Mari Menilik Implementasi E-Commerce dalam Metaverse

Mari Menilik Implementasi E-Commerce dalam Metaverse

gambaran proses e-commerce dalam metaverse
Ilustrasi E-commerce dalam metaverse (Freepik)

Metaverse disinyalir akan tumbuh secara signifikan pada beberapa tahun ke depan. Seiring perkembangan teknologi ini, dampak yang diberikan metaverse terlihat begitu besar memengaruhi berbagai sektor, salah satunya sektor bisnis. Perkembangan teknologi ini memengaruhi sektor bisnis dengan banyaknya layanan baru yang mengintegrasikan pembelian offline dan online.

Selain itu, ditambah dengan teknologi AR yang semakin masif, konsumen dapat menilai kualitas suatu produk sebelum melakukan pembelian. Hal ini membuat konsumen tidak hanya mendapatkan kenyamanan tetapi juga kepercayaan dalam keputusan pembelian mereka. Teknologi AR dalam metaverse ini akan mempermudah proses pembelian yang akan menguntungkan, baik pembeli maupun penjual.

Metaverse dan iCommerce

Metaverse merupakan kombinasi dari beberapa inovasi teknologi yang beroperasi secara bersama, mulai dari teknologi NFT, social commerce, AR, dan VR. Teknologi Metaverse menggabungkan keseluruhan teknologi ini dari dunia maya ke dalam dunia nyata.  Dewasa ini, peran metaverse terlihat sudah semakin besar dengan adanya implementasi di beberapa sektor penting.

Salah satu implementasi penting metaverse adalah dalam dunia bisnis adalah adanya Immersive commerce (iCommerce). iCommerce adalah tahap berikutnya dari eCommerce yang berlangsung di dunia maya. Implementasi E-Commerce dalam metaverse atau iCommerce ini meningkatkan pengalaman konsumen melalui NFT, community commerce, AR, VR, dan masih banyak teknologi lainnya. 

Melalui metaverse, konsumen akan dapat mengunjungi penjual secara virtual, menelusuri barang mereka, melihat gambar 3D produk, atau mencoba item secara virtual untuk melihat kesesuaiannya. Konsumen mendapatkan pelayanan yang terbaik dari belanja online dengan elemen toko fisik. Di sisi lain, penjual dapat menggabungkan berbagai sumber data dari media sosial dan demografis untuk membangun profil pelanggan dan menyempurnakan penawaran mereka secara langsung.

Tahapan E-Commerce dalam Metaverse

Dalam prosesnya, E-commerce dalam metaverse memiliki dua tahapan penting yaitu menggabungkan offline dan online commerce serta proses membangun komunitas dalam metaverse itu sendiri. Kedua tahapan ini menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem E-Commerce dalam metaverse.

Menggabungkan offline dan online commerce

Tahapan pertama dalam membangun E-commerce dalam metaverse ialah proses penggabungan offline dan online commerce. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah AR. 

Amazon sebagai salah satu raksasa E-commerce telah mempraktikkan hal ini dalam marketplace yang mereka miliki. Dengan teknologi AR mereka yakni Room Decorator, konsumen dapat menggunakan ponsel atau tablet untuk melihat seperti apa furnitur dan dekorasi rumah lainnya di rumah mereka. Konsumen dapat melihat beberapa produk secara bersamaan dan bahkan menyimpan snapshot AR kamar atau ruangan untuk ditinjau nanti.

Membangun komunitas

Adapun tahapan kedua yang tidak kalah penting yaitu proses membangun komunitas dalam metaverse. Dalam hal ini, peran fitur review produk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun hubungan antara konsumen dan brand. Dalam metaverse, brand akan memaksimalkan engagement dengan konsumen melalui wadah sosial yang mereka bangun di dalam metaverse. 

NFT (non-fungible tokens) adalah elemen kunci lain untuk metaverse. Brand akan dapat menggunakan NFT untuk beberapa tujuan unik guna meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. NFT akan digunakan untuk membuat produk digital yang benar-benar baru. NFT juga akan digunakan sebagai tanda terima, akses masuk ke  dalam acara khusus atau bahkan akses awal ke peluncuran produk terbaru.

Bagaimana Metaverse akan Mengubah Industri E-Commerce?

gambaran seorang pebisnis dalam metaverse
Ilustrasi bisnis dalam metaverse (Freepik/fxquadro)

Memberikan personalisasi pengalaman

Sebelumnya, proses personalisasi di situs E-commerce berhenti pada rekomendasi dan penawaran. Sedangkan, metaverse menawarkan pengalaman personalisasi yang sangat unik bagi konsumen dengan kemampuan mereka untuk menawarkan pengalaman yang bersifat imersif.

Keuntungan yang lebih tinggi

Wajar bagi pengguna untuk membeli produk yang dapat diuji dalam gambar 3D. Dengan teknologi canggih dalam metaverse, konsumen dapat membuat keputusan yang tepat. Hal ini tentunya akan meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi untuk penjual.

Engagement dalam komunitas

Melalui metaverse, penjual dapat membangun hubungan simbiosis dengan konsumen dan fanbase mereka. Penjual juga dapat memiliki acara peluncuran produk yang bersifat eksklusif di dalam metaverse yang hanya dapat diakses oleh konsumen eksklusif.

Insight dari konsumen

Dengan metaverse, penjual dapat membuat konten yang menarik dan interaktif dengan koleksi produk virtual. Penjual dapat mengetahui berapa banyak produk yang harus diproduksi berdasarkan umpan balik (feedback) konsumen di dalam metaverse. Penjual juga dapat mengetahui penetrasi produk mereka tanpa perlu membuatnya terlebih dahulu.

Pengalaman berbelanja konsumen

Teknologi metaverse ini juga mampu meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. Hal ini tercipta dari kenyamanan dan banyaknya fitur yang mampu mempermudah proses berbelanja konsumen di dalam metaverse.

Tingkat retur yang lebih rendah

Produk kosmetik, pakaian, dan sepatu biasanya memiliki tingkat retur yang relatif tinggi dalam pembelian secara online. Dengan adanya situs E-commerce dalam metaverse, calon konsumen dapat menjajalnya terlebih dahulu atau melihat demonstrasi produk sehingga mereka bisa mengevaluasi produk sebelum membelinya.


Itulah penjelasan singkat mengenai penerapan E-commerce dalam metaverse dan bagaimana hal tersebut akan memengaruhi sektor bisnis secara umum. Hal ini menjadi bukti nyata dampak positif teknologi metaverse dalam bidang industri, khususnya bisnis.

Dengan menggunakan MetaNesia, Anda juga dapat melakukan eksplorasi terhadap penerapan E-commerce tersebut. Apabila Anda tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis. 

Anda juga dapat mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, MetaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah Anda coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: