Interaksi Virtual: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Interaksi Virtual: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Interaksi Virtual
Ilustrasi interaksi virtual (Pixabay)

Pandemi yang melanda seluruh dunia beberapa tahun terakhir memaksa semua orang untuk melakukan berbagai kegiatan dari jarak jauh. Work from home dan berbagai acara yang menciptakan interaksi virtual menjadi dua hal besar yang ramai dilakukan di masa pandemi. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan dari jarak jauh memicu penggunaan beragam platform virtual secara masif, sebagai media interaksi antar individu. Hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan penjualan salah satu platform video konferensi, yaitu Zoom yang meroket 326% melampaui $2,6 miliar di tahun 2020.

Cara berinteraksi baru menggunakan platform virtual tampaknya akan terus berlanjut selama virus Covid-19 masih ada. Hal tersebut tentu akan mengubah banyak hal di kehidupan manusia. Teknologi digital sebagai alat dengan sistem komputerisasi dan pengoperasian yang otomatis, merupakan bagian penunjang utama dalam pelaksanaan interaksi virtual.

Apa itu teknologi digital?

digital, wallpaper illustration, female, portrait circuit, trace, board,  technology, science, grid, light | Pxfuel
Teknologi digital (Pxfuel)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teknologi digital merupakan alat pendukung dalam melakukan interaksi virtual. Teknologi digital adalah sebuah hal yang sederhana, teknologi ini merupakan teknologi berbasis sinyal elektrik komputer yang sifat sinyalnya terputus-putus. Di mana, teknologi ini dapat melakukan perhitungan dengan cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik atau bilangan biner (kode digital).

Teknologi digital merupakan teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi untuk memastikan sebuah sistem operasi dapat berjalan secara otomatis. Hal tersebut yang mendasari perbedaan antara teknologi digital dan teknologi analog.

Asal mula dibutuhkannya teknologi digital adalah hanya sebatas untuk melakukan perhitungan dan memproses bentuk informasi ke dalam sebuah kode yang disebut enigma.

Hingga saat ini, teknologi digital terus berkembang. Yang mulanya dibuat untuk melakukan perhitungan cepat, kini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan informasi seperti hardisk, USB, serta alat yang kita gunakan hingga saat ini, seperti smartphone, komputer, laptop, bahkan fitur yang kini ramai, smart home.

Kelebihan dan kekurangan teknologi digital

Kelebihan

Seperti alat canggih lainnya, ada kelebihan dan kekurangan yang menyertai teknologi digital. Dari kenyamanan rumah sendiri, kini Anda dapat mengakses informasi tentang hampir semua hal pada saat itu juga, tetapi peningkatan konektivitas ini juga membawa unsur kerentanan.

Kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan oleh teknologi digital dapat memiliki implikasi yang luas baik bagi individu maupun bisnis. Misalnya, orang sekarang dapat berkomunikasi jarak jauh lebih cepat dari sebelumnya berkat email, platform perpesanan, dan aplikasi panggilan video seperti Skype.

Selain itu, bisnis dapat merampingkan operasi mereka melalui proses otomatisasi serta sistem pelacakan dan analitik yang lebih baik yang memberikan wawasan berharga tentang perilaku pelanggan. Munculnya teknologi digital telah merevolusi cara kita hidup dan bekerja dalam masyarakat modern. Ini memungkinkan kita mengakses informasi dengan cepat, berbagi sumber daya dalam skala global, dan melacak tugas kompleks dengan mudah.

Namun, keuntungannya jauh melampaui ini hal tersebut, mereka bermacam-macam sifatnya dan sangat penting dalam memajukan kemampuan teknologi kita. Salah satu keuntungan utama dari teknologi digital adalah kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi, dari merampingkan tugas-tugas biasa hingga melakukan perhitungan yang rumit secara instan.

Selain itu, ini memungkinkan komunikasi yang lebih efisien antar individu melalui platform online, memfasilitasi pertukaran ide dan informasi dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Selain itu, digitalisasi memungkinkan analisis data secara real-time yang dapat digunakan untuk membuat keputusan dengan cepat tanpa harus menunggu pemrosesan manual atau perhitungan yang melelahkan.

Pada akhirnya ini mengarah pada peningkatan produktivitas sambil menghemat waktu dan anggaran di sepanjang proses bisnis.

Kekurangan

Dunia yang kita tinggali saat ini dipenuhi dengan teknologi digital, tetapi tidak semuanya tentang keuntungan yang diberikan. Meskipun teknologi digital telah membuat hidup kita lebih sederhana dalam banyak hal, ada beberapa kelemahan penting yang perlu dipertimbangkan.

Dari penglihatan yang tegang karena menghabiskan terlalu banyak waktu terpaku pada layar kita, hingga risiko keamanan yang terkait dengan perbankan online, teknologi digital memiliki banyak kekurangan yang patut diperhatikan.

Ini juga dapat menyebabkan perasaan terisolasi karena mengandalkan teknologi untuk komunikasi daripada percakapan tatap muka secara langsung.

Selain itu, ketergantungan yang berlebihan pada gadget dapat merampas kesempatan kita untuk mengasah keterampilan memecahkan masalah dan menumbuhkan budaya kepuasan instan di mana kesabaran tidak lagi dihargai.

Kelebihan interaksi virtual menggunakan teknologi digital

Critical Review on Virtual Team | DEANLONG.io
Ilustrasi interaksi secara virtual (DEANLONG.io)

Dengan internet dan media sosial, kita sebenarnya sudah berinteraksi secara virtual karena menggunakannya untuk berhubungan sesama individu. Interaksi virtual yang terjalin melalui internet dan media sosial dapat meliputi bertukar pesan instan, berbagi foto dan video, hingga berbelanja online.

Interaksi virtual terjadi ketika individu berkomunikasi dan berhubungan dengan individu lain melalui perangkat teknologi komunikasi digital, seperti komputer atau gawai yang tersambung jaringan internet, tanpa bertemu secara fisik.

Berinteraksi secara virtual dengan teknologi digital tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berdampingan. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dari interaksi virtual dengan teknologi digital:

Kemudahan

Berinteraksi secara virtual memberikan kemudahan bagi setiap individu untuk saling terhubung tanpa perlu bertemu satu sama lain secara fisik. Semua orang pun dapat berinteraksi meskipun berada jauh dari satu sama lain tanpa ada batasan waktu. Hanya dengan sekali klik, kita dapat menyampaikan apa yang ada dalam pikiran kita.

Interaksi Virtual
Interaksi virtual memberi kemudahan (Diginomica)

Menghemat Waktu

Interaksi virtual memungkinkan individu untuk menyampaikan informasi serta berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Kita tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan untuk bertemu secara fisik, yang berarti dapat lebih menghemat waktu.

Dapat Terekam

Kelebihan selanjutnya dari interaksi virtual adalah komunikasi dan interaksi yang terjadi secara virtual dapat terekam. Dengan fitur yang tersedia di masing-masing platform, kita dapat merekam panggilan video, panggilan audio, maupun chat kita dengan orang lain. 

Hal ini merupakan kelebihan interaksi secara virtual dibandingkan interaksi secara langsung. Pada interaksi langsung, pesan yang kita sampaikan ke orang lain bisa saja terlupakan atau terjadi misinformasi.

Kekurangan Interaksi Virtual

Masalah Teknis

Interaksi virtual sangat bergantung pada teknologi dan internet sehingga dapat mengalami kegagalan fungsi kapan saja. Hal tersebut dapat mempengaruhi upaya interaksi virtual yang sedang berlangsung maupun yang sudah dipersiapkan.

Tidak Ada Komunikasi Non Verbal

Beberapa jenis interaksi virtual, seperti panggilan suara, tidak mengakomodasi wajah serta bahasa tubuh orang. Tidak adanya komunikasi non verbal dapat meningkatkan potensi kesalahpahaman ataupun misinformasi.

Melelahkan

Menjalani interaksi secara virtual melalui perangkat komputer maupun ponsel dapat membuat seseorang kelelahan. Harus menatap layar komputer maupun ponsel untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan kelelahan penglihatan seperti iritasi mata hingga rasa lelah untuk bekerja secara virtual.

Baca juga: Virtual Reality dan Efek Gejala Depersonalisasi Akibat VR pada Manusia

Meningkatkan Kecemasan

Interaksi virtual juga bisa meningkatkan kecemasan, terlebih ketika harus melakukan presentasi pada suatu ruang rapat virtual. Interaksi dengan audiens bisa terasa lebih canggung karena audiens cenderung kurang aktif dibandingkan ketika presentasi secara tatap muka.


Itulah penjelasan mengenai interaksi virtual beserta kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan yang ada tentu akan selalu muncul secara berdampingan. Oleh karenanya, kita harus bisa melakukan komunikasi virtual sebaik mungkin agar komunikasi yang terjalin bisa tetap terasa nyaman.

metaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama dari Indonesia, yang berada di bawah Telkom Indonesia. Dengan platform kami, Anda dapat mengadakan berbagai kepentingan usaha mulai dari seminar online, virtual stage untuk kebutuhan perilisan produk baru, metaNesia Mall berisi toko digital, dan lain sebagainya. 

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dari metaNesia? Anda bisa hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis. 

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, MetaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya!

Bagikan ini: