Metaverse dan Virtual Reality: Apa yang Membedakan Keduanya?
Beranda /
Blog /
Metaverse dan Virtual Reality: Apa yang Membedakan Keduanya?
28 December 2022

Metaverse dan Virtual Reality: Apa yang Membedakan Keduanya?

metaverse dan virtual reality

Kemajuan teknologi dan era digital yang melanda dunia saat ini telah membawa banyak perubahan bagi masyarakat. Berbagai inovasi teknologi yang semakin canggih diciptakan sesuai dengan kebutuhan manusia sehari-hari. Dua diantara banyaknya teknologi canggih yang tercipta adalah metaverse dan virtual reality.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa metaverse dan virtual reality adalah teknologi yang sama, padahal sebenarnya tidak. Metaverse dan virtual reality merupakan dua hal yang berbeda, walaupun keduanya memang berkaitan satu sama lain. Lantas, apa yang membedakan teknologi metaverse dan virtual reality?

Metaverse

Metaverse merupakan dunia virtual 3 dimensi yang imersif, di mana pengguna dapat bertemu, berkomunikasi, bermain, dan berkolaborasi seolah-olah mereka berada di dunia nyata. Metaverse dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk jejaring sosial, hiburan, pendidikan, hingga pelatihan.

Istilah metaverse muncul pertama kali di tahun 1992 melalui sebuah novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson yang berjudul Snow Crash. Novel tersebut menggambarkan orang-orang yang menggunakan teknologi realitas virtual dan avatar digital diri mereka sendiri untuk berinteraksi dan menjelajahi dunia digital online. 

Untuk masuk ke dunia metaverse, diperlukan beberapa perangkat seperti laptop, headset VR, maupun kacamata AR. Platform metaverse metaNesia menjadi contoh metaverse yang dapat dengan mudah di akses tanpa memerlukan headset maupun kacamata VR atau AR. Pengguna dapat merasakan pengalaman memasuki dunia virtual metaNesia dengan perangkat laptop serta smartphone yang dimiliki.

Virtual Reality

Perangkat virtual reality

Virtual reality (VR) adalah lingkungan yang dihasilkan komputer dengan pemandangan dan objek yang tampak nyata, di mana pengguna dibuat serasa tenggelam ke dalam lingkungan tersebut. Lingkungan ini dapat kita rasakan melalui perangkat berupa headset, kacamata, atau sarung tangan virtual reality. 

Secara umum, VR sudah dikembangkan cukup lama, tepatnya sejak tahun 1800-an melalui sebuah lukisan panorama 360 mengenai sebuah perang. Namun, istilah ‘virtual reality’ dipopulerkan oleh salah satu pelopor modern bidang teknologi, Jaron Lanier, di akhir tahun 1980.

VR dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti permainan online, simulasi pelatihan, hingga suatu acara virtual. VR memungkinkan pengguna tenggelam dalam permainan seolah-olah kita adalah salah satu karakternya, mempelajari cara melakukan operasi jantung, hingga meningkatkan kualitas pelatihan olahraga untuk memaksimalkan performa.

Baca juga: Virtual Reality, Teknologi Canggih Masa Depan yang Mulai Ramai Digunakan

Perbedaan Metaverse dan Virtual Reality

Kepemilikan atas teknologi

Pengguna memiliki kepemilikan yang penuh atas aset-aset dan pengalaman yang mereka miliki di metaverse. Semua yang Anda buat dan miliki di metaverse adalah milik Anda dan metaverse memberikan hak kepemilikan penuh pada pengguna.

Di sisi lain, ketika menggunakan VR, pada dasarnya Anda menjalani sistem di bawah kepemilikan merek karena konten yang tersedia dalam sistem VR adalah kepemilikan merek. Satu-satunya hal yang Anda miliki pada teknologi VR adalah perangkatnya.

Perangkat

Saat ingin memasuki metaverse, pengguna tidak diharuskan untuk memiliki perangkat khusus seperti headset VR. Anda dapat menjelajahi metaverse bahkan dengan bermodalkan perangkat laptop saja. Sedangkan untuk merasakan teknologi virtual reality, Anda memerlukan perangkat khusus VR.

Ketetapan

Perbedaan selanjutnya antara metaverse dan virtual reality adalah ketetapannya. Di metaverse, pengguna dapat menjual, membeli, dan memiliki aset virtual yang akan tetap ada meskipun mereka keluar dari dunia tersebut. 

Apa yang akan pengguna temui dan lihat saat kembali masuk ke metaverse adalah segala hal yang mereka temui dan lihat sesaat sebelum keluar. Hal tersebut dikarenakan semua yang ada di metaverse terus berjalan, bahkan ketika penggunanya sedang tidak terhubung. 

Berbeda dengan metaverse, semua pengalaman yang dirasakan melalui VR akan terhenti ketika perangkatnya dimatikan. Pengguna teknologi VR dapat membuat dan memiliki sesuatu, namun hanya di satu sesi penggunaan saja. Itu berarti semua hal yang penggunanya lihat dan miliki di satu sesi penggunaan hanya akan ada di sesi tersebut, tidak ada lagi di sesi berikutnya.

Layanan metaNesia untuk metaverse dan virtual reality

Di dalam negeri, terdapat salah satu platform metaverse yang juga menawarkan jasa virtual reality, yaitu metaNesia. Pertama kali diluncurkan ke publik pada 31 Juli 2022, metaNesia merupakan dunia baru yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman menarik, juga memperkenalkan produk ke dunia digital.

metaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama di Indonesia buatan PT Telkom Indonesia Tbk. metaNesia diciptakan sebagai upaya untuk mewadahi kehidupan generasi Z dan milenial yang semakin mudah, juga sebagai inovasi untuk mensinergikan BUMN, swasta, serta UMKM ke dunia baru.

metaNesia menawarkan berbagai fitur serta layanan metaverse dan virtual reality yang menarik untuk pengembangan bisnis Anda yang dapat dikostumisasi. Berikut beberapa layanan yang tersedia:

  • metaNesia mall
Berbelanja di mall virtual metaNesia

metaNesia mall memiliki beberapa fasilitas seperti toko hingga pusat pelayanan, di mana pengguna bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berbelanja produk fisik maupun digital di dunia virtual. Melalui layanan ini, Anda berpeluang untuk melakukan kolaborasi dengan metaNesia dan menempatkan bisnis Anda di dalam metaNesia mall. 

  • metaNesia showroom

Berada di dalam metaNesia mall, showroom mobil di metaverse ini menawarkan berbagai layanan yang menarik. Salah satu partner yang memiliki showroom di metaNesia adalah Honda. Di showroom ini, terdapat area customer service, display produk-produk Honda, hingga area test drive virtual. 

  • metaNesia stage
Upacara di virtual stage metaNesia

metaNesia stage merupakan venue di metaNesia yang dapat digunakan untuk mengadakan acara secara virtual, di mana para penggunanya dapat saling berinteraksi. Dengan layanan ini, Anda dapat membuat berbagai acara seperti konser, live streaming, hingga webinar di dunia virtual yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan Anda.

  • metaNesia arcade

Layanan yang satu ini menawarkan pengalaman baru untuk Anda dapat bermain game bersama teman maupun avatar lain di dunia metaverse. Setiap Anda menyelesaikan game, Anda bisa mendapatkan loyalty point. Contoh game yang bisa dimainkan pada metaNesia adalah quiz arcade.

  • VR tour
Layanan VR tour

Dengan layanan ini, Anda dapat memamerkan berbagai macam lokasi yang diinginkan di layar komputer anda, mulai dari properti hingga situs wisata, dengan bantuan kamera 360°.

  • VR training
Pelatihan pekerja menggunakan VR

VR training yang ditawarkan merupakan jasa pelatihan interaktif yang bersifat virtual namun tetap imersif. Pelatihan pekerja menggunakan VR membuka kesempatan bagi Anda untuk mengemas beragam materi pelatihan konvensional dengan lebih menarik dan edukatif.

Pelatihan terbaik untuk pekerja Anda dapat diberikan dengan skalabilitas yang jauh lebih hemat karena sifatnya digital, juga bebas risiko karena seluruh aktivitas disimulasikan secara virtual. Layanan ini pun dapat membantu Anda memangkas biaya pelatihan tanpa mengorbankan keamanan pekerja.

  • VR expo
Layanan VR expo

Dengan layanan VR expo, Anda dapat menggelar pameran dan acara secara virtual. Pameran virtual memberi Anda pemahaman mengenai jenis acara apa yang diharapkan audiens dan acara mana yang paling cocok dengan tujuan Anda untuk diselenggarakan.

Tema dan dekorasi pun dapat diatur sesuai imajinasi Anda, tanpa terikat batasan ruang dan waktu. Anda memiliki kontrol penuh dalam menggunakan rangkaian fitur lengkap yang kami tawarkan untuk meningkatkan pengalaman digital yang luar biasa. 

  • AR interaktif

Melalui teknologi AR interaktif, Anda dapat memaksimalkan kampanye produk maupun aktivitas keperluan bisnis Anda dengan lebih menarik, informatif, serta pengalaman yang lebih nyata. Objek dan animasi digital dapat Anda tambatkan ke sebuah benda fisik, yang kemudian dapat diinteraksikan melalui perangkat sehari-hari. 

Baca juga: metaNesia Bisnis: Peluang untuk Mengembangkan Bisnis di Dunia Metaverse


Itulah perbedaan teknologi metaverse dan virtual reality yang perlu Anda ketahui. Anda juga bisa mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan tanpa batasan ruang maupun waktu melalui teknologi metaverse dan virtual reality. 

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dan virtual reality dari metaNesia? Anda bisa hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya ataupun mendapatkan konsultasi secara gratis. 

Anda juga bisa mencoba masuk ke dalam platform metaverse kami, metaNesia dengan mengunduhnya melalui website kami. Rasakan pengalaman imersif metaverse yang belum pernah Anda coba sebelumnya!