Mengenal Kegunaan Blockchain, Cara Baru Simpan Data Digital

Mengenal Kegunaan Blockchain, Cara Baru Simpan Data Digital

mata uang digital
Blue and red line illustration (Peiobty/Unsplash)

Setahun belakangan, pembicaraan mengenai aset kripto makin marak dibahas. Sejalan dengan itu, istilah teknologi blockchain makin sering disebut. Meski demikian, masih belum banyak orang yang memahami apa itu blockchain.

Padahal, blockchain yang mendasari perkembangan mata uang digital seperti kripto, bitcoin, hingga NFT (non-fungible token). Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai blockchain, cara kerja, serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Mari simak pembahasannya lebih lanjut!

Apa itu teknologi blockchain?

Blockchain, dalam bahasa Indonesia disebut dengan rantai blok, memiliki definisi sebagai rantai blok yang terus bertambah, di mana tiap blok terhubung dengan blok sebelumnya. Tiap blok terdiri dari kumpulan data transaksi digital dengan penanda waktu.

Sederhananya, teknologi blockchain adalah sistem penyimpanan transaksi digital yang dapat melakukan pencatatan permanen terhadap tiap transaksi yang terjadi. Sistem ini terletak dalam basis data (database) publik yang disebut dengan buku besar (ledger).

Buku besar ini memiliki sifat terdistribusi, sehingga transaksi yang tersimpan dalam blok tersebar dalam jaringan peer-to-peer di mana tiap node menyimpan salinan dari ledger. Teknologi blockchain dirancang untuk menyimpan info transaksi elektronik, serta mampu menjaga catatan transaksi dengan aman, transparan, dan terdesentralisasi.

Bagaimana cara kerja blockchain?

Teknologi blockchain memegang integritas bahwa informasi digital harus dilindungi. Sebagai buku besar yang mencatat transaksi, baik itu pembelian atau pembayaran, semua dicatat dari awal hingga akhir. Kemudian, data transaksi tersebut disimpan ke dalam blok yang saling terhubung.

Daftar transaksi kemudian dikunci dan memiliki penanda unik yang nantinya akan ditambahkan ke blok selanjutnya. Jadi, susunan rantai tidak dapat diubah. Biasanya, tiap blok berisi informasi transaksi dan hash (kode unik) dari blok yang sudah ada sebelumnya.

Saat sebuah blok rusak, hash (kode unik) blok akan berubah, menyebabkan semua blok selanjutnya tidak valid dan harus dihitung ulang. Jika ini terjadi, kemungkinan blockchain telah disusupi. Untuk mengatasi masalah ini, ada konsep yang disebut proof of work (POW).

Proof of work (POW) banyak digunakan untuk jejaring blockchain. Tujuan utama dari POW adalah untuk memvalidasi transaksi, mencegah serangan cyber, dan memastikan keamanan jaringan blockchain.

Apa bedanya blockchain dan bitcoin?

Bitcoin dan blockchain bisa digunakan secara bergantian. Tetapi, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Bitcoin sendiri merupakan aplikasi awal teknologi blockchain, dimana teknologi blockchain sendiri memiliki banyak aplikasi lain di luar Bitcoin.

Bitcoin adalah mata uang berbentuk digital (uang kripto) yang beroperasi tanpa kontrol yang terpusat. Awalnya, bitcoin dibuat untuk melakukan transaksi keuangan online, seperti pembayaran.

Namun, sekarang bitcoin dianggap sebagai aset digital yang dapat dikonversi ke mata uang global lainnya, seperti USD atau euro. Jaringan blockchain bitcoin bersifat publik dan mengelola buku besar (ledger) pusat.

Sementara itu, blockchain adalah teknologi yang mendasari bitcoin. Dalam konteks Bitcoin, blockchain digunakan untuk memverifikasi dan merekam transaksi Bitcoin. Setiap transaksi Bitcoin ditambahkan ke blok baru dalam blockchain dan diverifikasi oleh jaringan penambang (miners) melalui proses Proof of Work.

Blockchain Bitcoin menyediakan transparansi dan keamanan, karena data transaksi tidak dapat diubah atau dimanipulasi setelah dimasukkan ke dalam blockchain. Singkatnya, Bitcoin adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain sebagai infrastruktur dasarnya. Blockchain adalah teknologi yang menyediakan buku besar terdesentralisasi untuk mencatat dan memverifikasi transaksi.

Manfaat kegunaan blockchain untuk aset digital

Teknologi blockchain membawa banyak manfaat bagi manajemen transaksi aset digital dan mata uang digital. Contohnya adalah sebagai berikut:

Tingkat keamanan lebih tinggi

Sistem pada teknologi blockchain memberikan tingkat keamanan dan kepercayaan tinggi, hal ini sangat dibutuhkan dalam transaksi digital modern. Teknologi blockchain menggunakan tiga prinsip, yaitu kriptografi, desentralisasi, dan konsensus untuk menciptakan sistem perangkat lunak dasar yang sangat aman, hampir mustahil untuk diubah. Pengolahan data digital yang transparan dan aman, tidak memberi celah bagi pengguna untuk mengubah catatan transaksi.

Peningkatan efisiensi dalam bisnis

Transaksi antara bisnis ke bisnis dapat memakan banyak waktu, juga memperpanjang antrian transaksi. Teknologi blockchain yang transparan dapat meningkatkan efisiensi berjalannya bisnis. Transparansi dan kontrak pintar di blockchain membuat transaksi bisnis dapat berjalan lebih cepat dan efisien.

Audit lebih cepat

Sebuah korporasi harus dapat menghasilkan, bertukar, mengarsipkan, dan merekonstruksi transaksi elektronik dengan aman dan dengan cara yang dapat diaudit. Catatan yang terdapat dalam sistem blockchain sifatnya tetap secara kronologis.

Artinya, semua catatan selalu diurutkan berdasarkan waktu. Transparansi data ini membuat proses audit menjadi lebih cepat.

Manfaat blockchain untuk berbagai industri

Kegunaan Blockchain untuk perusahaan energi

Tahukah kamu, jika perusahaan yang berfokus pada pengolahan energi menggunakan teknologi blockchain untuk menciptakan platform perdagangan? Platform perdagangan energi ini menggunakan sistem peer-to-peer dan menyederhanakan akses ke energi yang dapat diperbarui.

Contohnya saja, sebuah perusahaan energi berbasis blockchain menciptakan platform perdagangan untuk penjualan listrik antar individu. Pemilik rumah yang memiliki panel surya menggunakan platform ini untuk menjual kelebihan energi surya mereka ke tetangga.

Dengan penggunaan blockchain, sebagian besar prosesnya menjadi otomatis. Memakai pengukur pintar untuk membuat transaksi, kemudian blockchain mencatatnya.

Kemudian dengan crowdfunding berbasis blockchain, pengguna dapat mensponsori dan memiliki panel surya di masyarakat yang kekurangan akses energi. Sponsor juga dapat menyewakan panel surya untuk masyarakat ini setelah dibangun.

Kegunaan Blockchain dalam industri keuangan

Sistem keuangan tradisional, seperti bank dan bursa saham, menggunakan layanan blockchain untuk mengelola pembayaran, akun, dan perdagangan pasar online. Sebut saja Singapore Exchange Limited, perusahaan induk investasi yang menyediakan layanan perdagangan keuangan di seluruh Asia.

Singapore Exchange Limited menggunakan teknologi blockchainuntuk membangun akun pembayaran antar bank yang lebih efisien. Dengan menerapkan teknologi blockchain, Singapore Exchange Limited berhasil mengatasi kesulitan dalam hal perbankan. Masalah seperti pemrosesan batch dan rekonsiliasi manual dari beberapa ribu transaksi keuangan dapat diatasi.

Kegunaan blockchain terhadap media dan hiburan

blockchain dan industri game
Penerapan blockchain pada media dan hiburan (Andrew/Unsplash)

Perusahaan media dan hiburan menggunakan sistem blockchain untuk mengelola data hak cipta. Verifikasi hak cipta sangat penting untuk kompensasi yang adil bagi artis, namun pencatatannya tidak mudah. Saat melakukan verifikasi, dibutuhkan beberapa transaksi untuk mencatat penjualan atau transfer konten hak cipta, di sinilah blockchain berperan.

Contohnya saja, perusahaan Sony Music Entertainment Japan sudah menggunakan layanan blockchain untuk menjadikan manajemen hak digital lebih efisien. Korporasi media asal Jepang ini berhasil menggunakan strategi blockchain untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam pemrosesan hak cipta.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa penerapan blockchain dalam industri hiburan masih dalam tahap awal. Namun, potensi penggunaan blockchain dalam memperbaiki transparansi, keadilan, dan efisiensi dalam industri hiburan sangat menarik untuk dicoba.

Kegunaan blockchain di industri ritel

Manfaat blockchain di industri ritel
Penggunaan blockchain pada industri ritel (Marques Thomas/Unsplash)

Perusahaan ritel juga sudah menggunakan teknologi blockchain untuk melacak pergerakan barang antara pemasok dan pembeli. Blockchain biasanya digunakan untuk memperbaiki transparansi rantai pasokan dalam industri ritel. Dengan menggunakan blockchain, informasi tentang produksi, pengiriman, dan penyimpanan produk dapat dicatat dan diverifikasi secara real-time.

Ini memungkinkan pelacakan yang akurat dan transparan mulai dari asal-usul produk, bahan baku yang digunakan, metode produksi, serta perjalanan produk dari pemasok hingga ke tangan konsumen. Sebagai contoh, ada perusahaan Amazon yang telah mengajukan paten untuk sistem teknologi buku besar terdistribusi menggunakan blockchain.

Teknologi ini nantinya dapat memverifikasi bahwa semua barang yang dijual di platform tersebut asli. Penjual di Amazon dapat memetakan rantai pasokan global mereka dengan produsen, kurir, distributor, pengguna akhir, dan pengguna sekunder untuk menambahkan aktivitasnya ke ledger setelah mendaftar ke otoritas sertifikat. 

Kegunaan blockchain dalam bisnis

Secara umum, teknologi blockchain memiliki tiga manfaat bagi bisnis. Kemampuan untuk menyimpan dan mentransfer catatan dengan keamanan tinggi, pengelolaan supply chain management yang lebih efisien, serta kontrak pintar atau smart contract.

Smart contract adalah kontrak otomatis yang membuat pembayaran hanya dirilis setelah kedua belah pihak terkonfirmasi memenuhi persyaratan yang telah disepakati. Dalam banyak kasus, smart contract pada blockchain memungkinkan bisnis untuk menghilangkan perantara atau pihak ketiga dalam transaksi. Hal ini dapat mengurangi biaya, meningkatkan kecepatan, dan memperbaiki keamanan karena tidak ada lagi kebutuhan untuk mengandalkan pihak ketiga untuk memfasilitasi atau menjamin pemenuhan perjanjian.


Itulah pembahasan singkat mengenai blockchain serta cara kerja dan manfaatnya. Masih banyak artikel seputar teknologi menarik lain yang bisa kamu akses di blog MetaNesia.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia metaverse. Dengan MetaNesia kamu bisa bersosialisasi, berinteraksi, bermain, dan berkreasi di dunia metaverse tanpa adanya batasan.

Apabila tertarik untuk menggunakan layanan blockchain, augmented reality, dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Tertarik untuk mencoba masuk ke dunia metaverse yang dibuat oleh MetaNesia? Yuk, Unduh aplikasi MetaNesia di website kami sekarang juga!

Bagikan ini: