Metaverse dan Virtual Reality: Apa yang Membedakan Keduanya?

Metaverse dan Virtual Reality: Apa yang Membedakan Keduanya?

metaverse dan virtual reality

Kemajuan teknologi dan era digital yang melanda dunia saat ini telah membawa banyak perubahan bagi masyarakat. Berbagai inovasi teknologi yang semakin canggih diciptakan sesuai dengan kebutuhan manusia sehari-hari. Dua diantara banyaknya teknologi canggih yang tercipta adalah metaverse dan virtual reality.

Metaverse bukanlah teknologi realitas virtual, dan sebaliknya. Di seluruh dunia, 171 juta orang telah menggunakan VR, baik melalui penggunaan konsol game, smartphone, atau headset. Sangat mudah untuk mendapatkan ribuan pengalaman yang luar biasa dan menakjubkan. Kamu dapat terhubung dengan orang-orang di sekitar atau di jaringan yang sama melalui headset dan berkomunikasi dengan mereka.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa metaverse virtual reality adalah teknologi yang sama, padahal sebenarnya tidak. Metaverse dan virtual reality merupakan dua hal yang berbeda, walaupun keduanya memang berkaitan satu sama lain. Lantas, apa yang membedakan teknologi metaverse dan virtual reality?

Metaverse

Realitas Maya Metaverse (Pixabay)

Metaverse merupakan dunia virtual 3 dimensi yang imersif, di mana pengguna dapat bertemu, berkomunikasi, bermain, dan berkolaborasi seolah-olah berada di dunia nyata. Metaverse dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk jejaring sosial, hiburan, pendidikan, hingga pelatihan, dengan avatar sebagar representasi diri kita.

Istilah metaverse muncul pertama kali di tahun 1992 melalui sebuah novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson yang berjudul Snow Crash. Novel tersebut menggambarkan orang-orang yang menggunakan teknologi realitas virtual dan avatar digital diri mereka sendiri untuk berinteraksi dan menjelajahi dunia digital online. 

Untuk masuk ke dunia metaverse, diperlukan beberapa perangkat seperti laptop, headset VR, maupun kacamata AR. Platform MetaNesia menjadi contoh metaverse yang dapat dengan mudah diakses tanpa memerlukan headset maupun kacamata VR atau AR. Pengguna dapat merasakan pengalaman memasuki dunia virtual MetaNesia dengan perangkat laptop serta smartphone yang dimiliki.

Virtual Reality

Perangkat virtual reality

Virtual reality (VR) adalah lingkungan yang dihasilkan komputer dengan pemandangan dan objek yang tampak nyata, di mana pengguna dibuat serasa tenggelam ke dalam lingkungan tersebut. Lingkungan ini dapat kita rasakan melalui perangkat berupa headset, kacamata, atau sarung tangan virtual reality. 

Secara umum, VR sudah dikembangkan cukup lama, tepatnya sejak tahun 1800-an melalui sebuah lukisan panorama 360 mengenai sebuah perang. Namun, istilah ‘virtual reality’ dipopulerkan oleh salah satu pelopor modern bidang teknologi, Jaron Lanier, di akhir tahun 1980.

VR dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti permainan online, simulasi pelatihan, hingga suatu acara virtual. VR memungkinkan pengguna tenggelam dalam permainan seolah-olah kita adalah salah satu karakternya, mempelajari cara melakukan operasi jantung, hingga meningkatkan kualitas pelatihan olahraga untuk memaksimalkan performa.

Baca juga: Virtual Reality, Teknologi Canggih Masa Depan yang Mulai Ramai Digunakan

Perbedaan Metaverse dan Virtual Reality

vr headset
Black VR Headset (Peakpx)

Kepemilikan atas teknologi

Pengguna memiliki kepemilikan yang penuh atas aset-aset dan pengalaman yang mereka miliki di metaverse. Semua yang kamu buat dan miliki di metaverse adalah milikmu dan metaverse memberikan hak kepemilikan penuh pada pengguna.

Di sisi lain, ketika menggunakan VR, pada dasarnya kamu menjalani sistem di bawah kepemilikan merek karena konten yang tersedia dalam sistem VR adalah kepemilikan merek. Satu-satunya hal yang kamu miliki pada teknologi VR adalah perangkatnya.

Perangkat

Saat ingin memasuki metaverse, pengguna tidak diharuskan untuk memiliki perangkat khusus seperti headset VR. Kamu dapat menjelajahi metaverse bahkan dengan bermodalkan perangkat laptop saja. Sedangkan untuk merasakan teknologi virtual reality, kamu memerlukan perangkat khusus, salah satunya headset VR.

Ketetapan

Perbedaan selanjutnya antara metaverse dan virtual reality adalah ketetapannya. Di metaverse, pengguna dapat menjual, membeli, dan memiliki aset virtual yang akan tetap ada meskipun mereka keluar dari dunia tersebut. 

Apa yang akan pengguna temui dan lihat saat kembali masuk ke metaverse adalah segala hal yang mereka temui dan lihat sesaat sebelum keluar. Hal tersebut dikarenakan semua yang ada di metaverse terus berjalan, bahkan ketika penggunanya sedang tidak terhubung. 

Berbeda dengan metaverse, semua pengalaman yang dirasakan melalui VR akan terhenti ketika perangkatnya dimatikan. Pengguna teknologi VR dapat membuat dan memiliki sesuatu, namun hanya di satu sesi penggunaan saja. Itu berarti semua hal yang penggunanya lihat dan miliki di satu sesi penggunaan hanya akan ada di sesi tersebut, tidak ada lagi di sesi berikutnya.

Peran virtual reality dalam metaverse

virtual reality
What is Virtual Reality? (Gemma Ryles/Trusted Reviews)

Teknologi VR pada dasarnya sangat penting dalam metaverse karena berfungsi sebagai jembatan utama yang menghubungkan dunia virtual dan dunia nyata. Teknologi ini menjelaskan bagaimana mata kita melihat benda-benda yang berbeda dalam suasana virtual.

VR bertindak sebagai alat untuk menyajikan lingkungan virtual secara visual. Pengguna akan dapat melihat elemen-elemen metaverse yang realistis secara visual melalui VR.

Melalui alat seperti kacamata dan headset, VR menciptakan visual, suara, dan indera lainnya. Dengan VR, kita dapat menonton video dari perspektif 360 derajat, melakukan perjalanan ke berbagai lokasi dan acara menarik, sampai menonton konser musik.

Metaverse mengacu pada berbagai teknologi yang bersama-sama menghasilkan konsep baru seperti mixed reality. Teknologi ini menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kedua teknologi ini memainkan peran penting; AR memungkinkan interaksi langsung dengan beragam benda di dunia virtual. Sementara VR bertindak sebagai penambah kemampuan otak untuk memberikan gambaran virtual melalui penglihatan.

Layanan MetaNesia untuk metaverse dan virtual reality

Di dalam negeri, terdapat salah satu platform metaverse yang juga menawarkan jasa virtual reality, yaitu MetaNesia. Pertama kali diluncurkan ke publik pada 31 Juli 2022, MetaNesia merupakan dunia baru yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman menarik, juga memperkenalkan produk ke dunia digital.

MetaNesia merupakan sebuah platform metaverse pertama di Indonesia buatan PT Telkom Indonesia Tbk. MetaNesia diciptakan sebagai upaya untuk mewadahi kehidupan generasi Z dan milenial yang semakin mudah, juga sebagai inovasi untuk mensinergikan BUMN, swasta, serta UMKM ke dunia baru.

Platform MetaNesia menawarkan berbagai fitur serta layanan metaverse dan virtual reality yang menarik untuk pengembangan bisnis kamu yang dapat dikostumisasi. Berikut beberapa layanan yang tersedia:

MetaNesia mall

Berbelanja di mall virtual metaNesia

MetaNesia mall memiliki beberapa fasilitas seperti toko hingga pusat pelayanan, di mana pengguna bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berbelanja produk fisik maupun digital di dunia virtual. Melalui layanan ini, kzmu berpeluang untuk melakukan kolaborasi dengan MetaNesia dan menempatkan bisnismu di dalam metaNesia mall. 

MetaNesia showroom

Berada di dalam MetaNesia mall, showroom mobil di metaverse ini menawarkan berbagai layanan yang menarik. Salah satu partner yang memiliki showroom di metaNesia adalah Honda. Di showroom ini, terdapat area customer servicedisplay produk-produk Honda, hingga area test drive virtual. 

MetaNesia stage

Upacara di virtual stage metaNesia

MetaNesia stage merupakan venue di MetaNesia yang dapat digunakan untuk mengadakan acara secara virtual, di mana para penggunanya dapat saling berinteraksi. Dengan layanan ini, kamu dapat membuat berbagai acara seperti konser, live streaming, hingga webinar di dunia virtual yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginanmu.

MetaNesia arcade

Layanan yang satu ini menawarkan pengalaman baru untuk kamu dapat bermain game bersama teman maupun avatar lain di dunia metaverse. Setiap menyelesaikan game, kamu bisa mendapatkan loyalty point. Contoh game yang bisa dimainkan pada MetaNesia adalah quiz arcade.

VR tour

Layanan VR tour

Dengan layanan ini, kamu dapat memamerkan berbagai macam lokasi yang diinginkan di layar komputer, mulai dari properti hingga situs wisata, dengan bantuan kamera 360°.

VR training

Pelatihan pekerja menggunakan VR

VR training yang ditawarkan merupakan jasa pelatihan interaktif yang bersifat virtual namun tetap imersif. Pelatihan pekerja menggunakan VR membuka kesempatan bagi kamu untuk mengemas beragam materi pelatihan konvensional dengan lebih menarik dan edukatif.

Pelatihan terbaik untuk pekerja dapat diberikan dengan skalabilitas yang jauh lebih hemat karena sifatnya digital, juga bebas risiko karena seluruh aktivitas disimulasikan secara virtual. Layanan ini pun dapat membantumu memangkas biaya pelatihan tanpa mengorbankan keamanan pekerja.

VR expo

Layanan VR expo

Dengan layanan VR expo, kamu dapat menggelar pameran dan acara secara virtual. Pameran virtual memberikan pemahaman mengenai jenis acara apa yang diharapkan audiens dan acara mana yang paling cocok dengan tujuan kamu untuk diselenggarakan.

Tema dan dekorasi pun dapat diatur sesuai imajinasi, tanpa terikat batasan ruang dan waktu. Kamu memiliki kontrol penuh dalam menggunakan rangkaian fitur lengkap yang kami tawarkan untuk meningkatkan pengalaman digital yang luar biasa. 

AR interaktif

metanesia landscape
MetaNesia Landscape (MetaNesia)

Melalui teknologi AR interaktif, kamu dapat memaksimalkan kampanye produk maupun aktivitas keperluan bisnis dengan lebih menarik, informatif, serta pengalaman yang lebih nyata. Objek dan animasi digital dapat kamu tambatkan ke sebuah benda fisik, yang kemudian dapat diinteraksikan melalui perangkat sehari-hari. 

Baca juga: metaNesia Bisnis: Peluang untuk Mengembangkan Bisnis di Dunia Metaverse


Itulah perbedaan teknologi metaverse dan virtual reality yang perlu kamu ketahui. Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai peluang bisnis dan ekonomi digital yang dapat menghubungkan bisnis dengan pelanggan tanpa batasan ruang maupun waktu melalui teknologi metaverse dan virtual reality. 

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan teknologi metaverse dan virtual reality dari MetaNesia? MetaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung.

Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: