Kacamata VR Meta Quest 3 Akan Hadir Dengan Fitur Yang Berbeda

Kacamata VR Meta Quest 3 Akan Hadir Dengan Fitur Yang Berbeda

Mark Zuckerberg  Kacamata VR Meta Quest 3
Mark Zuckerberg (Wikimedia Commons/Anthony Quintano)

Dengan terus berkembangnya teknologi virtual reality (VR), hal ini memunculkan beragam inovasi yang mendukung pengembangan perangkat. Perusahaan penyedia teknologi terbesar dunia yakni Meta bersama dengan Oculus sebagai anak perusahaannya telah mengumumkan VR headset generasi terbaru untuk konsumen yakni Meta Quest 3.  

Yuk, simak informasi selengkapnya mengenai generasi terbaru Meta virtual reality headset di bawah ini!

Meta virtual reality headset 

Quest 2
Quest 2 (Meta)

Pada tahun 2020 lalu, Meta bersama dengan Oculus telah merilis VR headset yakni Quest 2. Perangkat VR ini sangat populer di kalangan penggemar VR yang menjadikan VR headset ini laku terjual oleh banyak konsumen. Dua tahun setelah dirilisnya VR headset Quest 2, Meta akhirnya merilis VR headset lebih canggih dengan desain yang berbeda yakni Meta Quest Pro.  

Meskipun Meta Quest 2 saat ini masih terus berkuasa di pasaran, namun VR headset Quest Pro memiliki kelengkapan fitur yang lebih banyak dibandingkan Quest 2. Pasalnya, VR headset Quest Pro menghadirkan perangkat VR dengan teknologi mixed reality dan fitur inovatif canggih di dalamnya. 

Meta Quest Pro memiliki resolusi sensor lebih tinggi yang menghadirkan tampilan mixed reality penuh warna di dalamnya. VR Headset ini juga dilengkapi dengan optik pancake atau lensa yang sangat tipis, sehingga menghadirkan visual yang tajam. Desain yang dihadirkan juga lebih ramping, dengan penyesuaian fit yang nyaman saat kamu gunakan.

Selain itu VR headset Meta Quest Pro memiliki fitur pelacakan gerakan mata dan wajah yang canggih, sehingga tampilan yang hadir akan menyesuaikan gerakan indera penggunanya.

Dengan adanya fitur tersebut, harga yang ditawarkan Meta Quest Pro memang lebih tinggi dibandingkan perangkat VR Quest 2. Kabar baiknya, Meta telah mengkonfirmasi akan merilis kacamata VR generasi terbaru dengan menghadirkan fitur yang terdapat di Meta Quest Pro, lho! Simak selengkapnya mengenai VR headset baru Meta yang akan dirilis di bawah ini! 

VR headset Meta Quest 3 dengan fitur mixed reality 

Quest Pro
Quest Pro (Meta)

Melalui konferensi panggilan investor, CEO Meta yakni Mark Zuckerberg menyatakan bahwa akhir tahun 2023 ini, Meta akan merilis VR headset Quest 3 dengan fitur mixed reality. 

Mixed reality merupakan teknologi yang menggabungkan aspek virtual maupun augmented reality. Melalui fitur tersebut, perangkat Quest 3 ini diharapkan dapat menampilkan “Meta Reality”. Meta Reality merupakan sebuah proyek yang dikembangkan meta dalam bentuk metaverse, avatar, inovasi XR dan perangkat pendukungnya. 

Fitur mixed reality yang terdapat di perangkat ini juga akan menghadirkan teknologi passthrough full colour. Teknologi tersebut dapat menghadirkan visual penuh warna seperti yang terdapat pada perangkat Meta Quest Pro, lho! 

Perangkat ini dapat menjadi perubahan besar dengan meningkatkan perangkat VR yang sudah dirilis sebelumnya yakni Meta Quest 2, di mana VR headset Quest 2 hanya mendukung fitur passthrough hitam putih saja.

Desain Meta Quest 3 

Meskipun belum ada gambaran langsung model desain dari perangkat VR headset Meta Quest 3 ini. Kemungkinan besar VR headset Quest 3 akan menggunakan optik lensa pancake yang lebih tipis seperti Quest Pro dengan desain kacamata yang lebih ramping dibandingkan dengan perangkat Quest 2.

Harga VR headset Quest 3

Desas-desus mengenai harga jual perangkat VR headset Meta Quest 3 dengan fitur mixed reality di dalamnya akan jauh lebih murah daripada Meta Quest Pro. Seperti yang diberitakan oleh TechRadar, Mark Zuckerberg mengatakan kepada Stratechery bahwa VR Headset Quest 3 akan dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda dari Meta Quest 2.


Berikut informasi terbaru mengenai VR headset generasi terbaru yang akan dirilis Meta yakni Meta Quest 3. Bagaimana tertarik untuk membelinya?

Hal ini adalah bentuk inovasi yang unik dan imersif untuk menciptakan perangkat VR yang lebih canggih dan lengkap. Melalui penggunaan VR headset, hal ini dapat memberikan pengalaman imersif untuk memasuki dunia virtual yang tak terbatas. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: