel ini!

Headset XR untuk Operasi Medis besutan FYR Medical saat ini sedang dalam Tahap Penggalangan Dana

NuVasive Logo
Logo perusahaan NuVasive, pemimpin penggalangan dana teknologi XR FYR Medical (Wikimedia Commons)

Saat ini, FYR Medical telah berhasil menggalang dana sekitar $2.6 juta untuk mengembangkan teknologi XR untuk bedah medis. Teknologi XR ini nantinya akan menjadi kaca pembesar digital pertama di dunia dengan kemampuan AR. Kaca pembesar tersebut direncanakan akan memiliki ukuran dan berat yang mirip dengan kaca pembesar untuk operasi saat ini.

Berbeda dengan kaca pembesar untuk bedah medis konvensional, nantinya teknologi XR karya FYR Medical ini akan menyediakan informasi digital yang menyatu dengan sebuah gambar asli. Penggalangan dana teknologi tersebut saat ini dipimpin oleh NuVasive, sebuah perusahaan pengembang teknologi untuk operasi tulang belakang.

Tidak hanya NuVasive, saat ini FYR Medical juga telah memiliki berbagai investor baik dari skala individu sampai perusahaan untuk mengembangkan teknologi XRnya.

Kaca Pembesar Canggih untuk Operasi dalam Bentuk Headset Augmented Reality

Headset XR untuk Operasi Medis dari FYR Medical
Tampilan tampak depan dari teknologi besutan FYR Medical (FYR Medical)

FYR Medical mengumumkan bahwa teknologi kaca pembesar untuk operasi yang mereka kembangkan akan didesain dalam bentuk headset. Headset XR tersebut direncanakan akan memiliki kepadatan pixel 30 PPD (Pixels-Per-Degree). Hal tersebut tentu jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan headset VR konvensional seperti Meta Quest 2 dengan 20 PPD.

FYR Medical juga mengatakan bahwa headset mixed reality mereka akan memiliki sudut pandang sebesar 30 derajat vertikal dan horizontal. Meskipun hal tersebut terkesan minim, menurut mereka hal ini sudah sesuai dengan tujuan dibuatnya headset ini. FYR Medical menyatakan besaran sudut pandang tersebut cocok untuk operasi medis.

Headset XR untuk bedah ini juga akan memiliki kapabilitas untuk terhubung dengan kartu grafis standar untuk PC. Selain itu, Chipset yang dimiliki juga mampu untuk menyediakan low latency feeds. FYR Medical menyatakan bahwa headset tersebut akan memiliki fitur berupa 6DoF atau Six Degrees of Freedom lengkap dengan depth sensor dan estimasi pencahayaan.

Keunggulan selanjutnya dari headset FYR Medical ini yaitu ukurannya yang ringkas. Headset ini direncanakan memiliki lensa hanya setebal 2 sentimeter saja. Dalam pengembangannya, headset ini juga memenuhi standar antropometri angkatan udara Amerika Serikat. FYR Medical menyatakan headset ini didesain sesuai dengan keadaan yang ada pada ruangan operasi.

Memiliki Fitur Canggih Light Field Display

VR Light Field Display
Ilustrasi teknologi Light Field Display pada headset VR (IEEE)

Headset virtual reality untuk operasi ini juga akan memiliki fitur utama berupa Light Field Display. Apabila dibandingkan dengan headset augmented reality maupun virtual reality konvensional, Light Field Display mampu mengurangi ketegangan dan kelelahan yang ditimbulkan pada mata penggunanya.

Light Field Display pada headset yang dikembangkan oleh FYR Medical juga akan memiliki berat yang sangat ringan yaitu sekitar 113 gram saja. Secara garis besar, tentu saja Light Field Display dapat membuat headset untuk operasi ini digunakan dalam waktu yang lama dengan tetap nyaman.

Fitur yang ditonjolkan pada Light Field Display menurut FYR Medical yaitu kemampuannya dalam menampilkan gambar volumetrik. Tidak seperti tampilan dua dimensi, fitur ini akan memudahkan mata pengguna untuk fokus pada berbagai objek dalam jarak yang beragam. Sehingga hal tersebut serupa dengan lensa progresif.

Fitur volumetrik display pada Light Field Display tentu dapat membuat mata penggunanya untuk fokus secara lebih alami terhadap grafik komputer dalam berbagai jarak. Dengan teknologi Light Field Display ini juga headset FYR Medical akan memiliki jarak pandang yang lebih jauh dibandingkan dengan pembesar konvensional.

Memiliki Kemampuan untuk Memberikan Informasi Digital secara Alami atau Lebih Natural

Fitur Light Field Display dalam Headset XR untuk Operasi Medis
Salah satu tampilan dalam headset XR karya FYR Medical (FYR Medical)

Dengan headset XR untuk operasi ini, nantinya para ahli bedah akan mampu untuk melihat bantuan virtual baik untuk navigasi maupun seperti tanda-tanda vital pasien. FYR Medical berharap dengan teknologi ini, kegiatan bedah atau operasi medis dapat lebih sederhana dan dapat berjalan lebih cepat dan tepat.

Headset FYR Medical ini akan dapat membantu para ahli bedah dengan memberikan informasi penting pasien yang dapat dilihat langsung pada tampilan headset. Selain itu, teknologi ini juga dapat digunakan untuk hal lain yang berkaitan. Aplikasi dari headset ini dapat meliputi pelatihan medis untuk dokter hingga kegiatan telemedis melalui internet.

Fitur Light Field yang digunakan headset ini juga mampu untuk menampilkan grafis AR yang imersif dengan depth perception yang jauh lebih otentik atau nyata. Sehingga, pengguna akan mendapatkan informasi digital yang lebih nyaman dikarenakan tampilan yang lebih alami.

Ditujukan juga untuk Pelajar dan Ahli Diagnostik

FYR Medical Light Field XR
Illustrasi penggunaan headset XR FYR Medical untuk operasi tulang belakang (FYR Medical)

FYR Medical sebagai pengembang juga berfokus terhadap pelajar seperti mahasiswa kedokteran dan ahli diagnostik sebagai konsumen headset XR untuk operasi medis ini. Meskipun mereka menyatakan tetap mengedepankan headset XR ini untuk cocok digunakan oleh ahli medis.

FYR Medical mempercayai bahwa headset XR mereka akan membantu dokter dan ahli medis dalam berbagai operasi. Headset ini terutama akan membantu operasi medis dalam bidang pembedahan tulang belakang. Hal tersebut karena headset ini akan dapat terintegrasi dengan CT, MRI dan X-Ray secara mudah dan cepat.

Direncanakan untuk Rilis di Pasaran pada Paruh Kedua Tahun 2023

Logo FYR Medical
Logo perusahaan FYR Medical (Crunch Base)

FYR Medical sendiri memiliki markas utama di Fort Worth, Texas dan merupakan anak dari perusahaan Lockheed Martin. Mereka menyatakan memiliki rencana untuk memasarkan headset XR untuk operasi ini pada paruh kedua tahun 2023. Namun, hingga saat ini belum terdapat informasi resmi mengenai perkiraan harganya.

Selain FYR Medical, startup asal negara Swiss yaitu Creal juga saat ini telah masuk kedalam persaingan pasar display untuk XR dengan versi Light Field mereka sendiri. Creal akan menggunakan teknologi optik waveguide dengan pendekatan VividQ dan Dispelix.

Display untuk XR yang ditawarkan oleh startup asal Swiss tersebut juga menjanjikan tampilan XR yang lebih natural. Tampilan Creal akan memiliki fitur depth of field object rendering yang mampu memiliki beberapa bidang fokus pada headset VR dan AR. 


Demikianlah artikel mengenai headset XR untuk operasi medis ini. Temukan berbagai artikel menarik lainnya pada blog metaNesia!

Bagikan ini: