Interaksi Virtual: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
Beranda /
Blog /
Interaksi Virtual: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
19 December 2022

Interaksi Virtual: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Interaksi Virtual

Pandemi yang melanda seluruh dunia beberapa tahun terakhir memaksa semua orang untuk melakukan berbagai kegiatan dari jarak jauh. Work from home dan berbagai acara yang menciptakan interaksi virtual menjadi dua hal besar yang ramai dilakukan di masa pandemi. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan dari jarak jauh memicu penggunaan beragam platform virtual secara masif, sebagai media interaksi antarindividu. Hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan penjualan salah satu platform video konferensi yaitu Zoom yang meroket 326% melampaui $2,6 miliar di tahun 2020.

Cara berinteraksi baru menggunakan platform virtual tampaknya akan terus berlanjut selama virus Covid-19 masih ada. Hal tersebut tentu akan mengubah banyak hal di kehidupan manusia.

Dengan internet dan media sosial, kita sebenarnya sudah berinteraksi secara virtual karena menggunakannya untuk berhubungan sesama individu. Interaksi virtual yang terjalin melalui internet dan media sosial dapat meliputi bertukar pesan instan, berbagi foto dan video, hingga berbelanja online.

Interaksi virtual terjadi ketika individu berkomunikasi dan berhubungan dengan individu lain melalui perangkat komputer atau gawai yang tersambung jaringan internet, tanpa bertemu secara fisik. Berinteraksi secara virtual tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berdampingan. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dari interaksi virtual:

Kelebihan Interaksi Virtual

Kemudahan

Berinteraksi secara virtual memberikan kemudahan bagi setiap individu untuk saling terhubung tanpa perlu bertemu satu sama lain secara fisik. Semua orang pun dapat berinteraksi meskipun berada jauh dari satu sama lain tanpa ada batasan waktu. Hanya dengan sekali klik, kita dapat menyampaikan apa yang ada dalam pikiran kita.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat: Acara Online

Interaksi Virtual

Menghemat Waktu

Interaksi virtual memungkinkan individu untuk menyampaikan informasi serta berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Kita tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan untuk bertemu secara fisik, yang berarti dapat lebih menghemat waktu.

Dapat Terekam

Kelebihan selanjutnya dari interaksi virtual adalah komunikasi dan interaksi yang terjadi secara virtual dapat terekam. Dengan fitur yang tersedia di masing-masing platform, kita dapat merekam panggilan video, panggilan audio, maupun chat kita dengan orang lain. 

Hal ini merupakan kelebihan interaksi secara virtual dibandingkan interaksi secara langsung. Pada interaksi langsung, pesan yang kita sampaikan ke orang lain bisa saja terlupakan atau terjadi misinformasi.

Kekurangan Interaksi Virtual

Masalah Teknis

Interaksi virtual sangat bergantung pada teknologi dan internet sehingga dapat mengalami kegagalan fungsi kapan saja. Hal tersebut dapat mempengaruhi upaya interaksi virtual yang sedang berlangsung maupun yang sudah dipersiapkan.

Tidak Ada Komunikasi Non Verbal

Beberapa jenis interaksi virtual, seperti panggilan suara, tidak mengakomodasi wajah serta bahasa tubuh orang. Tidak adanya komunikasi non verbal dapat meningkatkan potensi kesalahpahaman ataupun misinformasi.

Melelahkan

Menjalani interaksi secara virtual melalui perangkat komputer maupun ponsel dapat membuat seseorang kelelahan. Harus menatap layar komputer maupun ponsel untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan kelelahan penglihatan seperti iritasi mata hingga rasa lelah untuk bekerja secara virtual.

Baca juga: Virtual Reality dan Efek Gejala Depersonalisasi Akibat VR pada Manusia

Meningkatkan Kecemasan

Interaksi virtual juga bisa meningkatkan kecemasan, terlebih ketika harus melakukan presentasi pada suatu ruang rapat virtual. Interaksi dengan audiens bisa terasa lebih canggung karena audiens cenderung kurang aktif dibandingkan ketika presentasi secara tatap muka.


Itulah penjelasan mengenai interaksi virtual beserta kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan yang ada tentu akan selalu muncul secara berdampingan. Oleh karenanya, kita harus bisa melakukan komunikasi virtual sebaik mungkin agar komunikasi yang terjalin bisa tetap terasa nyaman.

metaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama dari Indonesia, yang berada di bawah Telkom Indonesia. Dengan platform kami, Anda dapat mengadakan berbagai kepentingan usaha mulai dari seminar online, virtual stage untuk kebutuhan perilisan produk baru, metaNesia Mall berisi toko digital, dan lain sebagainya. 

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dari metaNesia? Anda bisa hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis. 

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya!