Kehadiran Masjid Istiqlal sebagai Masjid Pertama di Ekosistem Metaverse Indonesia
Beranda /
Blog /
Kehadiran Masjid Istiqlal sebagai Masjid Pertama di Ekosistem Metaverse Indonesia
13 Januari 2023

Kehadiran Masjid Istiqlal sebagai Masjid Pertama di Ekosistem Metaverse Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan berbagai keragaman di dalamnya. Dengan jumlah penduduk hingga 275 juta orang pada tahun 2022, wajar jika Indonesia menjadi salah satu negara terpadat di dunia. 

tampilan masjid istiqlal
Source: Written

Keragaman yang dimiliki Indonesia tentunya terdiri dari berbagai hal, mulai dari ras, suku, bahasa, hingga agama. Di Indonesia, terdapat 6 agama yang telah diakui keberadaannya oleh hukum yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Umat Muslim sendiri menjadi mayoritas, dengan total hingga 87% penduduk beragama Islam di Indonesia. 

Oleh sebab itu, wajar jika masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menemukan berbagai tempat keagamaan Islam di lingkungan sekitar. Salah satu tempat keagamaan Islam yang paling banyak menarik perhatian adalah Masjid Istiqlal, yang juga dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. 

Langkah awal Masjid Istiqlal masuk ke dalam ekosistem metaverse

Seiring dengan perkembangan zaman di era digital, berbagai aktivitas manusia perlahan mulai berubah dan bisa dilakukan secara online. Beragam teknologi baru juga hadir untuk menjawab kebutuhan manusia yang semakin berkembang. Salah satunya adalah metaverse. 

Metaverse sendiri merupakan sebuah dunia virtual 3 dimensi baru yang imersif, di mana penggunanya dapat melakukan berbagai aktivitas menarik. Di dalam dunia virtual ini, pengguna dapat bertemu, berkomunikasi, bermain, dan berkolaborasi seolah-olah mereka berada di dunia nyata. 

Metaverse juga dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti jejaring sosial, hiburan, pendidikan, hingga pelatihan.

Untuk mengikuti perubahan zaman yang semakin dinamis, Masjid Istiqlal pun sedang dalam proses pengembangan untuk menjadi Meta Mosque pertama di Indonesia. Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar berharap kehadiran masjid metaverse ini dapat memberdayakan masyarakat untuk lebih familiar dengan perkembangan dan digitalisasi. 

Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, juga turut mendukung langkah baru tersebut dengan memberikan dukungan di bagian teknologi. Melalui metaNesia, Meta Mosque Masjid Istiqlal nantinya dapat didatangi pengunjung dari berbagai daerah.

Permintaan khusus pada ulang tahun Masjid Istiqlal

Pada 22 Februari 2023 nanti, Masjid Istiqlal akan berulang tahun ke-45. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan ulang tahun Masjid Istiqlal akan dirayakan dengan segerombolan acara. 

Namun, ada yang berbeda di perayaan ulang tahun Masjid Istiqlal tahun ini. 

Acara ulang tahun dan festival Istiqlal tahun ini juga akan dilengkapi dengan peresmian Jembatan Silaturahmi, yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta. Jembatan silaturahmi ini diharapkan dapat menjadi ikon toleransi masyarakat beragama di Indonesia. 

Kedatangan New Istiqlal di metaNesia

perbincangan kolaborasi masjid istiqlal untuk masuk ke dalam metanesia

Ulang tahun ke-45 Masjid Istiqlal juga akan dilengkapi dengan pembaruan teknologi terbaru, mengikuti tagline New Istiqlal. Dengan digitalisasi yang dilakukan pada Masjid Istiqlal, diharapkan bisa menjadi contoh bagi 800.000 masjid lain yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pembaruan teknologi yang dimaksud meliputi kehadiran Masjid Istiqlal di dalam metaverse, serta berbagai layanan khusus dan kajian online yang bisa diakses dengan mudah. Salah satu yang banyak menarik perhatian adalah Istiqlal Global Fund (IGF)

IGF merupakan lembaga pengelola usaha, bisnis dan ekonomi umat Masjid Istiqlal Jakarta-Indonesia bertaraf internasional, yang dibuat khusus untuk mengoptimalkan potensi dana dan ekonomi umat. Tujuan tersebut dipilih untuk mengembangkan peradaban global yang mandiri dan inklusif dalam berbagai dimensi, dengan cara kolaborasi berbagai pihak untuk memperoleh keuntungan, manfaat dan kemasalahatan dalam mencapai keberkahan dan ridha Allah SWT.

IGF sendiri telah memiliki beberapa layanan yang bisa digunakan seperti E-Istiqlal dan juga pembayaran Ziswaf melalui IGF. E-Istiqlal sendiri merupakan layanan dompet digital yang membantu jamaah masjid Istiqlal untuk melakukan transaksi keuangan secara digital dengan aman dan mudah. 

kerja sama masjid istiqlal dengan telkom indonesia (metanesia)

Sebagai platform metaverse pertama dari Indonesia, metaNesia tentunya turut mendukung era pembaruan ini dengan menghadirkan Masjid Istiqlal ke dalam ekosistemnya. Nantinya, pengunjung dapat berinteraksi serta mendapatkan informasi menarik saat mengunjungi masjid virtual Istiqlal. 

Selain itu, diharapkan berbagai layanan yang ada pada IGF juga bisa dilakukan di dalam metaNesia. Sehingga, masyarakat Muslim Indonesia juga dapat mengikuti arus perkembangan global yang semakin digital. 

metaNesia, #UnlockYourDreams