Game di Metaverse: Apa Saja Karakteristiknya?
Beranda /
Blog /
Game di Metaverse: Apa Saja Karakteristiknya?
30 November 2022

Game di Metaverse: Apa Saja Karakteristiknya?

Karakteristik Game MetaverseSebagai salah satu contoh dari inovasi teknologi, metaverse menawarkan berbagai pengalaman virtual menarik yang realistis dengan meleburkan batas dunia fisik dengan dunia digital. Dengan menciptakan pengalaman virtual yang imersif, metaverse melengkapi berbagai teknologi masa kini seperti blockchain, IoT, serta visualisasi 3D.

Metaverse membantu berbagai industri untuk lebih memiliki daya tarik yang besar dengan pengalaman virtual yang memukau. Platform tersebut dapat memberikan dampak langsung pada beragam industri, mulai dari industri komunikasi, hiburan, pendidikan, perbankan, hingga industri game. 

Bermain Game di Metaverse

Metaverse cukup berpengaruh dalam dunia permainan karena para pengguna dilibatkan dengan pengalaman canggih yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Di dalamnya, tersedia lingkungan serta elemen 3D yang membuat permainan terasa lebih nyata. Pengguna akan merasa masuk ke dalam realitas berbeda saat bermain game di metaverse. 

Bermain game di metaverse dapat menghubungkan pengguna dari berbagai dunia dalam satu platform yang sama. Di dalam metaverse, pengguna juga akan memiliki avatar yang dapat digunakan untuk berinteraksi di dalamnya. Lalu, apa saja karakteristik game metaverse?

Karakteristik Game Metaverse

Berikut merupakan beberapa karakteristik game metaverse yang bisa kamu coba:

Permainan Multiplayer 

Memiliki kemampuan untuk memperkuat koneksi dan hubungan, metaverse berpotensi untuk mengubah cara individu berinteraksi dengan satu sama lain melalui game. Metaverse yang pada dasarnya bersifat sosial dapat memperluas cakupan fungsi multiplayer yang melibatkan beberapa pemain dalam bermain game. 

Metaverse membuat kamu dapat bertemu pengguna lain dan menjalin relasi baru melalui game multiplayer. Karakteristik game metaverse yang satu ini dapat menjadi aspek sosial sebagaimana pengguna terhubung dan berinteraksi melalui media sosial.

Permainan Play-to-Earn

Karakteristik game metaverse yang selanjutnya adalah model permainan play-to-earn. Pada model permainan tradisional, biasanya pemain diharuskan membayar untuk mendapatkan “hadiah” dan beberapa aksesoris khusus yang hanya dapat digunakan dalam game. 

Berbeda dengan model permainan tradisional, karakteristik play-to-earn memungkinkan pengguna untuk menyimpan ataupun menjual lagi hadiah yang mereka dapat ke pemain lain. Hadiah-hadiah tersebut didapatkan melalui aset berbentuk NFT, senjata, tanah virtual, atau token kripto yang bisa didapatkan dengan menyelesaikan misi ataupun mengalahkan pemain lain.

Pengalaman Mixed Reality

Permainan di metaverse memungkinkan adanya penggabungan augmented reality dan virtual reality untuk memberikan pengalaman yang lebih seimbang. Mixed reality menyatukan kedua teknologi tersebut untuk menghasilkan lingkungan baru di mana interaksi antara objek virtual dan fisik digunakan secara bersamaan.

Contoh dari penggunaan mixed reality dalam game adalah pada permainan Pokémon GO, di mana pemain menggunakan ponsel mereka untuk mencari Pokémon di lingkungan yang berbeda-beda.

Pengalaman Bermain dengan Fleksibel

Permainan di metaverse memberikan pengalaman bermain game imersif yang jauh lebih fleksibel. Metaverse memberikan kesempatan untuk para pemainnya membuat konten mereka sendiri. Pemain juga berkesempatan untuk menggunakan lingkungan permainan yang ada untuk aktivitas lain agar dapat menciptakan interaksi di dalam metaverse.

Metaverse pada dasarnya bersifat sosial. Pemain diberi lingkungan sosial tempat mereka dapat membangun hubungan dengan elemen di sekitar mereka dan menciptakan interaksi di dalam metaverse. 

Dari berbagai karakteristik game metaverse yang telah disebutkan, fitur game multiplayer menjadi salah satu karakteristik khusus yang membedakan interaksi bermain game dalam metaverse. Hal tersebut dikarenakan pemain dapat secara langsung membangun hubungan dengan pemain lain saat bermain bersama.

Rasakan pengalaman baru berinteraksi bersama avatar lainnya pada platform metaverse pertama di Indonesia, metaNesia. Unduh aplikasinya sekarang dan ekspresikan dirimu dalam dunia baru hanya di metaNesia!