Integrasi Terbaru Pokemon GO dengan Kacamata AR, Bagaimana Cara Mainnya?

Integrasi Terbaru Pokemon GO dengan Kacamata AR, Bagaimana Cara Mainnya?

Pecinta game pasti kenal dengan permainan Pokemon GO yang sempat viral pada tahun 2016 lalu karena pola permainan baru yang bisa dimainkan di smartphone. Kini, dengar-dengar Niantic akan membuat integrasi baru terkait Pokemon GO, loh!

Apa saja integrasi baru yang akan dilakukan ya? Cek selengkapnya di sini!

Tren Pokemon GO di smartphone

Pokemon GO merupakan permainan mobile berbasis augmented reality yang dirilis pada pertengahan 2016 silam. Diproduksi oleh Niantic dan bekerja sama dengan Nintendo serta franchise Pokemon, permainan ini langsung mendapatkan jutaan pemain pada bulan awal perilisannya. Hingga akhir 2016, permainan ini telah diunduh hingga 500 juta kali.

Untuk memainkan Pokemon GO, ponsel akan menyalakan GPS atau Global Positioning System pada ponsel yang berfungsi untuk menandai lokasi pengguna. Setelah itu, pengguna bisa berkeliling mengunjungi berbagai tempat untuk menangkap Pokemon yang tersebar di seluruh daerah.

Pada saat perilisannya, Pokemon GO mendapatkan respon campuran baik dan juga buruk oleh publik. Respon baik didapatkan karena pola permainan baru, mendukung kesehatan fisik karena mengharuskan pengguna untuk berjalan mengunjungi tempat dan juga membantu meningkatkan bisnis kecil menengah akibat pengguna yang mendatangi berbagai tempat.

Meski demikian, respon buruk juga didapatkan karena isu teknis yang didapatkan pengguna, hingga masalah hukum karena pemain mendatangi berbagai tempat berbahaya yang telah ditutup oleh pemerintah. Hal ini mengharuskan beberapa negara seperti Kuwait, Iran, Mesir hingga Indonesia merilis peraturan khusus demi mencegah hal buruk terjadi.

keseruan bermain pokemon go
Person playing Pokemon Go during daytime (Wallpaper Flare)

Apa itu kacamata AR?

Augmented Reality atau AR merupakan teknologi yang sudah ramai dibicarakan sejak tahun 2000-an bersama Virtual Reality (VR). AR sendiri merupakan teknologi yang dapat menghubungkan benda digital atau 3D ke dalam ruang nyata secara langsung.

Salah satu contoh penggunaan AR paling sederhana yang juga banyak digunakan adalah berbagai filter lucu dan unik yang tersedia di media sosial seperti Instagram, TikTok dan juga Snapchat.

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul perangkat imersif baru yang kini bisa digunakan untuk merasakan teknologi AR secara langsung di dunia nyata tanpa menggunakan perangkat. Disinilah kacamata AR hadir sebagai futuristik baru yang mungkin saja bisa merubah kebiasaan aktivitas kamu sehari-hari.

Integrasi terbaru Pokemon GO | Pengembangan Pokemon GO dengan kacamata AR

Pada peluncuran kolaborasi Pokemon GO dengan McDonald’s akhir Agustus 2023 lalu, Rafael Siregar selaku Country Manager Niantic Indonesia mengatakan bahwa Niantic Labs sedang mengembangkan teknologi AR di mana pengguna bisa memainkan Pokemon GO tanpa smartphone dan justru menggunakan kacamata AR.

Niantic sendiri sudah pernah merilis cuplikan singkat terkait konsep kacamata AR outdoor yang dibuat bersama Qualcomm. Pada video tersebut, kacamata akan langsung terintegrasi dengan software yang sudah di install di dalam perangkat, salah satunya yakni Pokemon GO.

Untuk bisa berinteraksi dengan berbagai elemen in-game menggunakan kacamata AR, terdapat penggunaan Niantic’s Lightship Visual Positioning System (VPS) yang akan terhubung dengan Qualcomm’s Snapdragon Spaces VR dan AR platform.

Dari soal spesifikasi, kacamata AR kolaborasi Niantic dan Qualcomm ini akan menggunakan chipset Snapdragon AR2 Gen 1 dengan ukuran chip yang lebih kecil tapi tetap power-efficient. Dibandingkan dengan seri chipset sebelumnya yakni XR2 Gen 1, Snapdragon AR2 Gen 1 terbukti memiliki performa AI 50 kali lebih baik serta konsumsi tenaga yang lebih rendah hingga 50%.


Berikut informasi lengkap terkait integrasi terbaru Pokemon GO. Suka membaca berita teknologi terbaru seperti satu ini? Baca berita menarik lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia merupakan perusahaan virtual reality, augmented reality dan platform metaverse pertama di Indonesia. Berada di bawah naungan Telkom Indonesia, MetaNesia telah melayani berbagai klien global maupun lokal sesuai kebutuhan bisnis pada teknologi terbaru ini. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut dan tingkatkan bisnis menggunakan teknologi terbaru, hubungi tim admin kami untuk lakukan konsultasi gratis secara langsung!

Selain itu, kamu juga bisa masuk ke dalam dunia virtual imersif milik MetaNesia loh! Unduh aplikasinya sekarang juga dan rasakan pengalaman baru di MetaNesia!

Bagikan ini: