Metaverse: Teknologi Baru yang Terus Bertumbuh
Beranda /
Blog /
Metaverse: Teknologi Baru yang Terus Bertumbuh
12 December 2022

Metaverse: Teknologi Baru yang Terus Bertumbuh

Pertumbuhan metaverse

Metaverse, dunia virtual yang jika seseorang mengatakannya pada 30-40 tahun yang lalu bahwa kita akan hidup di internet pada pertengahan 20-an, tidak ada yang akan menerima dan akan menertawakan perkataan itu. Namun saat ini, konsep dunia virtual telah menjadi bagian dari kehidupan dan banyak anak muda yang mulai menjelajahi dunia metaverse ini. 

Perkembangan metaverse telah membuat revolusi baru ke dunia internet. Di mana setiap orang dapat berinteraksi dan bahkan menjalani kehidupan mereka di internet dan melakukan semua aktivitas kehidupan nyata.

Masih banyak orang yang mengklaim bahwa konsep ini tidak mungkin. Tetapi faktanya sebagian besar perusahaan teknologi sudah mulai mengadaptasinya dalam bentuk permainan dan melalui pertemuan virtual di berbagai platform.

Metaverse terdiri dari gabungan beberapa teknologi, seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), platform media sosial 3D, marketplace berbasis blockchain, extended reality dan teknologi pendukung lainnya. 

Kegiatan yang dapat dilakukan di metaverse

Ada daftar hal-hal penting yang bisa dilakukan di dunia metaverse yang bisa menghasilkan peluang bisnis yang menarik. Hal ini didukung oleh teknologi terbaru dan tingkat realisme yang tinggi di berbagai bidang, seperti:

  • Berbelanja di mal dan toko online
  • Pembelajaran virtual untuk siswa melalui ruang kelas digital
  • Membeli aksesori dan pakaian untuk dikenakan oleh avatar
  • Membeli/menjual aset digital seperti NFT, karya seni digital, dll.
  • Platform komunikasi untuk pertumbuhan bisnis
  • Konsultasi online tentang layanan yang bisa didapatkan klien
  • Membuat tempat virtual seperti sekolah, ruang pertemuan, dan sebagainya
  • Berkomunikasi dengan karakter digital lain di real estate metaverse

Mengapa pertumbuhan metaverse penting?

Metaverse mewakili langkah selanjutnya dalam evolusi interaksi online. Dunia virtual, berbeda dengan dunia nyata, tidak hanya bertahan tetapi berkembang ketika dunia nyata tetap statis. Pertumbuhan metaverse adalah salah satu transformasi yang akan dialami oleh manusia. 

Selain itu, 2,5 miliar orang menggunakan ruang rapat virtual pada tahun 2020, dengan Zoom, Teams, dan Google Meet sebagai yang platform yang paling sering digunakan. Jika kamu sedang mencari tren budaya perusahaan, maka seharusnya hal ini dapat diperhatikan.

Potensi pertumbuhan metaverse di Tahun 2023

Konferensi di dunia maya

Metaverse menawarkan lokasi virtual yang bagus untuk aktivitas kolaboratif yang diselenggarakan secara online. Popularitas pertemuan digital ini meningkat pesat karena banyaknya manfaat yang ditawarkannya. Penyelenggara acara virtual terutama menguntungkan peserta dengan membuat acara lebih nyaman untuk dihadiri. Bahkan dapat digunakan sebagai tempat diskusi untuk rencana pertumbuhan perusahaan.

Tempat kerja jarak jauh

Metaverse mencakup area kerja yang dikembangkan secara digital dan memberikan banyak keuntungan bagi pekerja dan perusahaan. Dalam hal operasi sehari-hari, platform ini memfasilitasi komunikasi, partisipasi interaktif, dan kerja tim untuk berbagai macam proyek.

Baru-baru ini, banyak bisnis di sektor IT mulai berkecimpung dalam lingkungan 3D metaverse dalam upaya meningkatkan keterlibatan karyawan. Berikut ini hanyalah contoh kemungkinan penggunaan:

  • Server untuk software hosting dapat diimplementasikan pada infrastruktur virtual.
  • Platform media sosial yang tidak dikendalikan oleh suatu entitas dapat dikembangkan untuk memfasilitasi komunikasi antar pengguna di seluruh dunia.
  • Penyediaan layanan iklan yang layak.

Industri game

Game metaverse menonjol sebagai yang paling menarik dan relevan dari konsep bisnis teknologi ini. Ekspansi ekstrem dimungkinkan pada tahun 2023. Pemain memiliki hak penuh atas pengalaman bermain game mereka, mulai dari menyesuaikan avatar, hingga ciri-ciri yang mereka lengkapi dalam pertempuran dan hubungan sosial yang mereka jalin dengan pemain lain, hingga item yang mereka kumpulkan setelahnya. Sehingga, membuat game metaverse dapat meningkatkan pendapatan, memperluas basis pengguna, dan sebagai pembeda dari persaingan bisnis saat ini.

Platform eCommerce untuk belanja online

Banyak pengusaha, termasuk yang berkecimpung di industri fesyen, kulit, dan aksesori, meraih kesuksesan dengan platform eCommerce. Media ini menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain. Selain desainer individu dan studio desain yang lebih kecil, perusahaan desain yang lebih besar bergabung dengan platform ini dengan harapan mendapatkan eksposur dan pelanggan baru. 

Teknologi virtual reality akan memungkinkan pengguna untuk mencoba berbagai macam pakaian, aksesori, dan hal lain yang dapat dikenakan sebelum membuat keputusan untuk membeli.

Baca juga: Masalah yang Akan Timbul dalam Penerapan Teknologi Extended Reality


Metaverse mulai ramai dan akan terus berkembang di masa depan. Pertumbuhan metaverse untuk berbagai sektor, baik yang saat ini sudah terlihat, atau potensi lain yang akan muncul, patut kita tunggu. 

Sembari metaverse terus bertumbuh, kamu dapat mencoba bermain di metaverse, dan merasakan bagaimana teknologi ini akan menjadi arus utama di masa depan. Yuk, download dan coba aplikasinya di sini.

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue