Koleksi Meme Masa Lalu yang Berhasil dijual sebagai NFT!

Koleksi Meme Masa Lalu yang Berhasil dijual sebagai NFT!

koleksi meme nft
Sumber: Another Nike Bot

Selama bertahun-tahun, meme telah menyebar ke hampir setiap aspek budaya kita. Meme merupakan gambar atau potongan video yang diedit untuk menghibur. Konten meme terdiri dari berbagai hiburan yang memungkinkan kita berbagi pemikiran dan emosi dengan cepat.

Banyak meme yang diadaptasi dan di-remix selama bertahun-tahun. Bahkan terdapat meme yang tidak berubah dari waktu ke waktu dan mencapai status legendaris, seperti “Charlie Bit My Finger”, yang dikenali oleh berbagai kalangan pada tahun 2000-an akhir.

Namun, siapa sangka bahwa baru-baru ini, meme berubah menjadi sesuatu yang tidak pernah disangka oleh siapa pun. Saat ini sudah banyak meme legendaris yang diubah dan dijual menjadi non-fungible token (NFT).

Non-fungible token

NFT merupakan suatu aset digital yang bisa digunakan sebagai tanda kepemilikan barang yang dibeli dengan mata uang kripto. Aset ini menggunakan teknologi blockchain yang aman. Aset digital NFT memang bisa memiliki berbagai bentuk, salah satunya adalah koleksi meme NFT.

Koleksi meme NFT semakin banyak beredar di marketplace digital. Hal ini karena meme relatif lebih mudah dibuat dibandingkan karya seni digital. Beberapa meme legendaris dari masa lalu juga telah dibuat dan dijual sebagai NFT. Berikut merupakan beberapa meme legendaris yang dijadikan aset NFT.

Koleksi meme NFT Nyan Cat

nyan cat
Sumber: Bisnis.com

Pada bulan Februari 2021, Chris Torres lah yang pertama kali memulai tren koleksi meme NFT. Chris adalah pencipta karakter Nyan Cat, dan dia adalah pembuat meme pertama yang menjual karyanya sebagai NFT. Pada suatu hari, dia membuat sejarah dengan melelang aset gambar kucing pop-tart pelangi miliknya yang hampir menyentuh harga $600.000.

Torres memang sudah memperkirakan bahwa Nyan Cat akan menjadi awal dari tren koleksi meme NFT. Pada saat Nyan Cat NFT dijual, dia menyebut bahwa aset digital ini akan membuka masa depan baru bagi meme NFT.

Meme NFT Trollface

meme trollface
Sumber: DevianArt

Trollface adalah salah satu gambar yang legendaris disebarluaskan sebagai meme di awal tahun 2000-an. Carlos Ramirez menggambarnya di Microsoft Paint pada 19 September 2008. Gambar ikonik ini pertama kali mendapatkan daya tarik di situs forum seperti 4chan.

Gambar Trollface tidak pernah mati dan selalu populer bahkan hingga saat ini. Ramirez selaku pembuat juga tetap mempertahankan hak kekayaan intelektual (HAKI) atas gambar Trollface. Sehingga, dia bisa mendapat untung melalui NFT yang dijual pada marketplace.

Trollface berhasil terjual dengan harga 42 ETH mata uang kripto atau setara $70.000, harga yang cukup mahal bukan?

Koleksi meme NFT Bad Luck Brian

Bad luck brian
Sumber: Tekno Kompas

Setelah Nyan Cat populer, Ian Davies dan Kyle Craven juga memutuskan untuk mencoba NFT dan menjual aset meme Bad Luck Brian. Gambar tersebut adalah meme favorit dari era “top text, bottom text”. Gambar itu merupakan foto sekolah milik Craven yang populer hingga saat ini. Bad Luck Brian NFT berhasil terjual dengan harga 20 ETH atau sekitar $38.000.

Keyboard Cat NFT

Keyboard Cat NFT
Sumber: Foundation

Gambar Keyboard Cat diambil di Betacam pada tahun 1984 oleh Charlie Schmidt. Kucing di gambar tersebut bernama Fatso yang mati pada tahun 1987. Rekaman Fatso memainkan piano tidak menjadi meme sampai beberapa dekade setelah kematiannya. Video tersebut pertama kali diposting di YouTube oleh Schmidt hampir dua puluh tahun kemudian, pada tahun 2007.

Keyboard Cat NFT pertama kali dirilis pada 11 Maret 2021 dengan harga dasar 2 ETH. Harga NFT ini pernah meroket hingga 33 ETH. Sayangnya per 1 Januari 2023, NFT ini anjlok dengan harga terjual hanya 2 ETH.

Disaster Girl NFT

meme Disaster Girl NFT
Sumber: Tekno Kompas

Seperti halnya pada banyak meme, Disaster Girl adalah foto tidak sengaja yang berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Meme itu menggambarkan Zoe Roth yang saat itu berusia 4 tahun ketika dia melihat sebuah rumah terbakar di lingkungannya pada Januari 2005.

Gambar yang populer adalah foto yang diambil oleh ayah Roth, yang bersamanya selama kebakaran. . Gambar itu baru menjadi viral sampai bertahun-tahun kemudian, pada tahun 2008.

Disaster Girl NFT pertama kali muncul ke marketplace Foundation pada tanggal 16 April 2021 dengan harga tertinggi sekitar $417.000 atau sebesar 180 ETH jika dikonversi ke mata uang kripto Ethereum.

Charlie Bit My Finger NFT

Charlie Bit My Finger NFT
Sumber: New York Times

Charlie Bit My Finger merupakan video yang viral pada tahun 2007. Video ini menunjukkan Harry Davies-Carr (umur tiga tahun) dan Charlie Davies-Carr (umur satu tahun). Video tersebut diambil oleh ayah anak laki-laki tersebut, Howard Davies-Carr.

Howard mengatakan bahwa dia mengunggah rekaman tersebut agar kakek dari anak laki-laki tersebut dapat melihatnya. Pada akhirnya, video itu dilihat oleh hampir 900 juta orang.

Video tersebut telah dibuat menjadi NFT berbasis blockchain pada tahun 2021. Hasil penjualan dari NFT ini dilaporkan digunakan untuk pendidikan perguruan tinggi kedua bersaudara itu.

Menariknya, penjualan NFT ini menghasilkan hampir $ 800.000 yang lebih dari cukup untuk membayar biaya kuliah mereka. Meskipun, pelelangan NFT video ini merupakan peristiwa yang pahit bagi mereka, karena keluarga Davies-Carr harus menghapus video tersebut dari YouTube untuk membuatnya lebih langka.

Doge NFT

Doge NFT
Sumber: Know Your Meme

Meme Doge dimulai dengan foto seorang Shiba Inu bernama Kabosu. Pemiliknya, Atsuko Sato, mengambil foto itu pada 13 Februari 2010. Setelah diposting ke blog Sato bersama dengan gambar-gambar terkenal lainnya, gambar khusus Kabosu ini dengan cepat menjadi viral dan sekarang bahkan menjadi wajah Dogecoin yang didukung Elon Musk .

“Saya mengambil foto ini untuk memperbarui blog saya,” kata Sato dalam pernyataan selanjutnya . “Saya mengambil banyak foto setiap hari, jadi hari itu tidak ada yang luar biasa. Kabosu suka difoto, jadi dia senang kamera diarahkan ke arahnya.”

Ketika dijual pada tahun 2021, gambar ini mendapat peringkat sebagai koleksi meme NFT termahal sepanjang masa. Gambar ini berhasil menghasilkan hampir $ 4 juta dolar.


Tertarik dengan NFT? Kunjungi Market metaNesia untuk menjelajahi dan membeli koleksi NFT terbaik buatan anak bangsa!

Bagikan ini: