Koleksi Phygital ZARA di Metaverse Yang Hadirkan Pakaian Tahun 2000-an  
Beranda /
Blog /
Koleksi Phygital ZARA di Metaverse Yang Hadirkan Pakaian Tahun 2000-an  
25 Januari 2023

Koleksi Phygital ZARA di Metaverse Yang Hadirkan Pakaian Tahun 2000-an  

Koleksi Phygital ZARA di Metaverse
ZARA (Flickr/Phillip Pessar)

Teknologi metaverse merupakan ruang tak terbatas sebagai tempat untuk bersosialisasi, bekerja, bermain, berkreasi dan melakukan transaksi di dunia virtual. Perkembangan teknologi ini mendorong banyak industri berinovasi untuk memperkenalkan dan menjual produk mereka di metaverse. Salah satunya yakni industri fesyen retail ternama dunia asal Spanyol yakni ZARA yang telah meluncurkan koleksi phygital mereka di metaverse, lho! 

Mereka juga berkolaborasi dengan platform avatar ternama asal Korea Selatan untuk menghadirkan koleksi phygital dengan tema tahun 2000-an yakni Zepeto. Yuk, simak selengkapnya koleksi phygital ZARA di metaverse sebagai berikut!

Mengenal lebih lanjut mengenai phygital   

Phygital
3D Clothes (Creazilla/Andrew Kator & Jennifer Legaz)

Sebelum membahas mengenai koleksi phygital yang dirilis ZARA di metaverse. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kata phygital? 

Phygital merupakan gabungan antara dua kata yakni fisik dan digital. Istilah phygital sering digunakan untuk memberikan strategi pemasaran dan pengalaman pembelian ritel yang berbeda. 

Penjual atau retailer nantinya akan memasarkan produk mereka dalam bentuk digital pada sebuah platform. Saat konsumen membeli produk tersebut, Ia tidak hanya mendapatkan produk dalam bentuk fisik saja, namun Ia juga mendapatkan kepemilikan digital atas produk tersebut.  

Konsep ini telah diterapkan oleh banyak merek ternama salah satunya yaitu ZARA yang mengeluarkan koleksi phygital Lime Glam. Yuk, kita simak apa saja koleksi Lime Glam yang telah dirilis ZARA di metaverse!

Koleksi phygital Y2K Lime Glam 

ZARA Y2K Lime Glam
Phygital Lime Glam(Beautynesia/Dimitrie Hardjo)

ZARA merilis beberapa produk secara eksklusif sebagai barang digital yang bisa kamu dapatkan di dunia nyata, lho! Koleksi phygital ini merupakan proyek “Lime Glam” yang menghadirkan koleksi pakaian maupun aksesoris yang unik. Berikut 10 koleksi Lime Glam yang dirilis ZARA pada metaverse mereka: 

  • A Heart Shaped Top  

Koleksi pakaian pertama yang dirilis ZARA yakni A Heart Shaped Top. A Heart Shaped Top merupakan atasan yang memiliki desain berbentuk hati. Kamu dapat memadupadankan atasan ini dengan celana maupun rok, lho! 

  • A Vest Three Sweaters  

Koleksi phygital kedua yakni A Vest Three Sweaters. A Vest Three Sweaters merupakan baju berbahan tebal dengan bentuk rompi berwarna hijau neon yang eksentrik.

  • A Strapless Dress  

ZARA juga merilis produk A Strapless Dress. A Strapless Dress merupakan gaun pendek berwarna hijau neon yang cantik. 

  • Flared Pants with Feathers 

Tidak hanya pakaian, ZARA juga merilis bawahan seperti Flared Pants with Feathers. Koleksi ini merupakan celana berbahan kain satin dengan hiasan bulu di permukaan bawah celana tersebut. Sangat unik bukan?

  • Skirt  

Koleksi selanjutnya yakni Skirt atau rok pendek. Warna yang ditawarkan yakni dengan warna cerah seperti merah dan hijau. 

  • Denim   

Mode fesyen tahun 2000-an sangat identik dengan motif denim atau jeans. Pada proyek Lime Glam, ZARA juga merilis jaket dan celana dengan motif denim tersebut.

  • Accessories 

Selain pakaian, ZARA juga merilis koleksi phygital berupa aksesoris. Aksesoris tersebut berupa tas, sepatu tinggi, kalung dan sepasang anting. 

  • Makeup and Nail Polish 

ZARA tidak hanya merilis phygital dalam bentuk pakaian dan aksesoris saja. Mereka juga merilis makeup seperti eyeshadow dan nail polish dengan warna-warna cerah dan eksentrik. 

Koleksi phygital Lime Glam yang dirilis ZARA pada metaverse mereka dikenal dengan nama lain yakni Y2K Creatures. Y2K Creatures memiliki tema fesyen tahun 2000-an yakni Y2K. Sebenarnya apa itu tema fesyen Y2K yang menginspirasi ZARA untuk membentuk koleksi ini?

Konsep Y2K  

Y2K Creatures ZARA
Y2K Creatures (Cryptofiles)

Mode Y2K merupakan tren mode yang berlangsung selama akhir 90-an hingga awal 2000-an. Tren mode fesyen inimemadukan budaya pop dengan warna-warna cerah dan eksentrik untuk menciptakan tampilan yang unik. 

ZARA sebagai pelopor fast fashion di dunia telah berhasil mengeksekusi konsep Y2K pada koleksi phygital mereka. Yang menarik dari koleksi ini yakni ZARA tidak hanya menampilkan phygital pada webiste mereka saja, namun juga ditampilkan pada aplikasi ZEPETO, lho!  

ZARA x ZEPETO Y2K Creatures metaverse

Koleksi Phygital ZARA di Metaverse bersama ZEPETO
ZEPETO (MODYOLO.COM)

Aplikasi ZEPETO adalah aplikasi chat asal Korea Selatan, di mana kamu bisa berinteraksi dengan avatar 3D buatanmu sendiri. Melalui kolaborasi antara ZARA dan ZEPETO, mereka memperkenalkan koleksi phygital tersebut dengan bentuk avatar 3D dengan karakteristik yang berbeda.  

Kamu bisa menyesuaikan avatarmu dengan menggunakan koleksi phygital ZARA untuk berfoto di photobooth, mengubah gaya rambut dan mendesain gambar kuku melalui aplikasi ZEPETO. Sayangnya, koleksi yang dirilis ZARA pada metaverse mereka sangat terbatas dan habis setelah dirilis pada bulan September 2022 lalu. Namun, kita tunggu saja apakah mereka akan merilis koleksi phygital lainnya yang tak kalah menarik.


Berikut informasi mengenai koleksi phygital Y2K ZARA yang dirilis pada metaverse melalui kolaborasi dengan ZEPETO. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba koleksi tersebut?

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!